bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Series 9-1-1 Season 5

Kasus-kasus seru kembali hadir dalam drama seri 9-1-1 yang sudah masuk musim kelimanya.

Para first responder yakni polisi, paramedis, dan pemadam kebakaran kudu menempatkan diri mereka situasi yang paling menakutkan, mengejutkan juga berbahaya untuk menyelamatkan nyawa orang. Sementara itu, mereka juga harus berurusan dengan masalah pribadi mereka.

Baca Juga: Sinopsis & Review Drama Series 9-1-1 Season 4

Serial tersebut masih jadi main plot yang dibuat oleh Ryan Murphy, Brad Falchuk dan Tim Minear. Bukan hanya bahaya saja, dalam drama seri 9-1-1 season 5 ini hampir saja membuat banyak nyawa melayang akibat adanya malfungsi yang terjadi pada sistem internet nasional akibat kasus retas yang jadi pembuka pertama drama prosedural ini.

Sinopsis

911 Season 5_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: September 2021 - Mei 2022
  • Genre: Procedural Drama, Action
  • Produksi: Reamworks Brad Falchuck Teley-Vision, Ryan Murphy Television, 20th Television
  • Sutradara: Ryan Murphy, Brad Falchuk, Tim Minear
  • Pemain: Angela Bassett, Peter Krause, Oliver Stark, Kenneth Choi, Jennifer Love Hewiit

Episode 1 - Panic

911 Season 5_Episode 1 (Copy)

Seluruh kota Los Angeles lumpuh total akibat serangan hacker yang menguasai seluruh sistem di California. Ini membuat mulai dari rumah sakit sampai kebun binatang chaos; para pekerja tidak bisa mengendalikan semuanya. Sang hacker meminta imbalan sebesar $ 25 juta supaya sistemnya dikembalikan seperti semula.

Disaat kekacauan itu terjadi, Athena harus mendatangi pengadilan untuk memberi kesaksian bersama dengan para korban wanita lainnya atas tindak kriminal yang dilakukan oleh Jeffrey Hudson (Noah Hudson).

Naas, sistem di pengadilan mengalami kekacauan dan itu membuat Jeffrey berhasil kabur dan mulai membahayakan para saksi mata dan juga Athena.

Episode 2 - Desperate Times

911 Season 5_Episode 2 (Copy)

Kekacauan akibat peretasan sistem masih dirasakan oleh warga Los Angeles. May yang sedang bertugas menjadi dispatcher 911 mendapat panggilan telepon dari seorang ibu yang kebingungan karena baterai ventilator anaknya mati sedangkan listrik masih belum menyala akibat kacaunya sistem, beruntung May dengan cepat mencari jalan keluar.

Di sisi lain, pencarian terhadap Jeffrey masih terus dilakukan. Penyelidikan dan pencarian mengarah kepada para korban. Namun hasilnya nihil, sampai satu ketika Athena sadar kalau ia merupakan korban dari tindak kriminal Jeffrey. Athena, bersama dengan Bobby langsung bergegas pulang kerumah dan mengetahui bahwa anaknya, Harry, diculik Jeffrey.

Episode 3 - Desperate Measure

911 Season 5_Episode 3 (Copy)

Athena, Michael dan Bobby sama-sama saling bantu untuk menemukan Harry yang telah diculik Jeffrey. Athena sangat khawatir Jeffrey akan menyakiti anak lelakinya tersebut. Beruntung Athena bisa putar otak dan menemukan Jeffrey namun karena pria itu hendak melepas tembakan, Athena menembak Jeffrey lebih dulu hingga meninggal.

Beruntung Athena, Michael dan May mampu menemukan lokasi Harry disekap. Pada saat yang bersamaan kondisi kota akhirnya pulih setelah 4 hari diserang hacker. Hari bahagia itu ternyata tidak dirasakan oleh Howie yang menemukan anak perempuannya ditinggal di pos 118 sendirian sedangkan Maddie pergi meninggalkan mereka berdua.

Episode 4 - Home and Away

911 Season 5_Episode 4 (Copy)

Sebuah kecelakaan besar terjadi pada parade Homecoming dan menewaskan banyak peserta. Salah satunya adalah sepasang sahabat bernama Makayla dan Cassie.

Kondisi muka mereka yang rusak membuat Hen keliru, Cassie yang masih hidup saat ditanya namanya mengucapkan nama Makayla, sehingga Hen mengira dia adalah Makayla padahal Makayla sudah meninggal.

Kepergian Maddie secara mendadak membuat Howie stress dan shock berat. Ia berupaya untuk mencari Maddie namun tetap saja nihil, petunjuk yang ia dapatkan adalah Maddie menarik uang sebanyak $ 20.000 di sebuah Bank di Oxnard.

Uang tersebut merupakan warisan dari mantan suami Maddie, Doug. Ini membuat Howie curiga sesuatu terjadi pada Maddie.

Episode 5 - Peer Pressure

911 Season 5_Episode 5 (Copy)

Seorang pria sangat bersemangat untuk mendapatkan tubuh yang bugar, ia akhirnya membeli sebuah perangkat peraga olahraga untuk mengikuti arahan instruktur.

Karena terlalu bersemangat ia melakukan sit-up sebanyak 300 kali dalam satu waktu sehingga otot badannya kaget dan tidak bisa merespon apapun, beruntung tim 118 bertindak dengan cepat.

Pertemuan May dengan dispatcher legend bernama Claudette (Vanessa Estelle Williams) tidak terlalu mulus. Entah mengapa May selalu dibuat kesal oleh tindakan Claudette.


Ini membuat May naik pitam dan puncaknya saat May mendapat panggilan 911 dari seseorang yang ingin bunuh diri akibat hal bully di sekolahnya, hal yang sama yang pernah May rasakan dulu.

Episode 6 - Brawl in Cellblock 9-1-1

911 Season 5_Episode 6 (Copy)

Kerusuhan besar terjadi di sebuah penjara lokal, akibatnya kericuhan pun terjadi dan membuat banyak kekacauan juga korban.

Para tahanan juga banyak yang berpura-pura menjadi petugas dan menukar baju mereka dengan pengawas tahanan yang sudah mereka lumpuhkan, hasilnya Eddie dan Evan jadi tawanan sementara kru 118 yang lain terjebak di penjara.

Ternyata otak dibalik kerusuhan di penjara adalah Mitchell (Mark Pellegrino), seorang Ayah yang sengaja membuat kekacauan sehingga ia bisa bertemu anaknya, Nolan, yang sedang ada di ICU.

Mitchell kabur untuk memberikan jantungnya pada anaknya yang sekarat. Meski sebenarnya ada hukum yang berlaku, Athen dan atasannya berusaha supaya Mitchell bisa tetap menjadi donor.

Episode 7 - Ghost Stories

911 Season 5_Episode 7 (Copy)

Pencarian Maddie ke seluruh tempat masih terus berlanjut. Howie mendapatkan petunjuk bahwa istrinya itu di Boston setelah mendapat telepon dari Evan bahwa Kakaknya itu sepertinya kembali ke Boston tempat dimana dulu ia tinggal ketika sedang sekolah juga bekerja sebagai perawat di rumah sakit di kota tersebut.

Kru 118 mendapat panggilan dari seorang pria bernama Edgar Hills (Philip Anthony Rodriguez) yang mengatakan dirinya terjebak di dalam tanah karena ia dikubur hidup–hidup, namun ia tidak bisa mengingat siapa pelakunya, sampai satu ketika semua terbongkar.

Istri dari Edgar bekerjasama dengan seorang pria untuk membunuh Edgar supaya seluruh warisan jatuh padanya.

Episode 8 - Defend in Place

911 Season 5_Episode 8 (Copy)

David akan ditugaskan untuk bekerja di rumah sakit lokal di Haiti untuk membantu banyak orang yang membutuhkan. Mendengar hal ini, Michael lantas ingin melamar David sebelum David berangkat. Ia mempersiapkan segalanya dibantu oleh mantan istrinya, Athena dan kedua anak kesayangannya yakni May dan Harry.

Hari H ia akan melamar, rumah sakit tempat David bekerja mengalami kebakaran hebat akibat ledakan tabung oksigen di ruang perawatan anak. Hal ini membuat evakuasi besar-besaran dilakukan.

Di saat yang lain diselamatkan, David dan timnya yang sedang di tengah-tengah operasi menolak untuk dievakuasi mengingat ia tidak bisa kehilangan nyawa pasiennya.

Episode 9 - Past is Prologue

911 Season 5_Episode 9 (Copy)

Seorang wanita yang sedang belajar mengemudi mengalami kecelakaan lumayan parah ketika pipa minyak di jalan raya tiba-tiba jebol dan menyemburkan ratusan galon air ke atas mobil. Akibatnya, sang instruktur terluka karena pena yang ia pegang menusuk dadanya lantaran airbag yang tiba-tiba menggelembung. Beruntung kru 118 datang tepat waktu.

Ibu Hen, Toni, memiliki seorang kekasih selagi dia masih berstatus istri dari Ayah Hen. Bukan tanpa alasan Toni berselingkuh. Ini karena ia tidak bahagia hidup bersama suami sahnya.

Mengetahui hal tersebut, Henrietta mencoba untuk mempertemukan lagi Ibunya bersama kekasihnya dulu, Clive. Awalnya tidak begitu baik namun Hen berhasil mencobanya kembali.

Episode 10 - Wrapped in Red

911 Season 5_Episode 10 (Copy)

Malam natal ternyata tidak semeriah seharusnya. Sepasang ibu bertengkar hebat setelah tahu kalau keduanya diselingkuhi oleh pria yang sama.

Saat hendak kabur karena tidak bisa menjelaskan hal sebenarnya, pria tersebut tertabrak truk parade hingga mengalami patah tulang, selagi di rumah sakit, kedua istrinya terus bertengkar hingga Athena harus turun tangan.

Di tempat lain, sebuah keluarga harus mengalami kecelakaan tepat sebelum hari natal tiba, rumah mereka ambruk dan menimpa sang Ayah. Beruntung tim 118 datang membantu.

Sang anak yang ketakutan kalau Ayahnya meninggal mengingatkan Eddie terhadap Christopher yang selalu khawatir mengenai pekerjaan Ayahnya itu. Eddie pun mengundurkan diri dari pos 118.

Episode 11 - Outside Looking In

911 Season 5_Episode 11 (Copy)

Eddie menjalani pekerjaan barunya menjadi pemadam kebakaran yang bekerja di belakang meja bersama para dispatcher di kantor 911. Eddie melakukan hal tersebut untuk memenuhi keinginan putranya supaya tidak bekerja dalam bahaya lagi.

Namun jiwa Eddie merupakan jiwa petarung sehingga ia sangat tidak betah di belakang meja dan ingin bekerja di lapangan.

Baca Juga: Review & Sinopsis Film Speed (1994) 'Film Lawas Berkualitas!'

Sebuah kejadian seperti film Speed (1994) terjadi, sebuah mobil truk yang ditumpangi oleh sebuah keluarga kecil dibajak. Sang pembajak menaruh bom di mobil yang akan aktif bila kecepatan menyentuh angka 55 km/jam dan akan meledak apabila lebih rendah angka tersebut. Polisi dan pemadam kebakaran pun turun tangan untuk membantu keluarga itu.

Episode 12 - Boston

911 Season 5_Episode 12 (Copy)

Maddie yang kabur menjauh dari keluarganya ternyata ada di Boston. Sebelum ia pergi meninggalkan California, Maddie sempat hendak mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkan diri di laut namun ia menggagalkannya sendiri karena mengingat ada suami dan anaknya juga adiknya yang membutuhkannya. Ia berjanji tidak akan lari lagi.

Saat Maddie sudah sembuh dari masa postpartumnya yang ternyata disebabkan oleh tiroid, ia bertemu dengan Howie yang saat di Boston menjadi relawan 911. Mereka akhirnya berbicara mengenai apa yang terjadi.

Akhirnya Maddie dan Howie rukun dan kembali ke California, meski akhirnya mereka berpisah tapi mereka berjanji akan mengurus Jee-Hyun dengan baik.

Episode 13 - Fear-O-Phobia

911 Season 5_Episode 13 (Copy)

Seorang penyelam amatiran menguji dirinya untuk menyelam dalam sangkar guna melihat hiu putih di laut. Dari awal, pria amatir tersebut sudah ragu, namun sang penyedia jasa menjelaskan bahwa hal itu adalah kesempatan bagus untuk menambah pengalaman hidupnya.

Naas, karena ketakutan, pria yang sudah mulai menyelam naik ke permukaan terlalu cepat sehingga ia mengalami dekompresi.

Di kemudian hari, Perry, seorang penjaga binatang dari sebuah aplikasi menerima pekerjaan dari seorang jutawan yang hendak berlibur ke luar negeri. Ia diminta untuk mengawasi dan menjaga hewan peliharaannya yang berjumlah belasan, hewan tersebut adalah tarantula.

Di awal bekerja semua berjalan dengan baik hingga laba-laba besar itu lepas dan beranak-pinak.

Episode 14 - Dumb Luck

911 Season 5_Episode 14 (Copy)

Sepasang remaja dengan sengaja melepaskan beberapa papan tanda berhenti di sepanjang jalan untuk bersenang-senang. Hasilnya, salah seorang pengendara sepeda terluka akibat papan tersebut melayang dan menancap di sepanjang dadanya.

Hal tersebut membuat Athena mencari pelaku. Saat akan ditangkap kejadian buruk menimpa salah satu remaja nakal itu.

Eddie masih dalam masa traumanya setelah perang dan beberapa kejadian mengenaskan yang hampir membunuhnya, ini membuat Eddie berat hati menerima kenyataan bahwa beberapa orang yang ia selamatkan dulu akhirnya pun meninggal. Sehingga ia merasa perbuatannya sia-sia. Beruntung ada Evan yang menyadarkannya.

Episode 15 - FOMO

911 Season 5_Episode 15 (Copy)

Seorang influencer sedang memamerkan rumah barunya, saat sedang memperlihatkan ruang sauna, ia terpeleset jatuh dan muka nya menempel pada batu pemanas. Hal tersebut disaksikan oleh banyak penggemarnya karena influencer tersebut sedang melakukan live.

Pihak responder 911 awalnya kesulitan mencari alamat rumah influencer tersebut sampai orangtua influencer tersebut melapor.

Seorang ibu mengajak tiga anak perempuannya berjalan-jalan di bukit. Saat berada di puncak, mereka menemukan sebuah spot yang umurnya sudah lama. Saat bermain disana, sang anak hampir terperosok jatuh ke dalam spot tersebut.

Sang ibu akhirnya mendorong anaknya menjauh dan membiarkan dirinya terjatuh. Naas, meski sudah sempat ditolong tim 118, ibu itu tidak selamat.

Episode 16 - May Day

911 Season 5_Episode 16 (Copy)

May masih belum bisa menerima kenyataan bahwa Claudette selalu mengkritik dan selalu mendapat perhatian dari apa yang May lakukan.

Ditambah lagi May harus memilih apakah dia akan menerima undangan USC untuk kuliah disana atau terus bekerja sebagai dispatcher di kantor 911. Semuanya datang beruntun hingga akhirnya May membentak Claudette.

Memanas, May dan Claudette akhirnya mendapat waktu untuk berduaan supaya mereka bisa saling bicara. Disaat bersamaan, kantor 911 mengalami kebakaran hebat. Kejadian yang pernah dialami para tim 118 terjadi lagi, Bobby yang takut kehilangan May, anaknya. Howie yang sempat kehilangan adiknya, Albert dan Evan yang takut kehilangan para timnya.

Episode 17 - Hero Complex

911 Season 5_Episode 17 (Copy)

Kematian Claudette yang tiba-tiba padahal sudah ditangani oleh Hen dengan baik memberikan pertanyaan besar.

Hen lantas mengatakan hal itu pada Howie yang akhirnya mengarah kepada tindakan Jonah, tim paramedis di 118 yang baru, ada kaitannya dengan kematian Claudette dan seorang pria yang kena gigitan Tarantula. Hen lantas menginvestigasi Jonah.

Ternyata apa yang diselidiki oleh Hen benar adanya. Namun Jonah mengetahui bahwa Hen sedang mengawasi dirinya. Ini membuat Jonah menyandera Howie yang adalah teman dekat Hen.

Jonah hampir membunuh Howie namun ia akhirnya kalah akibat perlawanan Howie. Berita akhirnya menyebar dengan cepat dan Bobby merasa bersalah telah menerima Jonah di 118.

Episode 18 - Starting Over

911 Season 5_Episode 18 (Copy)

Toni, ibunda dari Hen, akan segera menikah dengan kekasihnya. Pernikahan tersebut rencananya akan digelar di kediaman Hen dan Karen.

Namun Karen marah mengingat ia harus ikut serta dalam pernikahan ibu mertuanya disaat ibu mertuanya tersebut tidak pernah datang ke pernikahan Hen dan Karen. Merasa bersalah Toni berdamai dengan Karen dan Hen juga Karen dinikahkan kembali.

Bobby merasa frustasi mengenai kejadian yang menimpa dua anak buahnya yang sangat ia sayang, Howie dan Han akibat tindakan kriminal Johan si tim paramedis baru yang bergabung dalam pos 118. Disaat Bobby hendak jatuh kembali ke kecanduan alkoholnya, Eddie datang membuat Bobby tenang dan semuanya kembali seperti sedia kala.

Kembalinya Maddie

911 Season 5_Maddie (Copy)

Ketika Maddie mengandung, baik dirinya dan Howie sangat bahagia. Namun begitu Jee-Hyun lahir, Maddie selalu tampak stress dan lelah. Ia bahkan hampir tak sengaja membuat anaknya itu tenggelam dalam bak mandi karena terlelap sesaat.

Ini membuat Maddie menyalahkan dirinya sendiri hingga ia sempat ingin bunuh diri namun ia akhirnya bertekad untuk ‘sembuh’.

Proses kembalinya tidak mudah, bila saja Howie tidak menjadi relawan 911, kemungkinan besar mereka tidak bertemu. Beruntung, begitu mereka bertemu, hubungan mereka kembali baik meski mereka harus bercerai. Namun dalam episode 18 musim kelima ini, akhir ceritanya mengindikasikan kalau Howie dan Maddie akan kembali. 

Karakter Lain yang Muncul

911 Season 5_Member (Copy)

Untuk mengisi slot kosong di pos 118, Bobby mengizinkan dan menerima masuk dua anggota barunya yakni Lucy Donato (Arielle Kebbel) dan Jonah Greenway (Bryce Durfee). Mereka berdua menggantikan Eddie yang sedang bekerja di kantor 911 dan Howie yang absen sementara untuk mencari istrinya, Maddie.

Dua karakter ini melengkapi anggota baru lainnya di pos 118 yakni Ravi Panikkar (Anirudh Pisharody). Namun hanya dua karakter saja yang bertahan; Ravi dan Lucy. Sedangkan Johan tersingkirkan karena tindak kriminal yang ia buat dalam episode 17.

Namun apakah mereka berdua juga bertahan di pos 118 dalam musim keenamnya yang sedang dalam masa produksi?

Persahabatan Hen dan Howie

911 Season 5_Hen & Howie (Copy)

Setiap member di pos 118 memiliki teman baiknya masing-masing, meski mereka adalah 1 keluarga, tetap saja ada kubu sendiri. Bobby tetap bersama dengan istrinya yakni Athena, Evan berteman baik dengan Eddie dan anaknya, Christopher; dan yang paling legend adalah persahabatan antara Hen dan Howie. Sudah banyak sekali cerita mengenai mereka berdua.

Persahabatan Hen dan Howie pun terlihat lagi dalam episode 17 ketika Hen mencurigai Johan sebagai pelaku atas kematian dua orang lainnya yang sebelumnya berhasil Hen selamatkan.

Di saat yang lain menganggap Hen berlebihan, Howie terus berada di sampingnya apapun yang terjadi. Benar saja, berkat mereka berdua, tindak kriminal Johan terbongkar meski mereka berdua hampir tewas.

Drama 9-1-1 ini akan segera masuk ke dalam musim keenamnya. Tidak heran kalau drama ini terus laku di pasaran dengan rating yang lumayan bagus dan pastinya karena kasus-kasus yang dihadapi oleh (kebanyakan) tim 118 selalu menarik perhatian dan kadang-kadang di luar akal.

Kabarnya tahun 2022 ini season 6 drama 911 akan segera rilis! Kita tunggu saja ya kabar selanjutnya!

9-1-1 Season 5
Rating: 
3.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram