bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Horimiya: Hori-san to Miyamura-kun (2021)

Kalau kamu penggemar anime dengan genre comedy-romance dengan latar pemainnya yang masih anak sekolahan, kamu pasti bakalan suka sama anime satu ini.

Horimiya: Hori-san to Miyamura-kun merupakan serial anime yang diadaptasi dari manga karya Hiroki Adachi yang dipublikasikan pada tahun 2007-2011. Tidak hanya diadaptasi dalam anime series, tapi diadaptasi juga ke dalam live action film dan drama.

Serial anime ini dipublikasikan pada awal tahun 2021, dan kini kamu bisa menonton serial anime ini di situs resmi Netflix dan iQIYI. Tidak ada salahnya, sebelum memutuskan untuk menonton, kamu bisa membaca dulu sinopsis dan review anime ini yang telah dirangkum oleh Bacaterus.

Sinopsis

sinopsis_

Kyoko Hori adalah siswi yang terkenal di kelasnya, tapi ketika di rumah ia merupakan gadis yang jauh berbeda. Suatu ketika, Miyamura dan Hori mengetahui rahasia satu sama lain. Setiap hari Miyamura sering datang ke rumah Hori dan mereka terlihat semakin akrab. Toru menyukai Hori, namun pernyataan cintanya ditolak.

Hori baru menyadari kalau ia tidak tahu nama depan Miyamura, kemudian Miyamura menuliskan nama lengkapnya untuk Hori. Ketika di sekolah Hori dituduh telah menghilangkan catatan penting anggota OSIS, namun Miyamura membuktikan kalau Hori tidak bersalah.

Baik Miyamura, Yuki dan Toru bingung kenapa Hori mau melakukan pekerjaan anggota OSIS. Sementara Hori menyembunyikan sebuah fakta kalau ia dan Sengoku sebenarnya adalah teman semasa kecil dan Sengoku mengancamnya akan menyebarkan sifat aslinya.

Sebuah kilas balik memperlihatkan sisi kelam Miyamura yang dijauhi oleh teman sekelasnya karena dianggap aneh, sehingga Miyamura sekarang pun masih merasa kikuk ketika bisa berinteraksi dengan Toru dan yang lainnya.

Secara tidak sengaja Toru mendengarkan percakapan seseorang tentang Hori yang menyukai Miyamura dan hal ini menjadi penyebab pertengkaran antara Toru dan Miyamura.

Walaupun pada akhirnya mereka berdua berbaikan dan hanya Yuki yang mengetahui penyebab Toru dan Miyamura bertengkar. Sementara Sakura mulai menyukai Toru setelah ia dibantu oleh Toru yang mengambilkan selebaran kertas yang berjatuhan.

Musim panas telah tiba. Hori baru mengetahui sisi lain Miyamura ketika ia berbicara dengan teman SMP-nya, Shindo. Keesokan harinya Hori demam dan dirawat oleh Miyamura.

Hal ini mengingatkan Hori tentang rasa kesepian yang ia alami selama ini, sehingga ia menginginkan Miyamura tetap ada di sisinya. Sebelum Miyamura pergi, ia mengatakan kalau sudah lama menyukai Hori.

Hori kesal karena Miyamura selalu menyebut nama depan pacarnya Shindo yang menyebabkan mereka bertengkar. Miyamura pergi ke rumahnya Hori untuk mengembalikan buku, lalu mengatakan hal yang sebenarnya terjadi dan mereka saling meminta maaf.

Ketika sedang berbicara tiba-tiba ayahnya Hori datang lalu menggoda mereka berdua. Pada akhirnya mereka mengakui berpacaran di depan ayahnya Hori.

Mendadak Miyamura tidur di rumah Hori, kemudian sebuah rumor tersebar tentang Hori dan Miyamura yang berpacaran. Miyamura memotong rambutnya dan ia mulai menjadi populer di kalangan murid perempuan.

Sementara ada seorang murid perempuan yang selalu memperhatikan Miyamura dan belakangan diketahui kalau Sawada menyukai Hori. Fakta yang mengejutkannya lagi adalah, Sawada merupakan tetangga sebelahnya Miyamura.

Yuki cemburu melihat Toru dekat dengan Sakura. Ia nekat belajar membuat kue demi bisa memberikannya kepada Toru. Meski kue yang ia buat gosong, tapi Toru mengatakan ia menantikan kue buatan Yuki lagi. Begitu pula dengan Hori dan Miyamura.

Selama lima hari, Miyamura pergi ke Hokkaido tanpa ada kabar ke Hori yang membuat dirinya cemas. Kemudian Hori sadar, kalau ia menyukai Miyamura apa adanya tanpa harus berusaha untuk menjadi wanita yang lebih lemah lembut.

Remi mengenang masa-masa pertama kali ia bertemu dengan Sengoku, sampai akhirnya mereka bisa berpacaran. Sementara Miyamura merasa tersiksa ketika melihat sisi masokis Hori. Kemudian secara tiba-tiba, Yuki mendapatkan pernyataan cinta dari Akane Yanagi dan belakangan baru diketahui, kalau Akane memiliki penglihatan yang buruk.

Ketika di perjalanan pulang, Miyamura bertemu dengan teman SMP-nya, Tanihara. Hori yang tidak menyukai sikap Tanihara pun mengancamnya, dan Tanihara pun pergi terbirit-birit.

Sementara di sekolah, Miyamura mendapatkan sebuah fakta kalau Mizouchi tidak suka pada Miyamura karena dekat dengan Hori. Namun, ia tidak menyangka kalau Miyamura bisa bersikap kasar kepada Hori. Padahal, Miyamura terpaksa melakukan itu karena sisi masokis Hori.

Tanihara teringat dengan kejadian masa lalu, di mana ia membenci dan mengabaikan Miyamura. Padahal sebenarnya ia selalu memperhatikan Miyamura dan ingin berteman dengan Miyamura. Kemudian ia memberanikan diri mengunjungi toko kue milik Miyamura. Alih-alih membenci, Miyamura malah bersikap baik dan hangat kepada Tanihara.

Hori merasa cemburu ketika melihat Miyamura dekat dengan teman laki-laki. Sementara Yuki tiba-tiba mengurung diri setelah mengetahui kalau Sakura menyukai Toru.

Namun, ketika Toru mengatakan secara langsung tentang pernyataan cinta dari Sakura, Yuki merasa sedikit lega. Tapi, Sakura mendapati dirinya sedih karena fakta dirinya ditolak.

Orang-orang terkejut ketika mengetahui kalau Shu memiliki seorang adik perempuan. Kini, Toru dan yang lainnya mulai dekat dengan Yanagi, namun Miyamura khawatir kalau Toru akan ‘direbut’ oleh Yanagi.

Sementara Sawada mulai membiasakan diri supaya bisa akrab dengan lelaki, meski Shu masih belum bisa masuk ke dalam daftarnya karena terlalu berisik dan menakutkan bagi Sawada.

Sementara itu, Shu meminta Hori mengajarkan adiknya, Makoto untuk belajar dan kemudian terungkap sebuah fakta kalau di rumah, Shu merupakan anak yang tidak terlalu banyak berbicara.

Natal telah tiba, keluarga Hori selalu menantikan kedatangan Miyamura pada perayaan malam natal, tapi karena Miyamura sibuk, ia hanya bisa ikut bergabung sebentar.

Hori berharap bisa terus bersama dengan Miyamura meski mereka telah lulus SMA. Lalu, mereka menghabiskan waktu bersama di akhir tahun. Sementara Toru sedang dalam zona nyaman bersama Yuki saat ini kemudian Sengoku merasa takut ketika disuruh datang ke rumah Remi karena ada banyak serangga.

Hari kelulusan telah tiba, Miyamura akhirnya bisa melepaskan belenggu yang selama ini ia pendam dan sekarang ia sudah terlepas dari bayang-bayang masa lalunya. Miyamura dan Hori pergi bersama. Miyamura merasa bersyukur bisa bertemu dengan Hori karena Hori telah membantu Miyamura keluar dari masa lalunya.

Kisah yang Manis dan Menghibur

kisah manis_

Dengan jumlah 13 episode dan 23 menit di setiap episodenya, anime ini menceritakan tentang kisah pemain utama Hori dan Miyamura. Mereka berdua memiliki sifat dan kepribadian yang sangat bertolak belakang, namun mereka bisa semakin dekat dan berpacaran.

Tidak hanya kisah pemain utamanya saja yang manis dan menyenangkan, tapi kisah dari teman-temannya Hori dan Miyamura pun tidak kalah menyenangkan dan menghibur. Apalagi ketika melihat tingkah keluarga Hori kepada Miyamura, sangat menghibur sekali karena selalu menantikan kehadiran Miyamura di rumah Hori.

Selain itu, masing-masing pemain di anime ini memperlihatkan perkembangan karakternya yang membuat alur cerita semakin menarik untuk ditonton. Kisah percintaan khas anak sekolahannya pun tidak lebay bahkan lebih cenderung manis dan menggemaskan dengan beberapa unsur komedi yang dimunculkan.

Pertemanan yang Menyenangkan

pertemanan_

Melihat hubungan pertemanan Hori dan yang lainnya, menurut saya sangat menyenangkan. Meskipun kadang kala ada ribut, tapi mereka cepat sekali berbaikan. Dengan tingkah para pemainnya yang konyol, ekspresi yang pas dengan emosi yang akan disampaikan dan perpaduan backsound yang sesuai juga.

Meskipun ada cinta segitiga, cinta bertepuk sebelah tangan, hingga masa lalu yang berbeda-beda, mereka masih bisa bermain bersama. Dan dengan berjalannya waktu, para pemainnya semakin dewasa dan bisa menyikapi setiap permasalahan yang mereka temui dengan bijak.

Ditambah dengan alur cerita yang ringan yang memperlihatkan kehidupan para remaja SMA yang sedang jatuh cinta, dengan bumbu komedi yang diselipkan di setiap scene dan permasalahan yang dimunculkan pun semuanya masuk akal, tidak berlebihan sama sekali.

Sinematografi di anime ini juga sangat khas. Mulai dari penggambaran para pemain, latar tempat yang diambil dan penggambaran suasana Jepang nya sangat alami. Intinya, melihat sinematografi anime ini akan membuat nyaman untuk ditonton.

Semua Orang Memiliki Masalahnya Masing-masing

memiliki masalah masing-masing_

Anime ini memperkenalkan masing-masing pemain secara bergiliran, sehingga memudahkan yang menonton untuk mengenali para pemainnya. Terutama ketika memperlihatkan sisi lain dari para pemainnya saat berada di sekolah dan di luar sekolah.

Dari anime ini juga kita diperlihatkan, kalau setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Ada yang belajar untuk berdamai dengan masa lalunya seperti Miyamura, ada yang menyembunyikan sifat aslinya seperti Hori, ada yang penakut tapi selalu berjuang seperti Sengoku dan masih banyak lagi.

Intinya, setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing dan mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikannya. Bisa jadi, kehadiran orang lain ke dalam hidupnya justru menolong agar ia keluar dari belenggu masalah dan melanjutkan kembali hidup yang lebih baik.

Seperti adanya Hori untuk Miyamura yang membuat mereka bisa bergantung satu sama lain dan memilih untuk bahagia bersama.

Nah, itulah ulasan sinopsis dan review anime Horimiya: Hori-san to Miyamura-kun (2021). Anime ini cocok ditonton bagi kamu yang sedang mencari cerita ringan, manis, lucu dan menghibur. Untuk menontonnya, kamu bisa langsung aja nonton di situs resmi Netflix dan iQIYI.

Horimiya: Hori-san to Miyamura-kun
Rating: 
4.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram