bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Sabikui Bisco, Kisah Pemuda Pelindung Jamur

錆喰いビスコ (Sabikui Bisuko) atau yang dikenal dengan judul Rust-Eater Bisco merupakan anime yang diadaptasi dari serial novel karya Shinji Cobkubo, kemudian diadaptasi menjadi serial manga yang dipublikasikan oleh Square Enix. Untuk serial anime-nya, diproduksi oleh OZ yang baru saja dirilis pada 11 Januari 2022. 

Anime yang tayang pada musim dingin 2022 ini direncanakan memiliki 12 episode yang tayang setiap hari selasa. Dengan munculnya anime ini, menambah daftar anime yang memiliki cerita yang seru dan unik. Anime ini bisa ditonton di situs resmi iQIYI dan YouTube channel Muse Indonesia. Daripada penasaran, berikut ini sinopsis dan review anime Sabikui Bisco, selamat membaca!

Sinopsis

Anime ini mengambil latar Jepang di masa depan, di saat peradaban telah hancur karena senjata yang mengakibatkan umat manusia menderita. Umat manusia harus menghadapi sebuah fenomena alam yang dikenal dengan ‘angin berkarat’. Seorang pemuda yang dijuluki sebagai Bisko Bintang Merah dikatakan sebagai seorang penjahat yang melindungi jamur dan membuat kerusakan di Jepang.

Episode 1-2

sinopsis_

Seorang pria sampai di perbatasan Prefektur Gunma dan Imihama. Pria tersebut mengatakan kalau ia adalah seorang biksu yang sedang melakukan sebuah perjalanan ritual. Namun, karena sekarang sedang terjadi sebuah teror di Jepang, penjagaan semakin ketat, sehingga penjaga di perbatasan pun agak curiga kepada pria yang mengaku sebagai biksu tersebut.

Sementara di kota Imihama, ada seorang dokter yang dikenal dengan panggilan ‘dokter Panda’ yang memiliki nama asli Nekoyanagi Milo.

Ia sedang membuat sebuah penelitian untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit karat yang menyerang tubuh manusia. Suatu ketika, seorang kriminal yang dikenal dengan sebutan Akaboshi Bisco atau seorang pemakan manusia, datang menyerang kota Imihama. 

Kembali ke kejadian sebelum terjadinya penyerangan Akaboshi di Kota Imihama. Seorang yang mengaku biksu itu ternyata Bisco yang memiliki kemampuan menembakan anak panah dan berubah menjadi sebuah jamur raksasa. Oleh karena itu, ia dikenal dengan sebutan seorang pelindung jamur.

Bisco menculik Milo untuk meminta bantuan untuk menyelamatkan Jabi yang terluka karena tertembak saat berada di perbatasan. Selain kena luka tembakan, Jabi juga memiliki karat yang hampir menjalar di sekujur tubuhnya.

Tapi, pasukan elit Gubernur Kurokawa pergi memburu Bisco dan terus menerus menembakinya. Sementara Paw, kakak dari Milo yang merupakan anggota pasukan sukarelawan pun ikut pergi mencari keberadaan Biso setelah mengetahui keadaan tempat adiknya yang hancur dan berusaha melawan Bisco.

Episode 3

episode 3_

Ketika Chiroru tertangkap oleh Bisco, Paw datang dan menyerang Bisco. Meskipun Paw terluka parah karena karat yang menyerang tubuhnya, tapi Paw bisa bertarung dengan kekuatan maksimal. Bahkan, Bisco pun memuji cara bertarung Paw yang hebat itu.

Bisco mencoba menjelaskan tentang dunia karat dan jamur kepada Paw. Namun, Paw tidak percaya begitu saja dengan ucapan Bisco, karena ia merasa ucapan itu tidak masuk akal. Paw terus menyerang Biso dengan sekuat tenaga, begitu juga dengan Bisco yang terus mencoba memberikan penjelasan kepada Paw.

Sementara di tempat lain, Milo masih mengobati Jabi yang terluka akibat luka tembakan. Jabi kemudian menjelaskan tentang jamur yang sebenarnya bukan penyebab terjadinya karat, tapi justru sebaliknya, Jamurlah yang bisa menghilangkan karat tersebut. Sehingga, selama ini para pelindung jamur mencari ‘Sabikui’ yaitu pemakan karat untuk memusnahkan karat yang telah merajalela.

Kemudian, Bisco mengatakan sesuatu tentang Milo yang menyebabkan Paw semakin marah. Namun, Bisco memanah Paw dan memberikannya obat tidur, sehingga sementara Bisco bisa melarikan diri dan kembali ke tempat Jabi dan Milo berada.

Bisco terkejut ketika melihat Jabi telah bisa bergerak kembali dan berhasil membuatnya terharu, karena sebelumnya Jabi seperti akan meninggal. Padahal Milo masih melarang Jabi terlalu banyak bergerak karena masih dalam pengobatan.

Bisco kemudian mengajak Jabi untuk kembali meneruskan perjalanan mencari Sabikui, namun Jabi mengatakan kalau ia akan tinggal di kota tersebut karena belum bisa bergerak terlalu banyak. Sementara Bisco melarikan diri dari pasukan yang mengejar, Jabi akan mencoba mengulur waktu demi Bisco.

Episode 4-6

episode 4-6_

Bisco dan Milo melanjutkan perjalanan ke Akita untuk mencari jamur legendaris ‘Sabikui’(pemakan karat). Bisco menemukan kembali teman lamanya, kepiting Akutagawa. Ketika Milo akan menaiki Akutagawa, Milo selalu dilemparkan oleh Akutagawa yang tidak suka kepada dirinya.

Milo selalu kesulitan ketika menunggangi Akutagawa dan meskipun selalu dilempar, Milo terus berusaha agar bisa menunggangi Akutagawa. Suatu ketika, ada seorang gadis berambut merah muda menghampiri dan hendak merebut Akutagawa. Tapi ia berhasil dihentikan oleh Biso yang menyerangnya dan gadis tersebut melarikan diri.

Ketika Bisco dan Milo akan istirahat, mereka bertemu kembali dengan gadis tersebut. Ia sedang tersedak sesuatu. Milo yang seorang dokter tidak tega melihat hal tersebut dan membantu gadis itu.

Kemudian, mereka bertiga bermalam di tempat tersebut. Namun, tempat yang mereka tinggali adalah monster kuil berjalan yang berbentuk kepiting raksasa.

Bisco memerintahkan Milo untuk menyerang kuil tersebut dengan bantuan Akutagawa. Meskipun Milo belum percaya diri, Milo berusaha melakukan yang diperintahkan oleh Bisco dan kemudian berhasil menghentikan kuil berjalan itu.

Milo akhirnya berhasil meluluhkan Akutagawa dan bisa menungganginya. Lalu, Bisco dan Milo pun melanjutkan perjalanan mereka bersama Akutagawa.

Bisco dan Milo sampai di kota hamparan pasir. Di sana tidak ada orang dewasa dan hanya ditinggali oleh anak-anak saja. Kota yang sepi tersebut tersebut terbuat dari sisa-sisa manusia besi. Anak-anak yang tinggal di sana harus melawan monster ikan buntal terbang yang biasanya menyerang pada saat musim dingin.

Namun, persenjataan anak-anak tersebut semakin berkurang. Untuk mendapatkan persenjataan baru, mereka harus mengumpulkan uang. Dan ketika melihat Bisco dengan identitasnya sebagai buronan dengan bayaran yang tinggi, anak-anak tersebut menahan Bisco dan Milo.

Tiba-tiba ikan buntal terbang muncul di kota padahal saat itu masih musim panas. Bisco yang dengan mudah melarikan diri menolong anak-anak tersebut dari serangan ikan buntal.

Sebagai rasa terima kasih, Bisco mendapatkan tombak peninggalan salah satu orang tua anak-anak di sana. Sementara di lain tempat, Paw yang berusaha mengejar Bisco dan Milo bertemu dengan dua orang misterius.

Bisco dan Milo melanjutkan perjalanan menuju utara. Mereka sampai di Perfektur Shimobuki yang sering bersalju dan kembali bertemu dengan gadis berambut merah muda, Chiroru. Jika terlambat ditemukan oleh mereka, Chiroru hampir mati karena membeku.

Dengan bantuan Chiroru, Bisco dan Milo semakin mendekat ke tujuan mereka menemukan jamur pemakan karat, ‘Konaki Yukoku’. Namun perjalanan kesana tidaklah mudah, karena tantangan dan rintangan yang muncul pun semakin sulit.

Episode 7-8

episode 7-8_

Paw datang menyusul Bisco dan Milo yang sedang mengincar ular pipa penghasil sabikui. Paw terkejut ketika melihat melihat hewan tersebut, namun Paw yang ingin menghindari karena terkejut, ia malah ditangkap hewan itu.

Kemudian, Milo berusaha menyelamatkan Paw dengan Akutagawa. Tapi, kini malah Milo yang diserang oleh hewan itu, sehingga terjadi pertarungan sengit antara Bisco, Milo, dan Paw melawan ular pipa tersebut.

Setelah ular tersebut berhasil dikalahkan, mulai muncul jamur di tubuh hewan tersebut. Namun, Bisco merasa ada yang janggal dengan jamurnya. Tapi, Milo berhasil memecahkan kejanggalan dari jamur tersebut setelah melakukan penelitian.

Tiba-tiba Kurokawa muncul dan mengambil ular pipa tersebut dan menembak Bisco hingga terluka. Sementara Milo merawat luka Bisco, Paw pergi menyusul Kurokawa. Paw terkejut karena melihat bawahannya telah berubah. 

Saat sedang merawat Bisco, Milo mendengar berita yang disiarkan oleh Kurokawa yang bermaksud untuk mengancam Bisco dan Milo. Milo berencana untuk menyelamatkan Paw, tapi dilarang oleh Bisco. Namun, demi kebaikan Bisco, Milo sengaja membuatnya pingsan dan pergi untuk menyelamatkan Paw dan kakek Jabi.

Milo sampai di markas Kurokawa untuk menyelamatkan Paw dan kakek Jabi. Milo berusaha bertarung dan sempat mengalahkan Kurokawa, namun Milo tertusuk oleh anak panah yang ternyata memiliki racun, sehingga Milo bisa dikendalikan oleh Kurokawa.

Selain itu, Milo juga terkejut setelah mendengarkan pengakuan dari Kurokawa tentang dirinya yang sebenarnya seorang pelindung jamur juga. Selain itu, Kurokawa juga menceritakan tentang ambisinya dan penganiayaan yang dia lakukan terhadap pelindung jamur yang lain.

Episode 9-10

episode 9-10_

Milo kewalahan setelah menolong Bisco. Namun, kini Milo dan Biso mengalami karat di tubuh mereka. Sembari menjaga Milo yang pingsan, Bisco membuat obat dari sabikui setelah mempelajari catatan yang dibuat oleh Milo.

Tapi, karena mata Milo ditutup, Bisco hanya memberikan obat pada Milo saja dan mengatakan kalau ia sudah menggunakan obat juga.

Tiba-tiba, Milo menanyakan apakah Bisco ingin berpacaran dengan kakaknya, Paw. Tapi Bisco mengatakan ia tidak ingin dengan Paw karena merupakan seorang perempuan yang selalu memukul seenaknya menggunakan senjata yang dipegangnya.

Milo mulai menceritakan tentang mimpinya yang memperlihatkan ia, Bisco, kakek Jabi, dan Paw sedang piknik. Milo berharap bisa terus bersama-sama dengan Bisco dan orang-orang yang ia sayang.

Di sisi lain, Kurokawa mulai menjalankan sebuah rencana yang mengerikan, yaitu dengan membuat ‘manusia besi’. Makhluk tersebut diperkirakan adalah yang menyebabkan angin karat berhembus di Jepang dahulu kala.

Sekarang, Kurokawa bermaksud untuk membuat ‘angin karat’ buatan dengan menggunakan Ganesha untuk menembakan angin karat tersebut.

Ketika Jabi diancam oleh Kurokawa, Bisco muncul menyelamatkan Jabi. Lalu, ia mulai menyerang Kurokawa, namun mengalami luka yang cukup parah karena karat yang menyerang tubuhnya.

Di saat Bisco mulai putus asa, Milo datang menghentikan tindakan Kurokawa. Tapi, betapa terkejutnya Milo ketika melihat kondisi Bisco yang penuh karat dan terluka parah.

Setelah Bisco dan Kurokawa saling membunuh, manusia besi mulai bangkit. Tak lama, bangunan tempat Milo berada mulai runtuh, sehingga Milo, Jabi, dan Paw menjauhi bangunan tersebut. Milo memberitahu kakek Jabi, kalau Bisco sudah tiada setelah mengelahkan Kurokawa.

Tak lama, manusia besi bangkit dan menjadi ancaman baru bagi kehidupan manusia. Ancaman baru tersebut tidak memberikan jeda bagi Milo dan yang lainnya yang sedang berkabung.

Dengan semangat yang menggebu, Milo mulai mengejar manusia besi untuk menghentikan kerusakan yang lebih parah. Tapi, apakah Milo mampu melawan manusia besi yang menjadi ancaman sangat berbahaya itu?

Episode 11

episode 11_

Paw bertemu dengan Chiroru dan melakukan perjalanan bersama. Chiroru menemukan sebuah buku catatan mengenai manusia besi saat akan menjemput Paw. Mereka berdua berencana untuk menjemput Milo.

Milo diselamatkan oleh Jabi ketika sedang bertarung melawan manusia besi. Menurut Jabi, dengan kekuatan manusia besi itu, bisa membuat semua benda menjadi karat.

Manusia besi yang telah dibangkitkan tersebut bisa menghancurkan segalanya, layaknya Dewa Kematian yang bisa merenggut nyawa. 

Jika manusia besi dibiarkan begitu saja, maka Jepang akan termakan oleh karat kembali. Milo memiliki jiwa yang terhubung dengan Bisco, pergi menuju ke Imihama untuk menghentikan manusia besi yang hendak menghancurkan semuanya.

Jabi, Paw, dan Chiroru pun ikut membantu Milo untuk mengalahkan manusia besi. Sementara itu, orang-orang mulai dievakuasi oleh tim penyelamat Imihama.

Episode 12

episode 12_

Manusia besi masih berjalan menuju ke Imihama. Namun, saat itu Bisco tiba-tiba keluar dari dalam manusia besi. Bisco tersadar ketika mendengar suara Milo yang terus memanggil dirinya. Meskipun kini Bisco menjadi manusia setengah pemakan karat, tapi Milo sangat bahagia karena melihat Bisco bangkit kembali.

Bisco melawan manusia karat dengan jamur-jamur yang muncul kian banyak setiap kali ia menyerang. Walaupun Bisco telah mencoba melawan manusia besi dengan sekuat tenaga, tapi sang manusia besi terus-terusan pulih kembali. 

Triol yang sebelumnya telah mendapatkan sebuah ‘buku panduan’ tentang manusia besi, menyimpulkan kalau untuk ‘pilot’ manusia besi berada di balik topeng manusia besi itu sendiri, sehingga Triol memerintahkan Bisco dan yang lainnya untuk menyerang bagian topeng tersebut.

Namun, Paw menawarkan diri untuk membantu Milo dan Bisco melawan manusia besi dan menyerang bagian topeng manusia besi tersebut.

Dengan bantuan Jabi, Paw berhasil lompat ke bagian topeng dan berhasil membelah topeng tersebut. Setelah topeng itu terlepas, terlihat setengah badan Kurokawa masih tertanam di dalamnya. Kemudian, Bisco pun langsung menyerang Kurokawa dan berusaha menghancurkan manusia besi.

Bisco Pelindung Jamur dan Kota yang Berkarat

bisco pelindung_

Di dua episode ini sebenarnya masih pengenalan tentang karakter-karakter. Setiap episodenya berdurasi sekitar 23 menit dan menceritakan tentang suatu kota yang berubah menjadi karat. Tapi tidak hanya kotanya saja, orang-orangnya pun banyak yang terserang penyakit karat. Dan sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Penyebab karat yang terjadi di kota-kota di Jepang dan yang terjadi pada orang-orang itu penyebab sebenarnya masih belum tahu disebabkan oleh apa. Sementara ada seorang pria yang memiliki nama Bisco menjadi seorang buronan negara.

Bisco memiliki julukan ‘seorang pemakan manusia’. Tapi, sejauh ini sebenarnya tokoh Bisco ini masih belum jelas tentang dia yang sebenarnya siapa dan tujuannya itu apa. Ditambah dengan jurus yang ia punya, ketika ia menembakkan anak panah, maka objek yang terkena anak panah itu akan ditumbuhi jamur raksasa.

Sejauh dua episode ini, meski ceritanya masih membingungkan, tapi dari segi visual enak untuk dilihat, karena untuk penggambaran detail dari setiap scene yang ditampilkan itu bisa memukau mata.

Terbentuknya Tim Baru, Bisco & Milo

terbentuknya tim bisco dan milo_

Setelah beberapa pertempuran yang dilalui oleh Bisco, akhirnya Bisco bisa melanjutkan perjalanannya untuk mencari Sabikui. Nah, tapi kali ini perjalanannya akan berbeda karena Bisco ditemani oleh Milo yang sama-sama ingin mencari jamur untuk menyembuhkan kakaknya, Paw.

Menariknya, walaupun Bisco terlihat seperti anak tengil dan cuek, tapi di episode kali ini diperlihatkan kalau Bisco pun merasa khawatir ketika melihat Jabi terluka. Sehingga ketika melihat Jabi yang sudah bisa bergerak seperti semula, ia sangat senang.

Sementara Milo, ia memutuskan untuk ikut berpetualang bersama Bisco untuk mencari jamur yang diceritakan oleh Jabi. Walaupun pada awalnya Bisco tidak mau mengajaknya, karena merasa akan merepotkan. 

Tapi ketika melihat tekad kuat dari Milo, Bisco pun akhirnya mau mengajak Milo. Tap dengan syarat, Milo tidak boleh berbicara formal lagi kepada Bisco karena menurutnya kalau partner itu kedudukannya setara. Kira-kira, akan seperti apakah petualangan baru Bisco dan Milo mencari Sabikui?

Perjalanan yang Semakin Seru dengan Tantangan yang Semakin Sulit

perjalanan seru_

Perjalanan petualangan Bisco dan Milo semakin lama semakin menarik untuk ditonton. Tidak hanya harus mengalahkan monster-monster yang muncul, tapi ditambah dengan takdir yang selalu membuat mereka berdua bertemu dengan Chiroru membuat interaksinya semakin seru. 

Meskipun Bisco terlihat kasar dan tsundere, tapi sebenarnya dia pria yang baik dan peduli terhadap temannya. Sementara Milo, semakin lama ia semakin berkembang, tidak hanya mulai terbiasa dengan Akutagawa tapi ia mulai bisa menggunakan panah untuk membantu Biso dari serangan monster yang muncul. 

Setiap episodenya semakin seru dan semakin penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Apakah Bisco dan Milo bisa berhasil mengalahkan Konaki Yukoku, sementara tiba-tiba Paw muncul di waktu yang kurang tepat?

Perjuangan Berdarah-darah Milo

perjuangan berdarah darah milo_

Dua episode kali ini cukup dibuat penasaran dan menegangkan. Milo dibuat geram karena melihat Kurokawa menyiksa kakaknya demi ambisi yang ingin dicapai olehnya.

Milo dengan berani memasang badan menggantikan Bisco yang terluka parah dan mendatangi Kurokawa demi bisa menyelamatkan Paw dan kakek Jabi.

Milo sempat dikendalikan oleh Kurokawa demi mendapatkan informasi tentang obat karat dari jamur pemakan karat.

Milo juga sampai banyak ditembaki oleh panah saat membawa kabur Bisco untuk melarikan diri dari kejaran Kurokawa. Adegan ini merupakan adegan yang cukup mengharukan, karena memperlihatkan Milo sampai terkulai lemah setelah banyak dihujani anak panah.

Episode yang Menyedihkan dan Menegangkan

episode menyedihkan_

Kematian Bisco adalah hal yang tak terprediksi. Jadi, betapa mengejutkannya ketika melihat Bisco harus meninggal setelah berusaha menghentikan tindakan Kurokawa.

Tentunya kematian Bisco juga menyebabkan Milo, kakek Jabi, dan Paw terkejut sekaligus sedih. Belum rasa sedih usai, tiba-tiba muncul monster yang dikenal dengan sebutan ‘manusia besi’. 

Tentunya kemunculan monster baru ini membuat ceritanya jadi menegangkan. Apalagi manusia besi ini muncul setelah kematian Bisco. Tapi yang menarik adalah melihat perkembangan Milo yang jadi jauh lebih berani lagi dari sebelumnya. Bahkan, gaya pertarungan dan ekspresi Milo terlihat mirip dengan Bisco.

Selain itu, sekilas ketika melihat manusia besi ini mengingatkan saya pada anime Shingeki no Kyojin, karena bentuk tubuhnya yang besar dan suaranya juga hampir mirip dengan suara titan yang ada di anime Shingeki no Kyojin.

Tapi, yang membedakannya, manusia besi ini tidak memakan manusia, melainkan menghembuskan angin karat dan menyebabkan benda disekitarnya bisa hancur karena karat tersebut.

Aku Adalah Bisco!

aku adalah bisco_

Milo masih terus berusaha mengalahkan manusia besi yang mengancam Jepang. Dengan semangat juangnya yang tinggi, Milo selalu membayangkan apakah dulu Bisco pun merasakan hal yang sama ketika melawan karat dan manusia besi?

Setelah di episode sebelumnya dikejutkan dengan kematian Bisco, di Episode kali ini saya kembali dikejutkan dengan epik comeback Bisco!

Sebuah peristiwa yang cukup tak terduga karena akhirnya Bisco hidup kembali setelah mendengar teriakan dari Milo yang terus memanggilnya sambil memerangi si manusia besi. Episode yang membuat saya cukup merinding dan senang ketika akhirnya Bisco hidup kembali.

Setelah perjuangan berdarah-darah Milo, akhirnya Bisco kembali dan membuat Milo sangat senang. Di setiap episodenya, anime ini tidak pernah lepas dari rasa tegang. Namun, apakah dengan kembalinya Bisco sang karakter utama, bisa mengalahkan manusia besi yang telah bangkit ini?

Akhir yang Bahagia

akhir bahagia_

Setelah sebelumnya sempat dikejutkan dengan kematian Bisco di episode sebelumnya, pada akhirnya Bisco kembali hidup! Tidak hanya Milo yang senang dengan Bisco yang kembali hidup, tapi para penonton setia anime ini pun ikut senang.

Sekarang Bisco memiliki kekuatan baru yang unik. Tangan kanan Bisco kini bercahaya dan bahkan mengeluarkan spora setiap kali Bisco menembakkan panah-panahnya, sehingga setiap panah yang tertancap di target yang telah dibidiknya, tumbuh jamur pemakan karat yang sangat lebat.

Berkat jamur pemakan karat itu, manusia besi berhasil dikalahkan dan bisa menghancurkan semua karat yang ada di sekitarnya. Jamur tersebut diproduksi menjadi obat untuk menyembuhkan orang-orang yang terkena karat.

Paw mendeklarasikan diri menjadi Gubernur Imihama yang baru, sementara Bisco dan Milo diam-diam pergi ke perbatasan Gunma-Imihama.

Bisco memberikan botol injeksi jamur pemakan karat kepada penjaga perbatasan sebagai hadiah. Lalu, Bisco dan Milo pergi berpetualang untuk menemukan cara menghentikan pertumbuhan jamur pemakan karat di tubuhnya. Dan pada episode terakhir ini semuanya berakhir dengan bahagia.

Sampai di sini sinopsis dan review Sabikui Bisco. Gimana, seru banget kan perjalanan dari Bisco, Milo, dan seluruh karakternya?

Sabikui Bisco
Rating: 
2.1/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram