bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review After, Saat Cinta Mengubah Gadis Belia

Sinopsis & Review After, Saat Cinta Mengubah Gadis Belia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 9 Mei 2021

Tidak berlebihan jika menyebut bahwa kisah cinta di masa remaja adalah kisah cinta paling indah. Masa-masa pendekatan lalu jadian, membuat siapa saja seketika jadi bucin atau budak cinta. Sepanjang hari senyum-senyum sendiri, maunya bertemu, jalan-jalan berdua dan sebagainya. Semua rasanya indah.

Kisah cinta di masa remaja yang indah ini, juga merupakan bagian dari pencarian jati diri. Sebuah jalan yang harus dilalui seorang manusia agar tahu dia siapa dirinya, agar menemukan siapa dia sebenarnya.

After 2019
*

Menjalin hubungan yang melibatkan perasaan dengan seseorang sedikit banyak mengajarkan banyak hal. Keadaan tersebut penuh kejutan yang membahagiakan, mengecewakan, membuat putus asa, dll. Premis seperti ini lah yang kemudian diangkat dalam film After (2019).

Film ini menggambarkan pencarian jati diri seorang anak gadis belia yang lugu melalui kisah cinta yang dilaluinya. Penasaran seperti apa jalan cerita dari film After? Simak ulasan pada artikel di bawah ini!

Sinopsis

Sinopsis After
*
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Romance, Drama
  • Durasi: 106 menit
  • Pemain: Hero Fiennes – Tiffin, Josephine Langford, Selma Blair, Khadijha Red Thunder, Dylan Arnold
  • Sutradara: Jenny Gage
  • Produksi: Paramount Pictures
  • Negara: Amerika

Carol Young (Selma Blair) harus menerima kenyataan bahwa putrinya sudah berubah jadi seorang gadis remaja yang siap menuju dewasa. Kasih sayang dan rasa khawatir Carol, turut mengantarkan Tessa (Josephine Langford) yang sudah lulus SMA tinggal di asrama guna melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Carol Young mendidik dan sangat menjaga Tessa dari pergaulan-pergaulan yang bisa membawa dampak buruk padanya. Tessa pun tumbuh menjadi anak gadis yang polos, penurut, cerdas, rajin dan baik.

Meski begitu, kekhawatiran Carol tidak bisa ditutupi manakala dia mengetahui bahwa Tessa berada dalam satu kamar dengan mahasiswi bernama Steph (Khadijha Red Thunder). Carol tidak cocok dengan gaya Steph dan khawatir dia akan membawa pengaruh buruk bagi putrinya.

Sinopsis After 2019

Hingga suatu hari, Steph mengajak Tessa untuk datang ke sebuah pesta. Tessa yang mulanya selalu menolak, lama-lama mengiyakan ajakan Steph. Di sana lah Tessa bertemu dengan seseorang yang nantinya akan memberikan “dunia baru” padanya.

Di pesta tersebut, Tessa yang masih memegang ajaran ibunya, bertemu dengan Hardin Scott (Hero Fiennes – Tiffin). Mereka dan beberapa teman yang lain kemudian memainkan permainan truth or dare. Sebuah permainan biasa pikir Tessa. Namun, pemikiran tersebut berubah kala dia harus melakukan sebuah “dare”.

Dalam permainan itu, Tessa ditantang untuk bercinta dengan Hardin. Sebagai seorang gadis perawan, Tessa tentu menolak. Dia lalu memutuskan pergi dari pesta dan tidak peduli pada Steph serta teman-teman yang lain.

Penolakan tersebut ternyata meninggalkan rasa penasaran di hati Hardin. Lelaki tampan namun terkenal badboy ini merasa tertantang untuk mendapatkan Tessa. Bermula dari sini, hidup Tessa perlahan berubah.

Hardin dengan image-nya sebagai lelaki nakal mendekati Tessa karena rasa penasaran. Hingga Hardin menunjukkan sisi lain di dirinya hanya pada Tessa. Bahwa kesan nakal yang dia perlihatkan selama ini menyimpan sesuatu yang memesona. Pesona inilah yang lambat-laun mampu menjerat hati Tessa.

Tessa yang sedang dimabuk cinta, kemudian mendengar sebuah kabar bahwa Hardin adalah seorang playboy. Lelaki itu mendekatinya hanya karena penasaran. Lantas, bagaimana Tessa melalui konflik ini? Benarkah Hardin tidak mencintai Tessa?

Pemberontakan Gadis Belia

Pemberontakan Gadis Belia
*

Hubungan Tessa dengan Hardin akhirnya sampai ke telinga Carol. Tessa yang memutuskan Noah (Dylan Arnold), yang merupakan pacar dari sejak dia kecil hingga remaja, membuat Carol kecewa. Namun, kekecewaan ibunya tidak membuat Tessa berubah. Konflik antara ibu dan anak gadisnya mulai terasa.

Tessa seperti berontak dengan aturan yang selama ini sudah disepakati antara dirinya dan Carol. Berkenalan dengan Hardin seperti membuka sebuah pintu menuju dunia baru yang selama ini tidak pernah dia tahu.

Sosok Hardin yang bebas, membuat Tessa mulai mempertanyakan jati dirinya. Gadis itu mulai mempertanyakan keinginan dia yang sesungguhnya. Tessa berseteru dengan dirinya sendiri. Hingga aturan-aturan yang sudah lebih dulu ditanamkan Carol terasa sebagai sesuatu yang mengikatnya.

Meski hubungan Tessa dan Carol mulai sering bermasalah, sebagai seorang ibu, Carol tetap menerima Tessa dengan tangan terbuka. Dia memaafkan segala bentuk pemberontakan yang dilakukan putrinya.

Sebagai anak yang tinggal dan tumbuh hanya bersama ibunya, Tessa mengerti bahwa kekecewaan Carol sangat beralasan. Kebaikan hati pula lah yang membawa Tessa untuk meminta maaf dan menyesali perbuatannya pada Carol.

Baca juga: Film Remaja Romantis yang Bikin Geregetan dan Bernostalgia

Diangkat dari Fan Fiction Harry Styles

Diangkat dari Fan Fiction Harry Styles
*

Film After (2019) yang penuh dengan gejolak kaum muda ini diangkat dari sebuah fan fiction karya Anna Todd. Selayaknya sebuah fan fiction, tokoh utama pada cerita ini adalah seorang public figure, yaitu Harry Styles.

Cerita fiksi ini lantas dipublikasikan ke sebuah platform storytelling; tempat banyak orang bisa menulis karya fiksi dan membacanya secara online. Di platform tersebut, After (2019) mendapat sambutan yang sangat baik. Fan fiction ini terkenal dan dibaca oleh jutaan orang.

Sukses dan Mendapat Penghargaan

Sukses dan Mendapat Penghargaan

Kesuksesannya di sebuah platform ternyata berlanjut ke layar lebar. Film After diterima dengan baik oleh para penikmat film romantis. Hal ini dibuktikan dengan angka keuntungan yang didapat dari penayangannya.

After (2019) dibuat dengan anggaran sebesar US$ 14 juta. Sementara keuntungan yang didapat mencapai angka US$ 69,7 juta. Keberhasilan yang didapat film ini bukan hanya dari segi keuntungan, melainkan juga beberapa penghargaan.

Berkat jalan ceritanya yang sukses diminati banyak orang, After (2019) mendapat penghargaan Choice Drama Movie dalam ajang Teen Choice Awards 2019. Film ini juga diganjar penghargaan dari E! People’s Choice Awards 2019 sebagai The Drama Movie.

Dimainkan Aktor dan Aktris Muda Berbakat

Dimainkan Aktor dan Aktris Muda Berbakat
*

Kesuksesan After didukung oleh banyak elemen. Salah satu elemen yang tidak bisa dipungkiri adalah para aktor dan aktris yang ikut terlibat. Josephine Langford dan Hero Fiennes – Tiffin mampu menghadirkan perasaan cinta yang menggebu ala anak muda melalui kemampuan aktingnya.

Keduanya bukan nama baru di dunia hiburan. Josephine sendiri sudah pernah berakting dalam film Wish Upon sebagai Darcie Chapman. Meski begitu, namanya mulai diperhitungkan sejak berperan sebagai Tessa.

Josephine mendapat penghargaan sebagai Choice Drama Movie Actress dalam ajang Teen Choice Awards pada 2019 lalu. Sedangkan Hero sudah mulai terlibat dalam pembuatan film sejak 2008 lalu.

Dia pernah terlibat dalam pembuatan film fenomenal Harry Potter and The Half-Blood Prince sebagai Tom Riddle yang berusia 11 tahun, yang kelak menjadi Lord Voldemort. Kemampuan aktingnya bahkan diapresiasi dengan dua penghargaan.

Penghargaan pertama Hero terpilih sebagai Choice Drama Movie Actor dalam ajang Teen Choice Awards (2019). Untuk penghargaan kedua, Hero meraih Rising Star atas namanya sendiri dalam ajang Ischia Film Festival (2019).

Siap Disusul Film-film Selanjutnya

Siap Disusul Film-film Selanjutnya
*

Sukses dengan After, sequel dari film ini siap melanjutkannya kisah cinta antara Tessa dan Hardin. Penonton akan dibawa lagi, masuk dan mengikuti kisah cinta keduanya dalam After We Collided.

Josephine dan Hero masih dipercaya melanjutkan jalan cerita yang penuh trik. Lalu sejauh apa keduanya dapat bertahan dalam hubungan yang penuh rintangan? Apakah akan ada orang ketiga di antaranya?

Proses shooting After We Collided rampung  pada September 2019 lalu. Namun, jadwal penayangan harus diundur sebab masalah pandemi yang menjangkiti dunia. Sementara untuk trailer-nya sendiri, sudah bisa Anda saksikan sejak Juli lalu.

Penasaran dengan kelanjutannya? Sebelum itu, Anda harus lebih dulu menonton After (2019) demi keutuhan jalan cerita. Selamat menyaksikan!

After
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram