bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 16 Juni 2021

Ra’s berhasil kabur dari sergapan Oliver dan Nyssa. Dia kemudian menyebarkan virus di Star City. Felicity menemukan empat titik yang akan dijadikan tempat Ra’s menyebarkan virus. Oliver dibantu oleh Quentin dan kepolisian membentuk tim untuk datang ke lokasi dan meminimalisir dampak dari tindakan Ra’s.

Team Arrow berhasil menghentikan penyebaran virus dan Oliver membunuh Ra’s. Oliver memutuskan untuk hidup sebagaimana orang pada umumnya dan berhenti menjadi seorang vigilante. Tapi ada masalah besar yang datang dan membuat Oliver mempertimbangkan kembali keputusannya. Mau tahu lebih banyak? Mari simak review dan sinopsis Arrow Season 4 di sini!

Sinopsis

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam 1
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Superhero
  • Produksi: Berlanti Productions, Warner Bros. Television, DC Entertainment
  • Jumlah Episode: 23
  • Sutradara: Thor Freudenthal, Diggle Behring, Wendey Stanzler, Lexi Alexander, Diggle Badham
  • Pemain: Stephen Amell, Katie Casidy, David Ramsey, Willa Holand, Emily Bett Rickards

Diggle, Thea dan Laurel melanjutkan perjuangan Oliver dengan membasmi kejahatan di Star City. Pemerintah beserta pihak keamanan Star City membicarakan tentang keberadaan kelompok kriminal bernama Ghosts yang dipimpin Damien Darhk. Laurel dan Thea lalu membujuk Oliver untuk kembali ke Star City setelah memutuskan tinggal di Ivy Town dan ternyata Oliver setuju.

Oliver bersama Team Arrow melacak Darhk. Mereka menemukan bahwa Darhk menggunakan manipulasi energi dari benda mistis yang bisa diubah menjadi senjata. Diggle mendapat petunjuk bahwa Darhk juga memimpin organisasi bernama H.I.V.E. Oliver menyatakan bahwa dia kini menjadi Green Arrow dan akan mengembalikan harapan pada masyarakat Star City.

Jessica Danforth mengumumkan akan maju untuk pemilihan wali kota Star City. Dia diserang oleh Machin, suruhan Darhk. Thea membantu polisi untuk menangkap Machin tapi Machin berhasil melarikan diri. Jessica yang tertekan mendapat serangan, menyatakan mundur dari bursa calon wali kota. Oliver menggantikan posisi Jessica mencalonkan diri menjadi wali kota.

Di sisi lain, Felicity mencoba mencari Ray yang dipercaya tewas karena ledakan. Ray mengirim pesan pada Felicity bahwa dia selamat karena berhasil menyusutkan ukuran badannya. Darhk menahan Ray karena ingin mengambil teknologi dari pakaian tempur Ray. Team Arrow berhasil menemukan persembunyian Darhk dan menemukan Ray yang berhasil disembuhkan.

Diggle berada di Star City untuk mengobati Thea yang butuh darah. Diggle yang memberi tahu Oliver bahwa H.I.V.E. membunuh saudaranya, Andy. Team Arrow menemukan laboratorium milik Darhk, ternyata Andy masih hidup. Team Arrow kemudian menghilangkan efek pil di tubuh Andy yang membuat Andy berada di bawah pengaruh Darhk.

Darhk menggunakan drone untuk menyerang tempat kampanye Oliver. Kemudian, Oliver membuka identitas Darhk pada publik. Dia memberitakan bahwa Darhk adalah pemimpin Ghosts dan H.I.V.E. Sebagai gantinya, Darhk menculik Diggle, Felicity dan Thea. Oliver menyerahkan diri agar sandera bisa dibebaskan. Lalu, Oliver menyelamatkan sandera dengan bantuan Laurel dan Malcolm.

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam 3

Darhk menembaki mobil mereka dan mengenai Felicity. Felicity harus terbaring di rumah sakit dan melalui beberapa operasi. Oliver dan Diggle berhasil menemukan kediaman Darhk tapi hanya ada tentara Ghost yang terkapar dan logo Machin. Oliver dan Diggle menyadari Machin datang untuk balas dendam pada Darhk setelah Darhk membiarkan Machin ditangkap oleh polisi.

Thea dan Malcolm bersusah payah menghilangkan keinginan mereka untuk mengonsumsi darah. Nyssa berhasil kabur dari Nanda dan membawa Lotus, obat yang dibutuhkan Thea dan Malcolm. Mereka butuh Lotus untuk menghilangkan keinginan mengonsumsi darah. Nyssa menawarkan Lotus pada Oliver dengan syarat, Oliver harus membunuh Malcolm.

Oliver  menolak dan mencoba membujuk Malcolm agar menyerahkan tampuk pimpinan The League pada Nyssa. Malcolm berkhianat dan mengirim pasukan untuk menghabisi Nyssa. Alhasil Malcolm dan Nyssa bertarung. Oliver menggunakan sebuah benda mistis kuno untuk menggantikan posisi Nyssa dan mengalahkan Malcolm.

Merasa dendam, Malcolm mendatangi Darhk dan memberi tahu tentang anak Oliver, William. Bahkan Malcolm bergabung bersama H.I.V.E.. Darhk menggunakan informasi dari Malcolm untuk menyerang Oliver. Bisakah Oliver berbalik mengalahkan Darhk? Keseruan seperti ini yang akan kamu dapatkan kalau menonton Arrow Season 4. Apalagi kalau kamu adalah penggemar Oliver.

Konflik Personal Oliver Queen

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam 5

Oliver Queen yang resmi menjadi Green Arrow di season ini diceritakan lebih mendalam, terutama dari sisi personal. Di awal season, kita diperlihatkan bagaimana dia menikmati kehidupannya sebagai orang biasa, jauh dari kehidupannya sebagai vigilante. Oliver hidup tenang di pinggiran kota bersama Felicity, kemudian terpanggil karena banyak orang terancam nyawanya.

Oliver kemudian maju dalam pencalonan wali kota Star City dengan tujuan menekan kelompok kriminal di kotanya. Ketika dia berkampanye, dia masih tetap harus menjalankan kewajiban menjadi vigilante. Masalah bertambah karena saudarinya, Thea, masih belum sembuh dari keharusan mengonsumsi darah. Terlebih Darhk mengincar William, anak dari Oliver.

Konflik personal Oliver Queen ditampilkan lebih banyak dan mendalam. Perannya sebagai pasangan Felicity, ayah dari William, saudara dari Thea, maju di pemilihan wali kota, serta viglante di Star City memberi gambaran betapa sulitnya tugas yang diembannya. Selain itu, sisi humanisnya pun diperlihatkan. Arrow Season 4 berhasil menunjukkan sosok Oliver secara menyeluruh.

Baca juga: Sinopsis & Review Arrow S6, Terkejut dengan Status Baru Oliver

Penggunaan Flashback

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam 7

Arrow Season 4 masih menggunakan flashback sebagai teknik andalan seperti yang ditampilkan di season sebelumnya. Flashback dimunculkan untuk mengungkap kemunculan karakter baru. Adegan yang ditampilkan bercerita seputar latar belakangnya yang berkaitan dengan Oliver. Semua flashback selalu menuju ke satu masa yaitu ketika Oliver berjuang di Lian Yu.

Penggunaan flashback satu demi satu bisa membantu kita sebagai penonton mengenali karakter baru. Untuk kepentingan pengenalan karakter baru, serial ini melakukannya dengan lengkap. Cuma ada satu hal yang terlewatkan, yaitu apa yang menggerakkan Oliver sampai menjadi Arrow. Sesuatu yang mungkin menjadi tanda tanya besar dalam benak sebagian penonton.

Villain Utama di Season 4

Review & Sinopsis Arrow S4, Mengupas Oliver Lebih Dalam 9

Membicarakan serial superhero nggak akan lengkap kalau nggak melihat sosok villain-nya. Di season keempat, Arrow menampilkan Darhk sebagai villain utama. Darhk adalah orang yang jahat tapi sangat cerdas. Dia pandai memanfaatkan teknologi serta sisi emosional Oliver untuk menghancurkannya.

Motifnya pun tegas dan jelas. Darhk punya ambisi yang besar untuk menghancurkan dunia, kemudian dibangun kembali sesuai kehendaknya. Dengan kata lain, Darhk ingin menata ulang dunia tapi dengan cara menghancurkannya terlebih dulu. Formula seperti ini memang bukan hal baru, cukup sering di temui di cerita superhero.

Darhk dibuat agak berbeda dengan villain lain. Biasanya, Arrow menampilkan sosok manusia yang tergerak untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan benda mistis atau partikel akselerator. Darhk menggunakan hal tersebut. Mungkin season keempat ini ingin membuat terobosan baru, build up ke episode terakhir dengan karakter Darhk cukup membuat emosi terpancing.

Arrow Season 4 menyimpan kejutan dari sosok Oliver yang dikupas lebih dalam dibanding sosoknya di season sebelumnya. Kamu termasuk penggemar Oliver? Kalau iya, season ini akan sangat memanjakan kamu. Ayo luangkan waktu buat nonton! Setelah itu, kamu bisa membagikan ulasanmu kepada penggemar lainnya melalui kolom komentar, teman-teman!

Arrow Season 4
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram