bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Chloe (2009), Wanita Penguji Kesetiaan

Melihat pasangan kita dekat dengan orang lain bisa membuat perasaan nggak nyaman. Terutama kalau kedekatan itu terasa sudah melewati batas.

Kalau sudah begitu, perasaan yang biasa muncul adalah cemburu. Cemburu seringkali mengganggu akal sehat. Pikiran negatiif akan terus hadir. Rasa takut kehilangan pasangan pun akan semakin besar.

Orang yang lagi cemburu biasanya akan lebih peka, bahkan menjurus ke overthinking. Adanya perbedaan perilaku akan langsung mengundang kecurigaan.

Kecurigaan pula yang mengganggu pikiran seorang istri terhadap suaminya di film Chloe. Karena kecurigaan, sang istri sampai mengutus perempuan lain untuk menggoda suaminya.

Penasaran dengan alur cerita film Chloe? Sebelum menonton filmnya, yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

Baca juga: 10 Film Terbaik Amanda Seyfried, Si Cantik Bintang Opera

Sinopsis

Sinopsis

David Stewart adalah seorang dosen bergelar profesor. Istrinya, Catherine, adalah seorang ginekologis. Mereka berdua dikaruniai seorang anak yang memasuki usia remaja, Michael.

David dan Catherine sering menjalani hubungan jarak jauh. Profesi David mengharuskannya pergi ke luar kota untuk mengajar.

Ketika Catherine menggelar acara makan malam di hari ulang tahunnya, David nggak bisa hadir. David beralasan bahwa dia terlambat sampai ke bandara. Catherine curiga kalau David hanya mengada-ngada.

Ketika bertemu, Catherine melihat foto David sedang memeluk mahasiswinya di ponsel milik David. Catherine semakin yakin kalau suaminya punya selingkuhan.

David dan Catherine pergi makan malam bersama dua orang teman mereka. Di restoran, David bercanda dengan salah seorang pelayan. Hal itu mengganggu Catherine.

Ketika di kamar kecil, Catherine bertemu seorang wanita bernama Chloe. Selesai dari kamar mandi, Catherine memperhatikan gerak-gerik Chloe dengan seorang pria. Dia yakin bahwa Chloe adalah seorang wanita panggilan.

Ketika sedang bekerja, Catherine melihat seseorang yang mirip Chloe dari jendela kantornya. Chloe masuk ke sebuah bar dan bertemu kliennya. Catherine mendatangi bar yang sama.

Dia langsung menemui Chloe. Catherine mengatakan ingin mempekerjakan Chloe. Tugas Chloe adalah menguji kesetiaan David. Catherine meminta Chloe menceritakan semua yang David lakukan padanya.

Keesokan harinya, Catherine menemui Chloe. Chloe menyatakan bahwa dia bertemu David di sebuah kedai. Chloe menceritakan bagaimana David meminta izin untuk menciumnya.

Berdasarkan pengakuan Chloe, David benar-benar menciumnya. Catherine marah atas tindakan suaminya. Dia meminta Chloe untuk terus menemui David.

Catherine nggak mau sembarangan dengan Chloe. Dia meminta Chloe mengikuti tes penyakit menular seksual. Chloe membawakan hasil tes ke kantor Catherine.

Di sana, dia bertemu dengan Michael. Michael datang ke kantor Catherine untuk mengambil jas. Chloe mengajak ngobrol Michael. Di luar pengawasan Catherine, Chloe sempat merayu Michael.

Catherine dan Chloe semakin sering bertemu. Chloe melaporkan apa saja yang dia lakukan bersama David. Chloe menceritakan bagaimana David mengajaknya pergi ke taman dan saling menggoda.

Suatu waktu, Chloe meminta Catherine datang ke sebuah kamar hotel. Di sana, Chloe menceritakan bahwa dia dan David sudah berhubungan seks.

Ketika bertemu dengan David, Catherine mencium wangi lotion Chloe. Catherine marah besar dan mengajak Chloe bertemu. Keduanya pergi ke sebuah hotel.

Di dalam kamar, Catherine meminta Chloe memperlihatkan cara David menyentuh Chloe. Chloe menggunakan kesempatan itu untuk semakin merangsang Catherine. Akhirnya, mereka pun berhubungan seks.

David mulai curiga Catherine berselingkuh di belakangnya. Catherine berencana mempertemukan dirinya, David dan Chloe secara bersamaan di kedai favorit David. Catherine dan Chloe datang terlebih dahulu.

Ketika David datang, dia sama sekali nggak mengenali Chloe. Siapa yang sebenarnya nggak setia? Apakah semua pengakuan Chloe omong kosong belaka?

Lebih dari Sekadar Cinta Segitiga

Lebih dari Sekadar Cinta Segitiga

Di film Chloe, tema yang diangkat adalah perselingkuhan dalam hubungan rumah tangga. Perbedaannya adalah apa yang mendasari perselingkuhan itu. Rumah tangga Catherine dan David digambarkan nggak harmonis karena keduanya sama-sama sibuk.

Catherine curiga kalau suaminya punya selingkuhan. Apalagi, David sering bepergian dan bertemu dengan banyak perempuan.

Kecurigaan Catherine pada David cukup masuk akal. Oleh karena itu, kemunculan Chloe dalam plot didasari oleh motif yang kuat. Segala kesaksian Chloe membuat Catherine yakin David berselingkuh.

Hal itu yang mendorong Catherine ikut memanfaatkan Chloe. Dalam bayangan Catherine, David pun melakukan hal serupa.

Film Atom Ergoyan ini bukan film tentang cinta segitiga biasa. Sosok Chloe menjadi kunci bagaimana cerita begitu unpredictable.

Di awal film, kita akan dibuat percaya bahwa Chloe adalah sosok wanita panggilan yang innocent. Semakin cerita bergerak ke arah yang lebih rumit, karakter Chloe pun berubah menjadi penuh misteri.

Penggunaan Tempo Pelan

Penggunaan Tempo Pelan

Film ini dibuka dengan adegan Chloe sedang berdandan untuk menemui kliennya. Ada sebuah adegan ketika Catherine memberi penjelasan tentang orgasme pada pasiennya.

Kedua adegan itu menjadi pesan bahwa film ini bergerak ke arah yang erotis. Elemen erotis di film ini bukan tempelan belaka, tapi punya pengaruh yang besar terhadap plot cerita.

Chloe berjalan dengan tempo pelan. Di first dan second act, kita akan disuguhi oleh pendalaman para karakternya. Kecurigaan Catherine pada David nggak datang tiba-tiba, tapi dipupuk perlahan.

Karakter David pun dibuat begitu mencurigakan. Dia jarang muncul dibandingkan dengan dua karakter lain. Hal itu menguatkan narasi bahwa dia pria yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Tempo pelan di dua babak awal film berubah menjadi intens di third act. Egoyan seperti sengaja mengumpulkan semua masalah sampai akhirnya membuncah di babak ketiga.

Di babak ketiga, intensitas cerita meningkat sejalan dengan kerumitannya. Sebagaimana film bergenre erotic, film ini pun menyajikan banyak adegan seksual.

Secara sinematografi, film ini banyak mengandalkan mid shot. Ada beberapa adegan yang menyorot ekspresi wajah karakter untuk memperkuat adegan erotis.

Penggunaan cermin sebagai properti menjadi keunikan tersendiri untuk film ini. Banyak adegan direkam dengan mid shot untuk menangkap keberadaan cermin. Kita melihat lawan main karakter lewat cermin itu.

Penampilan Julianne Moore dan Amanda Seyfried

Penampilan Julianne Moore dan Am

Kunci keberhasilan Chloe dalam memberikan sajian yang penuh gairah dan intrik adalah dua penampil utamanya. Julianne Moore menunjukkan kelihaiannya menjadi sosok istri.

Terutama ketika dia mulai memupuk rasa curiga terhadap suaminya. Sedangkan Amanda Seyfried berhasil keluar dari citra perempuan baik-baik. Di film ini, dia menjadi sosok yang sangat seduktif.

Dibandingkan dengan Moore, Seyfried lebih mencuri perhatian di film ini. Aktor asal Allentown, Pennsylvania itu bisa memperlihatkan transisi karakternya dengan sangat mulus.

Dalam beberapa adegan, kamera menyorot mata Seyfried. Dari sorot mata itu penonton bisa menangkap pesan bahwa dia bukanlah sosok innocent seperti yang dikira.

Chloe merupakan film erotis yang nggak langsung menunjukkan gairahnya. Ia berjalan perlahan tapi kemudian memacu temponya di momen yang tepat.

Dalam durasi 96 menit, kamu akan melihat bagaimana seorang Amanda Seyfried keluar dari citra yang tersemat pada dirinya. Film Amanda Seyfried favorit kamu apa guys? Tulis di kolom komentar, yuk!

Chloe
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram