bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Aashiqui 2, Superstar yang Kecanduan Alkohol

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 23 Juli 2021

Drama musikal romantis yang dibintangi Aditya Roy Kapur dan Shraddha Kapoor ini mungkin sudah dikenal banyak orang. Aashiqui 2 adalah film yang berhasil mendapatkan kesuksesan besar dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi di India. Sebuat saja lagu Tum Hi Ho yang belakangan ngetrend dikalangan masyarakat Indonesia dan di cover banyak orang.

Aashiqui berhasil mengguncang Bollywood dengan kisah cinta emosional Arohi dan Rahul Jaykar. Mengangkat kisah perjuangan seorang penyanyi terkenal melawan kecanduan alkohol dan tempramen. Diarahkan oleh sutradara terkenal Mohit Suri, Aashiqui 2 berhasil mendapatkan nilai 7 di IMDb. Film ini berhasil meraup penghasilan bersih ₹1.45 miliar dari pemutaran di seluruh dunia.

Sinopsis

Aashiqui 2
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama musikal romantis
  • Rumah Produksi: Vishesh Film, T-Series Films
  • Sutradara: Mohit Suri
  • Pemeran Utama: Aditya Roy Kapur, Sharddha Kapoor, Mahesh Thakur, Shaad Randhawan

Kisah ini berawal dari Rahul Jaykar atau “RJ” seorang musisi terkenal India sedang melangsungkan konser di stadion besar. Penampilannya diganggu oleh seorang artis bernama Arya yang melemparkan kaleng minuman ke arahnya dari bawah panggung. RJ yang dalam pengaruh alkohol lepas kendali dan menghajar Aryan, sayangnya hal ini justru menjadi bulan-bulanan wartawan yang hadir.

Dalam keadaan mabuk RJ pergi meninggalkan arena konser, ia mencari bar yang masih buka saat malam. Hingga RJ melihat seorang gadis tengah menyanyikan lagunya di bar, ia kagum dengan kesederhanaan suaranya. RJ pun mendatangi Aarohi dan mengatakan bahwa ia menyanyi lebih bagus darinya dan membuatnya sadar akan kesalahannya. Ia mengatakan bahwa Aarohi bisa menjadi penyanyi yang bahkan lebih besar darinya.

Singkat cerita RJ memberikan tawaran untuk menerbitkannya menjadi penyanyi terkenal. Mendapatkan janji dari seorang superstar, Aarohi berhenti bekerja lalu kembali ke kampung halamannya Mumbai. Aarohi mencoba menelpon RJ, sayangnya ia justru menjadi korban pengeroyokan dan harus dirawat intensif. Vivek yang mengangkat telpon dari Aarohi membohonginya dengan mengatakan RJ sedang tur di luar negeri.

Lambat laun setelah RJ sembuh ia mengetahui perbuatan Vivek di saat itu juga ia langsung memecatnya. Mengetahui Aarohi kembali bekerja di bar, RJ langsung mendatanginya dan meminta maaf. RJ berusaha meyakinkan Aarohi agar mau membuat kontrak rekaman dan memulai karirnya sebagai penyanyi profesional. Sesuai dengan ramalannya, karir Aarohi menanjak pesat dan berhasil menjadi penyanyi wanita tersukses di India.

Cinta keduanya mulai terjalin, Keduanya mulai tinggal satu atap, tapi hal buruk mulai terjadi . RJ gelisah mendengar seorang pria mengatakan bahwa ia akan menjadi sumber kehancuran Aarohi. RJ semakin kecanduan alkohol, suaranya mulai bermasalah yang membuatnya menjadi tidak percaya diri dan bergantung pada alkohol.

Aarohi tahu bahwa ini tidak benar, ia berusaha membantu RJ sembuh secara perlahan. Hingga saat RJ menemani Aarohi perform ia kembali lepas kendali setelah didatangi seorang wartawan. RJ kembali mengkonsumsi alkohol dan membuat keributan hingga ia di tahan di kantor polisi.

Sinopsis Aashiqui 2Sumber: cineverse.id

Aarohi tidak tega dan berniat untuk meninggalkan karirnya demi RJ, ia rela melepaskan segalanya. RJ yang mendengar percakapan Aarohi dan Saigal merasa bahwa ia sudah menghancurkan impian dan karir Aarohi. RJ sadar ia telah menjadi beban dalam kehidupan Aarohi dan hanya menyulitkannya saja. Keesokan harinya RJ mengatakan bahwa ia siap merubah hidupnya menjadi lebih sehat.

Aarohi senang dan tidak menyangka dengan keputusan RJ, namun siapa sangka itu adalah hari terakhirnya dengan sang kekasih. RJ memutuskan untuk bunuh diri dengan cara melompat dari jembatan. Aarohi terguncang dan merasa di khianati karena RJ yang mengambil keputusan seperti pecundang.

Aarohi berniat untuk pergi meninggalkan rumahnya dengan RJ, namun Vivek menghentikanya. Vivek mengatakan bahwa Rahul menginginkannya menjadi penyanyi terkenal, ia bunuh diri karena tidak ingin menjadi beban bagi Aarohi. Aarohi akhirnya menyetujui dan kembali menjadi penyanyi, ia bahkan membuat tanda tangan dengan nama “Aarohi Rahul Jaykar” di buku pasangan fans yang datang. Dibanding mengakhiri semuanya, Aarohi masih bisa hidup dengan berbagai kenangan indahnya dengan RJ

Kenangan indah muncul di kala hujan datang, Aarohi mengingat momen romantisnya dibawah jaket RJ. Hal yang sama sedang dilakukan oleh pasangan yang datang padanya sebelumnya.

Aditya Roy Kapur dan Sharddha Kapoor Rock

Aditya Roy Kapur dan Sharddha Kapoor Rock

Harus diakui bahwa akting dari Aditya Roy Kapur sebagai Rahul Jaykar atau RJ berhasil membuat kita terpukau. Aditya tidak hanya tampan dan mempesona, tapi ekspresi yang ia berikan dapat membuat kita jatuh ke dalamnya. Aditya membawa kita merasakan apa yang ia rasakan saat sedang berada di bawah pengaruh alkohol. Keputusasaan akan miras dalam matanya berhasil membuat kita merasa kesal dengan setiap Tindakan sembrono RJ.

Seorang superstar yang berubah menjadi seorang pecundang pemabuk dengan temperamen jelas membuat kita jengkel. Pasalnya, RJ benar-benar tidak bisa menahan dirinya dari alkohol meski ia sudah berjanji untuk Aarohi. Aditya berhasil memerankan RJ begitu mulus sehingga kita bisa benar-benar terbawa dalam aktingnya.

Di sisi lain, Shraddha terlihat terlalu kaku dibandingkan sang lawan main. Meski tidak sepenuhnya buruk, tapi di beberapa bagian akting Shraddha terlihat flat dan kurang menjiwai. Hal ini sangat disayangkan mengingat performa dari partnernya Aditya terlihat begitu natural. Meski begitu, sepanjang film ini kita bisa melihat perkembangan akting Shraddha semakin baik.

Shraddha terlihat lebih natural dan kemistri keduanya terlihat lebih kuat dari sebelumnya. Meski begitu harus diakui Shraddha Kapoor terlihat sangat cantik dan begitu polos di film ini. Perpaduan akting keduanya cukup menghibur dan menguras emosi terutama di beberapa bagian krusial. Shraddha mampu mengimbangi Aditya saat di adegan pertengkaran hingga saat RJ menggila karena alkohol.

Cerita yang Sederhana Namun Penuh Makna

Cerita yang Sederhana Namun Penuh Makna

Aashiqui 2 mengambil satu masalah sosial di masyarakat yang sangat umum, yaitu pengaruh alkohol. Mohit Suri sepertinya memang lebih suka mengungkapkan kekhawatiran dan kritik sosialnya lewat film. Terbukti dengan banyak film-filmnya yang bertemakan masalah sosial yang ada di masyarakat umum. Sebut saja Beyond the Clouds yang mengambil tema kehidupan masyarakat kumuh di kota besar yang dekat dengan pekerjaan haram.

Aashiqui 2 mengisahkan hancurnya hidup seorang RJ, Penyanyi paling top di India. Alkohol yang awalnya digunakan untuk menenangkan diri justru menjadi awal kehancurannya. Berada di bawah pengaruh alkohol membuat RJ berubah dari musisi yang dicintai menjadi musisi tidak dihargai. Seperti mencoba membunuh kanker dalam tubuh, meski sudah dihilangkan sumbernya kanker bisa kembali lagi kapanpun.

RJ mengalami akibat yang buruk, karir yang sudah di bangun selama bertahun-tahun, hancur seketika karena pengaruh alkohol. Alkohol mungkin bisa membuatmu lebih rileks dan melupakan segala masalah yang ada. Kenyataannya alkohol tidak menghilangkan masalah, sebaliknya alkohol justru menambah masalah dalam hidup. Kisah ini diceritakan dengan plot sederhana, tidak ada plot twist mengejutkan justru memberikan perjuangan melawan alkohol yang emosional.

Alkohol dan narkoba tidak ada bedanya, keduanya memiliki khasiat yang sama yaitu menghancurkan hidup. Mohit Suri sepertinya ingin mengatakan bahwa alkohol bukanlah sumber kebahagiaan. Sebaliknya, alkohol hanya akan membawamu menuju gerbang kehancuran untuk seluruh mimpimu.

Kesuksesan Bukan Tolak Ukur Kebahagiaan

RJ mungkin memiliki karir yang sukses, dipuja dan dipuji adalah hal yang sudah biasa didapatkan. Dikenal sebagai seorang penyanyi dan pencipta lagu berbakat, ternyata tidak membuatnya bahagia. Justru semakin lama RJ semakin kehilangan jati dirinya, ia malah menjadi seorang pria pemabuk dan pemarah.

Memang dalam film tidak disebutkan awal mula kenapa RJ bisa menjadi seorang pemabuk dan pemarah. Tapi beberapa faktor bisa menjadi penyebab kenapa RJ bisa menjadi sangat kecanduan alkohol. Hilangnya kepercayaan diri RJ dalam bermusik, dimana ia merasa hampa dan tertekan dengan semua yang ia miliki. Alih-alih menikmati ketenaran, RJ justru terlihat semakin kehilangan arah dan kehilangan hasrat bermusiknya.

Sebuah realita dimana kesuksesan bukanlah tolak ukur untuk menentukan kebahagiaan seseorang. Karena tidak semua orang merasa bahagia bahkan dengan gelimang harta yang mereka miliki. Terkadang semakin tinggi karir seseorang, justru membuat mereka semakin jauh dari orang terkasihnya. Kebahagiaan tidak selalu diukur dari materi, kebahagiaan muncul ketika kamu mendapatkan ketenangan diri.

Kehilangan Cinta Bukanlah Akhir dari Segalanya

Setelah semua perjuangannya untuk membantu RJ sembuh, Aarohi harus menerima kenyataan pahit. Bahwa ia tidak dapat membantu pria yang paling ia cinta dari orang ketiga, yaitu alkohol. Aarohi telah kehilangan mentor, partner dan cintanya setelah RJ memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Semua ini dikarenakan pengaruh dari alkohol yang begitu kuat terhadap RJ.

Dikhianati dan ditinggalkan begitu saja, Aarohi tentu berhak untuk marah atas keputusan RJ. Namun bersedih dan berusaha melupakan semua kenangannya bersama RJ tidaklah tepat. Mengakhiri semua karirnya yang ia capai bersama RJ, bukanlah jalan yang tepat. Arohi bisa saja mengalami nasib yang sama seperti RJ, melampiaskan segalanya pada alkohol dan menghancurkan hidupnya.

Tapi kita diberikan keteguhan hati dari wanita yang kehilangan cinta dalam hidupnya. Aarohi melakukan hal sebaliknya, ia tetap berkarir dan menunjukkan bahwa ia tetap hidup. Cinta mungkin sudah hilang, tapi kenangannya bersama RJ akan tetap hidup. Tidak ada gunanya untuk menyesali apa yang sudah terjadi, karena hidup terus berjalan dengan segala misteri di dalamnya.

Satu orang sudah hancur, maka jangan menambah kehancuran lainnya lagi. Hadapi dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah hal terbaik bagi kita. Hidup sangatlah singkat, maka jangan menyia-nyiakan hidupmu untuk menyesali dan menangis terlalu lama.

Aashiqui 2
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram