Sinopsis & Review Blue Lock (2022), Sepak Bola yang Tidak Biasa

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Blue Lock
3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Blue Lock merupakan adaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Anime ini perdana ditayangkan pada 9 Oktober 2022 dan direncanakan akan memiliki 24 episode. Anime ini masuk ke dalam anime musim gugur yang mengusung tema olahraga.

Blue Lock akan menceritakan tentang kisah sepak bola, dimana proyek Blue Lock diciptakan untuk menciptakan pemain sepak bola terbaik di dunia. Anime ini bisa kamu saksikan di situs resmi seperti Netflix dan iQIYI. Dan anime ini ditayangkan setiap hari minggu.

Baca juga: Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

Sinopsis

Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Kazuki Ura Tasuku Kaito Souma Saitou Yūki Ono
Review Baca di sini

Isagi Yoichi terpilih menjadi salah satu peserta proyek Blue Lock. Yoichi bergabung untuk menghilangkan keraguannya dan mengejar keinginannya demi menjadi striker terhebat di dunia. Yoichi harus bersaing dengan 299 orang pemain lainnya yang ikut bergabung dengan proyek Blue Lock.

Episode 1-2

blue lock_Episode 1-2_

Cerita dimulai dengan turnamen final yang diikuti oleh striker Isagi Yoichi dan timnya. Karena teringat dengan perkataan pelatihnya, Yoichi yang tengah menggiring bola pun mengoper bola tersebut pada rekan timnya. Sayangnya, bola tersebut gagal ditembakkan ke gawang, sehingga tim sepak bola Yoichi gagal masuk ke turnamen nasional.

Beberapa waktu kemudian, Yoichi mendapatkan undangan untuk datang ke Persatuan Sepak Bola Jepang. Di sana Yoichi mendapati dirinya menjadi salah satu dari 300 striker yang ditahan di fasilitas pelatihan sepak bola bernama Blue Lock.

Para peserta yang mengikuti proyek tersebut harus bertahan hidup untuk mengembangkan kemampuan mereka agar bisa menjadi striker terbaik.

Latihan pertama adalah permainan ‘sepak bola setan’. Para pemain yang mendapatkan bola hingga waktu permainan berakhir, terpaksa harus merelakan cita-citanya menjadi striker terbaik. Saat mendapatkan bola, Yoichi bertekad kuat untuk menyerang pemain terhebat dan pada menit terakhir menembakkan bola pada Kira.

Pemain dengan lima peringkat teratas mendapatkan kesempatan untuk bermain di piala U-20 yang akan diadakan enam bulan lagi. Tapi, mereka yang telah tereliminasi akan kehilangan kesempatan. 

Yoichi dan rekannya yang lain ditanamkan untuk menjadi sosok yang egois. Dan mereka semua bertekad untuk bisa bertahan hidup demi cita-cita mereka.

Episode 3

blue lock_Episode 3_

Tim untuk bertanding sepak bola di Blue Lock telah dibentuk. Total terdapat lima tim yang akan bertanding di gedung lima Blue Rock (Blue Prison). Dari pertandingan itu, hanya akan ada dua tim teratas yang bisa menang.

Isagi dan teman-temannya berada di tim Z yang merupakan tim dengan peringkat terbawah. Mereka akan melawan tim X di pertandingan pertama. Tapi, dalam pertandingan tersebut ada sebuah peraturan khusus, yakni orang dengan pencetak gol terbanyak akan aman dan terbebas dari eliminasi.

Selain itu, pertandingan sepak bola di Blue Lock sangat berbeda, karena pertandingan ini merupakan ‘pertandingan dari nol’ yang membentuk sepak bola.

Episode 4

blue lock_Episode 4_

Setelah kekalahan pada pertandingan sebelumnya, tim Z mencoba membuat strategi baru. Tim Z memulainya dengan berbagi informasi tentang kelebihan masing-masing. Setelah semua kelebihan tercatat, barulah mereka menentukan strategi dan cara bermain dalam pertandingan berikutnya.

Namun, Isagi masih belum mengetahui keahlian dia yang sesungguhnya. Hingga akhirnya dia berbicara dengan Kunigami, barulah ia tersadar bahwa mungkin yang dikatakan Kunigami adalah benar. 

Kini tim Z kembali bertanding sepak bola melawan tim Y. Sesuai dengan strategi yang telah tim Z buat, mereka mulai bermain. Namun, pertandingan tampak alot, hingga akhirnya gol pertama menembus gawang tim Z.

Episode 5

blue lock_Episode 5_

Pertandingan babak kedua telah berlanjut. Isagi terus menerus menghalangi Niko mengoper bola pada Okawa agar tim Y tidak bisa mencetak gol.

Tapi, Niko yang memiliki kemampuan sama dengan Isagi, mulai menyadari senjata yang timnya miliki. Tim Y pun berusaha mengeluarkan jurus pamungkas mereka pada menit terakhir pertandingan.

Saat tim Z hampir terkecoh dan tak ada harapan, Isagi muncul menyelamatkan tim mereka karena mencium “bau gol”. Berkat percaya pada intuisi yang dimilikinya, Isagi yang mampu membaca pertandingan, berhasil mencetak gol. Sehingga, Tim Z berhasil menjadi pemenang pada pertandingan tersebut.

Ketika berbincang dengan Chigiri, Isagi baru sadar akan kemampuan dirinya yang sesungguhnya, meski dia masih belum tahu bagaimana cara untuk mengontrol kemampuan itu.

Episode 6

blue lock_Episode 6_

Setelah pertandingan tim Y, Isagi naik peringkat dan menjadi center di Tim Z. lawan selanjutnya yang akan dilawan oleh Tim Z adalah Tim W yang dipimpin oleh si kembar Wanima bersaudara. Sebelum melakukan pertandingan Tim Z melakukan observasi cara bermain tim W untuk menentukan strategi.

Saat bertanding, Wanima bersaudara terus menerus berhasil menerobos pertahanan tim Z dengan mudah dan cepat. Bahkan Wanima bersaudara memprovokasi Chigiri yang ternyata pernah berada di satu tim. Walhasil, Chigiri tampak tak bisa melawan mereka karena teringat masa lalunya.

Sementara itu, Kuon menjadi penyelamat Tim Z pada babak pertama. Kuon berhasil mencetak gol tiga kali berturut-turut dan membuat Tim Z senang. Tapi pada babak kedua, Isagi merasa ada hal yang aneh dan Tim Z perlahan mulai tersusul oleh Tim W.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram