bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Anime Edens Zero Season 1 (2021)

Seorang anak manusia bernama Shiki ditemukan oleh Raja Iblis dan dibawa ke Granbell Kingdom. Shiki tumbuh bersama para robot dan hanya bergaul dengan mereka sampai remaja. Suatu hari seorang gadis bernama Rebecca dan kucingnya, datang ke Granbell Kingdom untuk merekam video guna kebutuhan channel-nya.

Kedatangan Rebecca jadi awal baru bagi kehidupan Shiki. Pemuda itu bisa keluar dari Granbell dan berpetualang ke berbagai planet. Hal yang Shiki inginkan hanya satu, yaitu punya banyak teman. Dia berharap petualangannya bersama Rebecca memberinya banyak teman.

Perjalanan Shiki dan Rebecca bisa kamu tonton dalam series anime terbaru Netflix berjudul Edens Zero (2021). Seperti apa bocorannya? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Daftar Anime Terbaik di 2021

Sinopsis

Sinopsis

Di sebuah tempat di dunia fantasi, manusia, alien dan robot hidup bersama-sama. Ziggy ingin suatu saat Shiki kecil dapat pergi ke banyak tempat, mengunjungi banyak kerajaan, menemui banyak orang dan memiliki teman.

Bagi Ziggy teman adalah seseorang yang penting, yang akan membantu dalam suka atau duka. Ziggy berpesan jika suatu saat Shiki menemukan teman yang rela menangis untuknya, Shiki harus menyayangi mereka selamanya.

Ziggy melanjutkan bercerita bahwa di satu tempat di dunia ini, ada makhluk yang disebut Mother. Menurutnya Mother akan mengabulkan permintaan apa pun. Shiki lalu optimis Mother pasti bisa mengabulkan permintaannya untuk memiliki banyak teman.

Seekor kucing yang bisa bicara bernama Happy datang ke Granbell Kingdom bersama seorang wanita berambut pirang yang diketahui bernama Rebecca Blugarden. Keduanya datang ke sana untuk membuat sebuah video.

Tiba-tiba, penjaga berupa robot kegirangan menyambut mereka karena ternyata Happy dan Rebecca adalah pengunjung pertama Granbell Kingdom dalam 100 tahun.  

Pemilik toko-toko di Granbell Kingdom semuanya adalah robot. Mereka begitu gembira menyambut pelanggan mereka. Granbell Kingdom sendiri merupakan kerajaan yang akan mewujudkan mimpi pengunjungnya. Mimpi Rebecca adalah memiliki 1 juta subscriber di channel video miliknya. Dia lalu meminta izin melakukan perekaman untuk videonya.

Di sana Rebecca kaget karena bertemu anak lelaki yang tampak seusianya. Anak lelaki itu pun kaget karena ada seorang gadis di sana. Ternyata benar, hanya dia satu-satunya manusia di Granbell Kingdom. Namun, karena bersikap tidak sopan, Rebecca menghajarnya. Anak lelaki yang ternyata Shiki mengajak Rebecca berteman, tapi ditolak. Shiki malah membuatnya takut.

Sampai di salah satu kedai di Granbell, Rebecca akhirnya tahu bahwa robot-robot di sana adalah teman Shiki. Pemuda itu tidak seburuk yang dia pikirkan. Rebecca disuguhi banyak makanan. Dia benar-benar dijamu baik sebagai tamu yang ditunggu-tunggu. Saat sedang asyik berpesta bersama Shiki dan yang lain, ada satu robot yang diam-diam mengintipnya dari balik pohon.

Dia lalu pergi, bergegas melaporkan kedatangan seorang manusia ke Granbell pada Lord Castellan. Lord itu mengatakan hal yang misterius bahwa sekarang adalah waktunya. Di kedai, Rebecca masih asyik menyantap berbagai makanan yang dihidangkan. Dia juga sudah mulai mau ngobrol dengan Shiki.

Shiki  jadi tahu bahwa Rebecca berasal dari Blue Garden. Shiki bercerita bahwa dia tidak bisa meninggalkan Granbell karena robot-robot di sana membutuhkannya jika ada kerusakan. Anak lelaki itu lalu tiba-tiba saja langsung tertidur pulas sampai menghancurkan meja makan mereka.

Rebecca sebenarnya terganggu dengan rambut Shiki yang sudah sangat gondrong. Dia mengusulkan pada para robot untuk memangkasnya saja. Mereka pun setuju.

Sebelumnya Rebecca masih bingung mengapa Shiki sampai ada di sana. Robot bernama Michael, yang sekaligus sahabat Shiki bercerita bahwa sepuluh tahun lalu Shikki dibawa ke Granbell oleh Raja Iblis. Walau iblis, raja tersebut menyayangi Shiki seperti cucunya sendiri.

Shiki terikat dengan para robot sehingga tak bisa diabaikan. Begitu pula para robot yang membutuhkan Shiki untuk memperbaiki mereka. Walau bisa memperbaiki para robot, Shiki tidak bisa memperbaiki Raja Iblis. Esok hari Shiki terbangun dalam keadaan kaget karena melihat rambutnya sudah sangat pendek.

Di saat bersamaan dia melihat Happy dan Rebecca diikat di sebuah tiang. Rebecca minta dilepaskan tapi Lord Castellan datang dan melarangnya. Shiki coba membela Rebecca dan Happy yang bingung mengapa diikat seperti itu. Rupanya Lord Castella berencana membunuh Rebecca dan Happy lalu mengincar kapal yang dimiliki gadis itu untuk pergi ke dunia luar.

Saat meminta pertolongan dari robot yang lain mereka seperti berada di bawah pengaruh Lord Castellan. Para robot tersebut, termasuk sahabat Shiki, Michael, membenci manusia karena kaum mereka menganggap robot sebagai alat dan tidak segan menghancurkan saat tidak lagi membutuhkannya. Ternyata sikap para robot tersebut disebabkan oleh virus yang memasuki mereka.

Lord Castella lalu menceritakan kehidupan mereka yang dulu berdampingan dengan manusia dan mesin. Namun, ketika para tamu berhenti datang, manusia menelantarkan robot-robot di sana. Oleh karena itu Castella akan menggunakan kapal Rebecca untuk keluar dari sana dan membalaskan sakit hatinya.

Keberadaan Shiki sebagai manusia ternyata selama ini tidak dianggap penting. Para robot hanya membiarkan Shiki hidup, tidak ada alasan lain. Lagipula Shiki hanya anak nakal yang dibawa Raja Iblis. Lord Castella mengerahkan para robot untuk menyerang Shiki dan Rebecca. Shiki dikeroyok tanpa perlawanan. Dia diam saja sampai Rebecca menangisinya.

Shiki langsung ingat dengan perkataan kakeknya untuk melindungi teman yang rela meneteskan air mata untuknya. Menggunakan kekuatan yang diwariskan Ziggy, Shikki mulai bangkit dan melawan Lord Castellan. Mampukan dia mengalahkan para robot?

Putra Raja Iblis yang Ingin Punya Teman

Putra Raja Iblis yang Ingin Punya Teman

Petualangan dalam anime Edens Zero (2021) dimulai dari keinginan anak kecil bernama Shiki untuk memiliki banyak teman. Shiki sendiri adalah anak manusia yang diasuh oleh Raja Iblis yang disebut Ziggy dan tinggal di Granbell Kingdom.

Shiki menyebut Ziggy sebagai kakek. Anak itu hanya tinggal bersama robot-robot tanpa satu manusia pun. Berangkat dari premis sederhana, anime ini punya alur yang padat dan cepat di episode-episode selanjutnya.

Apa pun yang Shiki lakukan semuanya untuk mendapatkan teman, untuk menyelamatkan teman dan untuk membantu teman. Menariknya di antara plot yang penuh dengan pertarungan, konflik serta karakter baru setiap episodenya, identitas Shiki tetap dipertahankan.

Apa pun kondisinya, Shiki menyempatkan diri untuk mengajak siapa pun berteman. Penciptaan karakter utama anime ini dibuat dengan kuat dan konsisten.

Petualangan Shiki Jelajah Planet-Planet

Petualangan Shiki Jelajah Planet-planet

Sebanyak 12 episode dengan durasi sekitar 20 menit-an, anime original Netflix ini menyuguhkan petualangan Shiki menjelajah planet-planet di Kosmos Sakura. Dia tidak sendiri karena ditemani teman pertamanya, seorang gadis bernama Rebecca.

Tampilan visualisasi planet-planet di tatanan Kosmos Sakura yang dijelajahi Shiki dan Rebecca terlihat dibuat dengan imajinasi yang kuat, mulai dari penamaan planet hingga identitas setiap planet yang dikunjungi.

Grafis yang memperlihatkan bahwa mereka sedang ada di luar angkasa juga cukup detail. Termasuk keberadaan kapal Rebecca dan Planet Bluegarden yang digambar secara futuristik. Kreator menciptakan atmosfer yang meyakinkan bahwa Shiki dan Rebecca memang ada di planet antah-berantah. Asyik!

Setiap Episode Ganti Cerita

Setiap Episode Ganti Cerita

Edens Zero (2021) memiliki cerita pertarungan yang berbeda-beda setiap episodenya. Karakter villain di anime ini berbeda-beda setiap berganti episode. Tantangan yang harus dihadapi Shiki pun semakin lama semakin berat dengan musuh yang semakin kuat.

Seru! Apalagi scoring dan grafisnya juga oke. Sayangnya formula seperti ini rentan membosankan karena sepanjang 12 episode, Shiki selalu di-plot memenangkan pertarungan.

Pertarungan antara Shiki dan musuh-musuhnya di setiap episode menampilkan action yang cocok untuk usia remaja dan dewasa muda. Sebagai anime dengan rating 16+, sebagian besar karakter wanita di Edens Zero (2021) juga digambarkan melalui grafis yang seksi. Mereka ditampilkan memiliki bentuk tubuh sempurna dalam balutan busana yang minim.

Penyuka anime khusus tema-tema robot, petualangan luar angkasa penuh fantasi, pertarungan serta karakter yang memiliki kekuatan ajaib, Edens Zero (2021) gak boleh dilewatkan. Ia hanya 12 episode dengan durasi yang tidak terlalu panjang dan alur yang seru. Penasaran? Anime ini bisa kamu saksikan di Netflix ya!

Eden Zero Season 1
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram