bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Busted S1, Acara Ragam dengan Tema Detektif

Film bertema detektif sudah banyak sekali, sebut saja Lupin, Enola, sampai Sherlock Holmes. Namun, bila memberikan tema detektif untuk acara ragam akan berbeda. Apalagi ditambah dengan dialog komedi, tingkah laku spontan, tapi juga memecahkan teka teki.

Itulah konsep yang muncul pada acara ragam dari Korea Selatan, Busted Season 1. Yoo Jae Seok sebagai pembawa acara utama memang sudah dikenal sebagai MC Nation Korea Selatan. Kali ini, ia ditemani oleh beberapa rekan dan kenalannya untuk menjadi pemain dalam acara ragam satu ini.

Sinopsis

busted-s1-1_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Acara ragam, thriller, fiksi misteri
  • Produksi: SangSang Company, Netflix Services Korea Ltd.
  • Sutradara: Jo Hyo Jin, Go Min Seok
  • Pemain: Yoo Jae Seok, Ahn Jae Wook, Kim Jong Min, Lee Kwang Soo, Park Min Young, Oh Se Hun, Kim Se Jeong.
  • Jumlah Episode: 10

Pertemuan ketujuh detektif itu dimulai dari munculnya undangan dari M (Ahn Nae Sang) untuk menghadiri acara.  M memulai acara mewakili K (Ahn Nae Sang) dengan menjelaskan permainan serta Project D.

Namun, saat baru mulai tiba-tiba lampu mati dan terdengar suara tembakan. Saat lampu dinyalakan, beberapa dari mereka berpindah tempat dan menemukan M tertembak dan meninggal di tempat.

Mereka pun menyadari bahwa ini adalah pembunuhan sebenarnya dan mengarah kepada Project D. Ketujuh orang tersebut mulai mencari petunjuk untuk mengetahui cerita sebenarnya dibalik peristiwa ini. Petunjuk yang ditinggalkan pun berdasarkan dari kartu tarot yang mereka dapatkan.

Setelah melewati banyak rintangan dan mencari saksi, akhirnya mereka bertemu dengan ilmuwan yang menyuntikan DNA kepada mereka. Namun, ternyata salah satu dari mereka bukanlah detektif. Melainkan seorang penjahat yang ingin menggagalkan Project D. Dengan cepat, penjahat tersebut menembakan pistol ke ilmuwan tersebut.

Penjahat tersebut berhasil kabur dengan kendaraan yang terparkir di rumah ilmuwan. Sedangkan keenam detektif itu kebingungan dengan kejadian yang cepat dan tak terduga.

Setiap Episode Memiliki Kasus Sendiri Tapi Berkesinambungan

busted-s1-2_

Busted Season 1 memiliki 10 episode. Tiap episodenya menampilkan cerita berbeda tetapi memiliki alur yang berkesinambungan. Semakin besar episodenya, mereka akan menemukan misteri di Project D dan juga awal muasal project ini muncul.

Pada episode pertama terdapat plot twist yang cukup menarik. Ditambah lagi kemampuan akting dari penjahat yang membuatnya semakin seru. Pemeran penjahat di episode ini adalah seorang aktor Korea Selatan yang malang melintang di dunia perdrakoran.

Lokasi Busted Season 1 seakan mengajak para penonton untuk berjalan-jalan di Korea Selatan. Di episode kedua, mereka bersembunyi di persembunyian yang sudah dipersiapkan K.

Di sana mereka bertemu dengan tujuh detektif yang sebenarnya. Dari sana mereka pergi ke Pulau Jeju untuk menuntaskan kasus. Lokasi yang sama untuk lokasi di episode 3 tetapi dengan kasus yang berbeda.

Kasusnya juga menarik, mulai dari pulau yang memiliki harta karun, detektif yang dianggap sebagai pembunuh, pesan dari orang yang sudah meninggal, vampir, perlombaan antar detektif, pesulap yang hilang, sampai hilangnya K.

Produser dari Busted Season 1 mengatakan bahwa acara ragam yang dibuat ini setiap episodenya adalah situasional. Masing-masing pemain memang diberikan naskah tetapi sebagian besar justru tanpa naskah dan mengalir tergantung bagaimana para pemain memecahkan masalah.

Tema Serius Tapi Banyak Komedi

busted-s1-3_

Tema detektif memang serius tetapi banyak sekali penggemarnya. Apalagi dengan ending yang sering plot twist membuat film bertema detektif menarik untuk ditonton. Penonton pun semakin semangat untuk ikut menebak siapa dalangnya atau apa yang sebenarnya terjadi.

Busted Season 1 pun dibuat seperti itu tapi diberikan sentuhan komedi. Tiga dari pemain Busted Season 1 memang sering muncul di acara ragam yang membawa dirinya sendiri, seperti Yoo Jae Seok, Lee Kwang Soo, dan Kim Jong Min.

Ketiganya memberikan suasana reality show yang lucu dipasangkan dengan pemain lain yang terbilang baru di dalam acara ragam. Reaksi spontan dari setiap pemain pun terekam sempurna sebagai bagian dari Busted Season 1. Reaksi spontan yang cenderung mengarah ke komedi yang menarik.

Pemainnya Dikenal di Bidang Masing-masing

busted-s1-4_

Pemain dan yang menjadi center untuk Busted Season 1 adalah Yoo Jae Seok. Di Korea Selatan, siapa yang tidak kenal dengan pembawa acara satu ini. Hampir setiap hari, kamu bisa menemukan wajahnya dalam acara yang ia bawakan di channel berbeda.

Acara yang ia bawakan adalah Running Man, Hangout with Yoo, Happy Together, Infinite Challenge, dan banyak lagi. Kemampuan berbicara dan quick wit nya memang sangat terkenal. Ia bisa menangkap gesture dari setiap tamu yang datang dan mencoba membuat sesuatu hal menjadi lebih menarik dan lucu.

Ada lagi Ahn Jae Wook seorang aktor dan penyanyi. Ia sebenarnya jarang muncul di acara ragam. Namun kali ini ia berakting sebagai mantan detektif yang canggung. Kecanggungannya sangat terasa di Busted Season 1. Seakan itu memang dirinya.

Salah satu anggota 2 Days 1 Night sekaligus member Koyote ini memberikan nuansa baru. Kim Jong Min membuat acara ragam yang dia hadiri lebih lucu. Sosoknya yang selalu senyum dalam kondisi apa pun seakan membuat perubahan suasana. Namun, ia juga cenderung penakut.

Siapa yang tidak tahu kejeniusan Lee Kwang Soo dalam acara ragam? Ia dikenal dengan karakter penipu, licik, tapi juga apes di Running Man. Di Busted Season 1, ia masih memiliki karakter kurang beruntung tetapi berani dan juga pintar, dengan caranya sendiri. Bisa dibilang ia paling sering dipasangkan dengan Oh Se Hun.

Park Min Young adalah pemain The Busted Season 1. Bisa dibilang ini adalah acara ragam pertamanya. Ia dikenal sebagai pemain drama Korea Selatan seperti Sungkyunkwan Scandal, What’s Wrong with Secretary Kim, Her Private Life, sampai Forecasting Love and Weather. Karakter perempuan cerdas, diandalkan, tetapi juga punya sisi lucu adalah peran dari Park Min Young di Busted Season 1.

Oh Se Hun, member boyband EXO, baru pertama kali berada di acara ragam. Sebelumnya, ia dikenal sebagai penyanyi sekaligus aktor yang membintangi beberapa drama. Karakternya di sini lebih cenderung diam tapi juga mengeluarkan sisi lucu. Apalagi bila ia sedang bersama Lee Kwang Soo dan Kim Jong Min.

 Terakhir, ada Kim Se Jeong mantan member girlgroup I.O.I yang sekarang bernaung dalam girlgroup Gugudan. Kim Se Jeong memang dibilang lebih sering berada di acara ragam dibandingkan yang lain. Namun, ia cenderung sebagai peserta atau kontestan.

Untuk pemain tetap dalam acara ragam, Busted Season 1 adalah yang pertama. Karakter yang dimainkan Kim Se Jeong adalah pemberani, banyak ide, dan sering membantu Park Min Young memecahkan masalah.

Didukung oleh Bintang Tamu yang Memerankan Peran Tertentu

busted-s1-5_

Ada banyak bintang tamu papan atas yang membantu dalam memerankan peran. Bintang tamu tersebut berasal dari aktor, aktris, komedian, model, sampai idol. Tiap orang diberikan peran berbeda sesuai dengan kasus pada tiap episode.

Beberapa bintang tamu yang sudah meriahkan Busted Season 1 adalah Yoo Yeon Seok, Kangnam, Kim Jung Tae, Park Na Rae, Ye Ji Won, Lee Jae Young, Ahan Nae Sang, Kim Su Ro, Woo Hyun, Hong Jong Hyun, Lee Chang Min, Choi Min Hae, Ging Myung, Kang Tae Oh, Lee Tae Hwan, dan banyak lagi.

Bila dijumlahkan ada sekitar 56 tamu yang sudah berperan dalam acara ragam Busted Season 1. Masing-masing memerankan karakter saksi, pembunuh, tersangka, sampai korban. Ini sengaja dilakukan untuk memberikan kesan dramatis pada acara ragam yang serius tapi juga lucu.

Demikian review dan sinopsis Busted Season 1. Acara ragam ini memang memberikan kesan berbeda yang menyegarkan. Apalagi pemainnya sudah dikenal di jagat hiburan Korea Selatan. Kalau mencari tontonan menghibur tapi sedikit mikir, acara ragam ini bisa ditonton di Netflix.

Bila kamu ingin mencari review acara ragam, film, drama, atau para pemainnya, bisa melihat artikel lengkap di Bacaterus, ya.

Busted S1
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram