bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review A Madea Homecoming, Kelulusan dan Rahasia

Menyambut kelulusan cicitnya, Madea menggelar acara keluarga yang membuka banyak rahasia yang belum terungkap. Peseteruan, cinta, pengkhianatan, dan pilihan jalan hidup mewarnai kisah keluarga cerewet ini di beberapa hari menjelang acara kelulusan.

A Made Homecoming adalah film komedi karya Tyler Perry yang dirilis oleh Netflix sebagai original film pada 25 Februari 2022. Menjadi film ke-12 yang menampilkan sosok wanita Afrika-Amerika yang kolot, cerewet, dan keras hati namun terkadang bijaksana.

Film ini mengawali kembali kisah Madea setelah sebelumnya sempat dipensiunkan di film terakhirnya, A Madea Family Funeral (2019).

Film ini juga menjadi film kedua Tyler Perry bagi Netflix setelah A Fall from Grace (2020) lewat kerjasama eksklusif mereka. Sudah siap mendengar celotehan Madea lagi? Simak review berikut sebelum menontonnya.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 25 Februari 2022
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Tyler Perry Studios
  • Sutradara: Tyler Perry
  • Pemeran: Tyler Perry, Cassi Davis, David Mann

Timothy “Tim” Marshall mengunjungi rumah nenek buyutnya yang akan mengadakan acara kumpul keluarga menyambut kelulusannya dari kuliah.

Bersama sahabatnya, Davi O’Malley, mereka disambut di rumah Madea dengan kehangatan khas keluarga besar yang cerewet dan memiliki humor yang narsis dan sedikit rasis ini.

Laura datang bersama Sylvia, sahabat sekaligus pengacara perceraiannya. Sedangkan Ellie, kakaknya yang berprofesi sebagai polisi, datang dengan seragam lengkap yang membuat Joe dan Madea sedikit ketar-ketir, mengingat mereka masih mengonsumsi ganja meski dengan alasan sesuai resep dari dokter.

Bibi Bam yang genit mencoba mendekati Davi dan duduk di sebelahnya sambil menggoda. Tapi karena ujaran kiasan saat Bam mendekati Davi yang hanya bisa dimengerti oleh Joe dan Bam, membuatnya mengubah pikiran dan mundur teratur.

Tiba-tiba datang bibi dan nenek Davi, Cathy dan Agnes Brown, dari Irlandia yang dieja oleh Madea sebagai Iran. Sempat terjadi kesalahpahaman karena kemiripan pengejaan kata dalam bahasa Irlandia yang terdengar mirip dengan kata rasis yang sangat sensitif bagi warga Afrika-Amerika.

Kemudian mereka semua melanjutkan acara makan malam di sebuah restoran dengan menu lobster merah. Keesokan harinya, ayah Tim, Richard, datang dan tidak mendapat sambutan positif dari keluarga mantan istrinya. Bahkan Madea menembakkan pistolnya ke udara saat Richard mendekatinya.

Tim membuka rahasia bahwa dirinya adalah gay yang ternyata sudah diketahui oleh seluruh anggota keluarganya, sekaligus membuka rahasia lain yaitu hubungan Richard dan Sylvia.

Madea mencoba menenangkan hati Laura dengan menceritakan kisah cintanya dulu dimana dia juga pernah diselingkuhi oleh suaminya.

Pesta taman keesokan harinya tidak berubah menjadi ceria dimana Richard kembali hadir bersama Sylvia yang memancing emosi Davi yang mengantarkan rahasia lainnya terbuka, yaitu hubungan asmara Laura dan Davi.

Davi langsung melamar Laura saat itu juga, tapi ditolak oleh Laura, semua karena ucapan Agnes bahwa Davi akan mengurus lahan pertanian milik kakeknya di Irlandia setelah lulus kuliah.

Madea dan Agnes berbicara empat mata dimana Madea memberikan nasihat tentang apa yang harus dilakukan orang tua untuk mendukung impian anaknya. Tensi emosi antara Tim dan Davi meninggi karena Tim merasa dia dibohongi oleh ibu dan sahabatnya selama ini.

Laura meminta pendapat Madea tentang hubungannya dengan Davi dimana Madea memberikan nasihat kepadanya untuk menerima Davi apa adanya karena dilihatnya Davi adalah pria yang baik dan dewasa.

Hari kelulusan tiba. Tim naik ke podium dan memberikan pidato sebagai lulusan terbaik. Sebelum berpidato, Tim menyobek kertas yang akan dibacanya? Apa yang akan dikatakan oleh Tim di podium?

Bagaimana respon keluarganya dengan semua ini? Apakah hubungan Laura dan Davi akan berlanjut atau berakhir? Tonton filmnya sampai habis dan temukan semua jawabannya yang akan melegakan hati.

Keunikan Madea Cinematic Universe

Keunikan Madea Cinematic Universe

Sejak kemunculan Madea di film Diary of a Mad Black Woman (2005), sosok nenek cerewet, suka berkata kasar namun religius ini tidak pernah lelah berceloteh di setiap filmnya.

Meski kualitas filmnya bisa dikatakan buruk, bahkan empat film terakhirnya selalu masuk sebagai nominasi di ajang Golden Raspberry Awards dan Tyler Perry sudah dua kali meraih Worst Actress, selalu ada film lanjutannya.

Meski sedari awal film-film Madea yang kebanyakan diangkat dari pentas teater tidak memiliki kualitas yang baik, uniknya film-film tentang Madea terus diproduksi meski dengan kualitas yang semakin buruk.

Film terbaik di franchise ini ialah I Can Do Bad All by Myself (2009) dimana Madea tampil sebagai cameo saja dan yang terburuk adalah Boo 2! A Madea Halloween (2017).

Tyler Perry sempat menyatakan akan mempensiunkan karakter Madea setelah merilis film ke-11, A Madea Family Funeral (2019).

Namun, begitu Tyler Perry menjalin kerjasama dengan Netflix, dengan kontrak eksklusif, karakter ini kembali “dipekerjakan” lagi. Lalu, apa yang ingin Tyler Perry tawarkan kali ini dari awal perjalanan Madea bersama Netflix?

Cerita Penuh Rahasia Tak Terduga

Cerita Penuh Rahasia Tak Terduga

Sebagai film komedi, A Madea Homecoming sama dengan film-film Madea sebelumnya dimana bahan leluconnya selalu bernada narsis, rasis, dan sarkasme.

Bahkan perkara sensitif, seperti agama pun dijadikan materi humor mengingat sosok Madea dikenal religius namun suka salah menafsirkan banyak perkara dalam agamanya.

Melihat film terakhirnya lalu, sudah pasti kesan underestimate menyelimuti pemikiran kita saat menontonnya. Tapi seiring film berdurasi 1 jam 45 menit ini berjalan, kita akan dibuat terkejut dengan beberapa twist atau rahasia yang terkuak di saat yang tak terduga.

Pernyataan gay Tim, perselingkuhan Richard dan Sylvia, serta hubungan cinta Davi dan Laura adalah beberapa rahasia tersebut. Untuk masalah Tim, kita sudah bisa menebaknya lewat perbincangan dengan Davi di mobil dan sentilan Joe saat menyindir mereka di depan Bam.

Tapi yang tidak kita duga adalah ternyata Davi bukan pasangan Tim melainkan kekasih Laura, ibunya Tim, yang membuat kita mengerti mengapa emosi Davi selalu meninggi setiap kali Richard hadir.

Dan untuk membahas perselingkuhan Richard dengan Sylvia, Madea memberikan Laura cerita kegagalan cintanya di masa lalu yang juga berakhir karena perselingkuhan suaminya dengan Rosa Park.

Kisah masa lalu ini dihadirkan dengan adegan hitam putih yang tampil seolah parodi dari soap opera dengan segala dramatisasinya.

Selain itu ada hal menarik lainnya yang membuat film ini cukup segar, yaitu kehadiran Agnes Brown yang merupakan karakter komedi populer dari Inggris yang sudah hadir sejak tahun 1992 di radio hingga memiliki serial sendiri di BBC sejak tahun 2011.

Karakter ini kurang lebih sama dengan Madea, diperankan oleh seorang aktor dan suka berkata kasar dalam setiap ucapannya.

Nasihat Bijaksana Madea

Nasihat Bijaksana Madea

Jangan harapkan akting memukau dari para pemerannya, karena mereka semua seolah tidak sedang serius berakting, apalagi ini adalah film komedi, termasuk Brandon Black yang berperan sebagai Tim.

Tim tidak terlihat beban psikologis yang dibawanya untuk membuka rahasia yang disimpannya selama ini, dan tidak pula terlihat rasa kecewanya ketika menyadari hubungan ibunya dengan sahabatnya.

Tapi setidaknya, terselip nasihat bijak dari Madea di dua adegan yang cukup menambah bobot drama dalam film ini.

Madea memberikan nasihat kepada Agnes tentang bagaimana sikap orang tua dalam mendukung impian anaknya, dengan maksud supaya Agnes tidak terlalu keras kepada Davi perihal masa depan yang akan dijalani Davi setelah lulus kuliah.

Lalu Madea juga memberikan nasihat yang cukup mendalam kepada Laura tentang mencintai Davi, supaya Laura mau move on dari kisah cinta yang gagal dengan suami sebelumnya.

Madea mengibaratkan berhenti membangun tembok, tapi buatlah pagar kawat saja supaya Laura bisa melihat apa yang ada di luar sana untuknya, maksudnya masa depannya dengan Davi.

Dan ketika Laura bilang, “You’re so wise”, Madea menjawab, “Thank you, I know. It’s the weed.” Itulah Madea, sifat narsisnya tidak pernah luntur tapi dia juga bisa sekaligus bersikap rendah hati.

Bahkan kesalahan pendengaran atau ejaan tetap terasa benar baginya dan orang lain harus mau mengerti hal itu dengan terpaksa.

A Madea Homecoming tidak disangka tampil lebih baik diantara deretan film Madea lainnya, meski masih ada beberapa hal absurd yang ditampilkan dalam kelucuan dan jalan ceritanya.

Dengan kerumitan hubungan antar karakternya yang membuat beberapa rahasia menjadi terbuka, cukup menambah nilai positif tersendiri yang bisa menyelamatkan kualitas film secara keseluruhan.

Jika sudah begini, apakah akan ada kelanjutan kisah Madea lagi di Netflix? Sepertinya kemungkinan itu besar sekali mengingat kontrak eksklusif Tyler Perry dengan Netflix mewajibkannya untuk merilis film di setiap tahunnya. Sudah pasti diantaranya akan ada film Madea lagi.

Ditutup dengan penampilan Madea yang bernyanyi di atas panggung layaknya Beyonce, cukup menghadirkan hiburan tersendiri, meski tidak ada hubungannya dengan cerita dalam film.

Jadi, masih betah untuk terus menyimak selera humor yang unik dari Madea dan keluarganya? Lanjut tonton saja filmnya, ya!

A Madea Homecoming
Rating: 
2.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram