bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Anime Mieruko-chan (2021)

Mieruko-chan (2021) adalah serial anime yang diadaptasi dari manga karya Tomoko Izumi yang  dipublikasikan oleh KADOKAWA. Manga Mieruko-chan ini menjadi perbincangan hangat dan disukai lebih dari 180.000 orang. Mieruko-chan kemudian mulai diserialkan dalam ComicWalker sejak tanggal 2 November 2018 yang lalu.

Sedangkan untuk versi anime-nya mulai dipublikasikan pada Oktober 2021 dengan disutradarai oleh Ogawa Yuki. Secara garis besar, anime ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Miko yang hidup normal, tapi suatu ketika ia jadi bisa melihat hantu dimana pun ia berada. Bagaimana kisahnya?

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Horor, Supernatural, Comedy
  • Produksi: Passione Co., Ltd.
  • Sutradara: Ogawa Yuki
  • Pengisi Suara: Amamiya Sora, Hondo Kaede, Sakura Ayane
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Sinopsis

Berikut ini adalah sinopsis setiap episode yang tayang pada anime Mieruko-chan. Untuk bisa menontonnya, teman-teman bisa melihatnya di situs resmi iQiyi dan juga channel YouTube Muse Indonesia. Penasaran dengan jalan ceritanya? Ikuti terus ulasan dan review nya di sini!

Episode 1-9

SINOPSIS EPISODE 1-9_

Yotsuya Miko (Amamiya Sora) adalah seorang siswa SMA yang hidup normal. Ketika diperjalanan pulang, gantungan tas Miko terjatuh. Miko pun memutuskan untuk kembali ke sekolah untuk mencarinya. Lalu setelah menemukannya, Miko menuju ke pemberhentian bus. Saat itulah Miko mulai melihat sosok hantu. 

Miko mencoba mengabaikan hantu itu, tetapi hantu yang lain mulai menampakkan dirinya juga. Miko terus berusaha mengabaikan hantu-hantu itu meskipun ia merasa ketakutan. Keesokan paginya, Miko merasa kalau kejadian kemarin hanyalah sebuah kebetulan. Tapi ternyata semua itu salah, karena Miko sekarang benar-benar bisa melihat hantu.

Suatu ketika, Miko dan Hana menemukan kucing terlantar. Saat mencari orang yang ingin mengadopsi kucing, Miko melihat dua pria berbeda. Satu pria berpenampilan seperti baik tapi ia ditempeli oleh sosok roh jahat.

Sedangkan pria yang tampak menyeramkan justru diikuti oleh dua roh kucing malaikat. Sehingga, Miko memutuskan untuk memberikan kucing tersebut pada pria yang agak menyeramkan itu.

Miko memutuskan untuk membeli semacam gelang jimat ke seorang nenek peramal yang dipanggil dengan Godmother. Peramal itu melihat, kalau Hana memiliki aura yang membuat hantu berdekatan. Sehingga nenek peramal itu memberikan gelang jimat terkuatnya kepada Miko, namun jimat itu terputus.

Miko pun menyerah untuk membeli jimat tersebut dan nenek peramal yang bernama Takeda Mitsune itu pun memutuskan untuk berhenti menjadi seorang peramal.

Pada pagi hari ketika akan sarapan bersama keluarganya, Miko melihat hantu yang sangat besar. Karena takut, Miko memutuskan untuk pergi sekolah lebih cepat. Namun tidak jadi, ia malah pergi mengambil puding yang ada di kulkas dan menaruh di altar ayahnya.

Hantu tersebut ternyata adalah sosok ayahnya yang telah meninggal yang datang untuk meminta maaf kepada Miko karena dulu pernah mengambil puding milik Miko.

Niguredo Yulia (Sakura Ayane) yang bisa melihat hantu juga terkejut karena peramal Mitsune yang disukainya menutup tempat prakteknya.

Padahal Yulia bermimpi ingin menjadi seorang peramal juga dan ingin menjadi murid peramal Mitsune. Lalu, Yulia mengetahui kalau Miko adalah pelanggan terakhir Mitsune yang bisa melihat hantu, namun mengabaikan hantu-hantu tersebut.

Yulia berbeda dengan Miko yang bisa melihat hantu yang memiliki kekuatan lebih besar. Untuk menyelamatkan Yulia, Miko terpaksa membuat Yulia pingsan. Setelah tersadar Miko meminta maaf kepada Yulia. Tapi Yulia salah menafsirkan kata-kata Miko yang malah dikira kata-kata tersebut adalah sebuah ancaman.

Hana bersiap untuk bertemu dengan Miko. Karena Hana tidak bisa melihat hantu dan tidak tahu juga kalau aura miliknya itu menarik para hantu mendekat, hantu yang mendekat pada Hana memanfaatkan auranya untuk memasak hantu yang ukurannya lebih kecil dan membuat hantu yang memakan hantu kecil itu semakin besar.

Miko lalu mengajak Hana pergi ke kuil terdekat, namun nampaknya kuil itu sudah tidak digunakan lagi. Di sana mereka berdoa. Miko berharap kalau hantu-hantu yang tertarik oleh aura Hana menghilang.

Seolah-olah doanya terkabul, sepasang roh yang ada di kuil menghancurkan hantu besar yang mengikuti Hana. Kemudian muncul roh yang lebih besar berkata sama kepada Miko, namun Miko tidak mengerti maksud dari perkataannya tersebut.

Yulia kesal kepada Miko karena merasa telah dipermalukan. Kemudian Yulia mengajak Miko dan Hana pergi kesuatu tempat untuk membuktikan keterampilan Hana dalam photography. Sebelum sampai ke tempat yang dituju, mereka harus melewati sebuah terowongan yang dikenal banyak hantu.

Seperti sebelumnya, Yulia hanya bisa melihat hantu berukuran kecil, tapi Miko melihat hantu yang berukuran besar dan cukup berbahaya. Berusaha untuk menyelamatkan teman-temannya, tiba-tiba roh dari kuil datang dan melenyapkan hantu besar itu.

Dalam perjalanan pulang, Hana berfoto bersama dan mengirimkannya kepada Miko dan Yulia. Yulia merasa senang karena ia sekarang memiliki teman baru, tapi masih merasa terintimidasi karena Miko memiliki kekuatan yang lebih besar dari dirinya.

Miko dan adiknya Kyousuke (Hanamori Yumiri) pergi membeli hadiah untuk ibunya. Ketika berada di dalam kereta, Miko melihat hantu yang memegang kapak dan menyerang manusia untuk mencari hantu lainnya.

Esoknya ketika Miko berbicara dengan wali kelasnya yang akan cuti hamil, Miko melihat hantu dari roh anak guru wali kelas yang telah meninggal. Malamnya Miko bertanya-tanya kenapa ia bisa melihat hantu-hantu itu, tapi Miko akan terus mengabaikan hantu-hantu itu.

Wali kelas Miko sementara diganti oleh Tonno Zen (Nakamura Yuichi). Guru pengganti sementara itu ternyata laki-laki yang pernah ia lihat ketika sedang mencari pengadopsi kucing yang ditempeli roh-roh jahat. Ketika berusaha menghindari Zen sensei, tiba-tiba hantu lain muncul dan memberitahukannya untuk tidak melihat Zen sensei

Sepulang sekolah, Hana mengajak Miko dan Yulia untuk masuk ke rumah hantu dalam acara diskon di sebuah toko donut. Ketika di dalam rumah hantu, Miko sedikit lega karena ia bisa mengekspresikan yang ia rasakan.

Episode 10

Mieruko-chan Ep 10

Zen mendapatkan makanan dari tetangganya, kemudian ia mendengar dari tetangga tersebut kalau akhir-akhir ini sering terjadi pembunuhan kucing yang dilakukan oleh seseorang. Lalu, setelah menerima makanan pemberian tetangga, ia berangkat ke sekolah karena hari ini adalah hari pertama ia mulai mengajar.

Sementara itu, kelas Miko mulai belajar dengan Zen yang membuat Miko tidak fokus belajar. Selain karena di sekeliling Zen banyak terdapat hantu kucing yang menempel, ia juga tidak fokus karena hantu wanita yang terus menerus mengatakan ‘Jangan melihat’.

Ketika Miko diminta untuk membaca, Miko berusaha untuk fokus meskipun sulit dan sampai merasa ingin menangis. Untungnya Miko terselamatkan karena Hana yang merasa sangat lapar sampai-sampai terasa akan pingsan. Kemudian Miko membawa Hana ke ruangan kesehatan untuk beristirahat.

Yuria melihat Miko dan Hana menuju ke ruang kesehatan. Merasa khawatir, ia pun menjenguk mereka. Saat itu, Yuria melihat aura kehidupan Hana yang menyebabkan banyak hantu yang tertarik kepadanya. Yuri tidak sengaja mengatakan hal tersebut, tapi Hana tidak mengerti maksud yang diucapkan oleh Yuria. Dari sana, Yuria sadar kalau selama ini Hana tidak mengetahui apa-apa tentang hal tersebut.

Sepulang sekolah, Miko menemani Hana dan beristirahat sejenak di taman. Secara tidak sengaja, Miko melihat anak kecil yang melambaikan tangan kepadanya kemudian Miko membalas lambaian tangan tersebut. Tapi tidak disangka, kalau anak kecil tersebut adalah sosok hantu.

Hantu yang melihat respon dari Miko langsung menyerang Miko, namun berhasil dihalangi oleh roh yang pernah menyelamatkannya ketika di kuil. Setelah menyelamatkan Miko, roh tersebut memberikan isyarat ‘dua kali’. Kemudian Miko tersadar dengan maksud perkataan roh kuil itu, karena dulu roh tersebut pernah menyebutkan ‘tiga kali’. Miko memperkirakan kalau itu adalah roh kuil hanya akan melindungi Miko sebanyak tiga kali. Sedangkan sejauh ini Miko telah diselamatkan sebanyak dua kali.

Sementara itu di tempat lain, seorang laki-laki misterius mendekati seekor kucing liar yang berada di lorong. Ketika laki-laki tersebut hampir melukai kucing itu, tapi kemudian meninggalkan tempat tersebut karena tiba-tiba dua orang siswi SMA lewat kesana.

Episode 11

Sinopsis dan Review Anime Mieruko-chan (2021) 3

Diawali dengan sebuah flashback, dimana Zen kecil dibesarkan oleh ibunya yang terlalu menekan Zen. Kembali ke masa depan, Miko secara diam-diam mengikuti Zen untuk menemukan sebuah bukti, sehingga jika ada sesuatu yang salah bisa membuatnya dikeluarkan dari sekolah.

Miko melihat Zen mendekati seekor kucing, khawatir Zen akan menyakiti kucing tersebut, Miko berteriak untuk menghentikannya. Karena ketakutan Miko mencoba melarikan diri sambil membawa kucing, namun kucing itu berlari ke jalan raya.

Kemudian Zen berlari menyelamatkan kucing tersebut dan menyebabkan dirinya tertabrak oleh mobil. Muncul kembali flashback masa kecil Zen yang secara sembunyi-sembunyi merawat kucing liar. Namun, ibunya Zen menemukan kucing tersebut dan membunuhnya, hal tersebut mengakibatkan Zen mengalami trauma.

Di rumah sakit, Zen memberitahu Miko kalau ia sedang mencoba mencari pelaku kriminal yang menyerang kucing di sekitar tempat tinggalnya. Satoru temannya Zen datang ke rumah sakit, kemudian ia menjelaskan kepada Miko perihal kejadian yang menimpa dirinya di masa kecil.

Miko pun menyadari, kalau hantu yang selama ini ada di dekat dirinya adalah hantu ibunya. Kemudian Miko dengan sengaja mengatakan kalau sekarang sudah saatnya untuk melepaskan Zen. Kata-kata tersebut membuat Miko diserang oleh hantu ibunya Zen. Kemudian roh kuil muncul kembali untuk melindungi Miko, kesempatan ketiga Miko telah terpakai. Lalu bagaimanakah kira-kira nasib Miko selanjutnya?

Episode 12

Mieruko-chan Ep 12

Miko kembali diselamatkan dari hantu menyeramkan oleh roh di kuil yang memberikannya kesempatan sebanyak tiga kali. Setelah hantu ibunya menghilang, roh-roh kucing yang ada disekelilingnya Zen pun menghilang.

Hana dan Yuria pun pergi menjenguk Zen di rumah sakit, kemudian Yuria meminta maaf karena sebelumnya ia pernah tidak sengaja mengatakan tentang aura yang ada pada Hana. Miko pun mengatakan, kalau ia menyembunyikan kemampuannya tersebut karena Hana adalah orang yang mudah ketakutan. Setelah Zen sembuh, ia mengambil kembali kucing telah ia selamatkan dan kini berada di rumah Miko.

Zen terpikirkan tentang kata-kata Miko di rumah sakit yang berkata tentang membebaskan sesuatu. Lalu, ketika ada tetangga yang kembali memberikannya makanan, Zen pun secara jujur mengatakan kalau ia tidak ingin menerima makanan tersebut. Bahkan Zen menemukan orang yang selama ini menyiksa para kucing yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Peramal Godmother mendapatkan sebuah surat yang berisikan foto Miko dan Hana ketika di kuil, ia terkejut melihat aura dari foto tersebut. Sementara itu Miko berpikir untuk kembali ke kuil tempat ia bertemu dengan roh yang sudah tiga kali membantu dirinya untuk mengucapkan terimakasih.

Ketika sampai disana, ia memberikan sesajen berupa kue dango. Namun entah kenapa, tiba-tiba tiga roh kuil itu semakin mendekat dan mengatakan sesuatu namun tidak jelas berbicara apa. Belum lagi tiba-tiba di kuil tersebut banyak hantu yang menampakkan diri, tapi itu ternyata itu hanyalah mimpi Miko saja.

Pada hari berikutnya, Miko bisa lebih terbiasa meskipun masih terus mengabaikan para hantu yang terus menerus memperlihatkan wujudnya. Namun, Miko sampai sekarang merasa bingung, kenapa ia bisa melihat para hantu dan tidak mengerti tujuan dari penglihatannya tersebut untuk apa.

Miko memutuskan untuk menerima kemampuannya tersebut dan menghadapinya. Meskipun Yuria masih menganggap kalau ia tidak bisa menandingi kekuatan spiritual milik Miko, tapi kini mereka bertiga sering bermain bersama.

Perjalanan Miko yang Bisa Melihat Hantu

PERJALANAN MIKO YANG BISA MELIHAT HANTU_

Mieruko-chan (2021) bercerita tentang seorang gadis SMA yang awalnya hidup normal. Tapi semua itu berubah saat ia tiba-tiba bisa melihat sosok hantu. Awalnya ia menganggap kalau itu hanya suatu kebetulan karena ia merasa kelelahan. Tapi ternyata, semakin hari semakin banyak hantu lainnya yang bisa Miko lihat dimanapun ia berada.

Miko sering merasa ketakutan ketika ia melihat hantu-hantu itu. Ia berusaha untuk mengabaikan hantu yang terus menerus bermunculan, tapi semakin hari hantu yang dilihat semakin menyeramkan.

Hantu-Hantu yang Semakin Menyeramkan

HANTU-HANTU YANG SEMAKIN MENYERAMKAN_

Penggambaran hantu-hantu di anime ini sebenarnya cukup menyeramkan. Dengan bentuk dan rupa hantu yang  beragam, ada hantu yang berukuran kecil sampai hantu yang ukurannya besar. 

Pada awalnya Miko melihat hantu yang bisa dibilang biasa-biasa saja. Tapi semakin lama, hantu yang muncul semakin menyeramkan dan ukurannya besar-besar. Hantu yang besar juga digambarkan memiliki kekuatan yang besar pula.

Cerita yang Menarik dan Visualisasi yang Terlihat Nyata

CERITA YANG MENARIK_

Dari segi alur cerita, Mieruko-chan (2021) ini menarik untuk ditonton. Anime ini memiliki cerita yang ringan dan tidak melulu memperlihatkan sosok hantu, tapi juga memperlihatkan keseharian Miko sebagai murid SMA.

Apalagi dengan adanya Hana dan juga Yulia yang membuat alur cerita semakin menarik dan cukup menghibur di sela-sela cerita yang menakutkan.

Visualisasinya juga terlihat nyata. Sehingga yang menonton pun bisa merasakan emosi dari setiap karakternya. Seperti rasa takut Miko ketika melihat hantu, tapi berusaha untuk mengabaikannya walau pun masih terlihat gugup dan lain sebagainya. 

Ditambah dengan efek suara dari hantu-hantu yang muncul ketika mencoba berkomunikasi dengan Miko pun menambah rasa seram setiap kali mereka muncul. Dengan durasi 23 menit di setiap episodenya, yang menonton akan disuguhkan dengan rasa takut, lucu sekaligus menggemaskan dari setiap karakter yang ada di anime ini.

Untuk yang mau menonton Mieruko-chan (2021), pastikan kamu menonton sampai bagian kredit selesai, ya, karena selalu ada sedikit cerita di bagian akhir yang masih berhubungan dengan cerita di setiap episodenya.

Anime ini juga disarankan ditonton bagi yang sudah berusia 18+ karena ada beberapa adegan seksualitasnya.
Penasaran dengan kisah perjalanan Miko dengan hantu yang terus bermunculan? 

Serial Mieruko-chan (2021) bisa ditonton di situs resmi  iQiyi dan juga channel YouTube Muse Indonesia setiap hari minggu, ya.

Sosok Laki-Laki Misterius

Sosok Laki-Laki Misterius

Di episode kali ini, mulai dimunculkan kembali karakter Zen. Ia adalah seorang guru pengganti yang sedang cuti hamil. Namun, Zen ini bisa dibilang sosok yang misterius terutama bagi Miko. Ketika pertama kali bertemu Miko sudah memiliki perasaan yang tidak enak terhadap sosok Zen.

Ketika Miko harus berhadapan dengan Zen, ia selalu berusaha untuk tidak melihat langsung ke arah Zen. Karena ada banyak sosok hantu yang menempel pada Zen. Ditambah dengan sosok hantu yang selalu mengucapkan ‘jangan dilihat!’ setiap kali Miko hendak menatap Zen.

Kemudian ketika muncul di awal episode ini, di jari tangannya terlihat ada bekas darah, walaupun ia mengatakan kalau itu luka terkena pecahan gelas. Sementara menurut tetangganya akhir-akhir ini banyak kucing yang hilang. Lalu, di akhir cerita dimunculkan sosok laki-laki yang sama-sama misterius yang hendak menyakiti kucing. Apakah laki-laki itu Zen?

Zen dan Masa Lalunya yang Kelam

Zen dan Masa Lalunya yang Kelam

Sebuah fakta yang cukup mengejutkan karena di episode kali ini diperlihatkan masa lalu kelamnya Zen. Dimana ia dibesarkan oleh ibu yang selalu menekan dirinya, seperti Zen harus selalu mendapatkan nilai yang sempurna, tidak boleh bermain dan harus selalu menuruti ibunya.

Bahkan temannya Zen sendiri menyebutkan kalau ibunya Zen ini menyeramkan. Karena sering mengatakan ‘Jangan lihat!’. Zen kecil juga disini diperlihatkan kalau ia takut dengan sosok ibunya sehingga ia merawat kucing diam-diam karena tahu pasti tidak akan boleh oleh ibunya.

Dari masa lalunya juga kita jadi tahu kalau sikap dingin Zen dan sikap misteriusnya ini akibat dari bayang-bayang ibunya yang sampai sekarang selalu menghantui dirinya. Tapi, disini juga kita diperlihatkan kalau Zen ini justru penyayang kucing.

Pertarungan Terakhir yang Menggantung

Sinopsis dan Review Anime Mieruko-chan (2021) 11

Pada episode terakhir ini kembali diperlihatkan pertarungan terakhir Miko dengan hantu ibunya Zen yang sangat menyeramkan. Dan pada ketiga kalinya, Miko kembali diselamatkan oleh roh kuil. Dan seperti biasa, visual yang ditampilkan terutama untuk roh dan hantunya itu terlihat nyata dan bagus.

Selama 23 menit di episode terakhir ini, kita diperlihatkan perubahan karakter dari Miko. Yang pada awalnya Miko ingin menghindari semua hantu-hantu yang bermunculan tapi di akhir cerita Miko mulai bisa terbiasa dengan kemunculan mereka. Walaupun sampai akhir Miko tidak tahu kenapa dan apa tujuan dari penglihatannya itu?

Sementara, menurut saya ending  ceritanya agak menggantung. Terutama dengan karakter roh kuil yang sampai di scene terakhir diperlihatkan masih mengikuti Miko. Kemudian scene ketika godmother menerima surat dari seorang misterius yang isinya adalah foto Miko. Scene inijuga sedikit membingungkan karena tidak tahu tujuannya untuk apa.

Sehingga saya berspekulasi kemungkinan akan ada sekuel season 2 dari anime ini. Mengingat untuk serial manga Mieruko Chan sendiri sampai sekrang belum tamat. Tapi, meskipun cerita diakhirnya sedikit menggantung, anime ini masih seru untuk ditonton.

Nah, sekian sinopsis dan review anime Mieruko Chan (2021). Untuk menontonnya bisa langsung lihat di channel  YouTube Muse Indonesa dan iQIYI ya. Jangan lupa juga untuk membaca sinopsis dan review anime lainnya yang ada di bacaterus!

Mieruko-chan
Rating: 
3.7/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram