bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Anime High-Rise Invasion (2021)

Sebuah kejadian misterius terjadi pada seorang siswi SMA. Ia melihat aksi pembunuhan yang dilakukan oleh orang yang menggunakan topeng. Tidak hanya itu, orang-orang di sekitarnya pun mulai dibunuh satu demi satu oleh orang bertopeng tersebut. 

Anime High-Rise Invasion (2021), atau yang memiliki judul dalam bahasa Jepang Tenkuu Shinpan adalah sebuah anime yang diadaptasi dari serial manga karya Tsuina Miura.

Secara resmi, anime ini dirilis pada 25 Februari 2021 dan bisa disaksikan melalui situs penyedia layanan streaming Netflix. Berikut sinopsis dan review High Rise-Invasion (2021) dari Bacaterus.

Sinopsis

sinopsis_

Yuri Honjou tiba-tiba muncul di dunia yang berbeda. Di sana ia melihat aksi pembunuhan oleh orang yang menggunakan topeng dan karena panik Yuri menelepon kakaknya, Rika. Rika yang kebetulan ada di dunia yang sama, menjelaskan tentang ‘dunia’ yang mereka tinggali sekarang.

Orang-orang yang menggunakan topeng akan menyerang dan menyudutkan ‘manusia biasa’, hingga akhirnya bunuh diri. Yuri mencoba bertahan hidup agar bisa bertemu dengan kakaknya dan menyelamatkan diri bersama.

Kemudian, ia menemukan seorang wanita yang sedang mempertahankan dirinya. Wanita tersebut bernama Mayuko Nise. Tapi, tiba-tiba muncul seorang pria bertopeng yang dikenal dengan sebutan ‘Sniper Kamen’, mengincar Yuri dan Nise. 

Yuri dan Nise mencoba melarikan diri setelah mendengar suara helikopter yang merupakan salah satu jalan untuk keluar dari ‘dunia’ ini, tapi mereka gagal. Kemudian, Yuri mengajak Nise untuk beraliansi dan membajak helikopter agar bisa keluar dari sana. Lalu, Yuri mengabari kakaknya tentang aliansinya dan rencana untuk pergi dari ‘dunia’ tersebut.

Selama beberapa hari, Yuri dan Nise masih harus terus bertahan dan bertarung dengan para manusia topeng yang mengincar mereka. Begitu pun dengan Rika yang berada di tempat yang agak jauh dari adiknya. Mereka terus berusaha mengumpulkan informasi, bertahan dan menuju tempat berkumpul.

Sementara, Sniper Kamen seperti mengingat sesuatu setelah topeng yang ia gunakan ada retakan sedikit akibat pertarungan bersama Yuri dan Nise.

Saat itu, ia hendak menembak seorang wanita, namun program topeng mengatakan kalau wanita tersebut adalah orang yang mendekati dewa, sehingga tidak boleh dibunuh. Wanita tersebut bernama Shinzaki Kuon.

Sniper Kamen menyarankan Kuon untuk bergabung dengan Yuri dan Nise, karena terlihat akan cocok jika bersama. Untuk beberapa saat, Sniper Kamen terus menemani Kuon hingga bertemu dengan mereka. 

Saat itu, Yuri dan Nise sedang bertarung dengan manusia bertopeng lainnya. Kemudian ketika pertarungan selesai, Yuri dan Nise mendapatkan informasi baru tentang topeng dan dewa, sementara orang-orang yang menggunakan topeng disebut dengan ‘malaikat’ pelindung.

Setelah itu, Yuri dan Nise menemukan seorang calon dewa bernama Kazuma yang bisa mengendalikan beberapa malaikat. Ketika akan diserang, Yuri dan Nise unggul dalam pertarungan tersebut dan membuat Kazuma menjadi aliansi barunya bersama dengan malaikat yang bernama Ein.

Ketika kemenangan atas pertarungan Yuri dengan Kazuma terjadi, sebenarnya Kuon ikut membantu dari jarak jauh dengan memanfaatkan kekuatan ‘railgun’ yang ia miliki. 

Nise yang sebelumnya sempat menggunakan masker, mulai kehilangan kendali dirinya sendiri. Kemudian, ia pingsan dan sedang berada dalam mode hibernasi.

Saat itu, Yuri diberi tahu oleh seorang Dealer Mask yang mengatakan tentang fakta yang dialami oleh Nise dan memberitahu keberadaan topeng tanpa mulut yang bisa menjadikan Yuri calon dewa dan menyelamatkan Nise.

Setelah menemukan topeng yang dimaksud oleh Dealer Mask, Yuri menggunakan topeng tersebut. Kemudian, proses instalasi pun dilakukan. Yuri mendapatkan beberapa petunjuk tentang fakta topeng tersebut dan kekuatan baru yang akan ia peroleh nantinya. Sementara itu, Kuon yang melihat Nise terbaring dan mengetahui kondisinya, berusaha menyelamatkan Nise.

Di tempat lain, Rika menemukan calon dewa lain bernama Yoshida yang kemudian beraliansi dan berjuang bersama. Ketika hendak bertemu secara langsung, Rika diculik oleh salah satu malaikat bernama Kusakabe. Diperintahkan oleh Aikawa, Kusakabe pun menyerahkan Rika hidup-hidup.

Aikawa memberikan beberapa penawaran kepada Rika agar ia mau beraliansi dengan dirinya dan menguasai dunia baru ini. Sementara Yuri akhirnya bertemu kembali dengan Nise, Kuon juga Sniper Kamen. Nise menjelaskan semua hal yang ia ketahui berdasarkan informasi dari Kuon dan Sniper Kamen.

Tidak ingin percaya begitu saja, Yuri kemudian menanyakan tujuan asli dari Kuon. Dan setelah mengetahui alasan yang sama dengan dirinya, mereka pun lalu beraliansi. Sekarang Yuri memiliki aliansi dengan Nise, Kuon, Sniper Kamen, Kazuma dan Ein. Kemudian, aliansi Rika dan juga Yoshida yang berencana untuk segera bertemu.

Namun, mereka masih harus melawan musuh yang terus bermunculan di hadapan mereka ketika waktu peperangan sudah ditentukan. Sementara itu, Rika masih menjadi tawanan Aikawa yang menjadi musuh mereka. Akankah Yuri bisa menyelamatkan kakaknya dan membuat dunia tersebut menjadi damai?

Bertahan Hidup di Dunia Berbeda

bertahan hidup_

Anime ini menceritakan tentang kisah survival sekelompok orang yang ditarik ke dunia yang berbeda. Mereka harus melawan musuh yang menggunakan topeng. Karena jika tidak, mereka akan disudutkan lalu ‘dipaksa’ bunuh diri lantaran sudah merasa terpojok dengan ancaman dari manusia bertopeng yang dipanggil dengan ‘malaikat’.

Dengan durasi 25 menit di setiap episodenya, anime ini menyuguhkan lima karakter utamanya, yaitu Yuri, Nise, Kuon, Rika dan Sniper Kamen. Mereka membentuk sebuah aliansi agar bisa terbebas dari ‘dunia’ tersebut dan bisa kembali ke dunia nyata untuk mencapai kedamaian.

Pengembangan karakter dari masing-masing tokohnya tentu sangat terasa sekali. Masing-masing karakter yang awalnya asing dengan ‘dunia’ baru tersebut, mau tidak mau dipaksa untuk bertahan hidup dan menjadi pribadi yang tangguh agar selamat.

Misteri Manusia Topeng Dan Peraturannya

misteri manusia topeng_

Sebuah misteri tentang fakta ‘topeng’ yang ada di dunia tersebut sebenarnya masih belum terpecahkan seutuhnya. Namun, sejauh ini ada beberapa fakta yang diketahui, bahwa orang yang menggunakan topeng tersebut tidak bisa melawan perintah yang diberikan. 

Kemudian ada juga istilah ‘dewa’ yang dikatakan kalau ‘calon dewa’ yang nantinya menjadi dewa bisa melakukan apa pun yang diinginkan. Tapi hanya akan ada satu dewa saja di dunia tersebut, sehingga permainan bertahan hidup di sini sangat penting. 

Anime ini memiliki jalan cerita yang cukup mudah dipahami. Meski begitu, anime ini memiliki kisah yang cukup gelap dan tidak disarankan ditonton bagi yang tidak menyukai aksi kekerasan dan berdarah-darah, sehingga anime ini memiliki rating untuk penonton yang sudah berusia 17+.

Apakah Akan Ada Season ke-2?

season 2_

Untuk anime yang bergenre action, horror, dan mystery sebenarnya dari segi visual bisa dibilang bagus. Tapi untuk beberapa adegan memang ada yang dirasa kurang, terutama ketika adegan pertempuran.

Jika dibandingakan dengan anime Tokyo Ghoul atau Shingeki no Kyojin, kualitas gambarnya memang tidak sebagus dua anime tersebut. Tapi, anime-nya masih cukup bisa dinikmati walau cukup membuat ‘ngilu’ ketika ditonton.

Anime ini memiliki akhir cerita yang menggantung karena masih banyak misteri yang belum terungkap. Jadi, saya berasumsi kalau anime ini akan ada season ke-2 nya. Meski pun belum tahu pasti akan rilis kapan dan belum ada penjelasan dari Netflix sendiri, apakah akan ada lanjutannya atau tidak. 

Nah, itulah ulasan dan review anime High-Rise Invasion (2021). Bagi yang penasaran dengan ceritanya, bisa langsung tonton anime ini di Netflix, ya! Sekali lagi, anime ini memiliki rating untuk 17+ dan tidak disarankan untuk ditonton bagi yang lemah terhadap adegan kekerasan dan berdarah-darah.

High-Rise Invasion
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram