bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Behind Her Eyes, Seri Penuh Plot Twist!

Sinopsis & Review Behind Her Eyes, Seri Penuh Plot Twist!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 1 Juni 2021

Buat kamu yang hobi nonton genre misteri dan suka tebak-tebakan ending, sepertinya serial ini cocok sekali untuk menemani akhir pekanmu. Serial Netflix British berjudul "Behind Her Eyes" merupakan drama yang diangkat dari novel berjudul sama karya Sarah Pinborough.

Eits, sebelum menonton, pastikan usiamu di atas 18 tahun, ya! Soalnya film ini banyak mengandung adegan yang tidak layak untuk ditonton anak-anak seperti kekerasan, penyalahgunaan narkoba, dan adegan dewasa. Seperti apa, sih, sinopsis dan review-nya? Yuk, simak langsung pembahasan Bacaterus berikut ini!

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Psychological Thriller, Fiksi Supernatural
  • Produksi: Drama House, JTBC Studios
  • Sutradara: Erik Richter Strand
  • Pemeran: Simona Brown, Tom Bateman, Eve Hewson, Robert Aramayo, Georgie Glen, Tyler Howitt, Nichola Burley

Behind Her Eyes memulai ceritanya dengan seorang single parent, Louise, yang pergi ke bar untuk bertemu dengan seorang teman. Bukannya bertemu temannya, ia malah bertemu dengan laki-laki tampan dan tidak sengaja menumpahkan minuman ke pakaian laki-laki tersebut.

Awal yang cukup klise, ya. Sebelum pulang, laki-laki tersebut mencium Louise. Pertemuan singkat tersebut rupanya menjadi awal Louise terjebak ke dalam kisah ini.

Keesokan harinya, Louise mengetahui sebuah fakta: laki-laki kesepian yang ia jumpai di bar pada malam sebelumnya merupakan bos barunya dan sudah beristri, Wow! Louise yang merasa bersalah bersembunyi di toilet dan berkenalan dengan atasan barunya keesokan harinya.

Atasan barunya merupakan psikiatris baru bernama David Ferguson, sedangkan istrinya bernama Adele. Setelah berusaha meluruskan kesalahpahaman dengan atasan barunya, Louise tidak sengaja bertemu Adele di dekat sekolah anaknya dan kemudian Adele meminta agar Louise mau berteman dengannya.

Masalah bermula dari situ. Louise terjebak perselingkuhan dengan David, tapi bersahabat baik dengan Adele. Di luar pekerjaan, David merupakan laki-laki yang ia cintai. Lalu, Adele merupakan sahabat tempatnya bercerita, teman berolahraga, dan lainnya.

Sepanjang cerita, Louise berusaha menutupi dari David tentang persahabatannya dengan Adele, dan tentu saja tutup mulut pada Adele tentang hubungannya dengan David. Sesekali, ada alur mundur saat Adele masih berada di tempat rehabilitasi bersama dengan sahabat laki-lakinya, Rob. Karakter Rob diceritakan dengan detil dan entah kenapa sifat Adele dulu dan saat ini berbeda.

Adele yang sekarang penuh dengan misteri. Sesekali ia menyembunyikan obat penenang yang disiapkan suaminya, atau memesan narkoba. Kadang-kadang Adele seolah tahu segalanya. Hal ini membuat David cukup stres dan merasa Adele bukanlah Adele yang dulu ia cintai.

Ada banyak misteri di balik kisah Adele dan Rob serta masa lalu Adele, Rob, dan David. Louise yang merasa ada sesuatu yang tidak beres berusaha memecahkan misteri-misteri ini. Penonton akan digiring dengan satu per satu clue yang dikumpulkan Louise serta buku harian Rob yang dibaca Louise.

Tepat ketika kalian merasa bahwa tebakan kalian sudah benar, ada plot twist yang disiapkan oleh serial ini. Untuk lengkapnya, langsung saja streaming alias tonton serial ini. Wah, pokoknya kamu yang suka genre misteri dan thriller wajib nonton Behind Her Eyes!

Aksen Scottish yang Menawan

Terbiasa mendengarkan bahasa Inggris logat Amerika? Jika iya, kadang rasanya sulit menangkap pelafalan Inggris ala British. Meskipun belakangan ini sudah banyak layanan streaming film dan pilihan film berlatar United Kingdom dengan logat Inggris British, kadang tetap perlu pembiasaan untuk mampu menangkap ucapan pemerannya.

Bagaimana dengan aksen Scottish? Wah, jangan-jangan, kamu malah mengira itu bukan Bahasa Inggris. Scottish itu aksen, bukan bahasa. Aksen Scottish terdengar berbeda dari aksen Inggris biasa, apalagi aksen Inggris Amerika. Nah, pada serial Behind Her Eyes, kamu bakalan puas mendengarkan aksen Scottish dari David dan Rob.

Untuk kamu yang baru mendengarkan logat Scottish dari karakter David dan Rob, siap-siap terpesona, deh! Walau mungkin kamu akan sedikit bingung dengan kalimat yang mereka lontarkan. Psst, akan sedikit lebih sulit lagi memahami aksen Rob karena bahasa yang Rob gunakan merupakan bahasa tidak resmi, bahasa slang gitu.

Jika kamu sudah menonton serial ini, aksen Scottish terdengar sedikit lebih gimana gitu dibanding bahasa Inggris dengan aksen lain, bukan? Siapa saja yang setuju? Menurut saya, pelafalan huruf 'd' dan 'r' terdengar lebih jelas dan nadanya juga berbeda, sehingga membuat aksen Scottish terdengar lebih 'seksi', asik.

Plot Twist di balik Plot Twist

Setelah membahas aksennya, kembali lagi ke konflik utama yang menarik perhatian: plot twist! Sarah Pinborough, penulis novel yang dijadikan dasar serial Netflix ini, mengklaim bahwa ia berusaha membuat setiap karakternya tampil apa adanya, tidak berbohong, dan tidak menyembunyikan apapun. Tapi, tetap saja ceritanya 'mengagetkan'.

Karena plot twist tersebut pada dasarnya merupakan spoiler, Bacaterus tidak akan membahas apa saja plot twist yang ada di Behind Her Eyes, ya. Tapi, kamu bisa mengumpulkan satu demi satu petunjuk yang bertebaran sejak episode pertama, kok. Dan, jika beruntung, kamu akan puas dengan kesimpulan plot twist pertamamu, dan kaget ketika melihat adanya plot twist lain.

Karakter Rob yang Mengejutkan

Masih berhubungan dengan plot twist tadi, di sini karakter Rob sangatlah mengejutkan. Digambarkan melalui flashback yang sangat apik, persahabatan antara Rob dan Adele benar-benar indah. Adele, pada masa lalu yang digambarkan oleh buku harian Rob, merupakan pribadi yang hangat dan mudah percaya pada orang lain. Bahkan pada Rob yang pecandu heroin sekalipun.

Rob juga ramah pada Adele, percaya bahwa jika bukan karena Adele, ia tidak lagi ingin melanjutkan kehidupannya. Rob menuliskan kata-kata pujian setinggi langit pada Adele yang memiliki segalanya: kecantikan fisik, budi yang baik, dan juga anak orang kaya.

Interaksi Rob dan Adele pada satu titik mungkin akan membuatmu percaya bahwa Rob jatuh cinta dan tulus menyayangi Adele, entah sebagai teman atau sebagai perempuan. Hehe, cukup di situ saja! Nanti kamu akan kaget, pokoknya. Tapi, sejujurnya Rob tidak sedang berbohong saat memperlakukan Adele sebaik itu, kok. Hmm, membingungkan, ya.

Akting Para Pemeran yang TOP

Semua plot twist dan keseluruhan jalan cerita tidak akan berhasil tanpa akting pemerannya yang bagus. Kamu akan melihat betapa 'hidup'nya karakter tiap-tiap tokoh pada latar waktu yang berbeda.

Terutama karakter Adele yang diperankan oleh Eve Hewson. Rasa-rasanya, kamu dibuat percaya bahwa Adele saat di fasilitas rehabilitasi dan Adele yang menjadi istri David merupakan dua manusia berbeda.

Begitu pula dengan karakter David yang jauh berbeda saat di masa lalu dan saat sekarang. David yang dulu, selain terlihat muda, juga terlihat bahagia. Pembawaan David saat menjadi psikiater terlihat kesepian, sedih, dan sendirian. Tidak heran jika Louise tertarik mendekati David, berpikir David sama kesepiannya dengan dirinya.

Karakter Louise, di satu sisi, sangat manusiawi. Louise memiliki sisi yang bisa disukai dan sisi yang membuatnya dibenci. Louise merupakan wanita mandiri yang mau belajar, terbuka pada hal baru, dan sangat menyayangi anaknya. Di sisi lainnya, ia menolak diingatkan dan memusuhi temannya yang sudah bersusah payah menegurnya saat terlibat hubungan segitiga dengan Adele dan David.

Jika ditilik dari sisi supranaturalnya, film ini mungkin sulit dipercaya, tapi karakter-karakternya sangatlah manusiawi. Di dunia nyata, kita bisa melihat banyak orang di sekitar kita melakukan 'kesalahan-kesalahan' yang sama jika dihadapkan pada situasi serupa.

Sulit mengobati kecanduan, misalnya. Bukannya bercerai, malah memilih selingkuh. Atau, membenarkan perselingkuhan atas alasan kasihan. Itu dia ulasan tentang Behind Her Eyes.

Jika kamu memang tertarik dengan kisah-kisah misteri yang cukup dewasa, Behind Her Eyes cocok untuk kamu tonton. Jika kamu punya pendapat berbeda dari review ini, kamu bisa mengemukakan pendapat di kolom komentar, yuk!

Behind Her Eyes
9 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram