bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis A California Christmas, Klise Tapi Menarik

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 1 Juni 2021

Dalam mengambil keputusan, ada orang yang mengutamakan logika dan ada juga yang mengutamakan sisi emosional. Yang mengutamakan logika akan mengukur baik dan buruknya sesuatu. Yang mengutamakan sisi emosional biasanya butuh pertimbangan lebih panjang dalam menentukan sesuatu karena menyangkut dengan perasaan.

Memutuskan secara emosional dilakukan Callie di film A California Christmas ketika tanah peternakannya mendapat tawaran untuk dijual. Tapi keputusan itu justru membawanya pada orang yang memberi warna pada hidupnya. Ini drama cinta sederhana yang berangkat dari penjualan tanah peternakan. Review dan sinopsisnya bisa disimak di sini.

Sinopsis

Sinopsis A California ChristmasSumber: i.ytimg.com
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Romantic comedy, drama
  • Produksi: ESX Entertainment
  • Sutradara: Shaun Piccinino
  • Pemain: Lauren Swickard, Josh Swickard, Ali Afshar, David Del Rio, Katelyn Epperly

Joseph Van Aston merupakan pemuda kaya raya anak dari pemilik Van Aston Enterprises. Dia menjalani gaya hidup glamor dan bermain-main dengan wanita. Ibunda dari Joseph yang memimpin Van Aston Enterprises mengalami kesulitan dalam membeli sebuah tanah peternakan di wilayah Petaluma.

Joseph dianggap bisa berguna untuk membuat tanah peternakan yang diincarnya dijual. Untuk memotivasi, Joseph dijanjikan akan diberikan promosi dengan syarat berhasil membuat tanah dijual dalam waktu tiga minggu atau bertepatan dengan Hari Natal. Merasa tertantang dan tergiur oleh janji sang ibu, Joseph menyetujui tawaran dan pergi ke Petaluma.

Callie Bernet adalah seorang wanita pekerja keras yang mengurusi peternakan milik keluarganya. Dia menolak tawaran untuk menjual tanahnya karena menurutnya tanah itu terlalu berharga untuk dijual. Pasalnya, tanah itu menyimpan banyak kenangan bersama ayahnya yang sudah meninggal dan mantan tunangannya.

Dia tinggal di peternakan bersama ibunya yang menderita kanker, Wendy dan adiknya, Hannah. Joseph datang ke peternakan ketika Callie sedang sibuk membantu hewan ternaknya melahirkan. Callie mengira Joseph sebagai Manny, pegawai di peternakan. Joseph pun membantu Callie melakukan pekerjaan dengan harapan akan mendapat kepercayaan penuh.

Sebenarnya, Joseph sama sekali nggak punya pengalaman bekerja di peternakan. Joseph memerintahkan asistennya, Leo, untuk mencari Manny dan membayarnya agar nggak datang ke peternakan. Leo berhasil menemukan Manny tapi Manny meminta banyak persyaratan agar mau tutup mulut. Karena diperintahkan oleh atasannya, Leo setuju menuruti permintaan Manny.

A California ChristmasSumber: hitc.com

Leo terpaksa harus tinggal bersama Manny yang ternyata punya pengetahuan banyak tentang wine. Selain itu, Manny juga dimanfaatkan untuk memberi banyak arahan pada Joseph tentang peternakan. Di sisi lain, Joseph semakin handal dalam melakukan pekerjaannya di peternakan dan mulai merasa nyaman berdekatan dengan Callie.

Keberadaan Joseph di peternakan bukan hanya membuat dia dekat dengan Callie tapi juga dengan keluarga Bernet. Perlahan-lahan Callie mulai menaruh kepercayaan pada Joseph. Callie menunjukkan sebuah ladang anggur yang sudah nggak terurus karena ayahnya meninggal.  Keduanya mulai menyukai satu sama lain.

Mendekati jatuh tempo, Joseph berencana untuk memberi tahu siapa dirinya yang sebenarnya. Sayangnya, dia nggak berhasil mendapatkan momen yang tepat. Dia bahkan mengacuhkan permintaan perkembangan pekerjaan yang diminta oleh ibunya. Merasa diacuhkan, sang ibu memutuskan untuk datang langsung ke peternakan.

Ibu dari Joseph membongkar identitas Joseph pada Callie. Selain itu, dia juga mendesak Callie agar menjual peternakan agar bisa membiayai pengobatan Wendy. Callie bersikukuh dengan menolak tawaran itu dan mengusir Joseph yang meminta pada sang ibu untuk menyelamatkan peternakan. Bagaimanakah kelanjutan kisah Joseph dan Callie?

Plot Sederhana yang Menghanyutkan

Dua karakter utama di film A California Christmas terdiri dari seorang pria kaya raya, playboy, hidup glamor, dan seorang wanita di pinggiran kota yang berhati baik. Kedua karakter itu kemudian perlahan-lahan saling mencintai dan harus melewati rintangan agar cinta mereka bersatu. Karakter dan plot tersebut merupakan cetak biru film romcom yang sudah sering dipakai.

Film ini pun dari segi plot nggak memberikan suatu kejutan dan hasilnya bisa ditebak. Tapi akan sangat nggak adil kalau langsung menyimpulkan film ini sebagai film yang buruk. Pasalnya, film ini justru bisa dikemas sedemikian rupa agar kita bisa merasakan kesan hangat walau bisa menebak ceritanya.

Mungkin kita bisa menebak akhir ceritanya akan seperti apa, tapi kita juga tetap nyaman mengikuti prosesnya sampai akhir. Bukan hal mudah membuat sesuatu yang sederhana dan cenderung pasaran menjadi menarik. Film ini berhasil menyajikan itu kepada penonton. Menonton film ini membawa kita terhanyut begitu saja ke dalam cerita yang mudah dinikmati.

Chemistry Joseph dan Callie

Chemistry Joseph dan CallieSumber: hitc.com

Salah satu elemen yang nggak boleh luput dari film romcom adalah chemistry antara dua karakter utamanya. Film bergenre romcom seharusnya membuat kita gemas dan tersentuh oleh adegan percintaan. Itu hanya bisa dicapai apabila kedua karakter utamanya tampil dengan baik. Di film ini, kedua karakter utamanya berhasil menunjukkan chemistry dengan cemerlang.

Peran Joseph dan Callie di film ini diperankan oleh Josh Swickard dan Lauren Swickard. Dari nama belakang keduanya pun kita bisa mengetahui kalau keduanya adalah pasangan suami-istri di kehidupan nyata. Jadi, nggak heran kalau keduanya berhasil membangun chemistry sebagai Joseph dan Callie. Dari mulai cara menatap, senyum, sampai gestur tubuh terlihat sangat meyakinkan.

Baca juga: Rekomendasi Film Natal Terbaik untuk Mengisi Liburanmu

Unsur Komedi yang Pas

Menonton film romcom yang kental dengan nuansa drama kalau nggak diracik dengan tepat jatuhnya akan membosankan. Sebagai film romcom, A California Christmas nggak tampil membosankan dengan menyisipkan unsur komedi yang pas. Komedi itu terletak pada dua karakter yaitu Leo dan Manny. Kemunculan Manny dalam film mengubah suasana drama menjadi kocak.

Dia meminta untuk tinggal di hotel agar mau tutup mulut dan nggak membongkar penyamaran Joseph. Leo menyanggupi dan menemaninya tinggal di hotel bersama Joseph. Di sana mereka menghabiskan waktu dengan bermain gim dan minum wine. Kemunculan Leo dan Manny bukan hanya asal disisipkan tapi juga berpengaruh besar terhadap kelangsungan cerita.

Judul yang Mengecoh

Ketika mendengar film dengan judul Natal, akan membuat kita terbayang akan suasana Natal di luar negeri. Salju, Santa Claus, kado dan kereta rusa merupakan hal-hal yang ada di dalam pikiran kita. Itu semua nggak muncul dalam film A California Christmas walau menggunakan kata Christmas atau Natal sebagai judul.

Judul mengecoh itu bukan berarti tanpa memasukkan unsur Natal. Tenggat waktu yang Joseph punya untuk bisa membuat peternakan Callie dijual adalah Hari Natal. Jadi ending di film ini pun akan terjadi di hari tersebut. Alih-alih memperlihatkan visualisasi Natal, film ini lebih ingin menyampaikan pesan keindahan Natal dengan caranya sendiri.

A California Christmas merupakan film romcom yang secara cerita masuk ke dalam kategori klise. Tapi klise yang ada justru diubah menjadi cerita yang hangat dan menyentuh. Nggak perlu momen Natal untuk bisa menikmati film ini, ditonton sekarang pun tetap bisa dijadikan tontonan yang menggugah hati. Ayo nonton lalu bagikan kesanmu di kolom komentar, teman-teman!

A California Christmas
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram