bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 13 September 2021

A Love So Beautiful merupakan web drama China yang diadaptasi dari novel best seller berjudul To Our Pure Little Beauty karya Qianqian Zhao. Drama ini ditayangkan pada tahun 2017 dengan memboyong aktor pendatang baru Hu Yi Tian bersama dengan Shen Yue sebagai pemeran utamanya.

Selama masa penayangannya drama ini mendapatkan banyak penilaian positif dari penontonnya. Di negara asalnya sendiri, A Love So Beautiful berhasil menembus angka 5.5 milyar views. Tidak hanya itu, A Love So Beautiful juga banyak menarik perhatian audiens internasional hingga ditayangkan oleh banyak layanan streaming.

Saking ikoniknya, pada akhir 2020 Kakao M merilis remake A Love So Beautiful dengan Kim Yo Han serta So Jo Yeon sebagai bintangnya. Lantas apa yang membuat drama ini begitu dicintai oleh banyak orang? Kalau kalian penasaran, ikuti terus review A Love So Beautiful di bawah ini ya!

Sinopsis

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 1Sumber: sohu.com

Berlatar pada tahun 2005, A Love So Beautiful berpusat pada kisah dari Chen Xiao Xi (Shen Yue) dan Jiang Chen (Hu Yi Tian). Keduanya merupakan tetangga sejak masih di bangku taman kanak-kanak dan kebetulan sekarang bersekolah di SMA dan kelas yang sama.

Xiao Xi sendiri adalah gadis yang ceria, hangat, jujur, dan polos. Tetapi Xiao Xi kerap kali masuk ke dalam jajaran murid-murid dengan peringkat terendah karena ia tidak suka belajar. Meskipun demikian, Xiao Xi sebenarnya memiliki bakat yang bagus dalam menggambar.

Berbanding terbaik dengan Xiao Xi, Jiang Chen adalah siswa yang populer dengan prestasinya dalam bidang akademik dan parasnya yang tampan. Jiang Chen juga memiliki karakter yang introvert, dingin, dan cuek.

Xiao Xi sangat menyukai Jiang Chen dan secara terang-terangan menunjukan perasaannya pada Jiang Chen. Berbagai macam cara ia lakukan demi mendapatkan hati Jiang Chen, akan tetapi Jiang Chen selalu menolaknya. Hingga suatu ketika, murid pindahan sekaligus atlet renang Wu Bo Song (Gao Zhi Ting) hadir dan menunjukan kepeduliannya pada Xiao Xi hingga membuat Jiang Chen mulai merasa tersaingi.

Storytelling yang Unik dan Segar

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 3Sumber: sohu.com

Menilai dari sinopsinya, pasti banyak dari kalian yang ingat dengan drama hit Taiwan Its Started with A Kiss atau dalam versi Korea-nya Playful Kiss. Saya sudah menonton kedua versinya dan saya setuju bahwa ada elemen yang serupa dengan drama ini. Namun, bagi saya A Love So Beautiful merupakan versi yang lebih terpoles, realistik dengan unsur drama fiksi yang lebih minimal.

Di samping itu, storytelling dari drama ini juga tergolong segar. Jika pada drama umumnya, setiap episode baru adalah tepat kelanjutan dari kejadian sebelumnya, A Love So Beautiful berbeda. Episode barunya masih bergulir dengan alur maju, namun hampir setiap episodenya merupakan hari baru dengan tema cerita yang baru pula.

Menariknya lagi, pada akhir episode diikuti juga dengan after credit yang memberikan kesan unik dan unsur komedi pada drama ini.

Persahabatan yang Hangat

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 5Sumber: sohu.com

A Love So Beautiful tidak hanya berfokus pada Xiao Xi dan Jiang Chen. Ketiga sahabat mereka yakni Wu Bo Song, Lin Jing Xiao, dan Lu Yang juga mendapatkan porsi yang cukup besar. Di sini diperlihatkan bagaimana kelima sahabat ini memiliki karakter dan permasalahan yang berbeda-beda.

Meskipun kelimanya kerap kali berargumen karena hal remeh, mereka saling membantu satu sama lain apapun kondisi dan masalahnya. Saking peduli dengan teman-temannya, mereka tak segan-segan menggorbankan dirinya untuk terlibat dalam masalah demi melindungi temannya.

Karena persahabatan ini Jiang Chen yang tertutup pelan-pelan mulai membuka diri. Lalu, Bo Song yang hari-harinya selalu berlatih bisa merasakan kehidupan remaja normal. Lu Yang yang ternyata pernah jadi korban bully pun mendapatkan teman yang tulus dengannya.

Persahabatan yang hangat ini tidak hanya berlangsung saat mereka masih di bangku SMA, bertahun-tahun setelahnya bahkan sampai sudah berkarir pun persahabatan mereka masih sangat erat.

Kisah Cinta Segitiga

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 7Sumber: sohu.com

Kisah cinta segitiga merupakan salah satu plot yang paling populer dikalangan pecinta drama romansa. Dan A Love So Beautiful tidak ketinggalan momentum untuk menyajikan kisah cinta segitiga antara Chen Xiao Xi, Jiang Chen, serta Wu Bo Song.

Layaknya drama romansa lainnya, karakter second lead Wu Bo Song ini selalu ada untuk Xiao Xi. Tanpa banyak berpikir ia rela mengorbankan apapun demi melindungi dan membuat Xiao Xi bahagia. Sedangkan, pemeran utama pria, Jiang Chen memiliki sifat yang dingin dan tidak ekspresif dalam mengutarakan perasaannya.

Saya pribadi bukan fans dari plot seperti ini, namun ada beberapa poin yang saya sukai dari kisah yang digambarkan dari drama ini. Ketika Xiao Xi mendapatkan petunjuk bahwa Bo Song menyukainya, Xiao Xi meluruskan bahwa ia hanya suka dengan Jiang Chen dan tidak memanfaatkan perasaan Bo Song.

Meskipun Jiang Chen menolak Xiao Xi, dari awal-awal episode diperlihatkan sedikit tanda-tanda bahwa Jiang Chen juga memiliki perasaan yang sama dengan Xiao Xi. Lalu, ia juga mempunyai alasan sendiri mengapa dirinya dingin dan terkesan seperti tidak menyukai Xiao Xi. Kejelasan-kejelasan seperti inilah yang membuat kisah cinta segitiga di A Love So Beautiful tidak begitu membuat saya frustasi.

Baca juga: Inilah 10 Drama Taiwan Terbaik yang Wajib Untuk Ditonton

Mimpi dan Harapan

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 9Sumber: sohu.com

Dalam A Love So Beautiful ini diperlihatkan bagaimana perjalanan mereka di sekolah hingga dewasa. Di awal mereka masih tidak tahu apa yang mereka inginkan dan masih meraba-raba masa depannya. Ketika mereka sudah menentukan pilihannya, remaja-remaja ini mulai mengambil langkah berani dan tegas untuk meraih masa depan yang mereka inginkan.

Tetapi perjalanan mereka tidaklah selalu manis. Xiao Xi harus belajar ulang dan memperdalam skill menggambarnya. Jiang Chen memiliki impian yang berlawanan dengan orang tuanya. Bo Song harus memulai kembali demi mewujudkan mimpinya yang sempat tertunda. Lalu, Lu Yang harus belajar giat sambil melawan penyakitnya.  Ada juga Jing Xiao yang perjalannya cukup mulus tapi punya isu lain.

Dengan keberagam kisah tersebut, serial ini mengingatkan penonton bahwa setiap orang memiliki cerita dan timeline yang berbeda. Jangan terlalu terpaku dengan pencapaiannya orang lain dan fokus pada usaha untuk meraih tujuan kita sendiri.

Shen Yue sebagai Chen Xiao Xi

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 11Sumber: sohu.com

Kelima bintang utama dari A Love So Beautiful rata-rata adalah aktor pendatang baru. Memang ada beberapa momen akting mereka terlihat kurang maksimal, namun bagi saya untuk ukuran rookie performa akting mereka cukup solid.

Dari kelima karakter utama, peforma Shen Yue sebagai Chen Xiao Xi lah yang paling membekas untuk saya. Bagi saya Shen Yue mampu membuat penonton merasa familiar dan terbawa suasana dengan karakter yang ia mainkan.

A Love So Beautiful merupakan drama pertama Shen Yue sebagai pemeran utama dan karakter Chen Xiao Xi sebenarnya bertolak belakang dengannya. Di dunia nyata, Shen Yue berhasil meraih nilai ujian masuk universitas tertinggi di provinsinya. Tetapi ia mampu membuat karakter Chen Xiao Xi seperti dibuat untuknya.

Cerita Ringan dengan OST Pas

Review & Sinopsis A Love So Beautiful, Kisah Kasih di Sekolah 13Sumber: sohu.com

A Love So Beautiful mampu meninggalkan kesan cerah, ceria, dan positif pada penontonya. Serial ini tidak hanya menceritakan tentang manisnya kisah kasih anak sekolah, mereka juga membawa tema-tema positif mengenai kehidupan remaja yang meliputi persahabatan, keluarga, dan masa depan.

Meskipun di awal saya menyinggung bahwa drama ini cukup realistik, namun level realistik yang mereka berikan selayaknya drama komedi romantis. A Love So Beautiful masih dibumbui dengan adegan klise khas drama dan mengandung banyak elemen mainstream, sehingga plotnya mudah untuk ditebak. Akan tetapi, presentasi mereka mampu memberikan nuansa baru dan segar pada drama ini.

A Love So Beautiful merupakan pilihan saya ketika ingin menonton sesuatu yang ringan dan ceria. Jumlah episodenya pun hanya 24 dengan durasi sekitar 40 menit, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Lalu, satu hal lain yang saya sukai dari drama ini adalah OST-nya, terutama lagu pembukanya. Selama saya menonton 24 episode, saya bahkan tidak pernah skip lagu pembukanya.

Bagi saya A Love So Beautiful merupakan salah satu produksi drama China yang masuk dalam kategori baik. Saya sangat merekomendasikan A Love So Beautiful terutama bagi yang suka dengan komedi romantis ringan khas remaja tanpa plot twist yang membuat frustasi. Jadi, apakah kalian tertarik untuk menonton A Love So Beautiful?

A Love So Beautiful
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram