bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Baseball Girl, Tekad Mecampai Mimpi

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 2 Oktober 2021

Memenangkan kategori Independent Star Award dalam 45th Seoul Independent Film Festival, Lee Joo Young membawakan karakter Joo Soo In dengan meyakinkan. Dia adalah seorang gadis SMA yang mencintai bisbol dengan seluruh hidupnya.

Bekerja keras serta tekad kuat untuk masuk tim bisbol profesional adalah mimpinya. Dibantu pelatih yang merupakan mantan pecandu alkohol mampukah Soo In melakukannya?

Dapatkan jawabannya dengan menonton film Korea Selatan berjudul Baseball Girl (2019). Dibintangi oleh beberapa aktris muda dan senior, ia jadi tontonan yang akan membuat hati Anda hangat. Ingin tahu lebih lanjut? Mari baca sinopsis dan ulasannya sebelum menonton secara langsung. Simak bersama yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Baseball Girl, Tekad Mecampai Mimpi 1
  • Tahun Rilis: Oktober 2019
  • Genre: Drama Sport Film
  • Produksi: Korean Academy of Film Arts
  • Sutradara: Choi Yoon Tae
  • Pemeran: Lee Joo Young, Lee Joon Hyuk, Yeom Hye Ran, Song Young Kyu

Film diawali dengan teks pengantar yang menjelaskan bahwa saat Liga KBO didirikan, pemain bukan ‘biologis pria’, akan didiskualifikasi. Pemain wanita dapat bermain di liga hanya setelah aturan tersebut dihapus, yaitu pada 1996. Cerita dimulai ketika para pemain baseball, termasuk Joo Soo In (Lee Joo Young) berjajar di luar ruangan, menunggu sebuah keputusan.

Di antara beberapa orang pemain baseball tersebut, hanya Lee Jung Ho (Kwak Dong Yeon) yang diberikan selamat. Pelatih kemudian menjelaskan bahwa bagi mereka yang tak dapat bergabung bersama tim pro atau kampus, akan mendapat pertemuan bimbingan karir minggu depan.

Sesampainya di rumah, Soo In mendapati beberapa kliping koran yang mengabarkan kehebatannya sebagai pemain baseball wanita berserakan di lantai kamarnya. Soo In kemudian makan malam bersama ibu dan adik perempuannya yang masih kecil. Ibunya membawa sisa lauk di tempat kerja untuk makan mereka.

Ibu Soo In tak keberatan dengan apa pun yang dilakukan putrinya, asal dilakukan dengan benar karena jika tidak dia bisa seperti sang ayah. Setelah makan Soo In menghampiri ayahnya yang terlihat sibuk belajar di sebuah perpustakaan umum. Di rumah, kedua orang tuanya ribut perkara uang dan tagihan.

Esok harinya di sekolah, Soo In tampak kesulitan mengerjakan soal ujian matematikanya. Di ruangan lain, kepala sekolah terlihat menemui calon pelatih baru, pendamping Pelatih Park (Kim Jong Soo).

Sayangnya menurut catatan, calon pelatih tersebut belum memenangkan kejuaraan apa pun. Tak lama, Pelatih Park datang dan langsung mengajaknya pergi menemui para anggota baseball.

Dia adalah Choi Jin Tae. Pelatih Park mengenalkannya sebagai pelatih baru. Setelah mengenalkannya secara sekilas, dua orang pelatih tersebut berbincang. Jin Tae menerima uang gaji untuk 3 bulan pertamanya. Dari perbincangan itu diketahui bahwa Jin Tae merupakan mantan pecandu alkohol yang sudah lama tak bertemu istrinya.

Pelatih Park meminta Jin Tae untuk melatih anak kelas 12. Jin Tae kemudian bertanya perihal Soo In yang dia lihat ada di antara anggota bisbol sekolah. Dia lalu mendapat penjelasan bahwa Soo In adalah pemain terkenal. Walau perempuan, dia bisa melempar dengan kecepatan hingga 130 Km/jam. Tidak banyak pemain bisbol dunia yang bisa melakukannya.

Cerita berlanjut saat Soo In melewati Lee Jung Ho yang tengah berfoto bersama kepala sekolah. Hal tersebut tampak membuat perhatian Jung Ho sedikit teralihkan. Pasalnya, dulu Soo In lah yang berfoto dengan kepala sekolah.

Hasil fotonya dipajang di area umum di sekolah, lengkap disertai tulisan yang membangga-banggakannya sebagai pemain bisbol SMA wanita pertama dalam 20 tahun. Sekarang, posisinya digantikan oleh Jung Ho.

Soo In terlihat mendaftarkan diri ke sebuah uji coba. Panitia yang menerima berkasnya tampak berusaha menolak karena pemain bisbol SMA tidak ada yang wanita. Menurutnya, wanita tak bisa bergabung dalam tim SMA. Soo In mengatakan bahwa dirinya masuk dalam tim khusus, tapi panitia tersebut tetap tidak percaya.

Panitia itu lantas menjelaskan bahwa uji coba berbeda dengan pemilihan. Peserta harus lolos pemberkasan lebih dulu sisanya dilakukan secara internal. Scene berpindah ke sebuah aula latihan. Di sana Soo In gelisah menunggu telepon dari panitia uji coba. Sahabatnya, Han Bang Geul (Joo Hae Eun) yang melihat itu mulai mengganggunya.   

Soo In kemudian terlihat berada di ruangan Pelatih Park. Di sana juga ada Jin Tae. Pelatih Park kemudian memperlihatkan brosur dari Asosiasi Bisbol Wanita Korea pada Soo In. Dia mengatakan bahwa liga bisbol wanita kini mulai aktif dengan banyak mengikuti kompetisi internasional.

Tak berapa lama, seorang guru bahasa Jepang, Kim Ji Hye (Lee Chae Eun) masuk ke ruangan. Rupanya, guru wanita tersebut pernah masuk dalam tim bisbol wanita nasional.

Pelatih Park sengaja mendatangkannya agar Soo In bisa belajar dan mendapat informasi, karena dia sendiri tak tahu banyak mengenai tim bisbol wanita. Sayang, Soo In tak memanfaatkannya dengan baik. Melihat sikap Soo In, Jin Tae menegurnya. Jin Tae mengingatkan Soo In untuk jangan merasa istimewa.

Di lapangan, anggota bisbol terlihat mulai berlatih. Soo In tiba-tiba datang dan meminta Jung Ho menangkap bolanya. Gadis itu lalu menghampiri Jin Tae yang sedang melatih. Dia seolah ingin membuktikan bahwa anggapan Jin Tae tentangnya salah. Secara otomatis ini langsung menarik perhatian anggota yang lain.

Soo In berhasil melakukan strike sebanyak dua kali dan itu membuatnya di atas angin. Jin Tae kemudian mendatangi Jung Ho dan satu orang pemain lagi yang sedang bermain dengan Soo In. Kepada pemukul dia mengatakan untuk lebih fokus pada bola, bukan pada kaki kiri Soo In. Benar saja, pada lemparan ketiga, bola Soo In dapat ditangkis sempurna.

Jin Tae mulai menunjukkan kemampuannya sebagai pelatih. Pertama-tama dia tak ingin Soo In salah paham dengan pikirannya sendiri. Jin Tae bukan bermaksud meremehkannya hanya karena dia wanita, melainkan karena Soo In kurang mahir dan terlalu lemah. Lantas, apakah Soo In akan termotivasi atau justru mengacau?

Keberhasilan Tak Didapat Tanpa Kerja Keras dan Tekad Kuat

Sinopsis & Review Baseball Girl, Tekad Mecampai Mimpi 3

Baseball Girl (2019) akan membawa Anda ke dalam sebuah cerita tentang perjuangan seorang gadis SMA tahun terakhir yang begitu mencintai bisbol. Sayangnya, menjadi pemain pro seperti yang diharapkan, bukan sesuatu yang mudah. Walau tahu akan sulit, Joo Soo In yang diperankan oleh Lee Joo Young tidak menyerah.

Dengan karakternya yang sinis dan dingin, sebagai bentuk perlindungan diri, Soo In mau menerima segala bentuk latihan yang harus dijalani. Gadis ini tak pantang menyerah, bekerja keras dan menguatkan tekad untuk mendapatkan hasil memuaskan. Dia mengikuti arahan pelatih yang tak pernah membeda-bedakannya dengan pemain pria. Hasilnya, keberhasilan di depan mata.

Baca juga: Drama Korea Tentang Olahraga yang Wajib Masuk Watchlist

Satu Lagi Film Korea yang Membuat Hati Hangat

Sinopsis & Review Baseball Girl, Tekad Mecampai Mimpi 5

Dengan alur yang lambat, tanpa emosi yang meledak-ledak dari Soo In dan beberapa karakter yang terlibat, Baseball Girl (2019) justru mampu menghangatkan hati. Film arahan sutradara Choi Yoon Tae ini terlihat mengandalkan karakter yang tenang dan realistis dari Joo Soo In serta hubungan antara karakter itu sendiri.

Hubungan Soo In dan ibunya yang semula tak pernah akur dan berbeda pandangan dalam melihat kehidupan lalu berubah saling memaafkan, jadi salah satu emosi yang kuat dari film ini.

Juga hubungan antara Soo In dan pelatih yang perlahan membentuk mentalnya. Dalam hal ini adu peran antara Lee Joo Young dan Lee Joon Hyuk menciptakan chemistry yang akan membuat Anda mengagumi keduanya.

Scoring dan Sinematografi Menambah Dramatisasi

Sinopsis & Review Baseball Girl, Tekad Mecampai Mimpi 7

Film dari Korea Selatan entah bagaimana selalu mampu membungkus sebuah cerita jadi tontonan yang menghangatkan hati. Berada di tangan Hwang Seung Yoon, sinematografi Baseball Girl (2019) jadi salah satu faktor yang membuat film ini mengesankan.

Beberapa kali terdapat gambar yang menampilkan sosok Soo In berada di tengah lapangan. Ada pula pengambilan gambar dari atas yang terasa mempertegas emosi Soo Jin yang tengah merasa tersudutkan oleh keadaan.

Selain sinematografi yang diperhatikan sesuai kebutuhan emosi, Baseball Girl (2019) juga dilengkapi dengan scoring yang menghanyutkan. Musik-musik instrument yang lembut menyesuaikan dengan alurnya yang lambat. Dalam durasi sekitar 1 jam 45 menit Anda akan menikmati semuanya sebagai satu tontonan yang meaningful.  

Isu olahraga dan wanita jadi garis besar yang coba disuguhkan oleh film Baseball Girl (2019). Dua hal yang seolah bertentangan tersebut ikut dimuat dalam dialognya. Bagaimana? Penasaran dengan kerja keras Soo In? Sedang butuh asupan-asupan positif tapi tetap terasa realistis? Film ini rekomendasi untuk ditonton!

Baseball Girl
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram