bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Brokeback Mountain, Percintaan Dua Koboi

Kehidupan para koboi di Amerika biasanya identik dengan kehidupan para pria yang begitu maskulin. Namun dalam film berjudul Brokeback Mountain, kita akan menyaksikan sisi lain dari para pria yang tak pernah lepas dari kuda dan topi khasnya tersebut.

Inilah review dan sinopsis dari film Brokeback Mountain, sebuah film drama yang akan mengisahkan tentang percintaann dua orang koboi.

Sinopsis

brokeback-mountain-1_

Pada musim panas tahun 1963, dua orang anak muda bernama Ennis del Mar dan Jack Twist bertemu untuk mengambil pekerjaan di Brokeback Mountain.

Jack dan Ennis ditugaskan untuk menggembala kambing-kambing di gunung tersebut. Selama beberapa bulan, mereka pun harus tinggal di gunung tersebut dan tidur di tenda yang ada di tempat perkemahan Brokeback Mountain.

Ennis dan Jack yang mulanya tidak saling kenal pun mulai akrab dan menjadi dekat satu sama lain. Mereka selalu bertugas secara bergantian. Namun pada suatu malam, keduanya sama-sama mabuk sehingga tertidur di tenda perkemahan. Malam itu, Ennis dan Jack melakukan hubungan badan sesama jenis.

Keesokan paginya, mereka berdua sama-sama tidak mengakui jika mereka adalah homoseksual dan berjanji jika hal itu tak akan terulang kembali. Namun di malam hari, keduanya kembali melakukan hubungan badan.

Semenjak itu, Ennis dan Jack pun semakin dekat dan sering menghabiskan waktu bersama. Mereka bahkan sering lupa waktu untuk mengurus kambing-kambing.

Setelah musim panas berakhir, pekerjaan di Brokeback Mountain pun selesai dan mereka memutuskan untuk berpisah. Ennis kemudian menikah dengan Alma, gadis yang sejak dulu menjadi pacarnya.

Ia bekerja di peternakan untuk menghidupi keluarganya. Sementara Jack kembali menjadi pemain rodeo. Mereka tak bertemu lagi dalam waktu yang cukup lama.

Tahun berlalu, Ennis dan Alma telah dikaruniai dua orang putri, Alma Jr dan Jennie. Sementara Jack juga bertemu seorang gadis bernama Lureen.

Mereka menikah dan memiliki satu anak bernama Bobby, meski ayah Lureen tak pernah menyukai Jack. Empat tahun berselang, Jack mencoba mengirimkan kartu pos pada Ennis. Ennis membalasnya dan Jack pun bertamu ke rumah Ennis.

Di halaman rumah Ennis, mereka melepas rindu dengan berciuman. Hal tersebut dilihat Alma, namun ia pura-pura tidak mengetahuinya. Setelah itu, Ennis dan Jack sering pergi mengunjungi Brokeback Mountain dengan alasan untuk memancing.

Nyatanya, mereka kembali berhubungan seperti dulu. Perlahan, hal itu membuat rumah tangga Ennis dan Alma menjadi renggang.

Ennis dan Alma akhirnya bercerai. Jack mengira jika perceraian itu bisa membuatnya hidup bersama Ennis. Namun Ennis terus mengatakan bahwa hubungannya dengan Jack tidak mungkin bisa dijalani.

Meski begitu, keduanya rutin bertemu setiap beberapa bulan sekali untuk berkencan di Brokeback Mountain. Hingga dua puluh tahun berselang, keduanya tetap menjaga hubungan rahasia itu.

Ennis juga sempat menjalin hubungan baru dengan seorang gadis, namun gagal. Pada pertemuan terakhir mereka, Jack kembali menawarkan agar mereka bisa tinggal bersama, namun Ennis tetap menolaknya.

Tak lama setelah itu, Ennis mendapat kabar dari Lureen jika Jack meninggal karena kecelakaan. Lureen mengatakan jika Jack ingin abunya ditabur di Brokeback Mountain.

Ennis mendatangi rumah orang tua Jack dan mengatakan hal tersebut. Rupanya, Jack sudah sering membicarakan Ennis kepada orang tuanya. Ibu Jack mempersilahkan Ennis untuk masuk ke kamar Jack. Di kamar itu, Ennis menemukan baju miliknya dan milik Jack saat mereka pertama bekerja di Brokeback Mountain.

Ennis pun melanjutkan kehidupannya hingga anak-anaknya besar dan hendak menikah. Sementara ia tetap bertahan sendirian dan menyimpan cintanya untuk Jack.

Visual Indah Pemandangan Pegunungan

brokeback-mountain-2_

Seperti judulnya, film Brokeback Mountain ini banyak mengambil setting di tempat yang disebut Pegunungan Brokeback. Tak hanya menjadi setting lokasi, Brokeback Mountain ini juga menjadi tempat yang cukup penting dalam alur cerita film ini.

Oleh karena itu, sepanjang durasi film selama 134 menit ini, kita akan banyak dimanjakan dengan visual indah dari Brokeback Mountain.

Dengan teknik sinematografi yang banyak memperlihatkan wide shot atau shot dengan angle lebar, keindahan Brokeback Mountain ini pun bisa tersampaikan dengan jelas dalam visualnya. Hamparan pegunungan dan rumput yang indah, awan yang biru, hingga air sungai yang begitu jernih akan memanjakan matamu di sepanjang film.

Tak hanya dari segi visual saja, nuansa keindahan alam Brokeback Mountain ini juga akan semakin terasa dengan tata suara yang digunakan. Saat memperlihatkan suasana Brokeback Mountain, film ini banyak menggunakan suara atmosfer alam pegunungan dengan musik latar belakang yang mengalun pelan hingga terdengar damai dan tenang.

Vibes Koboi Ala Amerika yang Sangat Terasa

brokeback-mountain-3_

Selain menunjukan banyak pemandangan indah alam pegunungan, film Brokeback Mountain juga begitu kental dengan nuansa koboi ala Amerika. Dengan mengambil setting waktu sekitar tahun 60-an hingga 70-an di kawasan pedesaan Amerika, nuansa koboi ini akan terasa di sepanjang film, mulai dari kostum hingga alur ceritanya.

Kostum ala koboi dengan topi, rompi, hingga celana denim ini menjadi kostum yang dikenakan oleh para pemeran utama hingga pendukung film ini.

Begitu pula dengan banyaknya adegan-adegan cerita yang menampilkan keahlian para karakter utamanya dalam menunggangi kuda hingga menaklukan banteng rodeo. Bagi kamu pecinta film koboi, Brokeback Mountain ini bisa menjadi pilihan filmmu!

Bertabur Aktor dan Aktris Ternama

brokeback-mountain-4_

Daya tarik lainnya dari film Brokeback Mountain ini adalah jajaran para aktor dan aktris yang menjadi pemeran utamanya. Dalam film ini, dua aktor ternama Hollywood yaitu Heath Ledger dan Jake Gyllenhall memerankan karakter utama Ennis del Mar dan Jack Twist. Dua karakter inilah yang diceritakan memiliki hubungan romansa.

Kualitas akting Heath Ledger dan Jaack Gyllenhall tentu tak perlu diragukan lagi. Keduanya mampu memerankan karakter masing-masing yang tampak gagah dan macho sebagai seorang koboi namun juga bisa menjadi begitu emosional saat menunjukan perasaan mereka satu sama lain.

Chemistry akting keduanya saat menjadi pasangan sesama jenis pun patut diberikan acungan jempol.

Selain Heath Ledger dan Jake Gyllenhall, film ini juga menampilkan banyak nama-nama besar lainnya yang menjadi pemeran pendukung.

Diantaranya adalah seperti Anne Hathaway yang memerankan tokoh istri Jack, Lureen dan Michelle Williams yang memerankan tokoh istri Ennis, Alma. Dengan banyaknya nama-nama besar dalam film ini, Brokeback Mountain tentu tak boleh kamu lewatkan.

Itulah review dan sinopsis dari Brokeback Mountain, sebuah film bertema koboi yang mengisahkan tentang hubungan cinta terlarang antara dua koboi di Brokeback Mountain. Apakah kamu sudah selesai menonton filmnya? Bagaimana tanggapanmu mengenai karakter Ennis dan Jack dalam film ini? Coba berdiskusi di kolom komentar yuk!

Brokeback Mountain
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram