bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Antologi Rasa, Kisah Cinta dan Persahabatan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 8 September 2021

Konon, tak ada pria dan wanita yang bisa menjalin persahabatan dengan tulus, karena salah satu diantaranya pasti memendam rasa cinta. Kisah mengenai persahabatan dan cinta ini juga telah banyak diangkat dalam karya novel ataupun film, salah satunya adalah film Antologi Rasa.

Film ini mengangkat tema klasik mengenai persahabatan dan cinta namun dalam versi yang lebih rumit lagi. Jika biasanya hal ini terjadi pada sepasang pria dan wanita, maka di film Antologi Rasa perasaan cinta antar sahabat tersebut harus berputar dalam kisah empat orang sahabat.

Sinopsis

Sinopsis Antologi Rasa

Antologi Rasa merupakan film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Ika Natassa. Film ini mengisahkan tentang persahabatan dua orang pria dan dua orang wanita yang bertemu pada hari pertama mereka bekerja di kantor yang sama. Mereka adalah Keara, Harris, Ruly, dan Denish. Namun dibalik persahabatan mereka, ada sebuah perasaan cinta yang muncul.

Sejak awal pertemuan mereka, Keara langsung menyadari bahwa dirinya jatuh cinta pada Ruly. Hal yang sama pun terjadi  pada Harris. Ia langsung jatuh cinta saat pertama kali melihat sosok Keara. Sementara Ruly menyukai Denish, tapi Denish memutuskan untuk menikah setahun kemudian. Namun Ruly tak pernah bisa menghilangkan cintanya pada Denish.

Suatu hari, mereka menjadwalkan liburan bersama untuk menonton balapan F1 di Singapura. Namun Ruly membatalkan keikutsertaannya secara mendadak karena suatu hal yang berkaitan dengan Denish. Maka, Keara dan Harris pun berangkat hanya berdua. Keara tampak sedih karena Ruly tak ikut, sementara Harris sangat bersemangat karena bisa menghabiskan waktu berdua dengan Keara.

Sepanjang liburan mereka, Keara tetap menganggap Harris sebagai teman, ia pun selalu terpikirkan sosok Ruly. Saat balapan F1 tersebut berlangsung, Keara bertambah sedih karena mengetahui Ruly tengah bersama Denish. Setelah selesai menonton balapan, Keara dan Harrus pun pergi ke klub, dimana Keara melupakan kesedihannya dengan mabuk berat dan tanpa sadar mencium Harris.

Keesokan harinya, Keara terbangun di kamar tanpa busana. Rupanya, Harris meniduri Keara saat mabuk karena menganggap Keara mencintainya. Harris pun akhirnya mengakui perasaannya pada Keara, namun Keara justru marah besar dan tak mau menemui Harris. Di sisi lain, ia juga bertekad untuk melupakan Ruly yang membuatnya begitu sedih semalam.

Tanpa diduga kantor Keara justru menugaskannya dalam sebuah perjalanan dinas ke Bali bersama Ruly. Di Bali, keduanya pun menjadi begitu dekat. Ruly mulai menyukai Keara, sementara Keara berusaha keras untuk menghilangkan perasaannya pada Ruly. Namun di saat Keara mencoba bersikap dingin, Ruly justru semakin menunjukan perhatian dan cintanya.

Di saat keduanya telah begitu dekat hingga saling berciuman, Ruly mendengar kabar Denish kecelakaan. Ruly pun kembali pada Denish dan melupakan Keara. Di waktu bersamaan, Harris yang merasa cintanya bertepuk sebelah tangan pun memutuskan untuk pindah kerja ke Singapura agar tak lagi bertemu dengan Keara.

Tatkala mendengar kabar Harris yang akan pergi, Keara baru menyadari sosok Harris yang selama ini selalu ada untuknya. Ia pun menyadari bahwa sebenarnya ia memiliki cinta untuk Harris. Sebelum Harris terbang ke Singapura, Keara pun mengungkapkan perasaannya dan berharap Harris tidak pergi ke Singapura.

Harris begitu bahagia saat akhirnya cintanya terbalas oleh Keara, namun ia tetap harus pergi ke Singapura. Meski akhirnya menjalani long distance relationship, keduanya kini bahagia karena telah merasa cukup atas kehadiran satu sama lain.

Jalan Cerita yang Kompleks dan Rumit

Seperti yang sudah disinggung di awal, film Antologi Rasa menyajikan sebuah cerita tentang cinta dan persahabatan yang cukup rumit. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk membuat jalan cerita tidak terkesan monoton. Konflik di antara para tokohnya dalam ini pun dibuat begitu rumit, dimana tiga pemeran utamanya terjebak dalam sebuah cinta yang sama.

Jika pada umumnya sebuah film drama dapat ditebak dengan cukup mudah  akhir ceritanya, maka tidak demikian untuk film Antologi Rasa. Sepanjang film, kita tidak bisa melihat siapakah pemeran utama yang sesungguhnya. Pada awal film, cerita berputar di antara Keara dan Harris. Di pertengahan film, cerita kemudian berfokus pada Keara dan Ruly.

Karakter tokoh Keara juga dibuat seolah bingung dengan perasaannya sendiri yang terbilang rumit dalam menentukan sosok yang dicintainya. Hal ini membuat penonton juga akan penasaran mengenai siapa yang akan dipilih oleh Keara di akhir cerita.

Dikisahkan dari Sudut Pandang dan Narasi yang Berbeda

Film Antologi Rasa dikisahkan dengan menggunakan sudut pandang dan narasi tokohnya. Jika biasanya teknik penceritaan dengan menggunakan narasi ini hanya menggunakan sudut pandang satu orang tokohnya saja, di film ini penonton bisa melihat narasi yang dibawakan oleh beberapa tokoh berbeda dengan sudut pandang masing-masing.

Mulanya, penonton akan mendengar narasi dari sudut pandang tokoh Keara. Ia akan bercerita mengenai perasaan cintanya pada Ruly dan kekecewaannya karena Ruly batal pergi ke Singapura. Setelah mendengar narasi versi Keara, penonton kemudian akan mendengar narasi dari sudut pandang Harris yang mengungkapkan cintanya pada Keara.

Di pertengahan film, Ruly juga memberikan narasi dari sudut pandangnya meski tak sebanyak porsi Keara dan Harris. Ia mengungkapkan perasaannya ketika tanpa diduga bisa melakukan perjalanan dinas bersama Keara. Narasi yang dikisahkan dari beberapa tokohnya ini membuat penonton bisa melihat keseluruhan cerita dari berbagai sudut pandang.

Kisah Cinta yang Relatable dengan Kehidupan Sehari-hari

Saat menonton kisah Keara, Harris, dan Ruly dalam film ini kamu mungkin akan merasakan konflik yang cukup relate dengan yang kamu alami setiap hari. Konflik tentang seseorang yang memendam rasa pada orang yang dicintainya tentu menjadi konflik yang sering dialami oleh kebanyakan orang, sehingga membuat kisah dalam film ini terasa begitu relatable.

Film ini juga menghadirkan beberapa dialog yang begitu menyentuh dan akan terasa relate dengan perasaan yang kebanyakan orang alami saat ini, seperti dialog-dialog tentang melupakan atau merelakan seseorang yang dicintai. Bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan yang sama dengan para tokohnya, film ini akan menjadi hiburan tersendiri untukmu.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Antologi Rasa, sebuah film tentang kisah cinta dan persahabatan yang cukup rumit. Film ini akan memberikan kisah yang indah sekaligus menyakitkan ketika kita mencintai seseorang yang tidak pernah sadar bahwa kita begitu mencintainya.

Bagi kamu yang sedang mengalami perjalanan cinta yang cukup rumit, film ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonanmu. Jadi, apakah kamu sudah menontonnya? Bagaimana tanggapanmu dengan film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

Antologi Rasa
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram