bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Komedi Romantis Business Proposal

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
A Business Proposal
3.3
/5

Drama Business Proposal (2022) yang dibintangi Ahn Hyo Seop dan Kim Se Jeong berhasil menghibur banyak penikmat drakor di Indonesia. Tayang perdana akhir Februari, ia langsung berhasil bersaing dengan drama ongoing lainnya.

Bercerita tentang Presdir muda yang kaya yang dituntut kakeknya untuk segera menikah, Tae Moo terpaksa mengikuti kencan buta bersama Young Seo yang sudah diatur.

Kencan Buta tersebut mempertemukannya dengan Shin Ha Ri, yang ternyata hanya menggantikan Young Seo. Tanpa pikir panjang Tae Moo mengajak Ha Ri menikah, tapi semua kacau ketika Young Seo menjelaskan kondisi sebenarnya.

Meski begitu Tae Moo tidak berubah pikiran. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Nantikan terus update-annya melalui artikel ini ya!

Baca juga: Sinopsis & Review Drama Twenty Five Twenty One (2022)

Sinopsis

Kang Tae Moo kembali ke Korea setelah sibuk di luar negeri. Dia langsung menjadi presdir yang baru. Shin Ha Ri yang bekerja di perusahaannya tak pernah menyangka akan bertemu Tae Moo di kencan buta karena menggantikan sahabatnya.

Tae Moo langsung mengajaknya menikah dan urusan semakin runyam. Bisakah mereka meluruskan kesalahpahaman?

Episode 1-2

Episode 1-2

Kang Tae Moo, cucu Kang Da Koo, seorang pemilik perusahaan makanan baru kembali dari luar negeri. Dia kini menjadi Presiden Direktur di perusahaan kakeknya. Pada acara pelantikan semua pegawai antusias melihat Presdir mereka yang baru, termasuk Shin Ha Ri yang bekerja di bagian penelitian.

Sayang, Tae Moo tidak datang dan mengutus sekretarisnya, Cha Soong Hun. Kang Da Koo kesal dengan tingkah cucunya, apalagi Tae Moo memintanya untuk memecat pegawai kesayangannya yang ternyata parasit di perusahaan. 

Kekesalannya segera mereda dan Da Koo akan mengabulkan permintaan itu asal Tae Moo mau mengikuti kencan buta yang sudah disiapkan. Meski awalnya menolak, Tae Moo setuju mengikuti kencan buta dengan putri dari Grup Marine bernama Jun Young Seo.

Jun Young Seo malas mengikuti kencan buta sehingga kembali meminta Shin Ha Ri, sahabatnya, untuk menggantikannya. Dengan imbalan sejumlah uang, gadis itu bersedia. Tiba saat pertemuan, keduanya bertukar kartu nama dan Ha Ri kaget mengetahui kalau pria di hadapannya adalah Presdir yang baru.

Ha Ri mencari cara agar kencan buta itu tidak berhasil. Dia berusaha membuat Tae Moo risih tapi yang terjadi Tae Moo malah terkesan dengan kejujuran dan sikapnya yang berbeda dari gadis lain.

Di kantor, Ha Ri berpapasan dengan Tae Moo, tapi pria itu tidak menyadari kalau dia adalah Young Seo yang ditemui beberapa waktu lalu. Tae Moo malah menyadari kalau Ha Ri adalah pegawai yang membuatnya terkesan karena ide-ide yang dimilikinya.

Tae Moo mengatakan akan menikahi Young Seo pada kakeknya. Kabar ini membuat Young Seo dan Ha Ri bingung. Young Seo lalu memutuskan menemui Tae Moo tapi malah tertarik dengan Soong Hun, begitu pun sebaliknya.

Setelah pertemuan itu Tae Moo minta dipertemukan kembali dengan Ha Ri. Saat bertemu lagi dengan Tae Moo, Ha Ri berusaha kabur, tapi voucher kedai ayam milik orangtuanya malah tercecer.

Tae Moo memungutnya dan mencoba menggunakan itu untuk mengancam Ha Ri. Agar identitas aslinya tidak terbongkar, Ha Ri mengubah namanya menjadi Shin Geum Hui.

Tae Moo membatalkan rencana pernikahan dan terpaksa kembali melakukan sederet kencan buta. Sampai terbang ke Jepang pun, tak ada satu wanita yang mengesankannya.

Lelah dengan keadaan Tae Moo mengaku pada kakeknya kalau dia sudah punya kekasih. Da Koo tentu senang dan minta segera dipertemukan.

Tae Moo kembali menemui Ha Ri dan mengajak untuk pura-pura berkencan sampai menikah. Pria itu bahkan sengaja datang ke kedai ayam milik orangtua Ha Ri untuk menyerahkan kontrak dan profilnya agar tidak terlihat bingung saat bertemu dengan Da Koo.

Ha Ri terus menolak dan Tae Moo juga terus memaksa. Saat itulah adik lelaki Ha Ri, Shin Ha Min, datang dan membuat mereka berada dalam situasi canggung karena keduanya terjatuh sampai saling menempelkan bibir.

Episode 3-4

Episode 3-4

Ha Ri setuju menandatangani kontrak dengan Tae Moo untuk berpura-pura pacaran. Di kantor Ha Ri dan tim membutuhkan seorang koki untuk kolaborasi. Atas rekomendasi Ha Ri, pilihan jatuh pada Min Woo, seorang koki sekaligus teman dan pria yang dicintainya diam-diam selama tujuh tahun.

Ha Ri lalu datang ke cafenya tapi malah melihat Min Woo rujuk dengan Yoo Ra. Ha Ri patah hati dan saat menangis, Tae Moo diam-diam mendengarnya dari balik telepon. Esoknya Ha Ri dan Tae Moo bertemu kakek untuk pertama kali. Tanpa diduga kakek menemukan tiket konser pemberian Min Woo untuk Ha Ri.

Dengan semangat kakek menyuruh mereka segera pergi. Di tempat konser, Ha Ri terbawa suasana sampai menangis, terutama karena mengingat Min Woo. Di sisi lain Young Seo pindah ke apartemen baru dan tanpa diduga bertetangga dengan Sung Hoon. Namun, sikap Soong Hun sangat dingin karena Young Seo pernah menipu Tae Moo.

Sementara itu sebelum berpamitan pulang dan berpisah dengan Tae Moo, mata Ha Ri terkena lemparan bola. Esok harinya mata Ha Ri lebam. Gadis itu berusaha menutupinya sampai-sampai bertingkah aneh ketika berpapasan dengan Tae Moo di kantor.

Ha Ri dan tim melakukan perjalanan dinas untuk keperluan syuting produk kolaborasi dengan koki. Da Koo menyempatkan diri untuk mampir. Tingkah Ha Ri seketika berubah panik melihat kemunculan kakek Tae Moo. Dia sampai membuat Da Koo jatuh di depan toilet dan meninggalkan kesan buruk padanya.

Pulang dari perjalanan dinas, Tae Moo mengajak Ha Ri makan malam merayakan satu tahun hubungan pura-pura mereka yang sudah disiapkan sang kakek. Tae Moo terlihat terpesona karena Ha Ri mengenakan pakaian yang cantik.

Di tempat lain seorang pria penghuni apartemen tampak berusaha mendekati Young Seo, bahkan sampai memberikan hadiah. Soong Hun curiga karena pria berkacamata itu ternyata bisa melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamatanya.

Sehabis makan malam bersama, Tae Moo mengantar Ha Ri pulang. Ha Ri tak sadar dompetnya tertinggal. Tae Moo kembali menuju rumah Ha Ri untuk mengembalikannya tapi terkejut karena adik lelaki Ha Ri memanggilnya dengan nama Ha Ri, bukah Geum Hi seperti yang dia tahu selama ini.

Tae Moo lalu membuka dompet dan terkejut menemukan kartu identitas atas nama Shin Ha Ri. Untuk membuktikan keraguannya dia menelepon Shin Ha Ri. Tanpa kecurigaan di telepon mendadak oleh sang presdir, Ha Ri mengangkat telepon tersebut.

Episode 5-6

episode 5-6 business proposal_

Tae Moo yang akhirnya tahu kalau Shin Geum Hui adalah Shin Ha Ri, mulai menyusun rencana untuk memberi gadis itu pelajaran: dia membuat Ha Ri sangat sibuk hari itu. Tae Moo lalu berencana mengajak Shin Geum Hui ke pesta perusahaannya tapi juga ingin Shin Ha Ri hadir. 

Ha Ri yang begitu tertekan, minum banyak sampai mabuk. Dalam keadaan tidak sadar dia menelepon Tae Moo dan malah membuatnya gelisah. Tae Moo segera menemukannya dalam keadaan mabuk berat. Ha Ri meracau, mengakui lalu meminta maaf kalau Shin Geum Hui adalah Shin Ha Ri.

Pikiran Tae Moo gelisah karena dia merasakan sesuatu yang aneh pada Shin Ha Ri. Untuk meredamnya dia memutuskan “kontrak” dengan Shin Geum Hui dan melakukan perjalanan dinas ke New York. Sayang, berada di New York pun pikiran Tae Moo tetap dipenuhi Ha Ri

Di tempat berbeda Young Seo mengetahui kalau dirinya diam-diam direkam oleh lelaki asing. Saat akan melapor pada polisi, lelaki itu merebut barang bukti. Beruntung Soong Hun segera datang dan mengejarnya. Soong Hun menelepon Tae Moo dari kantor polisi, dan Tae Moo langsung mengajak Ha Ri pergi ke sana.

Tae Moo mengancam lelaki itu karena Ha Ri turut jadi korban. Setelahnya Tae Moo berencana menyatakan perasaan pada Ha Ri tapi yang didapat adalah sebuah presentasi karena gadis itu khawatir dan tak ingin dipecat setelah Tae Moo tahu identitas aslinya.

Tae Moo terus berusaha mengajak Ha Ri berkencan. Dia menyewa satu studio bioskop untuk nonton film dengan alasan pekerjaan. Tanpa diduga, rencananya gagal karena Bu Yeo dan Pak Gye merecoki. Setelah stalking medsos Ha Ri, Tae Moo mendapat ide lain untuk berkencan. 

Ha Ri sampai di lokasi yang ditentukan Tae Moo. Tae Moo sendiri sudah menyiapkan berbagai hal untuk menyenangkan Ha Ri. Ketika keduanya tengah menikmati suasana pantai, Young Seo dan Soong Hun di Seoul mulai semakin intim. Keduanya sampai berciuman.

Keakraban Tae Moo dan Ha Ri terganggu ketika tiba-tiba hujan turun dan membangkitkan trauma pemuda itu atas kecelakaan tragis yang menimpa kedua orangtuanya. Tae Moo meminta Ha Ri turun dari mobil.

Setelah traumanya mereda, Tae Moo kembali mencari Ha Ri lalu menemukannya sedang dalam keadaan terpojok karena bertemu Yoora dan teman lain yang terus bertanya soal kekasihnya. Tanpa diduga, Tae Moo datang dan memperkenalkan diri sebagai kekasih Ha Ri.

Episode 7-8

episode 7-8 business proposal_

Tae Moo menyelamatkan harga diri Ha Ri di depan teman-temannya, termasuk Yoora. Mereka semua kaget melihat Ha Ri punya kekasih yang tampan dan kaya sepertinya. Malam itu Tae Moo dan Ha Ri bersikap seperti sepasang kekasih. 

Di tempat berbeda, Young Seo yang semalam mabuk terbangun di apartemen Soong Hun dalam keadaan linglung. Gadis itu mengingat dengan samar kalau semalam dia dan Soong Hun tidur bersama. Young Seo gugup dan meminta Soong Hun melupakannya.

Sementara itu, Tae Moo terus melanjutkan misinya untuk membuat teman-teman Ha Ri terpesona. Min Woo yang baru datang menunjukkan ekspresi tidak senang ketika mengetahui kalau Ha Ri dan Tae Moo berkencan. Dua pria dewasa itu bersaing menunjukkan kehebatannya dalam memancing.

Pulang liburan, Tae Moo mengungkapkan perasannya pada Ha Ri. Ha Ri tidak kunjung menjawab padahal sudah lewat satu minggu. Keadaan menjadi rumit ketika Kakek Tae Moo kaget mendengar pengakuan cucunya kalau dia sudah putus dengan Geum Hui. 

Young Seo dan Soong Hun sendiri akhirnya saling mengakui perasaan masing-masing. Mereka resmi berpacaran. Hari itu Ha Ri terpaksa menggantikan rekannya melakukan syuting dengan Min Woo. Fokusnya terganggu ketika melihat Tae Moo ada di sana. 

Tae Moo menghampirinya. Di saat bersamaan kakek Tae Moo datang. Ha Ri mendengar kalau kakek Tae Moo akan kembali membuat kencan buta untuk cucunya. Perasaan Ha Ri campur aduk karena dia merasa tidak pantas untuk Tae Moo tapi juga tak bisa membohongi perasannya.

Sejurus kemudian gadis itu mencium Tae Moo, tapi segera membuat pemuda tersebut bingung karena Ha Ri langsung menghindar. Merasa dirugikan, Tae Moo menuntut ganti rugi. Dia ingin Ha Ri menemani makan dan bermain-main di wahana permainan. Tae Moo menikmati kebersamannya dengan Ha Ri.

Kebahagiaan juga sedang memeluk Young Seo dan Soong Hun yang baru resmi pacaran. Mereka menghabiskan waktu dengan hiking. Sayang, kebahagiaan Ha Ri malah harus terganggu arena Min Woo tanpa sengaja menemukan kontrak hubungannya dengan Tae Moo. Min Woo memukul pria itu tapi Ha Ri terkesan membelanya.

Ha Ri merasa bersalah tapi juga ragu karena tak yakin mereka bisa bersama. Namun, setelah mendengar Tae Moo akan dijodohkan dengan sepupu Young Seo, Jo Yu Jeong, Ha Ri menyadari dia tidak bisa kehilangannya.

Episode 9-10

episode 9-10 business proposal_

Sung Hoon menggantikan Tae Moo melakukan kencan buta dengan Yu Jeong. Sepupu Young Seo itu malah tertarik padanya. Sung Hoon sudah menjelaskan kalau dia punya kekasih, tapi Yu Jeong tidak peduli.

Sung Hoon menyembunyikan peristiwa ini dari Young Seo karena tak ingin ada salah paham. Sayang, Young Seo akhirnya tahu dan merasa sudah dibohongi.

Ha Ri sendiri kembali memberi kesan jelek pada Kakek Tae Moo. Pagi itu dia yang tanpa sengaja bersembunyi di toilet pria, terpergok Kang Da Koo yang tidak tahan ingin buang air besar.

Di sisi lain kesalahpahaman antara Sung Hoon dan Young Seo selesai dengan baik. Young Seo dikenalkan pada pengurus panti yang sudah dianggap sebagai ibu oleh Sung Hoon.

Kebahagiaan Young Seo yang sudah dikenalkan pada ibu Sung Hoon tidak terjadi pada Tae Moo. Ha Ri masih belum siap mengenalkan dia ke kedua orangtuanya. Alhasil malam itu ketika Young Seo, Sung Hoon, Ha Ri dan kedua orangtuanya makan bersama, Tae Moo hanya bisa diam-diam menguping dari kamar Ha Ri. 

Menariknya saat pulang Ha Min memergoki mereka. Ha Ri tidak punya pilihan lagi selain mengenalkannya sebagai kekasih. Ketika hubungan Min Woo dan Yoo Ra memburuk karena Min Woo belum siap menikah, Ha Ri dan Tae Moo semakin mesra. Gadis itu mengajak Tae Moo kencan seharian. 

Saat hujan turun, Ha Ri mengingat pembicaraan rekan sekantornya tentang trauma Tae Moo terhadap hujan. Gadis tersebut diam-diam berusaha membuat kekasihnya nyaman.

Tiba waktunya pulang, Ha Ri berbohong pada Tae Moo mengatakan akan bertemu Young Seo lebih dulu. Nyatanya Ha Ri menemui kakek Tae Moo yang sudah menunggu.

Pada pertemuan tersebut Da Koo meminta Ha Ri menjauhi cucunya. Mengetahui kalau kakeknya menemui Ha Ri, Tae Moo segera putar arah. Nahas dalam perjalanan dia kecelakaan.

Episode 11-12

business proposal episode 11-12_

Luka Tae Moo akibat kecelakaan tidak terlalu parah. Ha Ri sempat menjenguknya di rumah sakit tapi Kang Da Koo tetap tidak mengeluarkan restu. Posisi Ha Ri semakin sulit ketika Yoo Ra mengunggah sebuah foto saat Ha Ri bersama Tae Moo. 

Yoo Ra memfitnah Ha Ri sudah mempermainkan dua pria sekaligus, yaitu Tae Moo dan Min Woo. Berita ini sampai viral di kantor dan Da Koo pun meminta Ha Ri mengundurkan diri dari pekerjaannya. Setelah sempat disembunyikan dari Tae Moo pria itu akhirnya mengetahui masalah ini. 

Dia merasa bersalah karena Ha Ri harus menanggung semua omongan jelek banyak orang sendirian. Setelah mencari ke banyak tempat, Tae Moo berhasil menemukan Ha Ri dan mereka menghabiskan malam bersama.

Ketiadaan restu ternyata juga menimpa hubungan Soong Hun dan Yeong Seo. Setelah makan malam bersama, ayah Yeong Seo meminta Soong Hun menjauhi putrinya. Yeong Seo kecewa lalu memutuskan resign dari perusahaan. Demi menghibur kekasih yang sudah dilamarnya, Soong Hun bersedia menjadi investor.

Hubungan Ha Ri dan Tae Moo akhirnya diketahui kedua orangtua gadis itu. Nyonya Han Mi Mo senang karena putrinya punya kekasih kaya sedangkan Shin Joong Hae merasa khawatir. Dia takut latar belakang keluarga Ha Ri yang tidak sebanding menjadi penghalang mereka. Tae Moo berjanji akan melindungi Ha Ri.

Da Koo yang masih tidak merestui hubungan cucunya dan Ha Ri pura-pura sakit. Da Koo berpikir dengan begitu Tae Moo akan mau menuruti semua permintaannya. Saat meminta Tae Moo datang, Ha Ri menawarkan diri karena dia ingin berusaha mendapatkan hati kakek Tae Moo.

Selama menemani Da Koo di rumah sakit Ha Ri memperlakukannya dengan baik dan lembut. Da Koo juga terlihat nyaman tapi gengsi. Keadaan tiba-tiba berubah ketika Da Koo ternyata mengalami sakit serius. Pengobatan pun hanya bisa dilakukan di Amerika.

Tae Moo mengajak Ha Ri ikut bersamanya, tapi gadis itu menolak. Alhasil mereka menjalani hubungan jarak jauh. Ha Ri tidak masalah dengan itu hingga suatu hari dia membaca rumor mengenai kedekatan Tae Moo dengan seorang public figure

Ha Ri hampir menyusul Tae Moo ke Amerika karena kekasihnya itu sulit dihubungi. Sebelum benar-benar pergi Tae Moo secara mengejutkan datang ke Korea lebih dulu. Masalah rumor antara keduanya diselesaikan dengan baik. Di bawah pohon Sakura Tae Moo pun melamar Ha Ri.

Komedi Romantis Klasik, Ringan dan Klise

Komedi Romantis Klasik, Ringan dan Klise

Bagi penyuka drama komedi romantis yang memuat banyak scene-scene konyol yang imajinatif, yang dianggap lucu karena justru dilebih-lebihkan, drama A Business Proposal (2022) akan membuatmu ketagihan.

Drama komedi romantis dengan formula seperti ini sangat hits beberapa tahun lalu. Ia tipikal drama romcom klasik yang kekuatannya ada pada tingkah tak masuk akal yang menggelikan tapi kadang mengganggu.

Fokus utama drama ini ada pada dua orang yang terlibat kencan buta. Kim Se Jeong sebagai Shin Ha Ri diceritakan menggantikan Jun Yeong Seo untuk kencan buta dengan seorang pria, yang ternyata adalah Kang Tae Moo, presdir di perusahaannya.

Singkat cerita, Tae Moo mengetahui kejadian sebenarnya tapi malah menawarkan kontrak pada Ha Ri untuk menjalin hubungan.

Diperankan Ahn Hyo Seop dan Kim Se Jeong, premis A Business Proposal (2022) juga sangat familiar dan seperti sebuah nostalgia yang mengingatkan kita pada drama-drama Korea komedi romantis zaman dulu.

Apalagi drama ini juga bercerita tentang kisah pria kaya dan sempurna dengan gadis pekerja keras dari keluarga sederhana.

Dengan elemen-elemen dan senjata semacam itu, dua episode drama ini bagi beberapa penonton harus diakui drama ini akan sangat klise dan membosankan karena alurnya mudah ditebak dan gak ada sensasi penasaran.

Pasalnya secara garis besar dari segi cerita A Business Proposal (2022) gak punya hal baru yang ditawarkan. Namun, kalau kamu suka dengan cerita yang ringan dan visual yang menawan, ia sangat menghibur.

Visual Efek yang Lucu dan Alur yang Cepat

Visual Efek yang Lucu dan Alur yang Cepat

Di antara elemen-elemen klise yang disuguhkan oleh ceritanya, A Business Proposal (2022) dieksekusi dengan cukup segar. Penambahan visual efek dan penambahan animasi di beberapa scene membuatnya seperti memiliki sedikit sentuhan drama fantasi.

Efek-efek tersebut terlihat lucu terutama ditambah scoring yang pas. Kamu bisa menemukan visual efek yang lucu di beberapa bagian, antara lain scene ketika Shin Ha Ri berganti pakaian secepat sihir

Contohnya ketika scene saat tiba-tiba Young Seo berbunga-bunga dan melihat sekumpulan tanda hati di sekeliling Soong Hun yang tampan atau visual Archaeopteryx mini yang muncul seperti hologram setiap kali Tae Moo menelepon Ha Ri.

Selain itu, dari dua episode perdananya alur cerita juga cukup cepat serta tidak berbelit-belit. Hampir tidak ada scene panjang tanpa dialog karena drama ini cukup ‘berisik’ dari awal. Apalagi bagian yang memperlihatkan kekompakan dan kegilaan Ha Ri serta Young Seo.

Dari departemen akting, Se Jong sangat menarik perhatian. Dia bisa konyol dan menggelikan sekaligus tetap cantik di saat bersamaan.

Sayang, Ahn Hyo Seop tampak masih membawa karakter Ha Ram dari Lovers at The Red Sky (2021), dramanya sebelum A Business Proposal (2022), terutama dari caranya berbicara dan tatapan mata. Penasaran dengan kelanjutan kisah Ha Ri dan Tae Moo?

Tae Moo dan Ha Ri Mulai Pura-Pura Pacaran

Tae Mu dan Ha Ri Mulai Pura-Pura Pacaran

Semua rasanya serba cepat untuk A Business Proposal (2022) karena baru memasuki episode 3 dan 4, hubungan Tae Moo dan Ha Ri sudah meningkat beberapa jenjang dari yang semula tak saling kenal, Tae Moo bahkan sempat merasa tertipu dan dibohongi di epsiode minggu lalu, kini mereka sudah resmi menjadi pasangan palsu.

Alurnya drama ini memang seperti kilat dan terasa sangat klise. Saking cepatnya drama ini, dalam dua episode terbarunya, ceritanya juga sangat cepat berganti. Di episode tiga semua tampak berjalan lancar dan terkendali karena Tae Moo dan Ha Ri mulai melakoni peran palsunya dengan meyakinkan, lalu tiba di episode empat, identitas Ha Ri sudah mulai terbongkar oleh Tae Moo.

Di tengah-tengahnya penonton disuguhi scene-scene konyol dan komikal yang bisa sangat mengesalkan dan bikin gemas. Apalagi ketika Ha Ri berusaha menyembunyikan identitas aslinya dari Tae Moo dan kakeknya.

Ha Ri seolah lupa caranya bersikap normal agar tidak menarik perhatian. Selain itu, bagian yang bikin gemas lainnya adalah tanda-tanda Tae Moo mulai tertarik dengan Ha Ri, yang sedikit demi sedikit sudah diperlihatkan.

Scene paling jelas terlihat ketika Tae Moo terpesona pada Ha Ri yang tengah menjajal gaun untuk makan malam bersama. Dia juga terlihat senang dengan boneka pemberian Ha Ri. Sampai episode 4, Business Proposal (2022) seperti mendaur ulang formula drama rocom zaman dulu menggunakan teknik yang baru, misalnya penambahan animasi dan efek-efek lain yang segar.

Upaya Tae Moo Mendapatkan Ha Ri

upaya tae moo mendapatkan ha ri_

Terungkapnya identitas asli Shin Geum Hui oleh Tae Moo ternyata sama sekali bukan masalah besar karena pemuda itu tetap menyukainya.

Di episode 5 dan 6, Tae Moo justru semakin bucin dan gencar mencari cara untuk mengajak Ha Ri berkencan. Bersiap saja karena kamu akan melihat pemuda itu melakukan hal-hal konyol sekaligus manis di dua episode ini.

Sikap Tae Moo yang manis dan membuat Ha Ri senang ini di satu sisi sebenarnya terasa manipulatif. Dia memanfaatkan ‘kepolosan’ Ha Ri dan dia juga memanfaatkan jabatannya yang lebih tinggi untuk melancarkan usahanya mendekati gadis tersebut.

Selain itu, pada episode 6 terdapat satu scene yang kurang nyaman, yaitu ketika Tae Moo mendadak menurunkan Ha Ri di tengah jalan dalam keadaan hujan karena dia teringat kejadian traumatis di masa lalu.

Young Seo dan Soong Hun Curi Start

curi start_

Sementara itu perkembangan hubungan yang cenderung lebih cepat terjadi pada Young Seo dan Soong Hun. Ketika Tae Moo masih mencari cara menyampaikan perasannya, dua orang itu tanpa sungkan sudah berciuman. Mereka curi start beberapa langkah ke depan!

Hubungan Young Seo dan Soong Hun tidak kalah menarik dan menghibur. Soong Hun yang berusaha jaga jarak dari Young Seo justru merasa tak terima ketika gadis itu ‘mengembalikan’ sikapnya berkali-kali lipat. Young Seo ‘membeli’ apa yang Soong Hun ‘jual’. Di antara dua pasangan ini, mana yang bikin kamu lebih penasaran?

Dua Pasangan Berlayar

dua pasangan berlayar_

Episode 7 dan 8 A Business Proposal (2022) terasa istimewa karena akhirnya dua kapal berlayar dan berbahagia. Young Seo dan Soong Hun yang sempat terlibat salah paham, masing-masing mengakui kalau mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Sementara itu, tarik-ulur lebih intens terjadi pada pasangan Ha Ri dan Tae Moo.

Sebagai pekerja biasa, sulit bagi Ha Ri membayangkan tanggapan orang-orang jika mereka sampai mengetahui hubungannya dengan Tae Moo. Harapan dan standar kriteria pasangan sepadan dan ideal untuk Tae Moo sebagai seorang presdir seperti ikut ditentukan oleh mereka. Di sisi lain, Ha Ri juga tidak bisa membohongi perasaannya.

Alhasil, dua episode A Business Proposal (2022) minggu ini juga berisi kegalauan Ha Ri terhadap perasaannya sendiri. Walau sudah diyakinkan oleh Tae Moo bahwa hal-hal seperti itu tidak akan terjadi, Ha Ri masih belum sepenuhnya yakin. Gadis itu pada akhirnya yakin setelah membayangkan sedihnya kehilangan Tae Moo. 

Bagian akhir episode 8 pun diisi dengan banyak bunga-bunga karena Ha Ri yang ragu berani menyatakan perasannya lebih dulu.

Scene ketika Min Woo tahu ada kontrak antara keduanya menjadi tidak berarti karena Tae Moo dan Ha Ri sungguh-sungguh menjalaninya. Lalu, bagaimana dengan kencan buta yang dirancang kakek Tae Moo? Bagaimana Ha Ri akan menghadapinya?

Konflik yang Dipaksakan

konflik dipaksakan_

Pasca meresmikan hubungannya dengan Tae Moo di minggu lalu, kegelisahan tidak berarti hilang begitu saja dari pikiran Ha Ri. Gadis ini malah terlihat semakin khawatir.

Alhasil, dia belum mengabarkan kebahagiaannya pada siapa pun. Tingkah Ha Ri yang mencoba menutupi hubungannya dengan Tae Moo dari rekan-rekan kerja, sangat konyol dan cenderung membosankan.

Ha Ri yang gelagapan menyembunyikan statusnya dengan Tae Moo dari banyak orang entah kenapa tidak lagi terasa lucu atau menggemaskan. Sampai menjelang berakhir, A Business Proposal (2022) terus menyuguhkan formula berulang untuk memancing tawa. 

Tidak ada hal baru di dua episode minggu ini, kecuali kejutan dari kakek Tae Moo yang tidak merestui hubungan cucunya dan Ha Ri. Selama ini Kang Da Koo terkenal sebagai kakek paling lucu dan baik hati, tapi di episode ini kegelisahan Ha Ri terbukti. 

Sejak menjalin hubungan dengan Ha Ri, restu dari kakek Tae Moo adalah kegelisahannya paling besar. Ha Ri khawatir karena kesan yang ditinggalkan pada Da Koo tidak terlalu baik. Lagi-lagi semua karena tingkahnya yang konyol. Da Koo bahkan sampai menyadari kalau Ha Ri selalu menutupi wajahnya dengan rambut setiap kali bertemu.

Sayang, karena image kakek Tae Moo yang paling lucu sejagat perdrakoran tersebut, konflik ini jadi tidak cocok untuk A Business Proposal (2022). Selain itu keinginan Da Koo melihat Tae Moo menikah juga sangat besar, sehingga rasanya agak kurang pas ketika dia malah bersikap keras seperti itu hanya karena alasan sepele. 

Kesan kakek Tae Moo pada Ha Ri memang tidak terlalu baik, tapi juga tidak bisa disebut berat sampai-sampai masuk akal jika melarang cucunya mengencani Ha Ri. Alhasil masalah restu dan tidak merestui di sini jadi terkesan dipaksakan hingga membuat alurnya semakin terasa kering ide, cheesy dan cliché.

Penutup yang Buru-buru dan Tanggung

penutup yang buru-buru_

Selesai dengan 12 episode saja, ending A Business Proposal (2022) banyak membuat penontonnya kecewa. Pasalnya dalam dua episode terakhir ini ada banyak masalah baru yang dimunculkan dan semuanya belum tuntas. Tidak ada klimaks pada setiap konflik yang dihadirkan sehingga terkesan menggantung.

Lucunya, konflik yang dimunculkan terhitung serius dan potensial untuk dikembangkan karena berhubungan dengan restu orangtua mereka. Tae Moo masih belum pasti mendapatkan restu kakeknya, sedangkan Soong Hun juga diminta menjauhi Yeong Seo oleh ayahnya. 

Tanpa penyelesaian yang jelas, drama ini langsung meringkas waktu dan loncat ke masa satu tahun kemudian. Lompatan timeline dibubuhkan hanya untuk menutup ceritanya dengan bahagia versi mereka masing-masing.

Konflik-konflik serius tadi seolah dihadirkan untuk dibuang begitu saja tanpa emosi berarti. Semua terasa buru-buru dan ditutup dengan begitu saja.

A Business Proposal (2022) berhasil mendapatkan minat penonton yang sangat besar dengan modal cerita cliché yang cheesy dan kodian. Tidak ada yang istimewa dari alur atau konfliknya begitu pun dengan karakter.

Semua racikan dalam drama ini dibuat untuk senang-senang dan hiburan.Meski begitu eksekusinya cukup asyik, alurnya juga cepat dan akting pemainnya memikat, terutama Sejeong sebagai Shin Ha Ri. Drama ini akan cocok jika kamu sudah jenuh dengan plot-plot njlimet atau konflik mendalam yang berlapis-lapis.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram