bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Begin Again, Ketika Lagu Bercerita

Jika kalian penyuka film komedi musikal, kalian bisa menonton film besutan John Carney yang berjudul Begin Again. Selain menjadi sutradara, John juga merangkap sebagai penulis skenarionya. Film ini menceritakan tentang harmonisasi antara musik, cinta dan keluarga yang disajikan dengan manis dan bikin baper. 

Tidak hanya dibintangi oleh aktris dan aktor terkenal Keira Knightley dan Mark Ruffalo saja, film ini juga menampilkan akting dari seorang penyanyi atau vokalis dari grup band Maroon 5yaitu Adam Levine. Penasaran dengan kisahnya? Yuk simak sinopsis dan review filmnya dibawah ini. 

Sinopsis

Review Begin Again_Sinopsis_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Komedi musik, Romantis, Family
  • Sutradara: John Carney
  • Produksi: Exclusive Media
  • Pemeran: Keira Knightley, Mark Ruffalo, Adam Levine, Hailee Steinfeld, James Corden.

Film ini dimulai di sebuah pub dimana seorang pria bernama Steve (James Corden), yang merupakan sahabat dari Gretta James (Keira Knightley), menyuruh Gretta untuk naik ke panggung. Ia ingin menghibur Gretta yang kala itu tengah sedih karena permasalahan cintanya dengan Dave Kohl (Adam Levine).

Pada awalnya, Gretta enggan untuk naik ke panggung. Namun, setelah beberapa kali dibujuk oleh Steve dibantu oleh pengunjung yang ada di pub tersebut Gretta akhirnya ia meraih gitar dan naik ke panggung. Ia menyanyikan lagu ciptaannya yang berjudul “A Step You Can’t Take Back”.

Gretta disini merupakan seorang penulis lagu yang pada awalnya datang ke Manhattan bersama kekasihnya yang bernama Dave Kohluntuk untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi bintang besar. Pada awalnya semuanya terlihat mulus dan membahagiakan untuk Gretta dan Dave Kohl. 

Mereka hidup bersama di apartemen milik Dave. Dave yang memang penyanyi pendatang baru terkadang membuat Gretta menulis lagu untuknya untuk mengisi soundtrack film. Baginya Gretta adalah penulis lagu yang andal dan sangat menginspirasinya. 

Namun, semua berubah ketika Dave melakukan tour ke New York. Ia tergoda oleh rekan yang ada di labelnya dan akhirnya mengkhianati Gretta. Gretta yang bisa menebak dari lagu baru yang diciptakan Dave langsung pergi dan memilih tinggal di apartemen Steve sampai waktunya kembali ke tempat asalnya. 

Itulah yang membuat Gretta akhirnya menciptakan lagu ”A Step You Can’t Take Back” dan membawakannya penuh dengan penghayatan. Sehingga membuat para penonton di pub terkesima. Tak terkecuali Dan Mulligan (Mark Ruffalo).

Baca juga: Film Terbaik Mark Ruffalo, Aktor Senior yang Masih Berjaya

Dan Mulligan adalah seorang eksekutif perusahaan label musik yang bertugas mencari para anak muda yang berbakat. Namun, ia belum menemukan lagi yang bisa memenuhi ekspektasinya terhadap musik. Ia juga saat itu sedang ada dalam masa terpuruk dalam hidupnya, baik itu dalam karir maupun masalah keluarganya. 

Pada saat itu ia pergi ke pub untuk minum-minum dan ia tidak menyangka bisa menemukan Gretta yang menurutnya potensial untuk dijadikan bintang besar. Dan pun menghampiri Gretta dan mengajaknya untuk bergabung dengannya. Pada awalnya, Gretta menolak karena melihat penampilan Dan yang menurutnya seperti gelandangan dan tidak mencerminkan seorang eksekutif perusahaan label. 

Namun, setelah beberapa pertimbangan Gretta pun akhirnya menyetujui untuk bergabung dengan Dan yang menurutnya sedikit eksentrik dan gila. Kemudian, Dan mengajak Gretta ke perusahaannya. Perusahaan tempat Dan bekerja ternyata tidak langsung menerima, melainkan mereka harus mengirimkan demo untuk bisa bergabung dan dipromosikan oleh perusahaan Dan tersebut. 

Akhirnya Dan mengusulkan ide gila yang membuat Gretta juga merasa tertantang untuk mengerjakan album Gretta ini. Mengajak temannya Steve dan anaknya Dan yang bernama Violet, mereka melakukan syuting alam terbuka di seluruh sudut jalan New York.

Memang benar pepatah pernah berkata “Cinta bisa tumbuh karena terbiasa.” Ya itulah yang terjadi antara Gretta dan Dan. Mereka pergi ke mana pun bersama, berbagi musik dan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi, lalu akhirnya muncul benih-benih cinta dari Dan Mulligan yang terbaca dari cara mereka bertatapan.

Lalu apakah yang akan terjadi dengan Dan Mulligan dan Gretta? Bagaimana dengan Violet yang sangat merindukan figur ayah di kehidupannya? 

Diiringi Lagu-Lagu Keren dan Enak Didengar 

Review Begin Again_Diiringi Lagu-Lagu Keren dan Enak Didengar_

Film Begin Again memang bergenre drama komedi musikal yang pastinya menyuguhkan lebih banyak musik. Pada saat pertama menonton film ini kalian akan disuguhkan dengan sebuah lagu yang berjudul “A Step You Can’t Take Back” yang dinyanyikan Gretta dengan penuh penghayatan. 

Kemudian saat Gretta mengirimkan pesan suara kepada Dave yang telah menghianatinya, ia menyanyikan lagu berjudul ”Like A Fool” yang liriknya bisa mewakili perasaannya. Gretta juga membuat lagu yang indah untuk Dave pada saat mereka sebelum berpisah berjudul ”Lost Star” yang merupakan lagu ciptaan Adam Levine untuk soundtrack film Begin Again. 

Selanjutnya ada lagu “Coming Up Roses” dari Glenn Hansard. Lagu ini menceritakan tentang perpisahan sepasang kekasih karena perasaan mereka telah berubah. Lagunya mungkin seperti penggambaran perpisahaan antara Dave dan Gretta, dan masih ada lagi beberapa soundtrack yang keren yang bisa memanjakan kuping kalian. 

Perbedaan Perspektif tentang Sebuah Karya 

Review Begin Again_Perbedaan Perspektif tentang Sebuah Karya_

Film Begin Again juga menceritakan dibelakang layar sebuah musik industri yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang harus dilalui agar sebuah lagu bisa menuju pasar dan diperkenalkan kepada masyarakat. 

Sedikit banyaknya akan selalu ada perang idealisme antara penulis lagu, penikmat lagu, penyanyi lagu dan para pengusaha yang hanya memikirkan bagaimana untuk menguasai pasar. 

Seperti percakapan antara Gretta dan Dave yang menyatakan bahwa Dave telah membuat lagu “Lost Stars” yang ditulis Gretta, Gretta tuangkan di dalamnya. Gretta menganggap bahwa menulis dan memproduksi lagu adalah bagian dari pencurahan perasaan si penulis dan hal tersebut tidak boleh dihilangkan agar perasaan si penulis tersampaikan ketika lagu dinyanyikan. 

Namun, Dave yang telah berubah menjadi seorang superstar menganggap bahwa ketika menulis lagu yang terpenting adalah bagaimana semua orang dapat menikmati lagunya tanpa memikirkan lagi apa yang penulis ingin sampaikan. 

Gretta semakin kecewa karena Dave dan perusahaan labelnya ternyata memang mengejar pasar agar penjualan albumnya laku keras. Mereka tidak memperhatikan orisinalitas dari ekspresi lagu yang ia ciptakan. 

Kemudian, ada Dan Mulligan yang hidupnya menjadi desperate karena dirinya sangat perfeksionis dalam mencari dan membuat karya. Hal itu pun yang membuat dirinya dipecat dari perusahaan label-nya.

Ini karena ia tidak memiliki pendapat yang sama dengan perusahaannya yang selalu mengedepankan pasar dibanding lagu itu sendiri. Sampai akhirnya lagu Gretta bisa menyelamatkan hidupnya. 

Aktris dan Aktor yang Multitalenta

Review Begin Again_Aktris dan Aktor yang Multitalenta_

Film Begin Again adalah tempat debut pertama kali Keira Knightley sebagai penyanyi. Ia berperan sebagai Gretta sang penulis lagu yang idealis. Dikatakan Gretta mampu mengubah perasaan patah hatinya menjadi sebuah lagu yang sangat indah. 

Meskipun Jhon Carneysempat mengatakan bahwa sangat sulit untuk bekerja sama dengan Keira, karena ia bukan penyanyi asli, Keira dapat memerankan sosok Gretta dengan baik. Ia menyanyikan beberapa soundtrack film dengan manis dan enak didengar. 

Ditambah dengan akting dari Mark Ruffalo yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya. Bahkan John sang sutradara memuji akting Mark yang sangat all out. Keira dan Mark juga mampu membangun chemistry yang membuat para penonton terbawa suasana. 

Pemain lainnya adalah Adam Levine yang merupakan vokalis dari band terkenal Maroon 5. Adam juga memulai karir akting pertamanya di film ini, sehingga banyak yang khawatir Adam tidak bisa memenuhi ekspektasi para penonton. Namun, ternyata Adam bisa memberikan penampilan yang lumayan. 

Mengandung Pesan Kehidupan yang Berharga

Review Begin Again_Mengandung Pesan Kehidupan yang Berharga_

Dalam Film Begin Again terkandung beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Seterpuruk apapun kehidupan akan tetap berjalan. Maka dari itu, dalam film ini Gretta juga Dan mencoba untuk menata kehidupan mereka kembali meski sulit dan akhirnya membuat mereka menemukan apa yang mereka cari selama ini. 

Kemudian, yang menarik adalah saat Dan marah kepada Gretta karena menurutnya Gretta telah melewati batas dan seperti menghakiminya. Padahal Dan merasa Gretta tidak mengetahui apa pun tentang kehidupannya. Dari sini juga kita bisa menyimpulkan bahwa setiap orang memiliki kesulitan yang tidak diketahui oleh siapa pun. 

Jadi jangan cepat men-judge orang lain sebelum kita mengetahui kebenaran atau cerita tentang orang tersebut. Dan masih banyak lagi yang kita bisa ambil untuk dijadikan reminder untuk kehidupan kita. 

Nah, guys film ini sangat cocok ditonton bersama pasangan sambil menikmati santai di sore hari. Keira Knightley sempat dikritik oleh sutradara film Begin Again, John Carney karena background dirinya yang bukan penyanyi. Background-nya dianggap agak menyulitkan proses film ini. Namun nyatanya Keira bisa membuat film ini menjadi salah satu film yang laris. 

Jadi apa yang akan terjadi selanjutnya pada hubungan Keira juga Dan? Apakah mereka akan bisa melanjutkan kisah romansanya? Lalu bagaimana dengan Dave dan istri Dan Mulligan? Tonton saja filmnya. Ada twisted di akhir cerita.

Kalau mencari rekomendasi film musikal lainnya, silakan baca artikel Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton ini ya.

Begin Again
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram