bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Arrow S5, Oliver Dilanda Dilema

Sinopsis & Review Arrow S5, Oliver Dilanda Dilema

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 9 Juni 2021

Darhk berhasil meluncurkan 15.000 misil nuklir. Team Arrow hanya mempunyai waktu selama dua jam untuk mencegah dunia dari kehancuran. Kerusuhan terjadi di Star City dan Oliver memberikan pidato untuk menenangkan orang-orang. Felicity dan Curtis berhasil membelokkan misil agar nggak jatuh di Star City.

Oliver berhasil menginspirasi rakyat Star City untuk memerangi anak buah Darhk. Oliver kemudian berhadapan langsung dan membunuh Darhk. Setelah itu, Oliver diangkat menjadi wali kota interim Star City. Adegan terakhir di season keempat menunjukkan kejadian di masa lalu Oliver, akibatnya akan diceritakan di Arrow Season 5. Review dan sinopsisnya ada di sini, teman-teman!

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Superhero
  • Produksi: Berlanti Productions, Warner Bros. Television, DC Entertainment
  • Jumlah Episode: 23
  • Sutradara: James Bamford, Gregory Smith, Dermott Downs, Laura Besley, John Behring
  • Pemain: Stephen Amell, David Ramsey, Willa Holland, Emily Bett Rickards, Echo Kellum

Dengan Diggle bergabung ke militer, Team Arrow hanya menyisakan Oliver, Thea dan Felicity. Oliver kesulitan membagi waktu antara menjadi Green Arrow dan wali kota Star City. Felicity menyarankan agar Oliver merekrut anggota baru dari vigilante yeng masih belum berpengalaman. Kelompok kriminal pimpinan Tobias Church datang dan menculik Oliver.

Church berhasil lolos dari sergapan Thea, Green Arrow dan kepolisian. Church kemudian mengumpulkan semua kelompok kriminal di Star City dan menjadikan mereka bawahannya. Di sisi lain, Oliver merekrut Rene/Wild Dog, Curtis/Mr. Terrific dan Evelyn/Artemis untuk menjadi anggota baru Team Arrow.

Oliver menetapkan AmerTrek sebagai perusahaan yang menyediakan layanan kesehatan gratis untuk warga. CEO AmerTrek, Janet, diserang oleh metahuman, Ragman. Ternyata Janet merupakan anak buah dari Darhk dan nuklir buatan AmerTrek-lah yang digunakan Darhk untuk menghancurkan dunia. Ragman merupakan metahuman yang selamat dari ledakan nuklir AmerTrek.

Oliver meminta Ragman untuk melupakan balas dendam dan bergabung dengan Team Arrow. Oliver menyatakan identitas dirinya sebagai Green Arrow pada anggota baru Team Arrow. Walau begitu, dia belum percaya anggota timnya siap untuk diterjunkan menghadapi kelompok kriminal. Hal yang sama diungkapkan Jaksa Wilayah, Adrian Chase.

Team Arrow mulai berjalan tapi kesulitan untuk bisa bekerja sama. Ragman memutuskan mundur karena nggak bisa bekerja sama dengan Felicity. Quentin dan Chase mengirimkan sebuah bukti ke SCPD tapi paket itu ternyata berisi bom. Bom itu menciptakan ledakan yang membuat anggota Church keluar dari penjara dan mengambil senjata yang menjadi barang bukti kejahatan.

Church berniat menghabisi Oliver ketika bersosialisasi, tapi Oliver menyiapkan skenario untuk melawannya. Dia mengganti posisinya dengan orang yang mirip dirinya dan berpura-pura tewas tertembak. Tindakan itu dilakukan agar membuat Church lengah. Oliver kemudian membuat pernyataan pada publik bahwa dia baik-baik saja sekaligus mengungkapkan gagalnya upaya Church.

Church gagal mengeksekusi Oliver. Church memberi tahu Prometheus bahwa Oliver adalah Green Arrow, lalu Prometheus membunuh Church. Pencarian terhadap sosok Prometheus dilakukan oleh Team Arrow. Sementara itu, Prometheus membunuh orang secara acak dan menimbulkan kepanikan warga Star City. Di balik kekacauan itu, Evelyn diam-diam bekerja untuk Prometheus.

Prometheus menyerang Curtis dan menyuntikan vaksin buatan Justin Claybourne. Dahulu ayah Justin dibunuh Oliver setelah Oliver menemukan ayah Justin sengaja menyebarkan virus buatan. Tapi perusahan Oliver yang memproduksi vaksin memanfaatkan keadaan untuk mengais keuntungan. Karena itu, Justin menyimpan dendam pada Oliver.

Oliver meminta bantuan pada Talia, orang yang dulu menyelamatkannya dalam operasi Bratva, untuk menemukan Prometheus. Oliver terkejut ketika mengetahui nama akhir Talia adalah al Ghul. Talia jugalah yang melatih Prometheus sampai punya kemampuan luar biasa. Dia pun menyatakan bahwa sebenarnya Prometheus adalah Adrian Chase.

Talia melatih Chase karena dendam pada Oliver sudah membunuh ayahnya, Ra’s. Kemudian, Prometheus dan Talia menangkap Oliver. Mereka membuat Oliver merasa bersalah mendirikan Team Arrow bukan untuk membela keadilan seperti cita-cita Ra's. Mereka memanipulasi seakan-akan tindakan Oliver merupakan upaya memuaskan hasrat untuk membunuh orang.

Kesulitan menyelesaikan masalah, Felicity bergabung dengan Helix, kelompok yang berisi orang-orang di bidang intelejen dan operasi rahasia. Felicity mendapat video Prometheus membuka topeng dan menunjukkan bahwa itu adalah Chase. Video itu disebar ke publik. Chase menyerahkan diri pada Oliver tapi Chase sudah menyandera William, anak Oliver.

Chase ingin balas dendam karena Oliver membunuh istri dari Chase. Sebagai gantinya, Chase meminta Oliver melawan ARGUS agar citranya rusak. Bisakah Oliver mengalahkan Chase? Apakah Oliver bisa menghentikan upaya balas dendam Talia? Arrow Season 5 menempatkan Oliver pada posisi yang sulit dan dilematis yang tentu saja semakin menarik untuk disimak.

Anggota Baru Team Arrow

Ditinggal beberapa anggotanya membuat Team Arrow mau nggak mau mencari pengganti. Dipilihlah Rene, Curtis dan Evelyn sebelum Ragman ikut bergabung. Dengan masuknya empat orang baru, tentu diharapkan akan memberi penyegaran pada dinamika Team Arrow dari yang kita kenal di beberapa season sebelumnya.

Anggota-anggota baru Team Arrow yang merupakan vigilante yang punya kemampuan spesial tapi nggak diberi banyak kesempatan untuk muncul. Perekrutan mereka diceritakan dengan perlahan, ada konflik internal yang harus mereka hadapi. Dinamika sulitnya Oliver mempercayai mereka menjadi hal yang believable.

Baca juga: Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Sosok Oliver Lebih Dalam

Twist di Season 5

Dari segi cerita, Arrow Season 5 berhasil menyajikan sesuatu yang menarik dengan memberi kejutan berupa twist. Twist pertama datang dari Evelyn, rekrutan baru Team Arrow yang ternyata bekerja untuk Prometheus. Keputusan memasukkan cerita tersebut menjadi cara yang jenius untuk membangun sosok Prometheus yang mengetahui gerak-gerik Team Arrow.

Twist kedua datang dari sosok Prometheus yang ternyata adalah Adrian Chase, Jaksa Wilayah di Star City. Chase merupakan orang yang membantu Oliver mengatasi kejahatan dan mendukungnya merekrut anggota baru Team Arrow agar memudahkan kinerja Oliver. Di balik itu semua, dia merencakan untuk menghabisi Oliver.

Villain di Season 5

Villain di Arrow Season 5 adalah Church, Prometheus dan Talia. Church diberikan sedikit porsi dengan penggambaran karakternya sebagai seorang kriminal yang membuat kekacauan dan mengedarkan narkoba. Sedangkan Prometheus dan Talia menjadi yang utama dengan membuat ketegangan cerita jauh lebih meningkat.

Prometheus bukan hanya punya kemampuan bertarung, senjata dan teknologi yang mumpuni, tapi juga otak yang licik. Adegan ketika mereka menyandera Oliver dan memperlihatkan foto-foto menggambarkan bagaimana manipulatifnya mereka. Mereka bukan hanya menargetkan nyawa Oliver tapi sisi emosionalnya.

Talia secara nggak langsung tampil nyaris menyerupai karakter sang ayah, Ra's. Talia membawa masa lalu sebagai senjata merusak pikiran Oliver. Dia menggunakan narasi seputar cita-cita Ra’s untuk memperbaiki dunia yang rusak untuk dijadikan senjata menyerang Oliver. Keduanya pun bertarung di Lian Yu, tempat di mana karakter Oliver terbentuk.

Adegan antara Oliver dengan Prometheus nggak kalah serunya. Prometheus menggunakan pikirannya untuk menyerang Oliver. Dia membuat Oliver berhadapan dengan pilihan sulit. Kalau Oliver membunuh Prometheus, maka dia akan meledakkan bom yang membunuh ribuan nyawa orang. Kalau Oliver dia ingin menyelamatkan nyawa ribuan orang, dia harus membunuh William.

Arrow Season 5 berhasil menyajikan cerita yang solid lengkap dengan villain yang bisa membuat cerita terasa intens. Flashback kembali digunakan dan cukup berpengaruh pada plot utama. Secara keseluruhan, season kelima ini menjadi salah satu yang terbaik dari Arrow. Apa kamu sepakat? Setelah nonton, bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk, teman-teman.

Arrow Season 5
9 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram