bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Central Intelligence, Misi Penangkapan Penjahat

Central Intelligence adalah sebuah film komedi yang dibintangi oleh Kevin Hart yang berperan sebagai seorang akuntan bernama Calvin Joyner, dan juga Dwayne Johnson sebagai Bob Stone alias Robbie Weirdicht, seorang agen CIA yang bertubuh besar dan berotot. Ada juga Amy Ryan dengan perannya sebagai sesama agen CIA bernama Pamela Harris yang menaruh kecurigaan kepada Bob.

Film ini disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber dan ide ceritanya ditulis dirinya bersama dengan Ike Barinholtz serta David Stassen. Central Intelligence memulai penayangannya secara perdana di Kota Los Angeles, Amerika Serikat tahun 2016 kemarin dan kemudian berhasil meraup pendapatan 217 juta dollar di seluruh dunia dari anggaran produksi senilai 50 juta dollar.

Baca juga: Daftar Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

Central Intelligence__

Di tahun 1996, Calvin Joyner adalah seorang siswa populer di sekolahnya dan mempunyai pacar bernama Maggie Johnson. Di sisi lain, salah satu teman sekolahnya, Robbie Weirdicht, sering menjadi korban perundungan karena tubuhnya yang gemuk. Pada suatu waktu, Calvin menolong Robbie yang ditelanjangi oleh siswa-siswa yang nakal di sekolah.

Beberapa waktu kemudian di tahun 2016, Calvin sudah menikah dengan Maggie dan sekarang bekerja sebagai seorang akuntan. Namun, ia merasa tidak puas dengan pekerjaannya tersebut, dan pernikahannya dengan Maggie pun berjalan kurang baik.

Saat bekerja, Calvin lalu mendapatkan notifikasi pertemanan di akun Facebook miliknya dari seorang pria asing bernama Bob Stone. Pria itu kemudian mengajak Calvin untuk bertemu di sebuah bar selepas pulang kerja.

Ketika berada di bar, Bob akhirnya mengungkapkan kepada Calvin bahwa ia adalah Robbie Weirdicht, teman sekolahnya yang dulu sering menjadi korban intimidasi. Calvin langsung terkejut karena Robbie telah mengubah namanya dan juga fisiknya dari yang gemuk menjadi pria yang berotot, tinggi, dan tampaknya jago dalam berkelahi.

Bob yang mengetahui pekerjaan Calvin sebagai akuntan, meminta bantuannya untuk memeriksa beberapa transaksi online yang mencurigakan. Calvin lalu menemukan sebuah transaksi lelang bernilai juta dollar dari negara-negara berbahaya.

Pada pagi harinya, tim agen CIA yang dipimpin oleh Pamela Harris sudah berada di rumah Calvin untuk menemukan Bob. Namun sayangnya, Bob telah melarikan diri. Pamela akhirnya mengatakan kepada Calvin jika Bob adalah seorang agen CIA yang telah berkhianat dan berencana untuk menjual kode satelit kepada teroris.

Berselang dari pertemuan tersebut, Bob lalu menculik Calvin. Ia menjelaskan bahwa dirinya sedang dijebak dan tidak berkhianat. Bob mengatakan jika ia justru berusaha menangkap penjahat yang dikenal dengan nama samaran Black Badger yang akan menjual kode satelit.

Setelah melarikan diri dari serangan para pembunuh bayaran, Calvin menemui Maggie di kantor konselor pernikahan. Lagi-lagi, Calvin bertemu dengan Bob yang sekarang menyamar sebagai seorang konselor. Bob meyakinkan kepadanya bahwa ia harus membantunya secepat mungkin untuk menemukan lokasi pertemuan antara Black Badger dengan pembeli.

Calvin kemudian membawanya untuk bertemu dengan Trevor Olson, teman sekolah mereka yang mampu melacak lokasi kesepakatan yang akan dikunjungi oleh Black Badger. Namun, Calvin sekarang berada dalam posisi sulit, di mana Pamela menelpon dirinya dan mengancam akan menangkap Maggie jika ia tidak bisa menyerahkan keberadaan sahabatnya itu kepada CIA.

Penuh Humor ala Hart dan Johnson

Central Intelligence_Penuh Humor ala Hart dan Johnson_

Central Intelligence membawa nuansa crime comedy yang menyenangkan dengan duet kompak di antara Dwayne Johnson (Bob Stone) dan Kevin Hart (Calvin Joyner). Karakter yang dimainkan oleh Kevin ternyata mempunyai nasib yang berbeda dibandingkan dengan Dwayne. 

Selama SMA, Calvin sangat populer dan sepertinya mempunyai masa depan yang begitu cerah. Namun nyatanya, karinya hanya mentok menjadi seorang akuntan forensik dan pernikahannya dengan pacarnya di sekolah dulu berada di jurang perpisahan.

Di lain sisi, Bob entah bagaimana caranya bisa tumbuh menjadi seorang pria yang menawan dan kuat. Bahkan, dirinya pun masuk ke dalam organisasi CIA dan terlibat dalam persekongkolan jahat serta misi untuk menyelamatkan dunia dari teroris.

Selepas pertemuan mereka di sebuah bar, Central Intelligence memulai perjalanan ceritanya dengan cara yang sangat menghibur penuh candaan. Kevin sendiri adalah seorang komedian yang cerdik dan penuh dengan intonasi-intonasi serta dialog-dialog yang mengundang gelak tawa. Maka tak heran jika karakter Calvin Joyner terlihat sangat kocak sepanjang film ini berjalan.

Sementara itu, Dwayne Johnson sebagai Bob Stone adalah rekan bermain yang solid untuk Kevin. Mereka merupakan dua sahabat yang sangat dekat satu sama lain di kehidupan nyata dan itu pun dibuktikan dengan karakter keduanya mempunyai chemistry yang sangat baik. Lewat karakter yang mereka mainkan, film ini berjalan sangat renyah dan menjadi tontonan seru yang bisa dinikmati kapan saja.

Menyenangkan dan Menghibur

Central Intelligence_Menyenangkan dan Menghibur_

Film ini mempunyai alur cerita yang sebenarnya berjalan biasa saja, namun tidak menjadi membosankan karena sajian komedi dan aksinya terasa benar-benar menghibur. Selama 116 menit, kita hanya akan diajak untuk bersenang-senang melihat duet kocak diantara Kevin yang penuh canda dan Dwayne lewat aksi laganya yang terlihat kuat.

Central Intelligence rasanya menjadi “playground” untuk Dwayne dan Kevin, dimana keduanya bermain-main secara seru, penuh kegilaan dan aksi, serta mampu mengontrol film ini menjadi begitu menghibur.

Kevin Hart meski memiliki badan yang kecil, namun tubuhnya tetap terlihat berotot. Kinerjanya di film ini begitu impresif dan penuh semangat. Sedangkan untuk Dwayne Johnson, sosoknya tidak bisa dihilangkan dari badannya yang tinggi, berotot, serta aktingnya juga cukup mumpuni. Mereka adalah duo yang sangat cocok jika harus bermain dalam film-film sejenis ini.

Selain keduanya, film ini juga memasukan aktris Amy Ryan sebagai Pamela Harris, agen CIA yang cukup tangguh dalam memburu Bob. Amy sendiri di film ini terlihat sangat apik.

Menyenangkan melihat Amy bermain dalam karakter Pamela di sebuah film komedi seperti ini. Akan tetapi, Kevin dan Dwayne tetap mencuri perhatian di sepanjang Central Intelligence dan tidak ada yang bisa menyangkal hal tersebut.

Sementara itu, Sutradara Rawson Marshall Thurber mengarahkan film ini dari naskah yang dia tulis bersama Ike Barinholtz dan David Stassen. Ia membuat jalan cerita Central Intelligence bergerak cepat penuh aksi dan komedi, sehingga kekurangan film yang berasal dari plot ceritanya bisa terlupakan secara terbiasa.

Mampu Membuat Penonton Tertawa Lepas

Central Intelligence_Mampu Membuat Penonton Tertawa Lepas_

Secara keseluruhan, film ini terasa benar-benar menyenangkan untuk ditonton. Kehadiran Kevin dan Dwayne menjadi nilai tambah yang seru untuk Central Intelligence.

Keduanya melakukan duet yang sangat menarik dalam franchise Jumanji: Welcome to the Jungle (2017) serta The Next Level (2019). Chemistry terbaik mereka pun kembali dihadirkan secara maksimal serta penuh candaan dalam film ini.

Baca juga: Review dan Sinopsis Film Jumanji: The Next Level

Film-film yang dibintangi oleh Dwayne memang terasa seru untuk dinikmati, apalagi jika film tersebut membawa genre petualangan, aksi, kriminal, dan komedi.

Di tahun 2021 kemarin, ia tampil di film yang cukup sukses yakni Jungle Cruise dan Red Notice. Kedua film itu berakhir cukup sukses dan membuat dirinya menjadi aktor yang selalu tepat untuk bermain dalam film-film yang bertemakan serupa.

Di sisi lain, sajian komedi yang disampaikan oleh Kevin Hart terasa cukup baik untuk bisa membuat penonton tertawa. Leluconnya memang tidak seliar dan terbuka saat dirinya tampil pentas sebagai seorang komika di atas panggung, namun suguhan humornya masih tetap membuat Central Intelligence menarik perhatian untuk dinikmati.

Kesimpulannya, meski suguhan visual sinematografinya terlihat tidak istimewa, film Central Intelligence menampilkan semua aspek komedi dan aksi dengan lumayan apik. Film ini mampu membuat kita terasa terhibur hingga bisa tertawa lepas melihat tingkah laku konyol Kevin dan Dwayne. Film ini pun sekarang sudah bisa disaksikan di layanan streaming Netflix. Selamat menonton!

Central Intelligence
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram