bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Are You Human Too, Robot Berhati Mulia

Sinopsis & Review Are You Human Too, Robot Berhati Mulia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Dipisahkan dari anaknya sejak kecil tentu membuat ibu manapun kehilangan. Berbagai hal pasti diupayakan untuk dapat kembali berkumpul dengan buah hati. Tetapi bagaimana jika upaya yang dilakukannya adalah sesuatu yang di luar nalar dan perkiraan?

Sebagai seorang ibu hal tergila apa yang mungkin dilakukan untuk mengobati rindu pada anak yang diambil paksa darinya? Bisa jadi yang dilakukan Oh Ro Ra/Oh Laura (Kim Sung Ryoung) adalah yang paling gila. Dia menciptakan robot humanoid yang dibentuk persis anaknya.

Kisah perjuangan Oh Ro Ra yang rindu pada anaknya dapat Anda nikmati dalam drama Korea berjudul Are You Human Too. Sepanjang 36 episode Anda akan dilibatkan secara emosi sebab karakter serta jalan cerita yang menarik. Bagaimana lengkapnya? Ulasan di bawah ini akan menjawab rasa penasaran Anda!

Sinopsis

Sinopsis Are You Human Too
*
  • Tanggal Penayangan: 4 Juni – 7 Agustus 2018
  • Genre: Fiksi ilmiah, Romantis, Misteri, Politik
  • Jumlah Episode: 36 Episode
  • Pemain: Seo Kang Joon, Gong Seung Yeon, Lee Joon Hyuk, Kim Sung Ryoung, Yu Oh Seong
  • Sutradara: Cha Young Hoon
  • Penulis: Jo Jung Joo
  • Produksi: KBS Media Production
  • Jaringan Penayangan: KBS2
  • Negara: Korea Selatan

Oh Ro Ra atau Oh Laura merupakan seorang ilmuwan wanita dengan bakat hebat. Suatu hari dia dikabari bahwa suaminya meninggal dunia. Bersama itu pula, Oh Laura harus kehilangan putranya yang direbut secara paksa oleh ayah dari suaminya.

Dua peristiwa menyakitkan tersebut mengguncang Oh Laura. Dia pun pergi ke Ceko dan menetap di sana. Berada jauh dengan sang putra membuat Oh Laura merindukannya. Sepanjang hari dia habiskan untuk menciptakan robot humanoid berbentuk anaknya. Mulai dari kecil, remaja hingga dewasa.

Robot tersebut masing-masing diberi nama Nam Shin I, Nam Shin II dan Nam Shin III; sesuai pertumbuhan anaknya dari kecil hingga dewasa. Sebagai pewaris bisnis keluarga, Nam Shin (Seo Kang Joon) dewasa ditasbihkan untuk menjadi penerus selanjutnya. Sayang, jalan ke sana tidak mulus.

Suatu hari Nam Shin memutuskan pergi ke Ceko guna mencari ibunya. Sesampainya di sana, Nam Shin dibuat terkejut oleh sosok yang mirip sekali dengan dirinya yang sedang berdiri di pinggir jalan. Saat akan menghampiri, Nam Shin ditabrak oleh sebuah truk hingga dirinya koma.

Mengetahui anaknya tergeletak penuh darah, Oh Laura menyelamatkannya. Sementara Nam Shin III dikirim ke Korea Selatan sebagai pengganti Nam Shin. Belakangan diketahui bahwa peristiwa tabrak lari tersebut didalangi oleh Seo Jong Gil (Yu Oh Seong).

Seo Jong Gil adalah orang yang berambisi untuk mendapatkan kekayaan serta bisnis milik keluarga Nam Shin. Dia menghalalkan banyak cara untuk mendapatkan incarannya.

Sesampainya di Korea Selatan, Nam Shin III mendapat pengawalan dari Kang So Bong (Gong Seung Yeon). Sebelumnya, Kang So Bong pernah dipecat Nam Shin karena dengan sengaja memotret Nam Shin dan kekasihnya diam-diam untuk diberikan kepada wartawan.

Serapi apa pun penyamaran Nam Shin III, identitas aslinya sebagai sebuah robot perlahan mulai dicurigai. Terutama karena kedua sosok tersebut memiliki karakter yang berseberangan. Apakah Nam Shin III berhasil meyakinkan banyak orang jika dirinya adalah Nam Shin yang asli?

Wujud Rindu Seorang Ibu pada Anaknya

Wujud Rindu Seorang Ibu pada Anaknya

Dari awal hingga akhir, drama Are You Human Too secara tidak langsung memperlihatkan kasih sayang dan rindu Oh Laura pada anaknya. Diceritakan bahwa berbekal kemampuan yang dimiliki, wanita tersebut menciptakan robot humanoid untuk mengobati kehampaan karena menahan rindu pada Nam Shin.

Laura diam-diam juga mengikuti perkembangan Nam Shin, sehingga robot yang dia ciptakan pun memiliki rupa yang sama dengan putra aslinya. Walau begitu, rindu Laura pada Nam Shin yang asli tidak pernah berkurang. Kasih sayangnya dia bagikan pada Nam Shin, bahkan hingga akhir hayatnya.

Dalam drama Anda akan menyaksikan adegan saat Laura sepenuh hati menyembunyikan identitas Nam Shin III dari Seo Jong Gil. Dia juga dengan rapat merahasiakan keberadaan Nam Shin asli yang koma karena kecelakaan. Laura khawatir hal tersebut dapat mengancam nyawa anak-anaknya.

Anda yang mudah tersentuh dengan cerita tentang kasih sayang ibu, harus siapkan tisu saat menonton drama ini ya! Siap-siap juga merasakan kekecewaan mendalam di akhir episode karena peristiwa yang menimpa Laura.

Baca juga: Drama Korea Terbaru yang Wajib Banget Ditonton di Tahun Ini

Robot yang Lebih Manusia dari Manusia

Robot yang Lebih Manusia dari Manusia
*

Jika mengikuti drama Are You Human Too dari awal episode hingga akhir, terselip pesan bahwa meski merupakan makhluk paling sempurna, manusia bisa menjadi sangat jahat sebab napsu dan egonya. Sementara robot yang diciptakan oleh manusia, bisa menjadi bak malaikat. Dia bahkan lebih manusia dari manusia itu sendiri.

Jawabannya karena robot hanya akan melakukan sesuatu sesuai perintah atau komando pada sistemnya. Dia tidak melakukan apa pun berdasarkan keinginannya. Dalam drama ini, Nam Shin III melakukan apa pun atas perintah dari Laura.

Meski Nam Shin III adalah robot, perlakuannya pada orang lain membuat siapa pun terharu. Berbeda dengan Nam Shin manusia. Nam Shin manusia diperlihatkan menerima banyak pengaruh dari sesuatu di luar dirinya sehingga membuatnya menjadi pribadi yang kasar dan cenderung jahat.

Seperti pola asuh sang kakek yang sangat ketat dan tegas, masa lalunya yang dipisahkan dari ibu, doktrin-doktrin yang buruk tentang ibunya, dan lain-lain. Gambaran bahwa pola asuh dan lingkungan sekitar adalah faktor utama dalam pembentukan karakter seorang manusia, tersampaikan dengan baik oleh Are You Human Too.

Drama ini akan membuat penontonnya bertanya-tanya tentang arti kemanusiaan yang sebenarnya. Are You Human Too bukan sekadar drama biasa tentang robot dan manusia.

Kisah Cinta Antara Robot dan Manusia

Kisah Cinta Antara Robot dan Manusia
*

Selain mempertontonkan keserakahan manusia dalam mendapatkan ambisinya dan kasih sayang ibu pada anaknya, drama Are You Human Too juga memperlihatkan hubungan yang manis dan menggemaskan antara robot dan manusia.

Kisah cinta antara manusia dan robot ini tidak kalah romantis. Nam Shin III yang lembut, polos dan baik hati menumbuhkan rasa sayang di hati Kang So Bong yang keras dan hidup dalam perjuangan. Perlakuan-perlakuan Nam Shin III pada Kang So Bong bisa membuat Anda tersenyum-senyum sendiri.

Cinta memang tidak mengenal apa dan siapa. Kang So Bong yang mengetahui bahwa Nam Shin III adalah robot, tidak menampik perasaannya. Perempuan itu justru sangat mencintai dan melindungi Nam Shin III.

Salah Satu Drama dengan Biaya Pembuatan Termahal di 2018

Salah Satu Drama dengan Biaya Pembuatan Termahal di 2018
*

Are You Human Too memang layak masuk dalam daftar tontonan Anda. Drama ini dibuat dengan budget yang cukup besar.  Pasalnya proses pembuatan drama ini dibuat dengan serius dan melibatkan para ahli serta kreatif di bidang CGI.

Efek-efek khusus yang ditayangkan dalam episode-episodenya membuat biaya produksi sangat besar. Belum lagi proses pengambilan gambar yang dilakukan di dua negara, yaitu Korea Selatan dan Ceko serta proses perencanaan produksi yang memakan waktu dua tahun lamanya.

Tidak heran jika drama ini menghabiskan dana sekitar 10 billion Korean Won yang jika dirupiahkan berjumlah sekitar Rp 129,5 miliar. Proses pengambilan gambar dan adegan drama sendiri dilakukan antara tanggal 30 Juni hingga akhir November tahun 2017.

Meski bukan yang termahal, Are You Human Too tetap mencengangkan. Kecanggihan teknologi berkolaborasi dengan kemampuan akting serta jalan cerita yang menarik, membuat drama ini sangat layak untuk disaksikan.

Sudah penasaran dengannya? Kalau begitu agendakan untuk menonton Are You Human Too segera ya!

Are You Human Too
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram