Sinopsis dan Review Anime Komi Can’t Communicate (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Komi Can’t Communicate
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Manga yang terbit sejak 2016 karya Tomohito Oda berjudul Komi-san wa, Komyushō Desu atau Komi Can’t Communicate akhirnya bisa dinikmati dalam versi anime. Rilis perdana di TV Tokyo pada 7 Oktober 2021, Netflix menayangkannya pada 21 Oktober 2021.

Serial anime yang disutradarai oleh Kazuki Kawagoe ini bercerita tentang kegelisahan Komi, gadis cantik yang tak punya kemampuan berkomunikasi.

Dari premis sederhana itu, cerita berkembang menarik karena ternyata perkara ngobrol dengan orang lain itu memang susah-susah gampang bagi beberapa orang. Komi tidak sendiri karena ada Tadano yang berjanji akan mencarikan teman untuknya.

Setiap episode Komi Can’t Communicate hanya berdurasi sekitar 20 menit. Sejauh ini sudah tiga episode berjalan. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Ikuti terus ulasannya melalui artikel ini ya!

Baca juga: Sinopsis & Review Anime Detective Conan: Sunflower of Inferno

Sinopsis

Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Aoi Koga Gakuto Kajiwara
Review Baca di sini

Komi yang cantik mudah membuat siswa-siswa yang lain tertarik padanya. Dia juga pendiam sehingga pesonanya semakin bertambah. Namun, siapa sangka di balik sikap diamnya, Komi sebenarnya memang kesulitan berkomunikasi.

Komi bukan tidak ingin bicara, melainkan tidak bisa. Dia pun bertemu Tadano yang segera menjadi teman pertamanya. Tadano berjanji akan mencarikan 100 teman untuk Komi.

Episode 1-3

Episode 1-3

Kemunculan Komi sebagai murid baru di Sekolah Swasta Itan, Sekolah Persiapan yang terkenal, sangat menarik perhatian karena dia cantik dan wangi. Komi langsung populer di kalangan siswa lainnya.

Kecantikannya juga menyihir Tadano, sama-sama murid baru di sana. Tadano bertekad untuk tidak membuat masalah di sekolah. Dia akan menjalani hari-hari yang biasa, tak ingin membuat masalah dan tidak ingin menonjol.

Tampaknya rencana Tadano akan sulit terwujud karena dia ternyata duduk bersebelahan dengan Komi di kelas. Suka tidak suka semua perhatian ikut tertuju padanya, terlebih dari para siswa yang terpesona oleh Komi.

Namun, di balik pesonanya yang membuat orang tergila-gila, Komi ternyata kesulitan bicara dengan orang lain. Tubuhnya bergetar hebat saat harus bersuara di depan orang lain.

Tadano langsung mengetahui masalah Komi di hari pertama perkenalannya. Tadano juga merupakan siswa pertama yang Komi ajak bicara. Gadis yang kesulitan bicara itu menuliskan curahan hatinya di papan tulis.

Komi bercerita setiap kali dia mendekati orang lain, orang tersebut langsung bergetar bahkan pingsan, sehingga dia takut untuk mendekati mereka. Padahal Komi sangat ingin punya 100 teman.

Komi bukan tidak ingin ngobrol dengan teman-teman, tapi dia kesulitan. Tadano yang merasa kasihan bersedia menjadi temannya dan berjanji akan membantunya mendapatkan 99 teman lain di sekolah.

Usaha Tadano tentu bukan hal mudah karena dia sendiri juga belum memiliki banyak teman. Terlebih di Sekolah Persiapan siswa-siswanya juga punya kepribadian yang berbeda dengan siswa di sekolah lain.

Usaha pertama Tadano langsung ditolak oleh Yamai, gadis yang terlihat lembut di luar tapi bermulut kasar dan jahat di belakang. Tadano sempat putus asa tapi kemudian mencobanya pada Osana Najimi. Osana terkenal mudah sekali bersosialisasi. Dia juga merupakan teman lama banyak orang termasuk teman lama Tadano dan Komi.

Ketika Tadano menyampaikan keinginannya agar dia mau berteman dengan Komi, Osana menolak karena dulu dia sempat didiamkan oleh Komi hingga sakit.

Osana lalu mengubah pikirannya ketika Komi dengan keterbatasan kemampuan berkomunikasi mampu mengusir pria mesum yang mengganggunya. Sejak itu Osana mau berteman dengan Komi.

Osana diam-diam menilai anak-anak yang punya sifat sama dengan Komi. Dia pun merekomendasikan Himiko Agari pada Tadano dan Komi. Komi yang bersemangat mendapatkan teman baru langsung mendekati gadis itu.

Agari adalah siswi yang sama gugupnya dengan Komi. Dia bisa kehilangan fungsi saat berhadapan dengan orang lain. Namun, dia masih bisa bicara walau terbata-bata dan gemetar.

Agari merasa gugup ketika Komi, siswi paling cantik dan populer mendekatinya. Setelah tahu maksud Komi, Agari bersedia jadi temannya. Kini, teman Komi sudah ada tiga orang. Komi yang semula merasa tak membutuhkan ponsel, punya ponsel baru.

Untuk mendapatkan telepon dari teman-temannya, Komi ingin berusaha seorang diri dan membuat Tadano kagum. Tadano berubah tersipu karena Komi ingin nama Tadano menjadi kontak pertama di ponselnya.

Hari itu kelas mengadakan pembentukan komite kelas. Komi yang semula ditunjuk jadi ketua kelas, dihalangi oleh Osana karena dia tahu Komi akan kesulitan. Akhirnya Komi terpilih jadi Dewa dan Tadano sebagai ketua kelas.

Malam hari, Komi tanpa sengaja menelepon Tadano dan langsung menutupnya karena gugup. Tak lama Tadano meneleponnya kembali. Di telepon Komi ternyata bisa bicara. walau dengan sangat pelan dan terbata-bata. Tadano akhirnya mendengar suara Komi yang menurutnya sangat indah.

Episode 4

Episode 4

Kecantikan Komi memang tidak ada duanya di sekolah. Dia membawa kebahagiaan untuk siswa yang lain tapi tidak bagi Makeru Yadano. Siswi berambut merah muda yang ingin bersaing dengannya, terutama dari segi fisik.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram