bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review A Simple Favor, Paduan Misteri dan Komedi

Sebuah film yang mengangkat genre thriller atau misteri biasanya selalu dikisahkan dengan nuansa yang serius dan sering kali terasa kelam. Namun pada film yang satu ini, kamu justru akan menyaksikan kisah misteri dan teka-teki yang dikisahkan dengan ringan dan cukup jenaka.

Berikut review dan sinopsis film A Simple Favor, sebuah film misteri berbalut komedi dengan banyak kejutan dalam ceritanya.

Baca juga: Sinopsis & Review Pitch Perfect, Kelompok Acapella Terbaik

Sinopsis

A Simple Favor

Film berdurasi 119 menit ini dibuka dengan Stephanie yang membuat vlognya dan menceritakan tentang sahabatnya yang menghilang, Emily. Alur cerita kemudian kembali pada saat Stephanie pertama kali bertemu Emily.

Stephanie merupakan seorang vlogger dan single parent untuk anaknya, Miles. Stephanie selalu menjadi sosok yang ceria dan suka menolong di sekolah.

Sementara Emily merupakan wanita karir sibuk yang selalu tampil elegan. Emily memiliki anak bernama Nicky yang merupakan sahabat dan teman sekelas Miles.

Suatu hari saat Emily menjemput anaknya, Nicky dan Miles ingin bermain bersama. Emily pun mengajak Stephanie dan Miles ke rumahnya. Emily dan Stephanie mulai berteman akrab sejak saat itu.

Meski baru sebentar, Stephanie sudah banyak bercerita tentang hidupnya, salah satunya bahwa ia berselingkuh dengan kakak tirinya hingga suaminya yang meninggal karena kecelakaan.

Emily pun banyak menceritakan kehidupannya dengan sang suami, Sean dan menceritakan bahwa mereka tengah mengalami kesulitan ekonomi.

Suatu hari, Emily meminta bantuan Stephanie untuk menjemput Nicky karena ia sedang ada urusan penting. Namun berhari-hari setelah itu, Emily tak kunjung muncul.

Emily dinyatakan hilang hingga akhirnya dilakukanlah proses pencarian. Setelah pencarian beberapa hari, polisi menemukan jasad Emily yang tenggelam di sebuah danau.

Di masa berduka, mantan suami Emily, Sean, justru memulai hubungan baru dengan Stephanie. Stephanie pun kini tinggal di rumah Emily.

Ia memasak untuk Sean dan mengasuh Nicky serta Miles di rumah tersebut. Namun berbagai kejanggalan mulai dirasakan Stephanie. Stephanie meyakini jika Emily sebenarnya masih hidup.

Stephanie pun mulai melakukan investigasinya sendiri. Ia berhasil menemukan fakta jika Emily adalah anak kembar. Stephanie yang yakin jika Emily masih hidup berusaha memancingnya agar menemuinya melalui video-video vlognya.

Pada akhirnya, Emily pun muncul dan menemui Stephanie di makamnya. Pada Stephanie, ia mengaku jika memang memiliki kembaran dan kembaran itulah yang meninggal.

Emily bercerita jika sang kembaran melakukan bunuh diri di danau saat bersamanya. Ia mengatakan jika Sean memintanya untuk memanfaatkan hal tersebut. Emily memalsukan kematiannya agar bisa mendapat asuransi untuk menyelamatkan keluarganya dari kebangkrutan.

Namun nyatanya, Emily tidak bercerita jika sebenarnya ialah yang membunuh kembarannya dan itu bukanlah ide Sean. Emily mengatakan jika rencananya tersebut gagal karena Stephanie membongkar fakta tersebut ke media dan pihak polisi.

Dengan sifatnya yan manipulatif, Emily mengatakan pada Stephanie jika Sean hanya memanfaatkannya. Emily pun meminta bantuan pada Stephanie agar membuat Sean seolah memaksa Emily memalsukan kematiannya tersebut.

Stephanie yang polos melakukan hal tersebut. Polisi akhirnya menahan Sean atas tuduhan menyiksa Emily. Emily pun kembali ke rumahnya.

Sementara Sean yang sempat ditahan berhasil keluar penjara setelah mendapat jaminan. Sean dan Stephanie menyusun rencana untuk membuat Emily mengakui kesalahannya.

Tanpa sepengetahuan Emily, Stephanie menyiarkan siaran langsung di vlognya saat Emily membuat pengakuan mengenai semua kejahatan yang dilakukannya. Emily pun akhirnya ditangkap polisi.

Alur Cerita Penuh Kejutan

Alur Cerita Penuh Kejutan

Banyak yang mengatakan jika film A Simple Favor ini akan mengingatkanmu dengan salah satu film misteri populer berjudul Gone Girl. Kisah yang diangkat memang cukup mirip, namun A Simple Favor memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri.

Film ini dipenuhi dengan kisah teka-teki dan misteri, namun dikemas dengan ringan dan dengan nuansa yang cukup ceria, terutama di bagian awal film.

Pada bagian awal film. A Simple Favor mungkin terasa seperti film drama biasa. Namun seiring dengan berjalannya cerita, kamu akan mulai merasakan misteri yang kian lama menjadi kian pelik. Misteri ini juga semakin rumit karena masing-masing karakter akan menceritakan kisah versi mereka masing-masing.

Uniknya, setiap masing-masing tokoh tersebut akan menceritakan kisah versi mereka melalui dialog yang berbeda dengan visual yang ditampilkan, yang mengartikan jika mereka berbohong. Oleh karena inilah, film A Simple Favor akan memberikan banyak kejutan tak terduga dari masing-masing tokohnya.

Di sepanjang film, kamu akan menemukan banyak twist cerita yang tidak akan kamu duga sebelumnya. Bisa dibilang, kamu tidak akan tahu seperti apa cerita sebenarnya sebelum scene terakhir film ini, karena akan ada banyak twist dan kejutan yang tersaji hingga akhir film.

Visualisasi Ceria Hingga Kelam Sesuai Jalan Cerita

Visualisasi Ceria Hingga Kelam Sesuai Jalan Cerita

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bagian awal film A Simple Favor ini terasa begitu ceria, baik dari cerita, karakterisasi tokoh, hingga visualisasi nya.

Nuansa hangat ala film drama begitu terasa pada awal film saat kita masih disajikan cerita persahabatan antara Stephanie dan Emily. Bahkan film ini dibuka dengan adegan saat Stephanie berbicara di vlognya.

Pada scene awal ini, kita akan melihat frame seolah tengah menyaksikan layar laptop dan melihat Stephanie yang berbicara pada kita sebagai penonton vlog.

Nuansa ceria ini kemudian akan beralih menjadi lebih serius dan lebih kelam seiring dengan jalan cerita yang mengarah pada pembunuhan hingga penemuan mayat.

Tone warna hingga efek suara yang digunakan terasa kontras dengan yang terlihat pada scene-scene awal. Meskipun tetap saja, ada adegan-adegan konyol yang terselip bahkan pada scene yang terasa begitu serius dalam film ini.

Diperankan Para Bintang Papan Atas

Diperankan Para Bintang Papan Atas

Salah satu daya tarik dari film A Simple Favor ini juga adalah deretan bintang-bintang papan atas yang bermain di dalamnya.

Film ini menampilkan para aktor dan aktris ternama Hollywood, mulai dari Blake Lively, Anna Kendrick, dan Henry Golding. Para aktor dan aktris ini pun memerankan masing-masing karakter mereka dengan baik.

Misalnya saja Blake Lively yang berperan sebagai Emily. Emily diceritakan sebagai wanita yang begitu elegan dan berkelas, namun juga memiliki rahasia tak terungkap yang tidak diketahui orang-orang.

Sejak awal film, Blake Lively mampu menunjukan karakter Emily yang tampak misterius meskipun sosoknya berusaha ramah pada Stephanie.

Sementara lawan main Blake Lively, Anna Kendrick juga memerankan karakter Stephanie dengan baik. Stephanie yang sejak awal diceritakan sebagai sosok ceria dan senang menolong ini juga menjadi karakter yang mencairkan suasana saat film tengah menceritakan adegan serius.

Itulah review dan sinopsis dari film A Simple Favor, sebuah film misteri yang diceritakan dengan balutan komedi. Apakah kamu sudah  menonton film ini? Apa kamu bisa menebak akhir ceritanya? Ceritakan di kolom komentar ya!

A Simple Favor
Rating: 
3.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram