Sinopsis & Review Busted Season 2, Lebih Lucu Lebih Serius

Ditulis oleh Dhini Oktavianti
Busted Season 2
2.6
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Acara ragam Busted melanjutkan perjalanan ke Season 2. Setelah sukses memberikan pesona baru, para sutradara membuat Season 2 yang lebih menegangkan sekaligus lebih lucu.

Tentu saja, akar ide dari Busted tidak berubah. Busted Season 2 masih menggunakan komedi, masih memilih cerita yang berbeda di setiap episodenya tetapi berkesinambungan, serta  masih mengundang bintang tamu dari negeri ginseng.

Yang membedakan dengan Season 1 adalah lebih tegang, lebih lucu, dan lebih serius. Kalau masih belum percaya, simak dulu review dan sinopsis Busted Season 2 di bawah ini

Baca juga: Sinopsis & Review Busted S1, Acara Ragam dengan Tema Detektif

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: mystery fiction, thriller, variety show
  • Produksi: SangSang Company, Netflix Services Korea Ltd
  • Sutradara: Jo Hyo Jin, Go Min Seok
  • Pemain: Yoo Jae Seok, Ahn Jae Wook, Kim Jong Min, Lee Seung Gi, Park Min Young, Oh Se Hun, Kim Se Jeong.
  • Jumlah Episode: 10

Episode 10 Season 1 Busted menyisakan misteri bagi para detektif. Mereka mendapatkan pesan dari K yang ditulis 3 bulan lalu. Kemudian saat memecahkan masalah, Yoo Jae Suk terjebak dalam Lab C. Naas, laboratorium tersebut meledak.

Misteri keberadaan Yoo Jae Seok di kalangan kolega detektif nya pun mencuat. Ini membawa mereka ke dalam episode 1 Busted 2. Cerita dimulai dari para detektif yang terkunci di masing-masing ruang setelah satu tahun kejadian meledaknya Laboratorium C

Mereka ditemukan sendiri tetapi di dalam ruangan yang berbeda satu sama lain. Setiap ruangan diberikan penamaan yang berbeda dengan kesulitan yang berbeda.

Lee Kwang Soo terbangun dalam ruangan penuh dengan bola planet dan kaki terkunci. Ahn Yoo Seok bangun di ruangan yang memiliki timbangan serta pengukur suara.

Berbeda lagi dengan Se Jeong yang terbangun di ruangan berisi kulkas dan lima hidangan tertutup. Lanjut ke Sehun yang ditemukan terikat seluruh badan dan menjadi mesin capit.

Lalu Kim Jong Min menemukan dirinya berada di bangku dengan telepon di depannya. Terakhir, ada Park Min Young  yang berada dalam ruangan besar dengan beberapa monitor warna berbeda.

Setiap detektif mendapatkan kaset rekaman yang berisi pengumuman bahwa mereka berada di Neraka para Dewa, Tartarus. Singkat kata, mereka dihukum karena kesalahan saat Season 1.

Lee Kwang Soo yang suka mengkhianati para detektif diberi Sisyphus, Se Jeong yang selalu penuh nafsu makan diberi Tantalus, dan Sehun diberi Danaos karena terobsesi memenangkan hadiah daripada memecahkan masalah. Semua berdasarkan kejadian di Season 1.

Lalu Ahn Jae Wook yang penakut sehingga membuat koleganya harus melakukan tugasnya diberi Echo. Berbeda dengan Kim Jong Min yang diberi Iksion. Alasannya karena ia terlalu pasrah pada keberuntungan dan membiarkan koleganya membereskan masalah.

Terakhir, Park Min Young yang menjadi Cassandra. Alasannya karena ia terlalu mengawasi dan mengatur semua orang. Di sisi lain, semua orang diberikan catatan untuk tidak mempercayai Cassandra.

Dari sini, petualangan para detektif dimulai. Pada episode 1, kejutan demi kejutan tidak berhenti. Beberapa memunculkan plot twist yang menarik. Hal ini terus dilanjutkan sampai episode ke-10 yang lebih epic.

Kasus yang Lebih Sulit dan Serius

Kasus yang Lebih Sulit dan Serius

Harus diakui acara ragam Busted Season 2 menunjukan perbedaan dengan musim pertama. Ini karena kasusnya yang lebih sulit dan serius ditambah dengan misteri-misteri yang perlu dipecahkan.

Kasusnya, masalah yang dihadapi, sampai ancaman yang diberikan pun dalam level yang berbeda. Kamu bisa melihat keseriusan dan kesulitan bahkan dari episode 1.

Alurnya maju walau beberapa kali ada adegan dengan alur mundur untuk menceritakan kejadian di masa lalu. Masalahnya masih seputar latar munculnya Project D dan juga kematian dari K yang sangat mendadak.

Kemudian masih banyaknya pertanyaan sampai bagian akhir di episode awal memberikan kesan bahwa tim produksi Busted Season 2 membuat cerita ragam lebih menarik.

Penonton pun dibawa berpikir dan beberapa kali saya memutar kembali adegan sebelumnya untuk mendapatkan jawaban.

Sinematografinya jangan ditanya. Apik sekali. Semua dibuat dengan rapi, bersih, dan memberikan penekanan close up saat genting.

Tidak ketinggalan long shot saat memamerkan keindahan alam di lokasi shooting. Mereka juga memberikan tone warna yang lebih dingin saat menceritakan kejadian di masa lalu.

Pendalaman karakter pada masing-masing detektif pun lebih maksimal. Bila di musim pertama lebih banyak Park Min Young dan Yoo Jae Seok yang bekerja dan memecahkan masalah.

Kali ini, lebih merata. Masing-masing memiliki peran sehingga mengisi satu sama lain. Tidak ketinggalan, komedi yang terselip di antara penyelidikan bisa mencairkan suasana. Ditambah dengan banyak kejadian yang tak terduga dan memaksa mereka untuk push their limit.

Cerita yang Lebih Berkesinambungan

Cerita yang Lebih Berkesinambungan

Bila dari sudut cerita, tiap episode masih menceritakan hal yang berbeda tetapi berkesinambungan. Akan tetapi di musim kedua terlihat cerita dari satu episode ke episode lain lebih berkesinambungan.

Menariknya, beberapa episode dari Busted Season 1 pun dibawa ke Season 2. Ceritanya pun menjadi lebih masuk akal dan membuat para penonton mengatakan “ooohhhhh…” saat menontonnya.

Hal ini membuat tiap episode di Busted Season 2 tidak berdiri sendiri. Melainkan ada benang merah yang dijadikan petunjuk untuk memecahkan misteri besar yang selama ini masih dicari jawabannya oleh para detektif. Tak ketinggalan chemistry dari para detektif pun semakin kuat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram