bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 September 2021

Serial yang menyoroti keberanian para wanita Spanyol di tahun 1920-an ini akhirnya tamat. Di Cable Girls: Final Season - Part 2 Anda masih akan melihat bagaimana Lidia dan kawan-kawan menunjukkan keyakinannya dan berani melawan kekuasaan yang tiran. Bagaimana pun, pada musim terakhir bagian kedua ini akan ada beberapa kejutan yang menanti Anda.

Serial Cable Girls tayang perdana pada tahun 2017 di Netflix. Ia merupakan serial yang bercerita tentang empat orang wanita pekerja perusahaan telekomunikasi modern yang kala itu mulai beroperasi di Madrid. Empat wanita tersebut memiliki tujuan yang berbeda. Satu hal yang menyatukan mereka adalah keberanian. Penasaran, bagaimana cerita bagian dua di musim terakhir ini berlangsung? Simak terlebih dahulu sinopsis serta ulasannya berikut ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 3 Juli 2020
  • Genre: Periode Drama, Telenovela  
  • Produksi: Netflix, Bambú Producciones
  • Sutradara: Ramón Campos, Gema R. Neira
  • Pemeran: Blanca Suárez, Ana Fernández, Nadia de Santiago, Maggie Civantos
  • Jumlah Episode: 5

Pada akhir Cable Girls Final Season part 1, Francisco Gómez (Yon González) datang ke Spanyol menemui Lidia Aguilar Dávila (Blanca Suárez) dan Carlos Cifuentes (Martiño Rivas) di penjara. Keduanya akan dieksekusi mati esok hari, tapi Francisco ingin menyelamatkan mereka.

Di sisi lain Marga (Nadia de Santiago) bersiap menuju pemakaman untuk menguburkan suaminya, Pablo Santos (Nico Romero). Tanpa dia ketahui, Pablo sebenarnya masih hidup dan tinggal di kamp Julio. Sayangnya, keberadaan Pablo di kamp Julio merupakan sesuatu yang terlarang. Pasalnya Pablo berasal dari Madrid dan pembelot sangat dicurigai. Sementara itu pemakaman Pablo harus ditunda karena rombongan tentara menghalangi jalan Marga saat acara pemakaman.

Di hotel, Kolonel Salgado, Kepala Wilayah Militer Keenam dari Tentara Nasional Spanyol dan anggotanya menggeledah kamar Carlota Rodríguez (Ana Fernández) dan James Lancaster (Alex Hafner). Posisi ini membahayakan Sara Millán (Ana Polvorosa) sehingga dia harus bersembunyi. Di kamp, Julio mendapat masalah karena “menyelundupkan” Pablo.

Sementara itu di hotel, Isidro (Miguel Diosdado) dengan terpaksa membocorkan rahasia mengenai keberadaan Sara Millán/Oscar Millán. Salgado lantas memerintah Sara untuk membuka pakaiannya. Status Sara sebagai seorang wanita pun terkuak. Cerita berlanjut saat Lidia dan Carlos berbagi perasaan sentimental di penjara sebelum mereka dieksekusi mati.

Keduanya bersiap menghadapi hukuman mati tapi gagal. Sayangnya, walau lolos dari hukuman mati, Lidia kembali masuk ke penjara sementara Carlos ditembak oleh Romero. Cerita berlanjut ketika Pablo berhasil menemui Marga. Sementara itu, Sofia (Denisse Peña) juga berhasil selamat dan berada di rumah sakit.

Cable Girls: Final Season - Part 2 dimulai ketika Sofia, Marga, Sara, Carlota dan Francisco menyaksikan pertunjukan pacuan kuda sembari mencari seseorang yang berpotensi mengeluarkan Lidia dari penjara. Sayangnya, upaya mengeluarkan Lidia sama dengan melanggar hukum.

Tujuh bulan sudah Lidia hidup di Kamp Pembinaan Wanita di Aranjuez. Saat sedang mencari obat untuk temannya, Lidia dipergoki oleh seorang sipir. Tak lama Ny. Carmen (Concha Velasco) datang dan mengancam. Ny. Carmen menggelapkan data tahanan, sehingga nama Lidia tidak tercantum sebagai tahanan di mana pun. Hal ini menyulitkan Francisco untuk mengeluarkannya.

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2 3

Beruntung bantuan datang dari petinggi sipir bernama Aurelio. Lidia bisa dikeluarkan selama ada dukungan pembersihan catatan. Caranya mereka harus menyuap mantan Uskup Madrid, Romero de Tejada. Cerita di part 2 ini berlanjut ketika Isidro, yang tidak mengetahui bahwa Pablo masih hidup, melamar Marga. Namun, akhirnya Isidro mengetahui rahasia tersebut dan kecewa karena merasa dibohongi.

Kekecewaan Isidro membuatnya tidak berpikir panjang. Dia lantas melaporkan keberadaan Pablo kepada Salgado. Sementara itu di penjara wabah tifus mulai menjangkiti para tahanan. Saat kiriman 20 kotak obat-obatan datang, Ny. Carmen memerintahkan menyimpan obat tersebut di belakang dan hanya menyisakan lima kotak untuk perawatan, sisanya dia bisniskan.

Di sisi lain, Francisco, Sara, Carlota dan Marga datang menemui mantan Uskup Romero dan langsung mengutarakan maksud mereka. Ketika Francisco sedang berusaha mengeluarkan Lidia, wanita tersebut sedang memperjuangkan nasib para tahanan lain untuk mendapatkan obat. Dia menyelinap diam-diam dan berhasil membagikannya pada mereka.

Lidia tidak memikirkan bahaya yang dia sebabkan untuk diri sendiri. Dengan berteriak, wanita pemberani ini melaporkan kejahatah jahat Ny. Carmen pada inspektur yang sedang berkunjung. Buntutnya, Ny. Carmen akan mendapat konsekuensi buruk dari perbuatannya. Bagaimana kelanjutan kisah Lidia di penjara? Apakah Francisco berhasil mengeluarkannya?

Pengkhianatan Sebab Kekecewaan

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2 5

Cable Girls: Final Season - Part 2 episode awal sudah dibumbui oleh cerita pengkhianatan. Di sini, karakter Isidro yang sebelumnya bekerja sama dengan mereka, menjadi pengkhianat. Dia membocorkan rahasia keberadaan Pablo dan Julio kepada pihak berwenang. Sementara, Isidro merupakan teman baik dari Pablo.

Pengkhianatan yang dilakukan Pablo berakar dari kekecewaannya terhadap Marga karena merasa dibohongi. Selama ini Isidro mencinta wanita tersebut. Dia menunggu lama untuk bisa menyatakan perasaannya hingga berani mengajak Marga menikah karena sepengatahuannya Pablo sudah meninggal.

Namun, penantian Pablo dibayar oleh kekecewaan. Sama seperti cerita pengkhianatan yang lain, selalu ada pihak yang dirugikan atas hal ini. Anda akan melihat sebuah kesedihan dan derita yang disebabkan oleh pengkhianatan melalui Isidro dan Marga.

Baca juga: Film Spanyol Romantis yang Tak Kalah Manis dan Dramatis

Keberanian Seorang Wanita

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2 7

Sejak musim pertama hingga musim terakhir, keberanian karakter-karakter wanita dalam serial Cable Girls tidak pernah berubah. Pada Cable Girls: Final Season - Part 2 Anda juga masih akan melihatnya. Saat Lidia dipenjara tidak ada ketakutan sedikit pun dari raut mukanya. Karakter wanita ini bahkan berani melawan di tengah keterbatasannya.

Perlakuan Ny. Carmen yang tidak manusiawi pada para tahanan jadi sesuatu yang mengganjal bagi Lidia. Dia tidak bisa tinggal diam melihat sikapnya yang arogan, licik dan merugikan banyak orang. Sosok Lidia dalam Cable Girl musim terakhir menjadi salah satu yang paling kuat.

Selain Lidia, karakter wanita lain dalam serial ini juga tetap menunjukkan kekuatannya. Masing-masing menjadi pemberani untuk masalah yang mereka hadapi. Setelah Lidia yang tak kenal takut menghadapi Ny. Carmen, karakter Marga dalam musim terakhir ini juga berani mempertaruhkan keselamatannya karena sudah menyembunyikan Pablo dan Julio.  

Marga yang tengah hamil tidak takut menghadapi bahaya. Walau sebenarnya pilihan wanita ini mungkin akan membuat sebagian penonton kesal. Pasalnya, dalam keadaan hamil, keberanian yang Marga perlihatkan sama dengan kecerobohan. Dia bukan hanya membahayakan dirinya melainkan juga bayinya.

Karakter utama dalam Cable Girl lainnya, yaitu Sara juga mencontohkan sebuah keberanian saat melawan sesuatu yang dia anggap salah. Selama ini Sara melawan kodratnya sebagai wanita. Dia berdandan seperti pria dan menjalin asmara dengan Carlota. Namun, di musim terakhir ini, Sara berani melepaskan diri dari “perangkap” tersebut. Dia kembali menjadi wanita seutuhnya dan memutuskan hubungan dengan Carlota.

Serial dari Spanyol Berlatar Belakang Sejarah

Sinopsis & Review Cable Girls: Final Season - Part 2 9

Cable Girls: Final Season - Part 2 tetap menyuguhkan latar belakang sejarah Spanyol pada tahun 1920-an. Di musim terakhir ini, perang antara Spanyol dan Madrid usai. Kemenangan ada di tangan Spanyol dan mereka yang berasal dari Madrid harus mengikuti semua aturan yang ketat jika ingin selamat.

Latar belakang demikian membuat serial ini terasa istimewa. Apalagi ceritanya diambil dari sudut pandang seorang wanita, yang selama ini dipandang sebagai kaum nomor dua. Jangan kaget jika di akhir serial ini, Anda akan dibuat terharu oleh plotnya. Lidia, Marga, Sara dan Carlota, bagaimana pun akan diingat sebagai karakter wanita pemberani oleh para penggemar serial ini.

Sudah siap menamatkan Cable Girls: Final Season - Part 2? Serial ini secara utuh bisa disaksikan di Netflix, mulai dari musim pertama hingga musim terakhir. Sebagai informasi, di Netflix, part 2 serial ini dihitung sebagai season 6 ya. Selamat menyaksikan!

Cable Girls: Final Season - Part 2
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram