bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review April Snow, Berselingkuh Karena Diselingkuhi

Film besutan sutradara Hur Jin Ho ini adalah proyek layar lebar pertama bagi Bae Yong Joon dan Son Ye Jin. April Snow mengangkat kisah pilu In Soo (Bae Yong Joon) dan Seo Young (Son Ye Jin) yang dipertemukan di rumah sakit. Mereka dikabari bahwa pasangan mereka mengalami kecelakaan parah yang membuat mereka koma. 

Namun, In Soo dan Seo Young mendapati kenyataan bahwa pasangan mereka berselingkuh. Rekaman video di dalam kamera milik Kyung Ho (Ryu Seung Soo), suami Seo Young, menampilkan perselingkuhan mereka.

Ponsel Soo Jin (Im Sang Hyo) juga menjadi bukti lain yang memperkuat fakta tersebut. Kisah lengkapnya akan disajikan dalam sinopsis dan ulasan di bawah ini. 

Sinopsis 

Review April Snow_sinopsis_

In soo adalah seorang art director yang bertanggung jawab dalam penataan cahaya panggung. Ketika tengah mempersiapkan acara, In Soo menerima telepon yang mengabarkan bahwa Soo Jin, sang istri, mengalami kecelakaan dan sedang dioperasi karena mengalami cedera yang parah.

Tanpa menunggu lagi, In Soo bergegas pergi ke rumah sakit tempat Soo Jin dirawat. Di tempat yang sama, ia melihat seorang perempuan tampak sedang menunggu seseorang di ruang operasi, tempat yang sama dengan Soo Jin dioperasi.

Seo Young, perempuan yang dilihat In Soo, ternyata senasib dengannya. Ia mendapat kabar bahwa suaminya mengalami kecelakaan dan harus dioperasi. Ia juga berangkat dari Seoul ke rumah sakit untuk melihat suaminya. 

In Soo dan Seo Young bertemu lagi di kantor polisi untuk membereskan barang-barang dari lokasi kecelakaan, sekaligus untuk ditanyai tentang penyebab kecelakaan.

Ketika mereka melihat barang-barang dari lokasi kejadian, mereka menyadari bahwa Soo Jin dan Kyung Ho berada di dalam mobil yang sama dan mereka pergi liburan bersama. 

Di antara barang-barang yang ditemukan, terdapat banyak barang yang tidak pernah In Soo dan Seo Young lihat sebelumnya. Namun, barang-barang tersebut justru memberikan bukti bahwa mereka berselingkuh.

Mengetahui fakta itu membuat mereka sangat marah. Namun, mereka tidak bisa berbuat apa-apa selain terus merawat dan menemani pasangan masing-masing. 

Baik In Soo dan Seo Young, selalu berada di samping pasangan mereka. Hal ini membuat mereka bertemu setiap hari. Dari pertemuan mereka, muncul rasa iba pada satu sama lain.

In Soo dan Seo Young membuka obrolan dengan berbicara tentang pasangannya masing-masing. Dari situ mereka sadar bahwa pasangan mereka memang memiliki kecocokan, pun dengan In Soo dan Seo Young. 

Mereka pun mulai mengakrabkan diri. Di sela-sela merawat pasangan masing-masing, In Soo dan Seo Young sering bertemu dan menceritakan kisah masing-masing hingga tanpa mereka sadari mereka saling tertarik.

Dalam sebuah obrolan saat mereka makan malam, Seo Young bertanya pada In Soo apa yang akan dilakukannya terhadap Soo Jin. Sambil tertawa, ia berkata bahwa ia akan balas dendam. 

Guyonan itu rupanya menjadi kenyataan. Hubungan In Soo dan Seo Young yang semula kaku semakin mencair. Mereka menunjukkan ketertarikan bahkan sudah muncul benih-benih cinta.

Hubungan mereka semakin berkembang dan mereka tidak bisa memungkiri bahwa mereka saling menyukai. Namun, mereka sadar bahwa hubungan mereka tidak seharusnya terjadi. 

Situasi bahkan semakin kompleks saat Soo Jin bangun dari komanya dan menunjukkan tanda-tanda membaik, berlawanan dengan Kyung Ho yang justru semakin buruk kondisinya. Tidak lama setelah Soo Jin bangun dan bersiap kembali ke Seoul, Kyung Ho meninggal dan Seo Young menjadi janda. 

April Snow ditutup dengan adegan munculnya salju di musim semi yang mengubur bunga-bunga dan pepohonan. Terlihat Soo Jin dan In Soo berkendara dalam mobil yang sama. Mereka berkendara tanpa tujuan.

Adegan itu seperti mengisyaratkan bahwa keduanya tidak tahu akan dibawa ke mana hubungan mereka. Yang pasti mereka akan terus bersama.  

Premis Menarik yang Disajikan dalam Fase Lambat 

Review April Snow_Premis Menarik yang Disajikan dalam Pace Lambat_

Hur Jin Ho sekali lagi menguatkan citra dirinya sebagai sutradara yang jago membuat film melodrama lewat film April Snow. Premis film ini terlihat menarik.

Mulai dari orang yang diselingkuhi pasangannya, lalu terjebak dalam hubungan yang seharusnya tidak terjadi dengan pasangan asli dari selingkuhan pasangannya.  

Kisah menarik ini disajikan dengan pace yang lambat dan banyak menampilkan adegan sunyi. Ini dibuat untuk menggambarkan keadaan dilematik yang dialami In Soo dan Seo Young. Tidak banyak dialog di antara keduanya. Namun, gestur dan tindakan mereka mewakili perasaan masing-masing. 

Di awal kisah, kita disajikan hubungan In Soo dan Seo Young yang kaku dan nyaris tidak ada percakapan di antara mereka. Seo Young tampak tidak tertarik pada hal apa pun.

Ia terlalu terpukul menerima fakta bahwa suami yang bertahun-tahun hidup dengannya tega mengkhianatinya. Yang paling membuatnya marah adalah ia tidak pernah melihat suaminya sebahagia itu selama hidup dengannya. 

Perlahan, hubungan mereka mulai berubah. Diawali dengan Seo Young yang mau diajak ngobrol oleh In Soo. Meskipun masih dengan dialog yang minim, tapi hubungan mereka menunjukkan perkembangan. 

Tidak ada pernyataan yang gamblang kapan Seo Young dan In Soo saling jatuh cinta. Bahkan tidak ada ucapan mesra dan kata-kata cinta yang terucap dari bibir keduanya. Tapi dari tingkah laku mereka, kita bisa melihat bahwa kekakuan hubungan mereka telah mencair. 

Menggambarkan Situasi Paradoks 

Review April Snow_Menggambarkan Situasi Paradoks_

April Snow adalah film ketiga yang dibuat sutradara Hur Jin Ho setelah One Fine Spring dan Christmas in August. Ketiga film garapannya sarat dengan muatan kisah yang mengharu biru. Tapi kali ini, dalam April Snow, ia memberikan sentuhan yang berbeda. 

Hur Jin Ho menyajikan sebuah kisah yang sarat dengan situasi paradoks: mereka terluka karena diselingkuhi tapi mereka juga kini berselingkuh.

Situasi yang membelit In Soo dan Seo Young tampak seperti pertukaran peran saja. Pasangan mereka, Soo Jin dan Kyung Ho melakukan hal ini, lalu kini mereka juga berbuat yang sama. 

Mereka juga melakukan hal yang sama yang pasangan masing-masing lakukan. Sebelumnya kita melihat In Soo menemukan banyak bukti dari ponsel Soo Jin yang berisi pesan-pesan mesra antara Soo Jin dan Kyung Ho. Lalu, In Soo dan Seo Young berfoto bersama menggunakan kamera ponsel. 

Dalam benak mereka terlintas pertanyaan andaikan foto mereka diketahui oleh Soo Jin atau Kyung Ho, apakah perasaan mereka akan marah seperti yang In Soo dan Seo Young rasakan dulu.

Hubungan yang terjalin secara perlahan itu membuat mereka berada dalam situasi yang dilematik. Meskipun keduanya sudah terbuka mengakui isi hati masing-masing, namun mereka tidak bisa lepas dari kenyataan bahwa mereka adalah istri dan suami orang lain. 

Akting yang Brilian dari Bae Yong Joon dan Son Ye Jin 

Review April Snow_Akting yang Brilian dari Bae Yong Joon dan Son Ye Jin_

Bae Yong Joon memang tidak banyak membintangi drama, dan film yang sudah dibintanginya pun bisa dihitung dengan jari. Tapi aktor yang kini sudah pensiun dari dunia akting ini selalu menyuguhkan penampilan yang luar biasa. 

Ia pun dikenal sebagai aktor yang menghadirkan koneksi erat dengan lawan mainnya. Masih ingat perannya sebagai Kang Joon Sang dalam drama Winter Sonata? Bukankan chemistry-nya dengan Choi Ji Woo begitu erat sampai peran mereka sangat melekat di benak penonton?

Ia menunjukkan hal yang sama dengan Son Ye Jin dalam April Snow. Kedua protagonis kita menunjukan chemistry yang luar biasa sebagai pasangan yang terjebak dalam hubungan terlarang.

Bae Yong Joon berhasil menggambarkan seorang In Soo yang diliputi amarah, kecewa, dan frustasi karena mengetahui pasangannya berselingkuh. Dalam beberapa scene, Bae Yong Joon berhasil membuat kita iba, bukan melalui kata-kata, tapi melalui ekspresi dan gerak tubuhnya. 

Son Ye Jin pun demikian. Ketika film ini dirilis, ia masih berusia 20 tahun dan tergolong aktris baru di industri perfilman Korea. Namun, aktingnya sungguh luar biasa. Karakter Son Ye Jin di film ini adalah seorang yang naif dan pendiam. Setelah menikah, ia fokus mengurusi rumah tangga.

Baca juga: Film Terbaik Yang Dibintangi Aktris Cantik Son Ye Jin

Berkat April Snow, Son Ye Jin diganjar penghargaan untuk kategori Best Actress dalam 51st Asia Pacific Film Festival. Chemistry keduanya pun disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik. Tidak salah Hur Jin Ho mempercayakan pemeran utamanya pada Son Ye Jin dan Bae Yong Joon. 

Visual Sederhana dengan Pengambilan Gambar yang Dramatis

Review April Snow_Visual Sederhana dengan Pengambilan Gambar yang Dramatis_

Selain akting para pemainnya, visual film dan pengambilan gambar adalah hal menarik dari film ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa April Snow disajikan dengan alur cerita yang pelan, namun hal ini tidak membuat kisahnya menjemukan. 

Hur Jin Ho mengembangkan ceritanya dengan baik sehingga kisahnya tidak terkesan bertele-tele dan rumit. Yang menarik dari film ini adalah pengambilan gambarnya.

Sutradara yang satu ini banyak menangkap adegan dengan close up yang membuat filmnya tampak dramatis. Sangat pas menggambarkan perasaan kedua pemain. 

Ditunjang dengan visual yang sederhana tapi manis, April Snow menjadi sebuah film yang sarat dengan emosi. Yang paling menarik adalah bagian akhir film ini yang menggambarkan turunnya salju di Seoul pada musim semi. Adegan pamungkas ini menggambarkan hubungan In Soo dan Seo Young ke depannya.  

Film dengan tema perselingkuhan kebanyakan disajikan dengan kisah dramatis dengan gejolak emosi yang tinggi dan digambarkan dengan tindakan yang ekstrem. Tapi berbeda dengan film yang satu ini.

April Snow disajikan dengan tenang dan tetap terasa emosional. Tidak sayang menghabiskan waktu selama 145 menit mengikuti perjalanan In Soo dan Seo Young di film ini. 

Apalagi banyak hal menarik di dalamnya. Ah, jangan lupakan musiknya latarnya. Elemen-elemen tersebut menambah daya tarik dari film ini. Musik yang digarap oleh Jo Seong Woo ini membuat suasana film semakin menyayat hati.

Bila salah satu penggemar film tentang perselingkuhan, maka jangan lewatkan juga rekomendasi film tentang istri selingkuh ini, ya.

April Snow
Rating: 
4.1/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram