bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 14 September 2021

Pernahkah terbayang seaman dan secanggih apa pesawat pribadi yang dimiliki oleh kepala negara selevel Presiden Amerika Serikat?. Pesawat yang dinaiki oleh seorang presiden tentu memiliki standar keamanan yang begitu ketat. Namun pada film Air Force One, pesawat yang dijuluki sebagai pesawat teraman di dunia ini pun tak luput dari aksi pembajakan.

Bagi kamu yang menyukai film aksi menegangkan dan kisah heroik, film Air Force One ini akan memperlihatkan adegan aksi di atas udara yang cocok untuk menjadi rekomendasi tontonanmu.

Sinopsis

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak 1Sumber: i.ytimg.com
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Action / Thriller
  • Produksi: Beacon Pictures / Columbia Pictures / Touchstone Pictures
  • Sutradara: Wolfgang Petersen
  • Pemeran: Harrison Ford , Gary Oldman, Glenn Close, Wendy Crewson

Di dunia nyata, nama Air Force One digunakan sebagai pesawat operasional khusus untuk Presiden Amerika Serikat yang mengudara pertama kali pada tahun 1987. Pada film Air Force One, pesawat ini menjadi pesawat yang membawa presiden Amerika Serikat, James Marshall melakukan berbagai perjalanannya.

James Marshall beserta keluarga dan para staff kepresidenan sedang dalam perjalanan udara menggunakan Air Force One. Ia baru saja melakukan pidato pada acara perayaan penangkapan Jenderal Ivan Radek, seorang pimpinan pemberontak di Rusia. Tanpa disadari, anak buah Radek berhasil menyusup ke pesawat Air Force One yang ditumpanginya.

Pimpinan teroris tersebut, Egor Korshunov kemudian menyandera para penumpang pesawat Air Force One, termasuk istri dan putri presiden, Grace Marshall dan Alice Marshall. Namun Presiden James berhasil kabur dan bersembunyi di dalam pesawat tersebut. Sementara Egor dan para teroris mengira Presiden James berhasil keluar pesawat dengan menggunakan pesawat sekoci.

Egor kemudian menghubungi Gedung Putih untuk menuntuk pembebasan Jenderal Ivan Radek dengan segera. Apabila tuntutannya belum dipenuhi, Egor mengancam akan membunuh satu penumpang di pesawat Air Force One setiap setengah jam sekali. Di Gedung Putih, wakil presiden pun bimbang harus menentukan pilihan, sementara Presiden James belum diketahui keberadaannya.

Di pesawat Air Force One, Presiden James yang dulunya merupakan mantan prajurit terbaik dan pemenang penghargaan tertinggi negara “Medal of Honor” di perang Vietnam berusaha melumpuhkan para teroris seorang diri. Meski sudah pensiun, namun James rupanya masih memiliki keahlian bertarung dan berperang seperti dulu.

Sementara wakil Presiden Amerika Serikat, Kathryn Bennett harus segera mengambil keputusan untuk membebaskan Ivan Radek. Persiapan untuk melepaskan Ivan Radek pun dimulai. Namun Presiden James berusaha mengalahkan para teroris tersebut di atas Air Force One dan menyelamatkan keluarganya serta para penumpang yang lain.

Pada akhirnya, Presiden James berhasil mengalahkan para teroris pendukung Ivan Radek tersebut. Tepat sebelum Wakil Presiden Kathryn melakukan pembebasan terhadap Ivan Radek, kabar mengenai Presiden James dan Air Force One yang selamat pun diterima Gedung Putih.

Visualisasi Seputar Kemegahan Pesawat Air Force One

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak 3Sumber: best-winnerspace1.life

Seperti judulnya, film Air Force One menceritakan mengenai kisah pembajakan yang terjadi pada pesawat Air Force One. Di dunia nyata, pesawat Air Force One memang ada dan digunakan sebagai transportasi pribadi khusus untuk para presiden Amerika Serikat. Pesawat Air Force One yang sebenarnya tentu dilengkapi fasilitas mewah dan keamanan canggih untuk kelas pemimpin negara.

Bayangan mengenai kemewahan pesawat asli Air Force One juga bisa dilihat dari visual film Air Force One ini. Film ini akan memperlihatkan bagaimana fasilitas yang ada di dalam sebuah pesawat milik pemimpin negara, mulai dari ruang rapat, kamar tidur, hingga berbagai fasilitas rekreasi yang begitu mewah.

Visualisasi pesawat Air Force One dalam film ini tampaknya benar-benar dipikirkan dan dibuat semirip mungkin dengan versi asli dari Air Force One. Setidaknya dengan menonton film ini kita bisa membayangkan bagaimana suasana di dalam pesawat kepresidenan Amerika Serikat yang begitu megah itu.

Kisah Klasik Permusuhan Rusia dan Amerika

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak 5Sumber: wallpapercave.com

Sejak lama, hubungan antara Rusia dan Amerika memang tidak pernah harmonis. Kedua negara tersebut tak memiliki visi dan idealisme yang sepaham serta sering kali terlibat berbagai hal yang memicu konflik. Cerita lama mengenai permusuhan antara Rusia dan Amerika juga menjadi benang merah cerita yang diangkat dalam film ini.

Pada film Air Force One, sosok antagonis Ivan Radek merupakan orang Rusia, begitu pula dengan kelompok teroris yang mencoba membunuh presiden dan para staff di pesawat juga merupakan orang Rusia. Sementara sosok orang Amerika dalam film ini diceritakan sebagai pahlawan, bahkan presiden Amerika Serikat lah yang menjadi sosok protagonis dan penyelamat dalam film.

Aksi Menegangkan yang Dikisahkan Terjadi di Atas Pesawat

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak 7Sumber: thecinemaholic.com

Hampir sebagian besar cerita dalam film Air Force One mengisahkan adegan yang terjadi pada pesawat Air Force One yang sedang mengudara. Maka, penonton akan banyak disajikan dengan adegan-adegan menegangkan yang dikisahkan terjadi di atas pesawat dengan ketinggian ribuan kaki di langit.

Meski sebagian besar cerita hanya mengambil setting di dalam pesawat Air Force One, namun tensi cerita dalam film ini terasa begitu menegangkan. Penggambaran mengenai peristiwa pembajakan yang terjadi di atas pesawat membuat film ini terasa semakin seru meski tak banyak menampilkan setting lokasi lain.

Berbagai adegan perkelahian juga ditampilkan dalam film ini yang seolah-olah terjadi dalam pesawat sehingga kita akan dibuat tegang dari awal hingga akhir cerita dan berharap sosok James Marshall mampu mengalahkan para teroris meski kekuatan mereka tak sebanding.

Penggambaran Tokoh Protagonis yang Begitu Heroik

Review & Sinopsis Air Force One, Pesawat Kepresidenan Dibajak 9Sumber: moviesrankings.com

Aktor Harrison Ford yang berperan sebagai karakter Presiden Amerika Serikat, James Marshall menjadi tokoh protagonis dan juga poin utama dalam film ini. Sosok James Marshall juga digambarkan sebagai sosok pahlawan yang menjadi penyelamat dari peristiwa pembajakan pesawat Air Force One dalam film ini.

Sosok James Marshall dalam film ini juga digambarkan dengan sempurna. Ia merupakan Presiden Amerika Serikat, berwibawa, mampu mengambil keputusan dengan tepat, penyayang keluarga, dan tentunya ahli bertarung hingga bisa mengalahkan teroris bersenjata seorang diri dan menyelamatkan pesawatnya.

Pemilihan Harrison Ford sebagai Presiden James Marshall juga merupakan pilihan yang tepat. Pada film-film lain, Harrison Ford juga selalu memerankan karakter pahlawan, seperti Han Solo di Star Wars dan Indiana Jones di berbagai seri film Indiana Jones. Maka, ia pun tampak begitu gagah saat berperan sebagai sosok Presiden James Marshall.

Harrison Ford mampu membuat karakter Presiden James Marshall sebagai sosok presiden yang berwibawa sekaligus juga menjadi sosok pahlawan penyelamat dengan menunjukkan aksi-aksi heroiknya. Totalitas dari Harrison Ford membuat sosok Presiden James Marshall menjadi karakter yang begitu menarik perhatian dari film Air Force One ini.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Air Force One, film seru dan menegangkan tentang peristiwa pembajakan pada pesawat teraman di dunia. Apakah kamu sudah pernah menonton film ini? Apa bagian menarik dari film Air Force One yang masih kamu ingat hingga sekarang? Ceritakan di kolom komentar ya!

Air Force One
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram