bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drakor Autumn in My Heart (Endless Love)

Written by Syuri - Updated on 24 November 2021

Autumn in My Heart (2000) merupakan serial drama legendaris yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Song Seung Heon. Sepertinya julukan ‘Song-Song couple’ lebih dulu disematkan buat mereka berdua, ya.

Autumn in My Heart atau dikenal juga dengan judul Endless Love adalah karya pertama dari empat drama yang dibuat oleh sutradara Yoon Seok Ho. Ketiga karya lainnya yaitu Winter Sonata (2002), Summer Scent (2003) dan Spring Waltz (2006).

Saking suksesnya, Endless Love mendapatkan sebanyak 10 penghargaan. Salah satunya yaitu Viewer’s Choice Drama di KBS Drama Awards 2000.

Sedangkan 9 penghargaannya lainnya diberikan untuk para pemeran Autumn in My Heart (2000), yaitu Song Hye Kyo, Song Seung Heon, Won Bin, Kim Hae Sook dan Moon Geun Young. Buat yang mau bernostalgia, yuk, ketahui sinopsis dan review-nya dari Bacaterus di sini.

Sinopsis

endless love
  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Melodrama, Romance
  • Produksi: KBS
  • Sutradara: Yoon Seok Ho
  • Pemeran: Song Seung Heon, Song Hye Kyo, Won Bin, Choi Woo Hyuk, Moon Geun Young, Han Chae Young, Lee Ae Jung, Han Na Na, Jung Dong Hwan, Sunwoo Eun Sook
  • Jumlah episode: 16

Di sebuah rumah sakit, seorang perawat menemukan dua buah kartu nama pengenal bayi di lantai karena perbuatan Yoon Joon Suh kecil. Perawat ini juga teledor karena tidak mengecek lebih dahulu tiap kartu untuk bayi yang mana, dan menaruh papan nama itu asal-asalan.

Beberapa tahun kemudian, Yoon Eun Suh muda (Moon Geun Young) tumbuh menjadi gadis remaja yang terkenal di sekolahnya. Kepintaran dan kebaikan hatinya membuat semua orang menyukainya, kecuali satu, Choi Shin Ae muda (Lee Ae Jung).

Shin Ae yang merasa lebih pintar dari Eun Suh selalu merasa iri dan menganggap Eun Suh adalah rival-nya. Shin Ae juga harus menghadapi kenyataan yang lebih pahit lagi. Ketika saat Eun Suh mengalami kecelakaan, dia kehilangan banyak darah dan membutuhkan donor darah secepatnya. Dari sinilah diketahui kalau Eun Suh bukan anak Nyonya Yoon, melainkan anak Nyonya Choi.

Dan, Shin Ae pun dinyatakan bukan anak yang Nyonya Choi lahirkan, melainkan anak kandung dari Nyonya Yoon. Mereka berdua pun ditempatkan kembali ke orang tua mereka yang sesungguhnya. Eun Suh tinggal bersama Nyonya Choi yang mengelola rumah makan kecil dan hidup sederhana. Mereka hanya tinggal berdua karena suami nyonya Choi sudah wafat akibat kanker darah.

Hidup mereka berdua jungkir balik. Shin Ae menjadi lebih terkenal di sekolah, sedangkan Eun Suh mulai dilupakan. Kemudian, Nyonya Yoon membawa keluarga mereka tinggal di Amerika Serikat, sehingga Eun Suh tidak bisa lagi berkomunikasi dengan 'keluarga' lamanya.

Satu dekade berlalu, Joon Suh (Song Seung Heon) sudah berhasil menjadi bintang yang terkenal. Dia kembali ke Korea dan bertemu dengan kawan masa kecilnya, Han Tae Seok (Won Bin) seorang CEO di mana Eun Seo bekerja. Saat itu, Joon Suh sudah bertunangan dengan Yumi (Han Na Na).

Tae Seok menyukai Eun Suh (Song Hye Kyo), dan tidak tahu menahu tentang ‘hubungan kakak-adik’ Joon Suh dan Eun Suh. Namun, Eun Suh tidak sengaja melihat Joon Suh saat sedang bersama Yumi dan Tae Seok.

Diam-diam Eun Suh dan Joon Suh sering bertemu tanpa sepengetahuan siapa pun. Sejak dulu mereka memang saling menyayangi, tapi setelah tahu tidak sedarah, mereka saling menyukai layaknya pria dan wanita. 

Namun, rahasia ini tidak bisa disimpan lama, karena Shin Ae (Han Chae Young) memergoki dan mempublikasikan hubungan mereka. Tentunya kedua keluarga sangat melarang keras hubungan mereka, karena walau tidak sedarah, mereka sempat hidup sebagai kakak dan adik.

Bahkan Yumi nekat hampir bunuh diri demi membuat Joon Suh tetap bersamanya. Dan, Tae Seok pun tetap terus berjuang untuk mendapatkan Eun Suh. Naasnya, Eun Suh diketahui mengidap kanker darah, sama seperti ayah biologisnya.

Namun, dia hanya menginformasikan hal ini kepada Tae Seok yang bersedia membiayai pengobatannya. Sayangnya, kondisi Eun Suh terus menurun hingga sering tidak sadarkan diri. Tentunya, penyakitnya itu tidak bisa dirahasiakan lagi dan diketahui semua orang, termasuk Joon Suh.

Dapatkah Eun Suh sembuh dari penyakit kanker darahnya? Apakah kemudian Eun Suh dan Joon Suh bisa bersatu? Ataukah Tae Seok yang akhirnya bisa mendapatkan cinta Eun Suh? 

Sinematografi yang Menyejukkan Mata

endless love 3

Pemandangan musim gugur sebagai plot drama ini sangatlah cantik. Cocok dengan alur cerita yang melodrama. Kualitas kameranya sudah sangat bagus pada zamannya, karena penonton bisa melihat daun-daun berguguran yang cantik dengan sangat jelas.

Vibes-nya ngena banget, ditambah ceritanya yang mengiris hati, drama ini semakin membuat pemirsanya lebih baper. Ada juga yang terinspirasi untuk pergi ke Korea demi menikmati musim gugur di sana.

Bahkan, banyak wisatawan yang sampai pergi ke lokasi-lokasi syuting drama ini juga. Pokoknya, Autumn in My Heart berhasil menjadi salah satu pelopor 'hallyu wave' yang melanda dunia. 

Cerita yang Dikenang

endless love 2

Pada masa tayangnya, alur cerita Autumn in My Heart bisa dibilang sangat booming. Tentunya bila dibandingkan dengan masa sekarang, kisah cinta Joon Suh dan Eun Suh terasa seperti cerita yang biasa saja.

Tapi, karena pada masa itu belum banyak serial drama seperti ini, maka Endless Love pun menjadi hits. Ditambah visual para pemeran yang menarik perhatian.

Pada era 2000-an, kita memang dihujani sinetron Indonesia yang cukup menguras waktu (sebenarnya sampai sekarang pun episode sinetron lokal bisa sampai ribuan, kan). Sehingga, saat disuguhkan serial drama Korea seperti yang satu ini, tentunya menjadi angin segar, bukan?

Alur cerita yang apik dan lebih rasional, cinta yang rumit, dan setiap kejadian cukup bermakna dan tergarap dengan jelas. Yang paling penting, tentunya drama ini membuat kita ikut terhanyut dalam kesedihan yang dialami oleh Eun Suh dan Joon Suh, juga keluarga mereka pada akhirnya.

Plot Hole

endless love 4

Menurut saya, setiap karya, baik itu buku hingga yang memiliki visualisasi seperti film dan series, tentu memiliki 'bolong' dalam alurnya. Entah kenapa, mungkin memang ada cerita yang tak perlu dijabarkan, atau pengarangnya 'lupa'.

Drama Endless Love pun tak luput dari plot hole. Saat Eun Suh kembali ke keluarga biologisnya, mereka hidup serba kesusahan, bukan? Kenapa keluarga Yoon tidak memaksa untuk setidaknya menafkahi Eun Suh?

Sepertinya jika itu demi Eun Suh, Ibu Choi juga tak akan menolak dibantu keuangannya. Atau mungkin dengan memberi modal usaha, agar Nyonya Choi bisa memperbesar bisnis restonya. Jadi Eun Suh tidak terlalu menderita, kerja sana sini untuk membantu ibunya. Ditambah lagi Eun Suh harus 'menafkahi' kakak kandungnya yang menyebalkan dan tak tahu diri.

Padahal saat hubungan Joon Suh dan Eun Suh diketahui kedua keluarga, mereka kan dilarang berpacaran dengan alasan "Bagaimanapun, kamu (Eun Suh) tetap keluarga." Katanya keluarga, tapi kok cuek banget dengan kehidupannya selanjutnya setelah berpisah dengan keluarga Yoon sewaktu remaja?

Tren pada Masanya

Endless Love song

Serial drama ini berlatar belakang musim gugur sehingga kostum yang dipakai oleh para aktor dan aktrisnya pun disesuaikan dengan musimnya. Pakaian yang Song Hye Kyo pakai pada saat itu menjadi tren, loh. Terutama di beberapa negara yang punya musim gugur.

Lalu, gaya rambut Song Hye Kyo pun banyak ditiru oleh kaum hawa. Bahkan sampai bentuk alisnya juga. Ada pula fans yang sampai mengoleksi poster, DVD serial drama ini, dn mengoleksi majalah-majalah yang memuat tentang mereka. Bahkan bukan hanya majalah keluaran Indonesia, tapi juga keluaran Asia dengan bahasa yang mungkin belum banyak yang mengerti.

Itulah sinopsis dan ulasan Autumn in My Heart a.k.a Endless Love. Saking banyaknya yang suka dengan serial drama ini, di Indonesia sampai mendapatkan rating 46,1%. Sedangkan menurut IMDB, Autumn in My Heart mendapatkan rating 7,9/10 dari 1.144 penggunanya.

Terus, banyak banget cerita, khususnya di sinetron Indonesia, yang mengangkat tema 'bayi yang tertukar'. Iya, kan? Menurut saya, Endless Love adalah salah satu drakor yang mengakar banget, ceritanya banyak menjadi 'inspirasi' (kalau tidak mau dibilang menjiplak), dan menjadi 'standar' dari banyak serial drama romansa lainnya.

Jadi, tidak salah buka, kalau sejak saat itu Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin menjadi bintang Korea Selatan terfavorit. Bahkan, sepak terjang mereka di dunia seni peran masih bertahan sampai sekarang. Menurut kamu, drama ini bagus tidak? Cerita-cerita, yuk, di kolom komentar!

Autumn in My Heart (Endless Love)
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram