bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Break, Tarian dan Semangat Hidup yang Kembali

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Tayang secara resmi di Perancis pada 18 Juli 2018 lalu, film Break kini bisa ditonton melalui layanan streaming Netflix. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Vincent dan gadis cantik energetic bernama Lucie. Keduanya punya masalah dan trauma yang hanya bisa diselesaikan melalui tarian.

Dibumbui konflik-konflik yang memancing emosi, plot yang rapi dan gerakan tarian yang mendebarkan, Break siap memberikan tontonan yang asyik. Film ini juga berhasil menampilkan chemistry para bintang-bintang muda yang terlibat dalam proses pembuatannya, terutama Kevin Mischel dan Sabrina Ouazani. Penasaran? Sebelum menonton Break Anda bisa membaca sinopsisi dan review-nya terlebih dahulu sembari break. Simak uraian di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis BreakSumber: movieden.net
  • Tanggal/Tahun Rilis: 18 Juli 2018 (Perancis)
  • Genre: Komedi, Drama, Romantis, Dance, Coming of Age
  • Produksi: Nynamor, SND Groupe M6
  • Sutradara: Marc Fouchard
  • Pemain: Sabrina Ouazani, Kevin Mischel, Hassam Ghancy, Maxime Pambet

Lucie (Sabrina Ouazani) mengalami sebuah kecelakaan yang serius hingga berada dalam kondisi koma bersama pasangannya Julien (Maxime Pambet). Walau harus menggunakan penyangga leher, Lucie berhasil melewati masa-masa kritisnya. Dia tidak menyalahkan dan menaruh dendam pada Julien.

Saat berada di rumah sakit dan dalam keadaan setengah sadar, Lucie merasa ayah kandungnya menemuinya. Namun, firasatnya tersebut ditolak oleh sang ibu (Camille Japy). Lucie lantas mengambil handphone ibunya secara diam-diam. Di sana dia menemukan informasi yang dibutuhkan terkait keberadaan ayahnya.

Lucie lantas mencurigai bahwa ayahnya tinggal di sisi kota yang cukup buruk, Saint Denis. Bermodalkan cerita bohong, gadis itu pamit pergi pada ibunya dengan alasan belajar. Dia ingin bertemu dengan ayahnya. Sesampainya di lokasi yang dituju, Lucie bertemu dengan Vincent (Kevin Mischel). Lelaki itu tengah membersihkan sebuah café.

Cerita berlanjut ketika Vincent membuat Lucie penasaran sebab gadis itu melihatnya menari. Vincent menyangkal dan mengatakan bahwa semua orang di sekitar area sini adalah penari. Hingga akhirnya dia mengakui bahwa dirinya sudah memutuskan untuk berhenti menari. Belakangan diketahui bahwa Vincent melakukan itu karena tidak percaya diri.

Vincent memperlihatkan sebuah “rahasia” pada Lucie dan Julien. Dia menyarankan Luice untuk melihat sebuah tarian, yang bagi penduduk Saint-Denis adalah cara mereka beristirahat. Sementara itu, Malik (Slimane Nebchi), seorang pria yang duduk di kursi roda tahu lebih banyak mengenai breakdance di Perancis.

Break

Lucie masih khawatir apabila menari bisa membuatnya kembali mengalami cedera. Padahal sebuah kompetisi besar menunggunya. Lucie berada pada dilemma. Dia menimbang apakah harus menyerah atau bangkit menaklukkan ketakutan.

Agar bisa kembali percaya diri, Lucie merasa membutuhkan bantuan Vincent. Gadis itu butuh seseorang yang dapat melatihnya menunjukkan hal berbeda melalui tarian. Sayang, Vincent menolak permintaannya. Dia kukuh pada pendirian bahwa dirinya sudah berhenti dari menari.

Tidak hilang cara untuk membujuk Vincent, Lucie terus meyakinkan dan memperlihatkan bahwa dirinya mampu serta ditakdirkan menjadi seorang penari yang hebat. Lucie yang terus-menerus memintanya membuat Vincent kehilangan kesabaran dan marah. Lelaki itu kemudian menjelaskan bahwa jika dia menerima permintaan Lucie, penjara siap menantinya.

Kebingungan semakin saja mengisi kepala Lucie dengan penuh. Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada Vincent di masa lalu hingga dia terlihat tidak bersemangat untuk menari? Apakah gadis tersebut berhasil meyakinkan Vincent agar mau kembali ke dunia tari? Jawaban dari pertanyaan Anda bisa ditemukan saat menyaksikan film Break yang sudah tayang di Netflix mulai 3 Desember 2020.

Saling Menyembuhkan Melalui Tarian

Saling Menyembuhkan Melalui Tarian

Dua karakter utama dalam film Break, yaitu Lucie dan Vincent menjadi tokoh sentral untuk semua konflik di sini. Mereka datang dari dua latar belakang yang berbeda, Lucie terbiasa hidup cukup sementara Vincent harus bekerja keras untuk hidupnya. Namun, satu hal yang membuat mereka nyambung adalah keduanya punya trauma dan luka yang harus disembuhkan.

Lucie bagaimana pun membutuhkan kehadiran ayah, yang selama ini tidak pernah dia rasakan keberadaannya. Luka tersebut tidak dia sadari sampai keadaan membuatnya koma. Begitu bangun dari kritis, hal yang dia ingat adalah ayahnya.

Lucie juga merasa harus sembuh dari trauma akibat kecelakaan yang terjadi padanya. Dia membutuhkan sesuatu yang dapat membuat semangatnya kembali menyala. Oleh karena itu, gadis ini terlihat sangat bersemangat mengikuti kompetisi. Berbanding terbalik dengan Vincent.

Pria misterius ini bersikukuh untuk tidak lagi menari, walau sebenarnya masih sangat ingin. Bujukan Lucie bahkan membuatnya marah. Anda akan melihat semakin Vincent marah, semakin jelas dia mengabarkan bahwa dirinya butuh menari. Benar saja, menari dapat menyembuhkan keduanya. Vincent dan Lucie kembali menemukan diri mereka masing-masing melalui tarian.

Koreografi Tarian yang Mengesankan

Koreografi Tarian yang MengesankanSumber: filmspot.pt

Mengambil tarian sebagai plot utama cerita, film Break terasa gagal jika tidak menyuguhkan koreografi yang indah pada para penonton. Namun, tidak usah khawatir karena film ini memerhatikan gerakan tari dengan sangat detail dan indah, baik yang dilakukan oleh Vincent di sela-sela kegiatannya di café, atau tarian yang dilakukan banyak orang.

Tarian jenis breakdance yang dipertontonkan terasa sangat hidup. Mereka melakukannya dengan mengesankan dan memesona, sehingga gerakannya menghibur banyak orang; apakah dia yang menyukai tarian atau sekadar menikmatinya. Badan Vincent dan Lucie begitu luwes menarikan beberapa gerakan. Para penari dalam film ini juga benar-benar profesional. Anda akan ikut merasakan semangat dan percaya diri pada setiap gerakannya.

Tarian yang disuguhkan memiliki gerakan cukup ekstrem tapi indah. Tubuh saling terkait satu sama lain, berjungkir balik, dan headspins selama kurang lebih 30 putaran. Bersiap juga melihat gerakan melempar tubuh yang estetik yang ditopang oleh tangan kokoh serta berdaya pegas.

Baca juga: Sinopsis & Review Film Work It, Film Dance Remaja yang Ceria

Karakter Malik Mencuri Perhatian

Di antara para penari lincah di film Break, ada satu karakter yang akan menarik perhatian Anda. Dia adalah Malik yang diperankan oleh Slimane Nebchi. Malik adalah sisi emosional yang bisa Anda rasakan di sini, selain kondisi Vincent dan Lucie. Dulu, dia adalah anggota kru dansa. Malik mendedikasikan dirinya untuk menari.

Namun, sebuah kecelakaan saat menari, mengakibatkannya harus rela kehilangan kaki. Kaki adalah bagian paling penting atau modal utama bagi seorang penari. Jika kakinya bermasalah, karirnya sebagai penari akan berakhir. Hal menyedihkan itu yang harus Malik hadapi.

Selain menyimpan kesedihannya sendiri, karakter ini juga diceritakan sebagai satu-satunya orang yang mengetahui isi hati Vincent. Keduanya saling memengaruhi secara emosi. Karakter Malik sendiri dibawakan oleh Slimane Nebchi dengan sangat baik. Slimane diketahui merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Perancis. Dia mengawali karirnya di industri hiburan Perancis sebagai pemenangan dalam The Voice versi Perancis pada 2016 lalu.

Chemistry Tokoh Utama

Chemistry Tokoh Utama

Memerankan Vincent dan Lucie, Sabrina dan Kevin membutuhkan fisik yang kuat. Gerakan tarian dalam film Break mengharuskan mereka punya daya tahan tubuh yang prima. Dalam keadaan seperti itu, keduanya ditantang untuk tetap menciptakan chemistry yang cocok dan membuat penonton menyukainya.

Beruntung, keduanya mampu melakukan itu. Chemistry antara Vincent dan Lucie terjalin dengan sangat alami. Scene mereka selalu lebih tenang dibanding adegan-adegan tarian dalam film ini. Mereka menjalankan formula sebuah film bergenre coming of age dengan sangat baik, yaitu putus asa lalu berhasil bangkit kembali setelah melakukan hal yang diinginkan oleh hati.

Bagaimana? Apakah tertarik mengikuti perjalanan seorang Vincent dan Lucie, dua muda-mudi yang kembali menemukan hasrat mereka terhadap hidup melalui tarian? Saat menonton film Break Anda bukan hanya dihibur oleh kemampuan akting mereka, melainkan juga tarian yang memesona. Selamat menonton ya!

Break
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram