bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 September 2021

Perjalanan Chiara dan Ludo berhenti di musim ini. Pada Baby Season 3 semua terungkap. Kejahatan eksploitasi seksual pada remaja yang dilakukan Fiore menemukan akhirnya. Namun, memenjarakan seorang penjahat yang pintar berkelit tidak semudah itu. Para gadis harus melakukan sesuatu agar Fiore mendapatkan hukuman atas kejahatannya.

Sama seperti dua musim sebelumnya, serial Baby musim ketiga ini juga menampilkan banyak subkonflik. Permasalahan antara karakter juga semakin berkembang. Daripada bertambah lama, sebaiknya Anda langsung menonton serial ini secara langsung. Sebelum itu tidak ada salahnya untuk membaca sinopsis serta ulasannya di bawah ini, kan?

Sinopsis

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 16 September 2020
  • Genre: Drama Remaja
  • Produksi: Fabula Pictures
  • Sutradara: Andrea De Sica, Letizia Lamartire
  • Pemeran: Benedetta Porcaroli, Alice Pagani, Richardo Mandolini, Chabeli Sastre
  • Jumlah Episode: 6

Baby Season 2 episode terakhir dimulai ketika Chiara khawatir kedua orangtuanya akan mengetahui rahasia yang selama ini dia simpan. Sementara itu di sekolah, Nicollo (Lorenzo Zurzolo) menunjukkan ketidaksukaannya pada Brando (Mirko Trovato) perihal video Chiara (Benedetta Porcaroli) yang tersebar. Di sisi lain, Ludo (Alice Pagani) berusaha memperbaiki hubungan Chiara dengan Damiano (Richardo Mandolini). Gadis itu mengatakan bahwa Chiara masih mencintainya.

Chiara kemudian meminta bantuan kepada salah satu temannya, Sofia (Alessia Scriboni), untuk melakukan hal berisiko guna menangani kasus videonya yang sedang ramai dibicarakan. Dia juga menemui Natalia (Denise Capezza). Wanita tersebut mengatakan bahwa Damiano sangat hancur setelah berpisah.

Ludo menjadi lebih khawatir oleh penguntit yang semakin berani. Dia pun mendatangi kediaman Tommaso agar merasa tenang. Alih-alih terlindungi, Tommaso mencoba menciumnya diam-diam. Hal tersebut menyinggung Ludo, dia pun pergi sembari  menangis. Sementara itu Chiara dan Damiano bertemu.

Esok paginya Chiara meninggalkan surat untuk Damiano. Surat tersebut mengungkapkan seluruh isi hatinya, termasuk mengatakan bahwa dirinya tidak sesempurna yang Damiano pikirkan. Ada rahasia di dirinya yang akan mengejutkan.

Chiara yang mengetahui hubungan Brando dengan Fabio menggunakan itu untuk menakuti pemuda itu. Gadis tersebut juga menunjukkan video skandal ayah Brando, Roberto (Max Tortora) kepadanya. Di akhir musim kedua, Virginia (Federica Lucaferri) hamil dan Nico mau tidak mau harus bertanggungjawab.

Konflik antara Fabio (Brando Pacitto) dan Brando juga ditampilkan di episode terakhir Baby Season 2. Fabio ingin Brando jujur dengan jati dirinya, sementara Brando masih takut untuk mengungkapkan pada keluarga, terutama sang ayah, bahwa dirinya adalah gay. Sementara itu Damiano sadar dirinya sedang diikuti oleh seseorang. Lantas tanpa sengaja dia juga mengetahui rahasia Chiara melalui foto-foto yang ditemukan di sebuah komputer.

Baby Season 3 dimulai ketika Sofia digerebeg polisi saat melayani pria hidung belang. Pada musim ketiga ini, tanpa terduga, Tommaso juga datang menemui ibu Ludo, Simonetta (Isabella Ferrari). Dia mengatakan yang sesungguhnya terjadi antara dia dan Ludo. Cerita bertambah menegangkan ketika Fiore dimintai keterangan oleh polisi terkait penangkapan Sofia.

Setelah kejadian itu, Sofia mendatangi Chiara di sekolahnya. Dia meminta Chiara untuk tidak menyebarkan video skandal dirinya dan Roberto. Sayang, Chiara sudah terlanjur mengirimkan video itu pada Brando. Namun, dia tidak khawatir sebab Brando tidak akan menyebarkan video mesum tersebut karena akan merusak reputasi sang ayah dan keluarganya.

Sementara itu Damiano bertengkar dengan sang ayah setelah dia tahu selama ini dia diikuti oleh detektif sewaaan. Ayahnya, Khalid Younes (Mehdi Nebbou) kemudian memutuskan akan mengirim Damiano ke Perancis atau Lebanon untuk sementara.

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara 3

Berita penggerebegan Sofia membuat Fiore, Chiara dan Ludo gusar, tapi lelaki itu tetap melanjutkan bisnis terlarangnya. Begitu sampai di rumah, Ludo langsung menghadapi pertanyaan dari ibunya mengenai berita yang disampaikan Tommaso. Ibu dan putrinya itu kemudian bertengkar hebat.

Cerita pada Baby Season 3 berlanjut dengan pertemuan antara Damiano dan Chiara. Chiara membuka semua rahasianya, sesuatu yang sudah diketahui Damiano. Chiara mengatakan bahwa memiliki rahasia membuatnya kuat. Walau menjijikan dia bahagia. Hal tersebut tidak bisa diterima Damiano. Dia bahkan ingin menemui Fiore agar Chiara berhenti.

Brando sudah satu bulan lebih tidak pergi ke sekolah. Fabio yang khawatir kemudian mendatangi rumahnya. Sejurus kemudian Fabio diusir oleh Roberto. Brando yang melihat itu dari jauh memutuskan untuk menelepon polisi, melaporkan video skandal ayahnya.

Kegelisahan yang disimpan ibu Ludo, akhirnya membawa wanita itu menemui Elsa (Galatea Ranzi) yang sedang sibuk mengurusi pencalonannya menjadi orang penting di Italia. Simonetta tampak ragu untuk menceritakan rahasia besar itu pada Elsa. Lalu bagaimana akhir perjalanan dua putri mereka; Chiara dan Ludovica? Apakah rahasia mereka akan terbongkar? Bagaimana reaksi kedua orangtua Chiara yang terpandang?

Serial dengan Banyak Subkonflik

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara 5

Serial original Netflix dari Italia ini sarat dengan subkonflik. Sejak musim pertama hingga Baby Season 3 atau musim terakhir, konflik yang disajikan tidak hanya persoalan eksploitasi seksual pada para gadis belia. Ada banyak masalah lain dalam serial ini. Setiap karakter diceritakan punya urusan dan kebingungan sendiri-sendiri.

Beberapa subkonflik pada serial ini antara lain LGBTQ, orangtua yang keras dan cenderung diktator, dan penggunaan zat-zat terlarang oleh remaja. Melalui karakter Fabio dan Brando misalnya, Anda akan melihat bahwa tidak semua orangtua bisa menerima bahwa anaknya homo.

Brando yang memiliki ayah super keras dan sangat anti terhadap kaum homo, terus-menerus menyembunyikan status ketertarikan seksualnya dari sang ayah karena berbagai hal. Terutama karena dia takut dengan reaksi ayahnya, dia juga tidak ingin melukai martabat keluarganya. Karakternya berbanding terbalik dengan Fabio yang lebih berani.

Selain permasalahan LGBTQ yang dicitrakan oleh Brando dan Fabio, serial ini juga menangkap fenomena penggunaan zat-zat terlarang oleh para remaja. Anda bisa melihatnya melalui karakter Ludo yang mengonsumsinya saat dia butuh lari dari masalah. Fenomena semacam ini tentu saja tidak hanya terjadi di Italia, melainkan juga Indonesia.

Akhir Perjalanan Ludo dan Chiara

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara 7

Setelah peristiwa penggerebegan Sofia di awal Baby Season 3, Chiara dan Ludo sebenarnya sudah dalam posisi terancam. Dari sana, alur serial ini dapat ditebak bagaimana akhirnya. Chiara dan Ludo beserta orang-orang yang terlibat dan mengetahui bisnis ini berakhir dengan penyelidikan di kantor polisi dan di persidangan.

Serapat-rapatnya sebuah tindakan illegal ditutupi, pada akhirnya akan terbongkar. Proses hukum menanti mereka yang melakukan tindakan kejahatan, termasuk eksploitasi seksual terhadap remaja. Serial ini menyampaikan pesan tersebut dengan sangat jelas.

Kegelisahan Para Orang Tua

Sinopsis & Review Baby S3, Akhir Perjalanan Ludovica & Chiara 9

Sepanjang musim, terutama musim ketiga ini, para orangtua mendapat sorotan yang lebih banyak. Mereka menjadi orang yang sangat terpukul sekaligus khawatir mengenai masalah yang menimpa anak-anaknya. Pada salah satu scene, Elsa, ibu Chiara, bahkan bertanya: seperti apa orangtua yang layak?

Pertanyaan yang dilontarkan Elsa tentu menjadi kegelisahan bagi banyak orangtua lain di luar sana. Chiara sendiri lahir dari keluarga berada. Dia anak baik-baik yang berprestasi dan bersekolah di sekolah elit. Mereka juga terlihat memperlakukan Chiara dengan baik serta mencukupi kebutuhannya. Namun, pada akhirnya tetap “kecolongan”. Hal ini menyiratkan bahwa materi saja tidak cukup untuk mendidik seorang anak.

Baby Season 3 punya banyak sekali moral value yang bisa dijadikan pengingat dan pelajaran. Walau alurnya cukup lambat, di musim terakhir ini Anda akan puas dengan ceritanya. Penasaran dengan kelanjutan serial Baby? Anda bisa menyaksikannya di Netflix dari musim pertama hingga terakhir. Tunggu apa lagi? Selamat menyaksikan!

Baby Season 3
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram