bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Kemono Jihen, Manusia Setengah Monster

Kemono Jihen atau yang memiliki arti ‘Monster Incident’ ini merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari serial manga yang ditulis oleh Shou Aimoto dengan judul yang sama. Untuk serial manga-nya sendiri  telah memiliki 15 volume yang dipublikasikan sejak tahun 2016 sampai saat ini dan masih berlanjut.

Anime ini sempat diremehkan oleh beberapa orang, tapi nyatanya anime ini kini dikenal sebagai dark horse anime winter 2021.

Anime yang mengambil tema tentang iblis ini memiliki kisah yang cukup ‘gelap’ tapi ada kalanya menghangatkan hati. Daripada penasaran, Bacaterus akan membahas sinopsis sekaligus review untuk anime Kemono Jihen (2021).

Sinopsis

sinopsis_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Mystery, Supernatural
  • Produksi: Ajia-Do
  • Sutradara: Fujimori Masaya
  • Pengisi Suara: Fujiwara Natsumi, Murase Ayumu, Hanae Natsuki, Suwabe Junichi
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Di suatu desa terpencil, beberapa kali terjadi sebuah insiden yang misterius, di mana para hewan mati dengan keadaan bagian dalam perutnya telah hancur. Kemudian, seorang detektif khusus diminta untuk datang dan mengecek kejadian aneh tersebut.

Kohachi Inugami datang dari Tokyo karena seorang klien yang meminta untuk menginvestigasi kejadian mencurigakan di suatu desa. Di sana, ia melihat seorang bocah laki-laki yang dipanggil dengan ‘Dorotabo’. Orang-orang sekitar banyak yang menjauhi Dorotabo karena ia memiliki bau yang busuk.

Inugami mendekati Dorotabo dan belakangan diketahui kalau namanya adalah Kabane. Inugami melihat Kabane menggunakan sebuah kalung yang dikenal dengan ‘batu kehidupan’ dan merupakan sebuah batu berharga yang bisa menekan kekuatan yang dimiliki oleh Kabane.

Inugami lalu menjelaskan, kalau Kabane adalah seorang keturunan hanyo atau manusia setengah ghoul. Begitu pun dengan Inugami yang merupakan kemono rakun.

Dengan janji kalau Inugami akan membantu Kabane menemukan orang tuanya, akhirnya Kabane diajak oleh Inugami pergi ke Tokyo dan bekerjasama dengan dirinya.

Di kantor milik Inugami, ada dua remaja laki-laki yang sama seperti Kabane. Mereka juga adalah setengah manusia. Shiki Tademaru adalah seorang kemono keturunan dari arcachne laba-laba.

Sedangkan Akira yang merupakan laki-laki tapi mirip seperti seorang perempuan, adalah seorang  kemono salju atau yang sering disebut dengan yukionoko.

Inugami menyuruh Shiki dan Akira mengantar Kabane ke kantor polisi untuk bertemu dengan Yokou Inari yang merupakan kemono rubah.

Tapi, ternyata Inari hanya mengincar kalung yang dimiliki oleh Kabane dengan memerintahkan kemono bawahannya yang bernama Kon untuk mengamankan kepala milik Kabane yang telah diputus. Tapi, Kabane berhasil pulih kembali setelah dibantu oleh Shiki.

Setelah beberapa kali membantu kasus yang muncul, ternyata Kabane, Shiki dan Akira baru mengetahui kalau ada seorang lagi yang tinggal di kantor Inugami.

Adalah Mihai yang merupakan seorang vampire yang sangat jenius, dan Inugami memintanya untuk bekerjasama dengan tugas sebagai ahli IT. Tapi kini Mihai menjadi seorang hikikomori dan sering bermain game online di dalam ruangannya.

Setiap hari Kabane mempelajari hal baru dan semakin senang tinggal bersama Inugami dan yang lainnya, serta membereskan misi yang ada.

Mulai dari tugas yang ringan, sampai ke sebuah misi yang mulai mengungkapkan masa lalu dari masing-masing anggota detektif Inugami. Dan apakah Kabane bisa menemukan orang tuanya dengan petunjuk ‘batu kehidupan’ yang ia miliki?

Kisah Seorang Kemono yang Hidup Di antara Manusia

kisah kemono_

Anime ini berjumlah 12 episode dengan durasi 23 menit di setiap episodenya dan menceritakan tentang kisah seorang bocah laki-laki bernama Kabane yang belakangan diketahui kalau ia adalah seorang kemono atau monster.

Ia bisa berubah menjadi sosok kemono yang memiliki kekuatan super, tapi berkat sebuah ‘batu kehidupan’, kekuatan tersebut bisa dikendalikan.

Setiap tokoh yang ada di anime ini memiliki karakter yang unik. Seperti pemain utama Kabane yang tampak tidak memiliki emosi karena ekspresi yang dikeluarkan itu cenderung datar. Kabane ini banyak belajar hal baru tentang kehidupan dari Inugami, Shiki dan Akira.

Terkadang melihat karakter Kabane ini seperti anak yang sangat polos, karena mungkin waktu kecil ia jarang berinteraksi dengan orang banyak.

Tapi berbeda ketika ia harus melawan kemono yang jahat dan membunuhnya. Belum lagi kalau hal tersebut sudah berhubungan dengan teman-temannya, Kabane tidak segan mengorbankan dirinya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan.

Memiliki Cerita yang ‘Gelap’ Sekaligus Menyentuh

cerita gelap_

Dari segi alur cerita, anime ini tidak terlalu berat meski pun mengambil tema tentang monster. Karena ceritanya sedikit ‘gelap’, dan mengandung unsur kekerasan serta berdarah-darah, sehingga anime ini tidak cocok ditonton bagi kamu yang tidak suka dengan adegan tersebut.

Untuk segi sinematografinya, anime ini cukup detail, terutama ketika memperlihatkan adegan pertarungannya. Adegan berdarah-darahnya juga cukup menyeramkan, tapi tidak separah anime Tokyo Ghoul.

Meski pun memiliki cerita yang cukup ‘gelap’, anime ini juga memiliki kisah yang menyentuh hati, terutama ketika memperlihatkan scene tentang persahabatan Kabane, Shiki dan Akira. Begitu juga dengan latar belakang dari masing-masing karakter yang cukup menyentuh hati dibalik kisahnya yang kelam.

Kemungkinan Adanya Season 2

ada season 2_

Keseruan pertarungan dan mencari orang-orang yang berarti bagi setiap karakternya, berakhir dengan cerita yang menggantung. Meski untuk beberapa karakter mereka telah menemukan sesuatu yang telah mereka cari selama ini, tapi untuk karakter Kabane sampai akhir episode masih belum jelas.

Kabane masih belum menemukan orang tuanya meski sudah memiliki satu petunjuk yang memungkinkan ia bisa berjumpa dengan orang tuanya kembali.

Tapi, perjalanannya masih panjang karena ia masih harus mencari ke tempat-tempat lain untuk mengumpulkan petunjuk demi petunjuk. Belum lagi tokoh lain yang masih cukup misterius, seperti Inari yang sampai akhir episode dia masih mengincar Kabane untuk mendapatkan ‘batu kehidupan’.

Tentang ‘batu kehidupan’ sendiri juga sampai akhir episode masih cukup misterius, karena nyatanya batu tersebut ada banyak jenisnya, seperti yang dimiliki oleh Kabane dan Yui, hingga batu yang mereka miliki malah jadi menyatu dan membentuk batu baru.

Ada kemungkinan kalau anime ini akan ada season ke-2 nya, berhubung ceritanya masih menggantung. Tapi, sampai saat ini masih belum ada kepastian kapan season 2 anime ini akan mulai dirilis.

Secara keseluruhan, anime ini seru untuk ditonton dan saya merekomendasikan anime ini bagi kamu yang menyukai anime yang mengusung tema yokai, juga ber-genre action, mystery, dan supernatural.

Tapi saya perlu ingatkan kembali, anime ini memiliki adegan kekerasan dan berdarah-darah, jadi tidak cocok bagi kamu yang memang tidak menyukai adegan seperti yang disebutkan sebelumnya. Karena mengandung adegan kekerasan dan berdarah-darah, anime ini memiliki rating untuk umur 17+. 

Untuk yang mau menonton anime ini, bisa kamu tonton di situs resmi Netflix dan Muse Indonesia. Sekian sinopsis dan review anime Kemono Jihen (2021). Jangan lupa juga untuk membaca ulasan sinopsis dan reviewanime lainnya yang ada di Bacaterus!

Kemono Jihen
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram