bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Bulgasal, Dendam dari Monster Abadi

Bulgasal: Immortal Souls (2021) disebut-sebut sebagai salah satu drama termahal. Produksinya menghabiskan dana hingga ratusan miliar rupiah. Tidak heran jika di dua episode perdananya, drama ini benar-benar memukau. Dari segi visual efek, make up, busana hingga storyline, terasa sekali dikonsep secara matang.

Diperankan oleh Lee Jin Wook dan Kwon Nara, drama yang sempat ditolak oleh Won Bin ini merupakan hasil kerjasama kedua antara sutradara Jang Young Woo dan penulis Seo Jae Won setelah Entourage (2016).

Turut juga dibintangi Lee Joon pasca selesai Wamil, Bulgasal (2021) suguhkan cerita yang tidak asal-asalan. Penasaran? Kita ikuti sama-sama update-nya di artikel ini ya!

Baca juga: Sinopsis dan Review Hellbound (2021), Ancaman dari Neraka

Sinopsis

Dan Hwal lahir dari seorang wanita yang tewas gantung diri. Oleh warga desa dia diperlakukan jahat karena mereka percaya Dan Hwal membawa kutukan Bulgasal yang bisa mengancam nyawa mereka.

Tumbuh dewasa sebagai pemburu monster, Dan Hwal akhirnya bisa membunuh Bulgasal yang sebelumnya sudah berhasil mengambil jiwanya dan berubah jadi manusia. Namun, sejak itu pula dendamnya pada Bulgasal menyala.

Episode 1-2

Episode 1-2

Di akhir Dinasti Goryeo seorang anak lelaki lahir dari wanita yang tewas gantung diri. Banyak orang percaya bayi itu membawa kutukan Bulgasal, monster berbahaya yang meminum darah manusia. Dia tidak punya jiwa sehingga tidak bisa mati.

Seorang tentara kerajaan bernama Dan Geuk yang bertugas menangkap monster-monster pemburu manusia menyelamatkannya dan memberinya nama Dan Hwal.

Tumbuh besar Dan Hwal jadi pemburu monster yang hebat. Suatu hari saat berhasil menamatkan monster pengendali pikiran atau Dueoksini, monster tersebut berjanji akan terus memburunya sampai mati.

Hwal menikah dengan putri tunggal Dan Geuk, Dan Sol. Sayang, kutukan Bulgasal membuat dua anak mereka tewas. Sang istri pun tewas oleh Bulgasal yang mengincarnya di satu malam.

Bulgasal yang memang mengincarnya berhasil membunuh Dan Hwal dan mengambil jiwanya lalu berubah jadi manusia. Ternyata saat jiwa Dan Hwal diambil Bulgasal, Dan Hwal justru berubah menjadi Bulgasal itu sendiri. Dia pun berhasil membunuh Bulgasal yang sudah menjadi manusia.

Ketika Dan Geuk mengetahui putra angkatnya menjadi Bulgasal, dia meminta Dan Hwal berjanji untuk tidak meminum darah manusia. Kematian Bulgasal yang sudah jadi manusia tersebut memperpanjang kutukan.

Dendam Dan Hwal pada Bulgasal itu tidak selesai dengan kematiannya. Tak peduli sudah berapa kali dia bereinkarnasi menjadi manusia, Dan Hwal akan memburunya.

Di sisi lain dendam Dueoksini yang semestinya tertuju pada Dan Hwal, justru mengarah pada reinkarnasian Bulgasal. Dan Hwal pun harus berlomba-lomba dengannya. Tahun 2006, reinkarnasian Bulgasal berhasil dia bunuh. Namun, adik kembarnya yang bernama Min Sang Un selamat.

Sebelum tewas, reinkarnasian Bulgasal bernama Min Sang Yeon itu berpesan untuk terus sembunyi dan jangan percaya orang lain. Sang Yeon juga ingin Sang Un mencari cara membunuh Bulgasal. Tahun 2021 Sang Un sudah tumbuh jadi lebih dewasa. Saat dia mengunjungi apartemen lama tempat tinggalnya dulu, Dan Hwal menemukannya.

Episode 3-4

Bulgasal Episode 3-4

Hwal terus mencari Sang Un, di saat bersamaan dia juga terus mengejar monster-monster yang bisa mendahuluinya membunuh Sang Un. Salah satunya seorang pembunuh berantai yang mengincar anak-anak yatim piatu. Satu anak yatim piatu bernama Nam Do Yun berhasil Hwal selamatkan darinya.

Hwal akhirnya bisa menemukan keberadaan Sang Un dari ikat rambutnya yang tertinggal. Dia hampir kehilangan Sang Un jika tidak segera menolongnya dari monster. Saat itulah dia bertemu Dan Sol yang sudah bereinkarnasi sebagai Si Ho, adik Sang Un. Pertemuan itu membuat Hwal bingung dengan takdir.

Meski begitu Hwal tetap pada tujuannya. Dia akan memburu monster-monster yang mengincar jiwa Sang Un lebih dulu, lalu membunuh Sang Un dan mengurungnya di sumur terdalam. Namun, rencana Hwal tidak semudah itu karena rupanya ada Bulgasal lain yang juga mengintai Sang Un.

Dia adalah Lubang Hitam, Bulgasal lain yang membunuh Sang Yeon dan ibu mereka 15 tahun lalu. Sang Un lalu ingat pesan Sang Yeon sebelum meninggal: dia harus menemukan lelaki dengan luka di tangan kanan karena hanya dia yang bisa membunuh Bulgasal. Sang Un menemukan tanda luka itu pada Hwal.

Episode 5-6

Bulgasal Episode 5-6

Selain menyelamatkan dan membawa Sang Un ke rumahnya, Hwal meminta bantuan Hye Suk untuk menjemput Si Ho ke tempat yang lebih aman. Hwal sendiri menemui Ok Eul Tae yang sudah menunggunya. Ok Eul Tae mengajaknya bekerjasama membunuh Sang Un karena dia sangat membutuhkan jiwa wanita itu.

Ok Eul Tae yang dikutuk oleh Bulgasal tak bisa membunuh Sang Un karena setiap mendekatinya, lubang hitam di dadanya yang muncul akibat kutukan selalu mengeluarkan darah dan membuatnya kesakitan. Berbeda dengan 7 kehidupan reinkarnasi Bulgasal sebelumnya, kali ini Ok Eul Tae kesulitan.

Setelah bertemu Eul Tae, Hwal membawa Sang Un ke sumur yang sudah dia buat untuk mengurungnya seumur hidup. Begitu Sang Un hendak dibunuh, Hye Suk mengabarkan kalau Si Ho diculik. Penculiknya adalah Monster Air yang mendendam pada Hwal dan mengincar jiwanya, yang berarti mengincar Sang Un.

Beruntung Si Ho berhasil diselamatkan. Kini mereka semua ada bersama Hwal. Sang Un pun mulai percaya kalau Hwal bisa membantunya. Sang Un yang melihat banyak potret dirinya yang bereinkarnasi di kehidupan lalu, terkejut. Namun, wanita itu juga ingin memastikan apakah dia benar-benar Bulgasal yang membuat hidup Hwal hancur karena kutukannya.

Hwal menjelaskan bahwa tak peduli berapa kali bereinkarnasi Bulgasal akan selalu membawa luka di bahunya. Hwal sudah memastikan itu pada jasad Sang Yeon. Anehnya, pada bahu Sang Un luka itu tidak ditemukan. Sang Un yakin dirinya bukan Bulgasal dan hal itu membuat Hwal semakin bingung.

Episode 7-8

Bulgasal Episode 7-8

Hwal membawa Sang Un mengunjungi lokasi tempat tinggalnya di kehidupan lalu. Menurutnya Sang Un yang 50 tahun lalu bernama Kim Hwa Yeon membakar rumah dan membiarkan kedua orang tuanya tewas untuk melarikan diri dari Bulgasal, sedangkan adiknya, Kim Go Bun, terluka.

Sejak kejadian itu desa tersebut kerap mengalami kebakaran. Rupanya itu adalah ulah Monster Api yang mendendam pada jiwa Bulgasal. Hwal berhasil membunuhnya saat monster itu hampir menewaskan Sang Un. Di sisi lain tanpa diketahui oleh Hwal, Nam Do Yun adalah mata-mata yang sengaja dikirim oleh Ok Eul Tae untuk mengawasi mereka.

Sang Un menemui adiknya di masa lalu, Kim Go Bun, dan mendapat cerita kalau pembunuh keluarga Hwal 600 tahun lalu adalah Lubang Hitam bukan dirinya. Di tempat berbeda  Detektif Kwon yang membuntuti Ok Eul Tae hampir tewas oleh reinkarnasian Monster Dueoksini. Detektif tersebut ingin mencari tahu tentang Ok Eul Tae karena di masa lalu sang ayah tewas oleh Bulgasal.

Reinkarnasian Dueoksini yang bekerja untuk Ok Eul Tae sengaja menculik Kwon untuk kepentingan sendiri agar dia bisa memancing Hwal. Hwal pun datang sesuai perkiraannya. Ok Eul Tae yang mendapat kabar dari Do Yun bahwa Detektif Kwon diculik membunuh reinkarnasian monster itu di depan Hwal yang sedang tidak berdaya.

Ok Eul Tae kembali membujuk Hwal untuk bekerjasama membinasakan Sang Un dan mengingatkannya untuk jangan terperdaya. Tak lama Sang Un datang dan mengatakan bahwa pembunuh keluarga Hwal 600 tahun lalu adalah Lubang Hitam atau Ok Eul Tae, bukan dirinya.

Episode 9-10

Bulgasal Episode 9-10

Hwal ingin membuktikan kebenaran perkataan Sang Un kalau pelaku pembunuhan keluarganya 600 tahun lalu bukan Sang Un tetapi Ok Eul Tae. Dia mengajak wanita itu menemui Go Bun, sang adik dari kehidupan di masa lalu, tapi tidak mendapatkan apa-apa. Ok Eul Tae teringat kehidupannya yang perih 1000 tahun lalu. Ketika itu dia yang sakit-sakitan tidak dianggap oleh sang ayah. Sebagai putra pertama Eul Tae merasa dibuang.

 Ayahnya lebih menyayangi sang adik, Eul Soo, yang lahir dari istri keduanya. Ok Eul Tae yang dendam pun membunuh Eul Soo. Dia lalu menuduh Bulgasal yang telah melakukannya. Saat itulah dia berhadapan dengan sesosok wanita cantik bermata merah yang misterius.

Ok Eul Tae semakin merasa terancam karena Hwal lebih percaya Sang Un daripada dirinya. Dia lalu meminta Do Yun membawa Sang Un ke rumahnya. Do Yun ragu karena tak mau melakukan kejahatan tapi di sisi lain dia memiliki hutang budi karena Ok Eul Tae merawatnya dan sang kakak sejak kecil. Ok Eul Tae juga mengoperasi mata Do Yun yang buta sejak lahir.

Ketika Do Yun hampir membawa Sang Un ke rumah Ok Eul Tae, dia dihentikan oleh Hwal. Fakta bahwa Do Yun memata-matainya atas perintah Ok Eul Tae membuat Hwal marah besar. Dia pun mengusirnya dari rumah. Sejurus kemudian Hwal tahu kalau Do Yun adalah reinkarnasi Achan, putranya 600 tahun lalu. Hwal menyesal dan mencarinya. Ok Eul Tae juga melakukan hal yang sama.

Do Yun ditemukan oleh Kim Sang Hui, reinkarnasian monster Dueoksini yang jadi sekretaris Ok Eul Tae. Dia menggunakan Do Yun untuk memancing Hwal. Hwal datang menghadapinya tapi kehilangan jejak. Kim Sang Hui yang melarikan diri tertangkap lalu dibunuh Ok Eul Tae. Tak lama Ok Eul Tae menemukan Do Yun.

Dia memperlihatkan kekhawatirannya tapi Do Yun menyampaikan sesuatu yang aneh, bahwa menurut Kim Sang Hui, Ok Eul Tae membunuh dirinya dan sang ibu di kehidupannya 600 tahun lalu. Sejurus kemudian Ok Eul Tae menusuknya. Lubang Hitam itu membiarkan Do Yun terkapar di jalan. Hwal menemukannya dan merasa sangat bersalah. Dia berharap Do Yun tetap hidup.

Episode 11-12

Episode 11-12 bulgasal_

Do Yun dirawat di rumah sakit akibat ditusuk Ok Eul Tae. Ketika ditanya alasannya oleh Hwal, Do Yun menjelaskan karena dia mengetahui kalau pembunuh ibu dan dirinya 600 tahun lalu adalah Ok Eul Tae. Hwal mulai percaya kalau Sang Un bukan pembunuh keluarganya.

Sepulangnya Do Yun dari rumah sakit, Hwal membawa semua orang pindah ke rumah baru. Setelah itu, Hwal berencana menghadapi Ok Eul Tae. Duel antara Hwal dan Eul Tae tidak bisa dihindari.

Di tempat berbeda, Si Ho melihat masa lalu Sang Un ketika hidup sebagai Hwa Yeon. Hwa Yeon mengatakan kalau dua bulgasal itu harus saling bunuh, harus saling menusuk jantung secara bersamaan.

Eul Tae yang Lubang Hitamnya berhasil ditusuk Hwal setengah mati mengatakan jika salah satu di antara mereka tewas, yang lain akan tewas. Eul Tae juga menjelaskan jika 1000 tahun lalu Hwal sendiri yang meminta menjadi Bulgasal. Oleh karena itu, Eul Tae membawakan Sang Un ke hadapannya.

Kondisi Eul Tae sudah sangat tidak berdaya. Hwal yang kembali ke rumah menerima permintaan dari Bu Lee agar tetap menjalankan rencana seperti semula, yaitu menuntaskan dendamnya pada Sang Un dan menjadikan wanita itu sebagai Bulgasal lagi, biar Sang Un yang tewas bersama Eul Tae, jangan dirinya.

Sementara itu, Si Ho mencoba melihat kehidupan Sang Un 1000 tahun lalu tapi Bu Lee mencegah dan mengatakan kalau Sang Un sampai ingat semuanya, keadaan akan sangat berbahaya. Sejak itu, Bu Lee kerap melantur mengatakan hal mengerikan tentang bahayanya Sang Un.

Hwal kembali mencari Eul Tae bersama Sang Un. Dia menemukannya di hutan dan tetap berusaha menghabisi Eul Tae. Sementara itu Sang Un yang ditinggal di mobil diserang oleh orang suruhan Eul Tae. Sang Un tertusuk di bagian dada tapi dia tiba-tiba kuat dan menyerang orang tersebut.

Hwal menyelamatkan Sang Un tapi luka di dadanya persis seperti luka di dada Sang Yeon. Ketika menyentuh luka itu ingatan Sang Un kembali ke masa lalu saat Hwal menusuknya. Tanpa diduga Sang Un malah menusuk Hwal dan bertingkah aneh.

Episode 13-14

Bulgasal (2021) Episode 15-16_

Sang Un melihat Hwal membunuh banyak orang di masa lalunya. Hwal tersenyum seram dan membuat Sang Un ketakutan. Ingatan masa lalunya itu ternyata berbanding terbalik dengan ingatan Hwal karena di sana justru Sang Un yang membunuh banyak orang. Satu-satunya cara mengetahui kebenarannya adalah menemukan Ok Eul Tae.

Malam itu saat Hwal mengobati luka Sang Un, Sang Un kembali mendapat ingatan masa lalu. Dia mendengar Ok Eul Tae mengatakan bahwa Hwal tidak seperti yang dia kenal selama ini.  Pagi harinya segerombolan  polisi yang diperintah Ok Eul Tae berusaha menangkap mereka atas tuduhan pembunuhan.

Si Ho, Do Yun, dan Bibi Lee menyembunyikan dua orang itu tapi justru mereka yang dibawa pergi. Ok Eul Tae sengaja melakukannya untuk memancing emosi hingga Hwal akan memperlihatkan jati dirinya yang asli.

Ok Eul tae juga membunuh Bibi Lee di depan Si Ho dan Do Yu. Sejurus kemudian ibu dan anak di masa lalu itu dibawa seorang pria, reinkarnasi monster yang lagi-lagi mendendam pada Sang Un.

Hwal yang datang terlambat tidak bisa membendung emosinya dan hampir membunuh salah satu polisi di sana. Sang Un kaget dan mengingat perkataan Ok Eul Tae beberapa waktu lalu. Dia merasa Hwal berubah mengerikan.

Di tengah jalan Si Ho dan Do Yun berhasil kabur. Hwal dan Sang Un menemukan mereka dalam keadaan lemah. Hwal berduel dengan monster itu sampai matanya terluka parah dan tak bisa melihat. Di tempat lain Ok Eul Tae menderita karena lubang hitam di tubuhnya terus terbuka.

Dia ingat kejadian di masa lalu ketika Hwal mengambil jiwanya sampai meninggalkan lubang tersebut. Saat itu Hwal meminta Ok Eul Tae mencarinya di masa depan dan menjadikannya Bulgasal. Jika tidak, maka lubang di tubuhnya akan terus terbuka dan sakit luar biasa.

Berhasil menyelamatkan Si Ho dan Do Yun, Hwal justru mengusir mereka termasuk Sang Un dari rumah. Dia tampak tidak peduli dengan kematian Bibi Lee.

Dia juga merasa terbebani dengan keberadaan mereka. Walau awalnya sempat pergi, Sang Un akhirnya kembali lagi menemui Hwal yang sedang meratapi kematian Lee Hye Seok.

Di tempat berbeda, Ok Eul Tae memancing Detektif Kwon untuk bertemu. Pada kesempatan itu, dia mengatakan kalau mendiang ayah detektif tersebut merupakan reinkarnasi monster. Dengan latar belakang seperti itu, Ok Eul Tae menjelaskan kalau Bulgasal yang membunuh ayahnya adalah Hwal, bukan dia.

Episode 15-16

Bulgasal (2021) Episode 13-14_

Hwal, Sang Un dan Detektif Kwon menyusun rencana menghadapi Ok Eul Tae yang sudah menunggu di depan sumur untuk mengubur Hwal di sana. Sang Un membawa racun yang diambil dari salah satu monster sebagai senjata menghadapi Eul Tae.

Detektif Kwon sendiri membawa senjata api yang siap ditembakkan jika Ok Eul Tae kabur saat berduel dengan Hwal. Ok Eul Tae berhasil melumpuhkan Hwal lalu mengincar Sang Un. Namun, Detektif Kwon malah mencoba untuk menembak jantungnya.

Sang Un berusaha menghentikan Kwon karena jika Eul Tae sampai tewas, Hwal juga akan mati. Kwon tergerak dan mengorbankan dirinya agar Sang Un bisa melarikan diri. Setelah menusuk Kwon, Eul Tae menjatuhkan tubuh Hwal yang sudah tidak berdaya ke dalam sumur lalu mengejar Sang Un.

Ketika Ok Eul Tae mengejar Sang Un, Kwon mendekati sumur dan mencoba mengajak Hwal bicara. Saat itulah dia memaksa Hwal meminum darahnya. Walau sempat menolak, Hwal bersedia menyecap darah yang diteteskan Kwon ke dalam sumur. Di saat bersamaan, Ok Eul Tae yang hampir berhasil membunuh Sang Un, bereaksi atas hal itu.

Seribu tahun lalu, Hwal dan Sang Un adalah sepasang Bulgasal yang hidup di hutan dan tinggal di gua. Suatu hari Sang Un menyelamatkan dua anak kecil dan langsung jatuh hati pada mereka.

Sang Un meninggalkan Hwal demi manusia dan berjanji akan kembali ketika dua anak itu sudah dewasa. Sayangnya, sebelum ditepati, dua kakak beradik yang kini sudah dewasa itu melihat Ok Eul Tae membunuh saudaranya.

Saat Ok Eul Tae akan membunuh mereka, Sang Un mencegahnya. Kematian saudara Ok Eul Tae membuat ramai penduduk desa, apalagi Ok Eul Tae mengatakan kalau pembunuhnya adalah Bulgasal.

Sang Un tidak bisa lagi menyembunyikan identitasnya dari warga desa. Saat nyawanya terancam, Hwal datang dan membunuh semua warga di sana. Sang Un kecewa dan membunuh dirinya.

Ketika itulah Ok Eul Tae datang, membawa Hwal karena ingin menjadi Bulgasal. Sejak itu, mereka terikat takdir. Kembali ke kehidupan sekarang, Hwal yang sudah kembali bangkit karena merasakan darah Kwon, menghabisi Ok Eul Tae dan menyelamatkan Sang Un. Selesai membunuh Bulgasal itu, Hwal membunuh dirinya sendiri.

Dia tidak ingin terus melahirkan takdir buruk untuk Si Ho dan Do Yun yang seribu tahun lalu ikut menusuknya dengan pedang. Hwal dan Ok Eul Tae pun sama-sama binasa, keduanya melebur jadi abu.

Tak lama, Sang Un juga tewas setelah sebelumnya ditusuk Ok Eul Tae. Si Ho dan Do Yun melanjutkan hidup tanpa takdir buruk. Lima puluh tahun kemudian, Sang Un kembali bertemu Hwal di rumah lama mereka.

Dendam Abadi Monster Abadi

Dendam Abadi Monster Abadi

Sesuai judul lengkapnya, Bulgasal: Immortal Souls (2021), sejak episode pertama kita dituntun alurnya untuk memahami dengan mudah bagaimana dan siapa Bulgasal. Dan Hwal, anak terbuang yang dipercaya dikutuk Bulgasal justru menjadi Bulgasal itu sendiri.

Dendamnya membara karena akibat kutukan Bulgasal dia harus kehilangan orang-orang yang dicintai dan hidupnya menderita. Dendam tersebut dia pelihara seumur hidup selama ratusan tahun. Dengan kekuatan berupa kemampuan untuk hidup abadi, Dan Hwal memiliki dendam abadi, walau Bulgasal yang dia incar sudah bereinkarnasi ribuan kali.

Di episode dua, reinkarnasi Bulgasal ternyata adalah anak kembar. Setelah berhasil membunuh satu di antaranya, Dan Hwal masih memburu yang lain. Apakah Dan Hwal harus membunuh keduanya? Kelanjutan cerita dan alasannya patut ditunggu di episode-episode mendatang.

Dua Episode Awal yang Menjanjikan

Dua Episode Awal yang Menjanjikan

Nonton Bulgasal (2021) di dua episode awal, kamu akan terkesan dengan banyak hal. Drama ini membangun ceritanya dengan luar biasa sejak episode pertama, terutama ketika bercerita tentang masa lalu Dan Hwal. Dari mulai efek hingga storyline, semua memukau. Setting masa lalu, tepatnya di akhir Dinasti Goryeo, benar-benar menyihir.

Pertarungan antara Dan Hwal dengan monster sungguh dramatis dengan darah di mana-mana.  Selain itu kesedihan ketika Dan Hwal kehilangan ayah angkat dan putra satu-satunya jadi suguhan yang emosional. Dilanjut dengan ketegangan ketika melihat reinkarnasi Bulgasal harus melarikan diri untuk menyelamatkan diri.

Kombinasi dari dua episode pertama drama Bulgasal (2021) tersebut menjanjikan keseruan. Semoga saja tensi keseruannya tidak turun di episode mendatang mengingat episode 1 dan 2, dengan latar belakang masa lalu, tepatnya zaman Dinasti Goryeo efeknya sudah sangat luar biasa. 

Untuk penyuka drama-drama fantasi yang bukan sekadar menegangkan, Bulgasal (2021) sangat menjanjikan. Ada banyak emosi dan alurnya pun mudah diikuti. Selain itu penampilan Lee Jin Wook dan Kwon Nara juga patut diapresiasi. Penasaran? Drama ini bisa kamu lihat di Netflix ya!

Kemunculan Bulgasal Lain

Kemunculan Bulgasal Lain

Baru masuk ke episode 3 dan 4, kejutan besar sudah disuguhkan drama Bulgasal (2021). Tensi ketegangan terus berlangsung di dua episode ini. Rasanya ikutan capek melihat Sang Un terus dikejar monster ke mana pun dia pergi. Semakin melelahkan karena ternyata ada Bulgasal lain, yang lebih kejam, mengincarnya.

Ada beberapa kejutan di plot-nya, pertama kenyataan bahwa Hwal bukan Bulgasal yang membunuh Sang Yeon, melainkan Bulgasal lain dengan nama Ok Eul Tae. Rupanya Bulgasal ini yang dimaksud Sang Yeon membahayakan dan mengancam mereka, bukan Hwal. Hwal justru sosok Bulgasal yang bisa mengalahkannya.

Kejutan kedua adalah kemunculan reinkarnasi Dan Sol sebagai Si Ho, adik Sang Un, yang mengaburkan fokus Hwal. Kemudian reinkarnasi Dan Geuk sebagai Detektif Kwon. Akan bagaimana kehidupan dan rencana Hwal terhadap Sang Un setelah mengetahui kehadiran Bulgasal lain?

Siapa Sang Un Sebenarnya?

Siapa Sang Un Sebenarnya

Pada dua episode Bulgasal (2021) minggu ini Sang Un masih terancam oleh Ok Eul Tae. Si Ho sendiri turut menjadi sasaran karena dapat digunakan untuk memancing Sang Un. Eul Tae kembali melibatkan para monster yang memang sangat mendendam pada jiwa Hwal di tubuh Sang Un. Di dua episode ini yang dia libatkan adalah Monster Air yang berbulu.

Usaha Eul Tae masih belum berhasil di dua episode ini karena Hwal malah menyelamatkan Sang Un. Keduanya tampak bersepakat mengalahkan Eul Tae lebih dulu setelah itu Sang Un bersedia menyerahkan jiwanya. Namun, sebuah kejutan disimpan di bagian akhir episode 6 karena Hwal dibuat ragu oleh identitas Sang Un setelah tidak mendapati luka apa pun di bahu Sang Un.

Padahal itu adalah ciri terpenting yang menandakan bahwa Sang Un memang Bulgasal yang telah menghancurkan hidupnya 600 tahun lalu. Lantas, siapa Sang Un sebenarnya? Benarkah Bulgasal yang membunuh istri dan anaknya dengan Bulgasal yang menyelamatkan nyawanya saat kecil dari tenggelam adalah dua Bulgasal yang berbeda?

Benarkah Sang Un Tidak Bersalah?

Benarkah Sang Un Tidak Bersalah

Jalan cerita Bulgasal (2021) di episode 7 dan 8 semakin menambah banyak pertanyaan. Perburuan monster di masa lalu terhadap Sang Un juga belum kunjung selesai. Di dua episode ini giliran monster api yang memburu jiwa Hwal di tubuh Sang Un. Selain itu ada pula monster bernama Dueoksini yang memburu Detektif Kwon untuk memancing Hwal.

Tugas Hwal sangat berat seiring dengan semakin banyak orang yang masuk ke hidupnya. Rumah yang dulu sepi dan tidak terawat perlahan jadi rapi dan ramai. Namun, di antara itu semua yang membuat bingung dan serasa digantung adalah pertanyaan tentang fakta pembunuh keluarga Hwal 600 tahun lalu.

Pasalnya pada salah satu scene Sang Un mendengar pengakuan adiknya di masa lalu bahwa pembunuh keluarga Hwal 600 tahun adalah Lubang Hitam, bukan dirinya. Sementara identitas asli Sang Un masih belum terjawab, sudah muncul pertanyaan baru. Lantas, apakah yang Sang Un dengar kali ini merupakan kebenaran?

Do Yun Reinkarnasian Putra Hwal

Do Yun Reinkarnasian Putra Hwal

Dua episode Bulgasal (2021) kali ini agak emosional karena Hwal lebih banyak menggunakan emosinya. Beberapa kali Hwal dengan Sang Un terlihat lebih dekat seperti tanpa jarak, padahal kepastian identitas Sang Un masih belum terungkap. Hwal seperti mulai lupa dengan tujuan dan dendam awalnya terhadap wanita itu.

Selain hubungan Hwal dan Sang Un yang terlihat semakin akrab, episode 10 mengungkap kehidupan masa lalu Do Yun yang jauh lebih emosional. Pemuda yang mengaku tidak memiliki keluarga itu rupanya putra Hwal di kehidupan 600 tahun lalu. Dia adalah Achan. Putra Hwal dan Si Ho yang buta sejak lahir. Bagian ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena memang cukup mudah ditebak.

Pasalnya orang-orang di sekitar Hwal, yang tinggal satu rumah dengannya, pasti memiliki keterkaitan di kehidupan masa lalu. Detektif Kwon adalah reinkarnasian ayahnya, Si Ho reinkarnasian istrinya, maka Do Yun sudah bisa ditebak kalau dia adalah putranya.

Terlepas dari itu semua, identitas Sang Un sampai di episode 10 ini masih abu-abu, sementara fakta bahwa Ok Eul Tae adalah pembunuh keluarga Hwal 600 tahun lalu sudah mulai sedikit-sedikit disinggung. Gimana? Masih penasaran dengan akhir cerita ini? Ikuti terus di episode mendatang!

Misteri Hwal dan Sang Un 1000 Tahun Lalu

Misteri Hwal dan Sang Un 1000 Tahun Lalu_

Mengikuti alur cerita Bulgasal (2021) sampai episode 11 dan 12, kepala rasanya dibuat muter-muter karena hubungan antara Hwal, Eul Tae dan Sang Un di masa lalu sangat rumit. Ada rahasia besar yang disimpan ketiganya dan ada fakta yang diputarbalikkan, sehingga pihak yang jahat dan berbahaya sejauh ini masih kabur.

Di episode ini kekhawatiran Ok Eul Tae, bahwa Hwal akan berpihak pada Sang Un terjadi, apalagi Hwal sudah mengetahui kalau pembunuh keluarganya 600 tahun lalu bukan Sang Un. Untuk pertama kali sejak kemunculannya, Ok Eul Tae terlihat sangat tidak berdaya. Fisiknya melemah karena Lubang Hitam miliknya ditusuk Hwal.

Scene flashback yang memperlihatkan masa lalu Ok Eul Tae dan Hwal sedikit diperlihatkan. Di sana terlihat Lubang Hitam di tubuh Ok Eul Tae ternyata dibuat oleh Hwal. Meski begitu, keutuhan ceritanya masih jadi misteri, termasuk bagian saat Bu Lee melarang Si Ho melihat kehidupan Sang Un 1000 tahun lalu.

Bu Lee yang merupakan reinkarnasi cenayang yang meramal hidup Hwal 600 tahun lalu mengatakan hal buruk dan berbahaya tentang Sang Un atau mungkin tentang jiwa Hwal yang ada di tubuh Sang Un.

Apa pun itu, episode 11 dan 12 Bulgasal (2021) nambah-nambah bahan overthinking karena kemisteriusan identitas Sang Un dan Hwal masih samar. Gimana? Masih sabar nunggu semuanya terungkap? Atau kamu punya teori lain tentang mereka?

Kematian Lee Hye Seok Memukul Hwal

Kematian Lee Hye Seok Memukul Hwal_

Menjelang berakhir di minggu depan, Bulgasal (2021) episode 13 dan 14 masih belum terlalu jelas menceritakan hubungan masa lalu antara Hwal dan Sang Un. Meski begitu, Sang Un mulai bisa mengingat kehidupannya di masa lalu pasca mendapatkan luka di bagian dadanya.

Namun, bagian yang menarik dari dua episode Bulgasal minggu ini bukan terletak pada hubungan rumit dan misterius antara Hwal dan Sang Un, melainkan hubungan emosional antara Hwal dengan Lee Hye Seok.

Hwal yang mengaku tidak bersedih atas kematian Lee, nyatanya paling terluka di antara yang lain. Siap-siap saja merasa kasihan dan ikut bersedih ketika menyaksikan Hwal menangis karena mengingat Lee yang selalu hadir di hidupnya dari masa ke masa, seperti putrinya sendiri.

Akhir Takdir Dua Bulgasal

Akhir Takdir Dua Bulgasal_

Setelah cukup berbelit-belit dengan alur dan hubungan antara karakternya, drama Bulgasal (2021) akhirnya sampai di episode akhir. Rahasia hubungan atau keterkaitan Hwal, Sang Un dan Ok Eul Tae selesai dijabarkan di awal episode 16; cukup pendek untuk dibuat terlalu rumit sampai membutuhkan 16 episode.

Pada dua episode terakhir ini kamu bisa mengetahui siapa Bulgasal sebenarnya dan siapa yang semula manusia biasa. Hwal dan Sang Un yang sejak episode awal tidak pernah berpisah, selalu nempel, rupanya memang sepasang Bulgasal yang hidup 1000 tahun lalu, dan Ok Eul Tae adalah manusia yang terobsesi menjadi makhluk immortal.

Takdir antara Hwal dan Sang Un menemukan akhirnya ketika masing-masing tewas. Namun, di bagian paling akhir, sepasang Bulgasal itu dipertemukan lagi sebagai dua orang manusia lima puluh tahun kemudian. Secara keseluruhan alur Bulgasal (2021) terlalu berbelit dan rumit. Ada simpul-simpul plot yang rumit untuk diurai sampai bikin bingung.

Seperti ketika Sang Un yang diceritakan terus dikejar monster-monster pendendam yang mengincar jiwa Hwal. Padahal jiwa manusia Hwal tidak ada padanya karena bukan Sang Un yang membunuh keluarga Hwal 600 tahun lalu.

Secara sinematografi drama ini cukup cantik sayangnya terlalu banyak efek cahaya sampai rasanya berlebihan. Alih-alih dramatis malah mengganggu kenyamanan. Gimana? Apakah kamu puas dengan ending-nya?

Bulgasal
Rating: 
3.1/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram