bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Serial Better Call Saul Season 1

Better Call Saul merupakan sebuah spin-off prekuel dari serial yang sangat populer berjudul Breaking Bad. Kedua serial tersebut sama-sama dibuat, dan digarap oleh Vince Gilligan serta Peter Gould.

Season pertama ini kemudian mendapatkan respon yang positif, dan juga masuk ke dalam enam nominasi di ajang Primetime Emmy Awards ke -67. 

Musim pertama dalam serial ini berlatar waktu di tahun 2002, enam tahun sebelum peristiwa yang terjadi di Breaking Bad. Bod Odenkirk kembali mengulangi perannya sebagai James Morgan "Jimmy" McGill, yang memiliki nama lain sebagai Saul Goodman di Breaking Bad.

Dalam Better Call Saul, Jimmy adalah mantan penipu yang kemudian menjadi seorang pengacara yang kerap bertindak licik, dan juga curang. Bagaimana kisahnya? Simak selengkapnya dalam sinopsis berikut ini.

Sinopsis

better-call-saul-1_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Crime drama
  • Jumlah episode: 10
  • Rumah produksi: High Bridge Productions, Crystal Diner Productions, dan Gran Via Productions
  • Sutradara: Vince Gilligan, Michelle MacLaren, Terry McDonough, Colin Bucksey, Nicole Kassell, Adam Bernstein, Larysa Kondracki, Peter Gould, dan Thomas Schnauz
  • Pemeran Utama: Bob Odenkirk, Jonathan Banks, Rhea Seehorn, Patrick Fabian, Michael Mando, dan Michael McKean

Pada tahun 2002, Jimmy McGill adalah seorang pengacara di kota Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat.

Suatu hari, ia mencoba menjadi pengacara sepasang suami istri, Craig Kettleman, dan Betsy Kettleman, yang terlibat penggelapan uang sekitar 1,5 juta dollar. Namun sayangnya, mereka memilih firma hukum Hamlin, Hamlin & McGill (HHM) sebagai pengacara yang akan menangani kasusnya.

HHM sendiri merupakan salah satu firma hukum terbesar di Albuquerque. Firma hukum ini didirikan oleh kakaknya Jimmy, Chuck McGill, dan George M. Hamlin. Jimmy merasa kesal karena keluarga Kettleman lebih memilih mereka sebagai pengacaranya.

Ia lalu membuat rencana licik agar sepasang suami istri tersebut menjadikannya sebagai orang yang tepat untuk menyelesaikan masalah mereka.

Jimmy kemudian mengajak kenalannya, Lars, dan Cal, sepasang saudara kembar pemain skateboard, untuk menjalankan rencananya itu. Salah satu dari mereka nantinya akan tertabrak mobil Betsy dan berpura-pura patah kaki.

Ketika keduanya meminta pertanggungjawaban kepada Betsy, Jimmy akan datang lalu menyelamatkannya dari masalah tersebut. 

Akan tetapi, rencananya tidak berjalan seperti yang telah dibicarakan karena saudara kembar tersebut menargetkan mobil yang salah. Lars dan Cal masih belum mengetahui jika mereka salah orang. Keduanya pun tetap mengikuti mobil itu dan mencoba meminta biaya ganti rugi karena telah menabraknya. 

Pengemudi mobil ternyata bukan Betsy, melainkan seorang nenek tua yang memiliki cucu gangster bernama Tuco Salamanca. Lars dan Cal selanjutnya disekap di dalam garasinya Tuco.

Jimmy tiba di rumah nenek itu dan mencoba menjelaskan kepada Tuco masalah yang sebenarnya. Tuco menodongkan senjata kepada Jimmy dan mencurigainya sebagai anggota kepolisian. 

Mereka semua lalu dibawa ke gurun oleh Tuco bersama dengan Nacho dan beberapa anak buahnya. Jimmy lalu meyakinkan kepada Tuco dan Nacho bahwa mereka telah menargetkan mobil yang salah.

Mereka seharusnya menjebak Betsy sebagai sasaran utamanya. Nacho lalu menyarankan Tucho untuk tidak membunuh seorang pengacara jika tidak ingin terlibat masalah yang lebih besar. Lewat negosiasi ulung dari sang pengacara, mereka akhirnya dibebaskan, namun Nacho akan terus mengawasi Jimmy.

Beberapa hari kemudian, Nacho menemui Jimmy dan mengungkapkan bahwa ia ingin mencuri uang 1,5 juta yang digelapkan oleh keluarga Kettleman. Oleh karena itu, Nacho meminta Jimmy untuk mencari tahu dimana mereka menyimpan uang sebanyak itu.

Jimmy langsung menolak, dan memberi tahu Nacho bahwa dia bukan seorang kriminal. Nacho lalu memberi nomor teleponnya dan mengatakan pada Jimmy untuk menghubunginya jika ia berubah pikiran.

Pada malam hari, Jimmy pergi ke telepon umum, dan dengan menyamarkan suaranya ia menghubungi keluarga Kettleman untuk mengatakan bahwa mereka sedang berada dalam bahaya.

Keesokan paginya, Jimmy mendapatkan kabar jika keluarga Kettleman menghilang dan diduga telah diculik. Sementara itu, kepolisian menangkap Nacho, dan ia menjadi terduga penculikan karena mobil van miliknya berada di depan kediaman Kettleman. 

Nacho lalu menjadikan Jimmy sebagai pengacaranya untuk menyelesaikan kasusnya itu. Di dalam ruang interogasi, Nacho marah dan menuduh Jimmy telah menjebaknya. Ia mengancam akan membunuhnya kecuali Jimmy bisa membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

Sosok Jimmy McGill Tidak Terlalu Berubah

better-call-saul-2_

Musim pertama Better Call Saul kembali menghadirkan Bob Odenkirk sebagai pengacara yang kerap melakukan segala cara licik untuk menyelesaikan setiap kasus yang ia tangani. Kali ini, peran Odenkirk tidak menggunakan nama Saul Goodman seperti di Breaking Bad, melainkan memakai nama aslinya yakni Jimmy McGill.

Pada musim pertama ini, kita akan diajak melihat perjalanan awal karirnya untuk menjadi seorang pengacara terhormat di Albuquerque. Odenkirk masih tampil prima sebagai Jimmy dan penampilannya tetap mengesankan.

Karakter Jimmy pun tidak kehilangan ciri khasnya seperti suaranya yang serak saat berbicara dan tingkah lakunya menyenangkan, meski ia kerap melakukan kesalahan konyol.

Jimmy adalah sosok karakter yang sepertinya bisa langsung disukai oleh para penonton. Selain menyenangkan sebagai sebuah karakter, Jimmy juga adalah pribadi yang unik namun menyebalkan.

Keunikan lain dalam diri Jimmy adalah ia pandai berbicara, dan selalu punya segudang ide curang untuk menyelesaikan setiap masalah yang ia hadapi.

Selain ada sosok Jimmy, serial ini juga menghadirkan karakter yang ada di Breaking Bad seperti Tuco Salamanca (Raymond Cruz) dan juga Mike Ehrmantraut (Jonathan Banks). Di sini, Keduanya mendapatkan latar belakang cerita yang nantinya bakal terhubung dengan perjalanan mereka yang terjadi di serial Breaking Bad.

Beberapa Karakter Terhubung Dengan Jimmy

better-call-saul-3_

Better Call Saul menyuguhkan visual sinematografi yang cemerlang dan mampu membingkai kota Albuquerque secara baik. Suasana persidangan pun disajikan cukup menarik dan aksi ketegangan yang diperlihatkan oleh gangster kelompok Salamanca terasa menjanjikan.

Di serial ini, kita bakal melihat betapa mirisnya kantor hukum milik Jimmy. Kantornya berukuran sangat kecil dan terselip di dalam salon kecantikan. Namun, setelah mendapatkan uang suap dari Betsy Kettleman, Jimmy merubah dirinya menjadi lebih bergengsi.

Ia lalu berusaha mendirikan firma hukumnya sendiri untuk menyaingi kantor HHM milik Howard Hamlin (Patrick Fabian).

Selama 10 episode, kita pun bisa melihat beberapa karakter yang terhubung dengan kehidupannya Jimmy. Salah satu karakter tersebut adalah Chuck (Michael McKean), kakaknya yang merupakan pengacara terhormat. Dalam sebuah kilas balik, Chuck menyelamatkan Jimmy yang dipenjara karena terlibat kasus pelanggaran seksual.

Sama seperti Jimmy, Chuck juga terlihat cukup unik. Karakter ini diceritakan mengidap gejala hipersensitivitas elektromagnetik yang membuatnya pensiun dari HHM. Lalu, ada Kim Wexler (Rhea Seehorn), asisten Howard, yang mempunyai percikan asmara terhadap Jimmy. 

Sementara itu, gangster kepercayaan Tuco, Nacho Varga (Michael Mando), tampil sebagai karakter yang berbahaya. Di sisi lain, Howard Hamlin adalah pesaing Jimmy yang sangat menyebalkan.

Jimmy sebenarnya adalah pria yang sangat berpendidikan, namun sayangnya dia ditakdirkan untuk menjadi pria yang jauh lebih “buruk,” dimana dirinya sering disewa untuk membela orang-orang bersalah.

Musim Pertama yang Mengesankan

better-call-saul-4_

Sebagai sebuah prekuel dari serial favorit, musim pertama Better Call Saul berjalan sangat orisinal, segar, dengan alur cerita yang seru serta tidak membosankan. Dengan menonton serial ini, secara tidak langsung kita dapat melihat bagaimana seorang pengacara bekerja menangani sebuah kasus, baik secara legal maupun ilegal.

Better Call Saul pun ternyata menjadi serial yang berjalan jauh lebih kuat di keseluruhan episodenya. Serial ini tidak hanya pemanis untuk Breaking Bad semata, namun mampu berdiri sendiri sebagai sebuah acara utuh yang mengesankan. 

Sepanjang 45 menit lebih, Better Call Saul season 1 menjadi cerita pembuka yang sangat menarik untuk menguliti perjalanan pengacara “bajingan” Jimmy McGill selama karirnya di Albuquerque.

Lewat konsep ceritanya yang impresif, serial ini memberikan tontonan dengan kedalaman karakter yang solid, premis yang memikat, dan beragam konflik yang menegangkan.

Pada akhirnya, musim pertama Better Call Saul adalah tontonan tepat bagi kalian yang ingin masuk ke dalam dunia Saul Goodman dan juga Breaking Bad secara keseluruhan. Serial ini sekarang ditayangkan di Netflix, dan bisa dimasukan ke dalam daftar rekomendasi serial berkualitas yang layak dinikmati. Selamat menonton!

Better Call Saul
Rating: 
4.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram