Sinopsis & Review Chainsaw Man (2022), Kisah Manusia Gergaji

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Chainsaw Man
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Chainsaw Man merupakan salah satu anime yang banyak diantisipasi dan cukup banyak dinantikan. Anime ini diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Tak heran jika anime ini cukup dinantikan, karena seri manga-nya berhasil mendapatkan penghargaan pada tahun 2021 dan 2022 sebagai manga terbaik.

Setelah pengumuman pada akhir tahun 2020, akhirnya anime ini tayang pada 12 Oktober 2022. Ia diproduksi oleh studio MAPPA, sehingga kamu tidak perlu diragukan lagi kualitas grafisnya. 

Chainsaw Man akan mengikuti kisah seorang remaja bernama Denji yang berusia 16 tahun dan tinggal bersama seekor anjing iblis berbentuk gergaji, Pochita. Akan seperti apakah hidup Denji? Berikut ini ulasannya.

Sinopsis

Denji, seorang pemuda miskin yang membuat kontrak bersama iblis anjing bernama Pochita. Dia memiliki mimpi yang cukup sederhana, hidup bahagia dan damai bersama gadis yang disukainya.

Namun semua itu jauh dari kenyataannya, hingga suatu ketika, kehidupannya mulai berubah. Kemudian Denji bergabung dengan Biro Keamanan Publik Pemburu Iblis untuk menghadapi musuh terberat dan mencapai impian remajanya.

Episode 1

Chainsaw Man_Episode 1_

Denji memiliki beban hidup yang besar karena harus melunasi hutang almarhum ayahnya. Untuk melunasi hutang tersebut, ia bekerja sebagai Pemburu Iblis bersama anjingnya, Pochita yang merupakan iblis gergaji. Selepas menyelesaikan pekerjaannya untuk seorang yakuza, Denji bercerita pada Pochita tentang mimpinya.

Pada hari berikutnya, Bos Denji membawanya ke sebuah gudang yang terlantar untuk melakukan sebuah pekerjaan. Tapi, di sana Denji malah dihadapkan dengan iblis zombie yang merupakan sekutu dari bosnya. Denji tak mampu melawan kelompok iblis tersebut hingga akhirnya terbunuh.

Darah Denji merembes ke dalam mulut Pochita dan tak lama, Denji mendapatkan kemampuan Pochita. Kini Denji menjadi setengah manusia dan setengah iblis (hibrida) yang bisa mengubah bagian tubuhnya menjadi gergaji. Dalam kebingungan, Denji pun membabi buta dan melawan iblis zombie yang begitu banyak.

Episode 2

chainsaw man_Episode 2_

Denji dibawa ke Markas Besar Pemburu Iblis Tokyo oleh Makima. Dalam perjalanan menuju ke markas, Denji sempat menceritakan sedikit masa lalunya pada Makima. Denji merasa baru pertama kali ada orang yang bersikap baik padanya, sehingga Denji langsung menyukai Makima.

Sesampainya di markas, Makima menjelaskan sedikit tentang Pemburu Iblis di Tokyo. Dikatakan bahwa menjadi pemburu iblis memiliki keuntungan dan dibayar dalam jumlah yang besar, juga hari libur. 

Denji pun dikenalkan pada seniornya, Hayakawa Aki. Dan mulai saat ini, Denji diperintahkan untuk mengikuti Hayakawa berpatroli. Saat diperjalanan, tiba-tiba Hayakawa menyuruh Denji untuk berhenti dari pekerjaannya. Mereka berdua bahkan berakhir dengan saling serang satu sama lain.

Setelah kejadian tersebut, Makima menceritakan tentang kondisi Denji yang spesial. Hayakawa pun terpaksa kembali menjadi rekan Denji dan menyuruhnya untuk menangani kasus pertama. Setelah selesai, tiba-tiba Denji mendapatkan rekan baru, Power.

Episode 3

chainsaw man_episode 3_

Power diperingatkan oleh Makima untuk tidak bertindak gegabah. Sementara Denji diperintahkan untuk bisa mengontrol Power, mengingat dia adalah Majin. Terlebih, Makima ingin melihat mereka berdua bisa bekerja sama dengan baik.

Denji memiliki impian untuk bisa menyentuh payudara, dia akan melakukan apapun untuk bisa mencapai impiannya itu. Power yang ingin menyelamatkan kucingnya, mengatakan kalau Denji bisa menyentuh payudaranya jika Denji membantunya. Dan dengan semangat, Denji pun menyetujui permintaan Power.

Kemudian, Power dan Denji pergi ke tempat Meowy, kucing lama Power. Sesampainya di sana, ternyata Denji dijadikan tumbal untuk iblis kelelawar yang telah menculik Meowy. Sayangnya, meskipun Power telah memberikan iblis itu “makanan”, iblis kelelawar itu berujung dengan memakan Meowy dan Power.

Denji yang melihat semua kejadian itu dengan badan yang agak lemas, merasa marah dan langsung berubah menjadi Chainsaw. Dia pun langsung menyerang iblis kelelawar agar bisa mengembalikan Power.

Episode 4

chainsaw man_Episode 4_

Denji berhasil mengalahkan iblis kelelawar dan menyelamatkan Power juga kucingnya. Namun, tiba-tiba muncul iblis baru ketika Denji sedang merasa bahagia karena diizinkan oleh Power untuk melakukan keinginannya. Iblis lintah tersebut mematahkan lengan Denji dan memakannya.

Denji yang merasa kesal mencoba berubah menjadi chainsaw, tapi dia kekurangan darah sehingga perubahannya tidak utuh. Meski hanya gergaji kecil tumbuh di kepalanya, Denji terus maju demi menggapai mimpinya pada Power dan berusaha melawan iblis lintah sekuat tenaga.

Setelah berusaha mati-matian dan hampir membunuh iblis tersebut, ternyata gerakan iblis lintah itu lebih cepat. Nyawa Denji terancam karena tertusuk oleh iblis lintah itu. Dan pada waktu yang tepat, Hayakawa tiba.

Episode 5

chainsaw man_Episode 5_

Aki Hayakawa, Denji dan Power mulai tinggal bersama. Dan Denji akhirnya bisa mencapai impiannya untuk menyentuh dada Power. Tapi Denji merasa terkejut karena tidak merasa hal tersebut sesuai dengan apa yang ia bayangkan. 

Pada hari berikutnya, Denji merasa tidak semangat, seharian melamun dan tak memiliki motivasi. Lalu, setelah berbicara dengan Makima di kantor, Denji menyadari kalau perjalanan untuk mengejar mimpinya itu lebih menyenangkan dibandingkan mencapainya langsung.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram