bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Chilling Adventures of Sabrina Part 1

Review & Sinopsis Chilling Adventures of Sabrina Part 1

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 1 Mei 2021

Definisi sihir punya beragam interpretasi. Ada yang menganggapnya sebagai seni dalam menciptakan sesuatu di luar nalar. Ada juga yang menganggapnya ilmu dengan bantuan mahluk astral dan bisa disalahgunakan. Praktik sihir sudah ada sejak jaman dulu, bahkan penyihir sempat jadi masalah besar di Eropa sampai mereka diburu dan banyak yang diakhiri hidupnya dengan sadis.

Banyak yang menganggap kemampuan sihir bisa diturunkan pada keturunan. Sebagaimana leluhurnya, keturunan penyihir pun dianggap bisa memberi pengaruh buruk. Di serial Chilling Adventures of Sabrina, Sabrina mempunyai keturunan penyihir. Dia terombang-ambing dalam memilih jalan hidupnya. Review dan sinopsisnya bisa disimak di sini.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Supernatural, Horror
  • Produksi: Archie Comics, Warner Bros. Television, Berlanti Production, Muckle Man Productions
  • Jumlah episode: 11
  • Sutradara: Lee Toland Krieger, Rob Seidenglanz, Maggie Kiley, Rachel Talalay, Viet Nguyen
  • Pemain: Kiernan Shipka, Ross Lynch, Lucy Davis, Miranda Otto, Michael Gomez

Sabrina Spellman merupakan remaja dengan setengah keturunan manusia dan setengah keturunan penyihir yang tinggal di Greendale. Sepeninggal orang tuanya, dia tinggal bersama sepupunya, Ambrose dan dua orang bibinya, Zelda dan Hilda. Sebagaimana remaja lain, dia bersekolah dan mempunyai dua sahabat, Roz dan Susie. Selain itu, dia punya pacar bernama Harvey.

Pada ulang tahun ke-16, Sabrina harus memilih antara tetap di dunia mortal yaitu dunia manusia pada umumnya, atau menjadi penyihir yang akan membuatnya punya kekuatan. Sahabatnya belum tahu siapa Sabrina sebenarnya. Salah satu gurunya, Mary, terbunuh dan kesurupan Madam Satan yang membuat Sabrina ingin jadi penyihir. 

Dia pun diburu oleh tiga penyihir, The Weird Sisters yang memburunya karena dia setengah manusia dan setengah penyihir. Keluarga Sabrina didatangi Father Blackwood, ketua dari kelompok penyihir, Church of Night. Dia mencoba meyakinkan Sabrina tentang ritual yang bernama Dark Baptism. Dia juga harus menandatangani Book of the Beasts dan mengabdi pada Dark Lord. 

Sabrina yang melihat ritual Dari Baptism nggak sesuai dengan ucapan Blackwood menolak untuk terlibat. Dia pun menjadi buruan kelompok para penyihir yang bernama Coven. Blackwood berusaha terus membujuk Sabrina yang ternyata sejak kecil sudah dibaptis. Sebagai jalan tengah, Sabrina akan menghadiri The Academy of Unseen Arts, sekolah para penyihir.

Kehadiran Sabrina di The Academy of Unseen Arts bukan semata-mata untuk belajar, melainkan menghentikan Satan. The Weird Sisters mencoba membuat Sabrina menjalani ritual sebelum dilawan dengan melibatkan siswa lain yang tewas karena ritual itu. Blackwood memintanya menyelesaikan puzzle bernama Acheron Configuration yang ternyata buatan ayah Sabrina. 

Setelah bisa menyelesaikan puzzle, dia bisa memunculkan setan. Madam Satan mengerahkan anak buahnya untuk membuat Sabrina sepenuhnya menjadi penyihir. Ketika keluarga Spellman tertidur, upaya itu nyaris berhasil sebelum Sabrina ditolong oleh Salem, kucingnya. Madam Satan mencoba menipu Sabrina dengan mengatakan bahwa dia adalah utusan dari ayah Sabrina.

Zelda membohongi Blackwood bahwa anak dari Spellman kembar. Salah satu membunuh yang lain. Madam Satan membutuhkan Sabrina untuk ritual yang membuatnya menjadi Queen of Hawthorne, posisi tinggi di dunia penyihir. Sabrina terus dibujuk agar menandatangani Book of The Beasts. Bisakah Sabrina menggagalkan ritual dan keluar dari cengkeraman Madam Satan?

Adaptasi dari Archie Comics

Adaptasi dari Archie Comics

Chilling Adventures of Sabrina merupakan adaptasi dari Archie Comics. Archie Comics sendiri merupakan penerbit komik asal New York yang dikenal dengan karakter-karakter fiktif berusia remaja. Sabrina Spellman merupakan salah satu karakter fiktif dari penerbit tersebut dan sempat dibuatkan film animasinya dengan judul Sabrina The Teenage Witch.

Kemunculan Sabrina merupakan sensasi kedua dari rilisan Archie Comics. Sebelumnya ada serial berjudul Riverdale yang juga berdasar dari penerbit yang sama. Bisa dibilang Riverdale dan Chilling Adventures of Sabrina berada di satu universe. Yang membedakan adalah Sabrina tinggal di Greendale. 

Visualisasi Murung yang Cantik

Visualisasi Murung yang Cantik

Sepanjang serial Chilling Adventures of Sabrina, kita akan disuguhi oleh visualisasi yang murung. Langit pada siang hari dibuat mendung, sementara adegan di dalam ruangan dibuat lebih gelap. Kesan murung itu dianggap berhubungan dengan kompatriot serial ini yaitu Riverdale. Kemurungan warna ini juga mirip dengan serial lain yang terkenal yaitu Peaky Blinders.

Visualisasi cantik lain terletak dari warna-warna baju Sabrina yang seringkali terlihat menyala dibandingkan karakter lain. Selain itu, mobil-mobil yang digunakan di serial ini juga sama sekali nggak ada yang modern. Roberto Aguirre-Sacasa, kreator serial ini menyatakan bahwa filmnya banyak terinpirasi dari film-film horror klasik seperti Evil’s Dead, The Omen, dan The Exorcist. 

Menyelipkan Topik Modern ke Dalam Cerita

Menyelipkan Topik Modern ke Dalam Cerita

Sebagian mungkin berpikir bahwa Chilling Adventures of Sabrina hanya mengisahkan tentang perjuangan Sabrina nggak mau menandatangani Book of the Beasts. Pandangan itu salah besar karena ada banyak hal yang diselipkan ke dalam di serial ini. Bahkan untuk serial yang karakter utamanya belum genap berusia 16 tahun, topik-topik itu termasuk ke dalam kategori yang berat.

Sabrina secara nggak langsung memperlihatkan semangat feminis yaitu karakter wanita yang pantang menyerah dengan keadaan. Darah manusia dan penyihir digunakannya untuk mencari mana yang terbaik dan apa yang bisa dia lakukan dengan keistimewaan tersebut. Bahkan ketika dia terus dimanipulasi oleh Madam Satan sekalipun, dia nggak mau tunduk.

Serial ini membahas juga kehidupan Sabrina sebagai remaja. Dia senang bergaul dengan sahabat-sahabatnya dan berhadapan dengan masalah khas remaja. Salah satu yang diangkat di part pertama adalah perundungan. Di tengah upayanya mencari tahu tentang ritual Dark Baptism, Sabrina ikut menyelesaikan masalah perundungan. Sebuah pesan positif dalam drama remaja.

Ada juga karakter-karakter yang mewakili LGBTQ. Susie, sahabat dari Sabrina yang diperankan Lachlan Watson merupakan non-binary. Walau begitu, di serial ini dia mendapat panggilan orang ketiga “she/her”. Selain itu ada juga karakter Ambrose, sepupu Sabrina yang digambarkan sebagai panseksual.

Penampilan Kiernan Shipka yang Apik

Penampilan Kiernan Shipka yang Apik

Sabrina Spellman merupakan karakter utama di Chilling Adventures of Sabrina. Karakter itu diperankan oleh Kiernan Shipka. Shipka terlihat begitu natural memerankan Sabrina. Dia bisa memperlihatkan karakter wanita berusia belasan tahun yang polos tapi gigih, penuh rasa penasaran dan juga kuat. 

Di sisi lain, dia juga bisa terlihat bimbang karena kalau memilih menjadi penyihir maka harus pindah sekolah dan meninggalkan sahabat dan pacarnya. Sifat pembangkang dari Sabrina mungkin yang perlu digarisbawahi. Dia nggak mau tunduk pada tekanan untuk mengikuti Dark Baptism dan menandatangani Book of the Beasts. 

Dia merasa bisa menggunakan caranya sendiri untuk hidup sebagai orang setengah manusia dan setengah penyihir. Sifat itu bisa ditampilkan Shipka yang tampak badass. Kalau kamu menonton sendiri, kamu akan dengan mudah dibuat takjub melihat keterampilan akting aktris muda yang satu ini. 

Debut part pertama Chilling Adventures of Sabrina langsung mendapat banyak pujian. Selain karena menyajikan cerita horror dan supranatural yang seru, juga banyaknya pesan yang coba disampaikan dalam ceritanya. Dianggap menjanjikan, nggak mengherankan kalau serial ini dibuatkan lanjutan dengan part-part berikutnya.

Part pertama nggak boleh kamu lewatkan kalau ingin mengikuti petualangan Sabrina di part-part berikutnya. Dari sinilah penonton bisa mencerna pondasi ceritanya sekaligus mengarahkan, ke mana cerita akan berjalan. Tertarik buat menyimak keseruan Sabrina? Setelahnya, jangan sungkan untuk membagikan pendapatmu di kolom komentar ya, teman-teman!

Artikel Terkait :
Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram