bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Series Brooklyn Nine-Nine Season 6 (2018)

Akhir season kelima Brooklyn Nine-Nine menceritakan tentang pernikahan Jake dan Amy yang terpaksa harus pindah karena adanya ancaman bom. Bom itu berasal dari salah seorang pelaku kriminal yang dulu pernah Amy tangkap. Orang itu mengetahui pernikahan Jake dan Amy dari surat kabar setelah Charles memajang kabar bahagia itu di koran setempat.

Holt mendapat email yang menyatakan hasil apakah dia ditunjuk menjadi Commissioner atau nggak. Dia membacanya dengan hati-hati sampai mukanya menunjukkan ekspresi yang berbeda.

Season keenam serial mengambil cerita lanjutan tentang Commissioner yang ternyata membawa masalah lebih besar tapi tentu saja tanpa kehilangan cirinya dalam berkomedi. Yuk, simak lebih jauh di sinopsis dan review berikut!

Baca Juga: Yuk Tonton 10 Film Tentang Polisi yang Paling Seru Ini!

Sinopsis

brooklyn-nine-nine-s6-1_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Fremulon, Dr. Goor Productions, 3 Arts Entertainment, Universal Television
  • Sutradara: Giovani Lampassi, Cortney Carrillo, Jennifer Arnold, Luka Del Tredici, Michael McDonald
  • Pemain: Andy Samberg, Stephanie Beatriz, Terry Crews, Melissa Fumero, Andre Braugher
  • Jumlah Episode: 18

Jake dan Amy menggunakan uang dari asuransi pernikahan mereka untuk berbulan madu ke pantai di Meksiko. Sesampainya di hotel, mereka menemukan Holt di lobi. Holt tengah frustasi karena gagal menjadi Commissioner dan yang terpilih adalah John Kelly.

Amy yang merasa kasihan pada Holt, mengajak Holt dalam kegiatan selama mereka berlibur agar Holt kembali berbahagia.

Jake mengetahui bahwa Holt berencana untuk keluar dari pekerjaan sebagai anggota kepolisian. Dia dan Amy menjebak Holt dengan mengikatnya ke kasur untuk membicarakan rencana Holt.

Rayuan Jake dan Amy malah ditangkis dengan serangkaian argumen dari Holt yang menyebabkan adanya adu argumen. Holt akhirnya berhasil melepaskan diri dan meminta maaf sudah mengganggu bulan madu Jake dan Amy.

Kelly bertindak lebih gegabah sebagai kepala di Brooklyn Nine-Nine. Salah satu kebijakannya yang gegabah adalah menggabungkan Brooklyn Nine-Nine dengan kantor serta divisi lain. Alhasil kantor menjadi ramai dengan orang. Jake dan Amy yang baru saja pulang dari bulan madu pun terkejut dengan banyaknya orang di kantor mereka.

Holt mulai membuat serangkaian cara untuk membangkang pada Kelly. Alhasil, Kelly bertindak lebih keras dengan memotong banyak anggaran biaya serta mengharuskan tim bekerja dengan kondisi seadanya. Sementara itu, Gina mulai memikirkan hidup di luar dunia kepolisian. Dia ingin mengejar mimpinya untuk menjadi artis.

Gina mengumumkan pada seluruh tim bahwa dia akan segera meninggalkan Brooklyn Nine-Nine dalam waktu dua minggu.

Jangka waktu tersebut akan digunakan Gina untuk mengucapkan selamat tinggal dan memberikan momen khusus pada masing-masing anggota tim. Jake mengadakan acara perpisahan untuk Gina dan mengundang aktor favorit Gina, Mario Lopez.

Jake dan Terry menghadiri acara pemakaman Doug Judy. Jake yang sedang menyampaikan eulogi justru melihat sosok Doug baik-baik saja. Ternyata Doug memalsukan kematiannya setelah dikejar oleh kelompok mafia yang menganggap Doug sebagai pencuri mobil yang hilang.

Jake dan Terry pun menginvestigasi kasus tersebut dan ternyata pelakunya adalah Trudy, saudara Doug sendiri.

Kelly mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membuat semua orang menyampaikan tips secara anonim. Dia berpendapat hal itu bisa memberi rasa nyaman untuk beropini pada kehidupan sosial dan polisi. Holt menugaskan Jake dan Charles untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai tanpa menggunakan aplikasi buatan Kelly.

Setelah kesulitan mengungkap kasus pembunuhan berantai, Jake, Charles dan Holt akhirnya menyerah. Mereka menggunakan aplikasi buatan Kelly dan berhasil menemukan lokasi sang pembunuh berantai. Keberhasilan itu bukannya membuat mereka senang.

Pasalnya, aplikasi itu dicurigai menjadi alat untuk menyadap serta melanggar privasi seseorang. Akhirnya, Jake mencoba untuk mengungkap kejahatan Kelly. Ia juga mengajak Vulture, C.J. dan Wuntch untuk bekerja sama. Namun, Vulture dan C.J. ternyata nggak bisa diajak bekerja sama.

Sedangkan Wuntch bermasalah dengan Holt. Sementara itu, Holt menganggap Wuntch bukanlah orang yang bisa dipercaya. Bagaimanakah cara Jake dan rekan-rekannya dalam menghentikan tindakan Kelly?

Episode tentang Pelecehan Seksual

brooklyn-nine-nine-s6-2_

Di balik segala perilaku kocak dan adegan menghibur, Brooklyn Nine-Nine nggak mau melewatkan kesempatan untuk mengangkat isu yang sedang muncul. Di episode He Said, She Said, isu tentang pelecehan seksual diangkat.

Di periode tersebut pun, sedang marak Me Too Movement yaitu gerakan para korban pelecehan atau kekerasan seksual untuk bersuara.

Di episode He Said, She Said, diceritakan bahwa Jake menginvestigasi tuduhan pada seorang pebisnis kaya, Seth Haggerty. Penis Haggerty patah dan diduga akibat perlawanan dari korban pelecehan seksual di kantornya sendiri, Keri Brennan.

Keri ketakutan untuk bersuara dan menganggap hal itu nggak akan membawa keadilan padanya. Selain itu, perusahaan juga menawari uang damai sebesar 2,5 juta USD.

Isu pelecehan seksual didalami juga oleh cerita Amy yang pernah dilecehkan oleh mentornya dulu sehingga dia dipindahkan ke Brooklyn Nine-Nine.

Jake menyatakan bahwa dia semakin termotivasi untuk membantu korban kekerasan seksual terlebih karena perempuan seringkali diperlakukan nggak adil. Episode ini pun berhasil menuai pujian karena keberanian menyikapi isu yang ada dengan tepat.

Kepergian Gina

brooklyn-nine-nine-s6-3_

Gina merupakan salah satu karakter utama dalam Brooklyn Nine-Nine sejak season pertama. Acungan jempol layak diberikan untuk Chelsea Peretti atas keberhasilannya memainkan karakter Gina.

Di season keenam ini, dia menyatakan mengundurkan diri karena akan mengejar mimpinya untuk menjadi selebritis. Episode kepergian Gina ini sangat menyentuh dengan memperlihatkan bagaimana eratnya kekeluargaan di dalam tim.

Setelah mundur sebagai anggota kepolisian, Gina kembali muncul dalam sebuah episode dengan menceritakan dia sudah menjadi seorang selebritis. Hanya saja, itu menjadi kemunculan terakhirnya di Brooklyn Nine-Nine.

Bukan keputusan mudah menghapus salah satu karakter yang punya banyak penggemar. Kehilangan karakter Gina tetap terasa tapi secara keseluruhan, tapi cerita masih bisa dikemas dengan baik sebagaimana ciri khas serial ini.

Isu Perebutan Kekuasaan

brooklyn-nine-nine-s6-4_

Isu perebutan kekuasaan sebenarnya bukanlah hal baru dalam series Brooklyn Nine-Nine. Di season sebelumnya pun, tampak pimpinan di kantor Brooklyn Nine-Nine sempat berkali-kali berpindah tangan dari Holt. Tapi Holt yang menjadi favorit penggemar, selalu berhasil menemukan cara untuk kembali ke posisi yang dicintainya.

Di season keenam ini, isu perebutan kekuasaan kembali diangkat. Kalau biasanya pengganti Holt hanya berumur pendek di dalam series, kali ini Kelly berkuasa nyaris sepanjang season. Urgensi dari tindakan Kelly pun terasa cukup besar dan sulit untuk diselesaikan.

Belum lagi ada masalah birokrasi yang harus ditempuh dengan melibatkan pihak-pihak lain yang posisinya sejajar dengan Kelly.

Banyaknya isu yang diangkat terasa membuat series ini lebih berbobot. Pendalaman karakter seadanya dan sinematografi yang sederhana nggak menurunkan kualitas, durasi 23 menit setiap episodenya tetap bisa dikemas sedemikian rupa menjadi hiburan.

Mungkin penggemar Gina akan emosional ketika menonton season ini. Untuk penggemar Gina, adegan mana nih yang jadi favorit kamu? Ceritakan di kolom komentar, yuk!

Brooklyn Nine Nine Season 6
Rating: 
3.7/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram