bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Autumn Girl, Karir Sang Bintang Televisi

Cantik, terkenal, dan memiliki segalanya. Itulah kehidupan yang dijalani oleh Kalina Jedrusik. Ia adalah seorang artis, penyanyi, dan bintang televisi. Namun karirnya dipertaruhkan saat ia menolak seorang pria yang berkuasa di tempat kerjanya.

Seperti apakah perjalanan karir yang harus dilalui oleh seorang Kalina Jedrusik? Kamu bisa menyaksikannya dalam film berjudul Autumn Girl. Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

autumn-girl-1_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama / Biografi
  • Produksi: Next Film / Netflix
  • Sutradara: Katarzyna Klimkiewicz
  • Pemeran: Maria Debska, Leszek Lichota, Krzysztof Zalewski

Film Autumn Girl yang memiliki judul asli Bo We Mnie Jest Seks ini mengambil setting sekitar tahun 1960-an di Polandia. Kala itu, seorang penyanyi dan bintang televisi Kalina Jedrusik tengah berjaya dengan popularitasnya.

Kalina memiliki cukup banyak penggemar. Hidupnya pun tampak bahagia. Ia memiliki seorang suami bernama Stanislaw yang bekerja sebagai penulis.

Kalina juga senang berhubungan dengan pria lain dan memiliki hubungan khusus dengan seorang pemuda bernama Lucek, dimana Lucek dan Stanislaw juga kenal dengan akrab dan sering berkumpul di rumah. Suatu hari, Kalina diundang untuk tampil untuk menyanyi pada hari tambang di depan para penambang.

Kalina tampil memukau malam itu dengan pilihan gaun berleher rendah yang menurutnya menampilkan keseksiannya. Setelah bernyanyi dan turun ke bawah panggung, seorang pria bernama Molski menyapanya. Kalina mulanya tak mengenal pria itu, namun ia teringat setelah Molski mengatakan jika mereka dulu pernah bermain drama bersama.

Molski kini sudah menjadi pria sukses dan menjabat sebagai direktur di perusahaan TV tempat Kalina memiliki program acara televisinya.

Malam itu, Molski mengajak Kalina makan malam, namun Kalina menolak karena ia akan makan malam dengan suaminya. Keesokan harinya saat bertemu di kantor televisi, Molski tampak marah pada Kalina.

Kalina menyadari jika Molski marah karena ia menolak ajakannya. Setelah berdiskusi dengan Xymena, sahabat sekaligus juga kru yang bekerja di televisi tersebut, Kalina akhirnya mulai bersikap ramah pada Molski agar karirnya tak terancam.

Malam harinya, mereka pun makan malam bersama para kru lainnya. Molski dan Kalina pergi berdua ke sebuah tempat penyimpanan mantel.

Di tempat tersebut, Molski kembali mengajak Kalina untuk tidur semalam dengannya. Molski merasa hal itu bukan sebuah masalah karena Kalina dikenal sering tidur dengan banyak pria. Kalina yang merasa direndahkan pun marah. Ia pergi meninggalkan Molski. Keesokan harinya, Molski meminta Kalina datang ke ruangannya.

Setelah bertemu, Molski mengatakan jika ia terpaksa memecat Kalina atas desakan dari penonton yang menganggap Kalina tidak berpenampilan sopan di konser penambang. Kalina tahu jika itu hanya akal-akalan Molski karena ia menolaknya, namun ia tak bisa berbuat apapun. Kalina pun tak lagi memiliki pekerjaan.

Sehari-hari, Kalina kini hanya berbelanja dan memasak di rumahnya. Rumah tangga Kalina dan Stanislaw pun mulai mengalami permasalahan ekonomi hingga tak bisa membayar daging yang ia beli. Beruntung ada Lucek yang membayar itu semua. Lucek kemudian meminta Kalina menghubungi Jeremi, produser program televisinya untuk meminta perannya kembali.

Kalina sempat datang dan bertemu Jeremi, namun Jeremi mengatakan ia sudah memilih pemeran pengganti. Ia tak bisa berbuat banyak karena Molski yang berkuasa. Sementara itu, Molski kini dekat dengan Nina, resepsionis pribadinya.

Tak lama kemudian, Kalina juga mendapat kabar jika Molski memecat Nina. Kalina pun menyadari jika Nina dipecat karena ia menolak Molski.

Kalina yang marah datang ke kantor Molski dan membela Nina. Bersamaan dengan itu, bos besar televisi datang ke ruangan dan mengatakan jika Kalina memenangkan penghargaan sehingga ia ingin Kalina kembali membintangi acara di televisi mereka. Molski pun tak bisa menolak keinginan bos besar tersebut.

Akhirnya, Kalina kembali membintangi acara televisi tersebut. Kali ini, ia tampil dan menggunakan kostum seperti yang ia inginkan, meskipun Molski tampak tak suka dengan penampilan Kalina tersebut.

Nuansa Klasik Ala Tahun 1960-an

autumn-girl-2_

Meski film Autumn Girl ini diproduksi dan dirilis pada tahun 2022, kita akan melihat nuansa yang begitu klasik dalam film yang berdurasi 105 menit ini. Hal ini dikarenakan film ini memang mengambil setting waktu di sekitar tahun 1960-an. Nuansa klasik ala tahun 1960-an ini juga dibuat dengan cukup realistis dalam film ini.

Mulai dari properti, dekorasi, hingga kostum yang dikenakan oleh para pemeran dalam film ini akan membawamu kembali ke era tahun 60-an. Begitu pula dengan sinematografi dari film ini yang menggunakan tone warna bernuansa vintage kekuning-kuningan yang membuat visual dalam film ini terasa begitu klasik.

Pada beberapa adegan yang memperlihatkan Kalina dalam siaran live, kita juga akan menyaksikan gambar dalam format hitam putih.

Selain itu, adegan dalam film ini juga diselingi dengan lagu yang sangat khas dengan musik tahun 60-an. Tak hanya mendukung suasana klasik, lagu-lagu yang dinyanyikan di sepanjang film juga membuat alur cerita Autumn Girl terasa semakin seru.

Diangkat dari Kisah Nyata Kalina Jedrusik

autumn-girl-3_

Kalina Jedrusik yang menjadi karakter utama dalam film Autumn Girl ini rupanya merupakan sosok yang ada di dunia nyata. Ia merupakan artis dan penyanyi dari Polandia yang populer pada tahun 1960-an.

Pada film Autumn Girl ini, aktris Maria Debska yang berperan sebagai karakter Kalina Jedrusik pun tampil cukup mirip dengan sosok asli Kalina di masa tahun 1960-an.

Pada masa tahun 1960 hingga 1970-an, Kalina Jedrusik juga menjadi sex symbol di negara Polandia, Hal ini juga disinggung dalam alur cerita film Autumn Girl.

Namun tak hanya menceritakan mengenai Kalina yang menjadi sex symbol negara tersebut, film ini juga mengangkat cerita mengenai bagaimana Kalina berupaya untuk menjadi wanita yang bebas dalam memperjuangkan haknya sebagai manusia.

Adegan-Adegan Surealis dalam Film

autumn-girl-4_

Film Autumn Girl juga menampilkan beberapa adegan yang tampak surealis dan membuat kita memaknai sendiri arti dari adegan tersebut. Misalnya saja adegan saat Kalina menuju kantor Molski dan tiba-tiba muncul sebuah ruangan aneh dan Bunda Maria duduk di depannya lalu berkata akan menanamkan kecemasan pada Kalina.

Adegan tersebut muncul sebelum Kalina dipecat oleh Molski, yang tampaknya menandakan mengenai Kalina yang akan mulai cemas dengan masa depan karirnya setelah didepak dari televisi. Begitu pula dengan adegan saat Kalina berada di tengah keramaian dan ia pun menari hingga berada dalam bus bersama Xymena.

Adegan saat Kalina bebas menari tersebut tampaknya bermakna mengenai Kalina yang tampaknya ingin terlepas dari semua opini orang-orang di sekitarnya. Tapi kamu juga bisa memaknai beberapa adegan ini sesuai dengan persepsimu sendiri kok!

Itukah review dan sinopsis dari film Autumn Girl, sebuah film biografi yang diangkat dari kisah nyata Kalina Jedrusik. Setelah menonton film ini, hal apa sih yang paling kamu kagumi dari seorang Kalina Jedrusik? Ceritakan di kolom komentar ya!

Autumn Girl
Rating: 
2.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram