bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Series 9-1-1 Season 4

Setelah gempa bumi dengan kekuatan 7,1 skala richter yang sukses membuat sepanjang pesisir pantai California hancur dan menimbulkan tsunami di Los Angeles, warga kota mulai kembali menata hidupnya. Namun belum lama ini virus Covid19 menyerang sehingga mereka benar-benar kewalahan dengan semua hal yang terus terjadi sepanjang tahun.

Baca Juga: Sinopsis & Review Drama Series 9-1-1 Season 3

Di tengah-tengah pandemi, Athena memutuskan untuk kembali ke lapangan dan berusaha melupakan kejadian yang menimpa dirinya, lantas Maddie yang kehamilannya sudah semakin membesar harus merelakan dirinya berjauhan dengan Howie yang kini tinggal bersama dengan Evan selama pandemi.

Nah, kira-kira apa lagi yang mungkin akan terjadi selanjutnya di drama series 9-1-1 Season 4 kali ini? 

Sinopsis

9-1-1_Season 4_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: Januari 2021 - Mei 2021
  • Genre: Procedural Drama, Action
  • Produksi: Reamworks Brad Falchuck Teley-Vision, Ryan Murphy Television, 20th Television
  • Sutradara: Ryan Murphy, Brad Falchuk, Tim Minear
  • Pemain: Angela Bassett, Peter Krause, Oliver Stark, Kenneth Choi, Jennifer Love Hewiit

Episode 1 - The New Abnormal

9-1-1_Season 4_Episode 1 (Copy)

Los Angeles dikenal dengan gempanya yang kerap terjadi mengingat letaknya yang membentang diantara dua lempeng. Gempa kecil yang terus terjadi itu membuat bendungan Hollywood Reservoirs bocor dan ambruk menumpahkan jutaan galon air menuju pemukiman warga.

Semua operator 911 siap siaga menerima telepon untuk bantuan, salah satu operator baru 911 adalah May, anak Athena.

Air dari bendungan yang roboh juga membuat dinding bukit jadi tidak stabil. Salah satu bukit yang paling rapuh adalah Hollywood Hills.

Semua penduduk yang bermukim di area tersebut sudah mengungsi, namun salah satu warga bernama Sylvia enggan keluar dari rumah karena ia punya serangan panik apabila keluar rumah, ini membuat Athena harus membujuk warga tersebut, saat bukit mulai bergerak.

Episode 2 - Alone Together

9-1-1_Season 4_Episode 2 (Copy)

Athena dan Sylvia terjebak dalam kediaman Sylvia yang semakin lama semakin miring dan runtuh ke bawah bukit. Saat mencoba menelpon 911, Maddie mencoba untuk mencari cara untuk menyelamatkan Athena, namun sambungan telepon diambil alih oleh May yang mengatakan bahwa Ibunya harus keluar meninggalkan Sylvia yang terjebak.

Maddie dan Athena marah bukan main dan May dibebastugaskan. Disisi lain, Evan dan Howie harus menyelamatkan seorang bayi yang terjebak di rumah yang tenggelam oleh lumpur.

Saat menyelamatkan bayi, ternyata ada 4 orang Ibu lainnya di dalam rumah itu. Ternyata rumah itu merupakan rumah bandar bayi. Saat genting itu, salah satu ibu melahirkan dibantu oleh Howie.

Episode 3 - Future Tense

9-1-1_Season 4_Episode 3 (Copy)

Hen memulai kuliah kedokterannya, ia mengalami banyak hal apalagi saat ia bertemu dengan partner kuliahnya yakni Sydney yang terus menerus menekan Hen.

Ini membuat Hen marah besar sehingga ia menanyakan apa penyebabnya, lantas Sydney menjelaskan mengapa ia sangat terobsesi untuk menjadi dokter karena sebuah hal yang membuat Hen terenyuh.

Evan diam-diam mendatangi seorang psikiater untuk menangani rasa sendiriannya, begitu Maddie mengetahui hal tersebut, Maddie panik dan menanyakan ada apa dengan adiknya itu.

Ia berpikir kemungkinan ada kaitannya dengan didikan orang tuanya yang kurang benar di masa lalu, ini membuat dirinya yang tengah mengandung jadi paranoia karena berpikir tidak bisa menjadi orang tua yang baik juga.

Episode 4 - 911, What’s Your Grievance?

9-1-1_Season 4_Episode 4 (Copy)

Seorang wanita paruh baya menelpon operator 911 untuk mengadukan bahwa tetangganya tidak bertingkah baik, May yang saat itu menjadi dispatcher untuk wanita ini memberitahu bahwa pengaduan tersebut bukan sesuatu yang darurat.

Namun ketika wanita itu akan membuat keadaan menjadi darurat supaya pengaduannya di respon, ia meninggal. Athena pun turun tangan.

Maddie menyimpan sesuatu hal yang seharusnya ia bicarakan pada Evan, namun ia tidak tahu harus memulai darimana. Hal ini pun menyangkut kedua orang tuanya yang tidak pernah akur dengan mereka berdua.

Saat orang tua mereka kembali setelah mengunjungi Maddie dan Evan, tanpa sengaja Evan membongkar rahasia yang Maddie dan orang tuanya simpan selama ini.

Episode 5 - Evan Begins

9-1-1_Season 4_Episode 5 (Copy)

Rahasia yang selama ini disimpan oleh Maddie dan kedua orangtuanya adalah bahwa Evan sebenarnya memiliki seorang kakak bernama Daniel, namun ia meninggal karena leukimia yang dideritanya. Kedua orang tua Maddie dan Evan lantas terus berduka akan hal itu, begitu Evan lahir, rasanya semua tidak pas dan Evan kerap menjadi korban perasaan.


Begitu Evan mengetahui hal itu, ia marah besar pada kedua orang tuanya juga Maddie. Dia benar-benar tidak percaya mereka menyembunyikan hal tersebut selama ia hidup. Akhirnya kedua orang tua Evan meminta maaf, dan Evan memaafkannya juga terhadap Maddie yang merasa menyesal karena menyembunyikan hal tersebut dari Evan.

Episode 6 - Jinx

9-1-1_Season 4_Episode 6 (Copy)

Tim 118 punya satu hal yang dianggap kutukan, yakni apabila seseorang mengatakan bahwa pos sedang ‘sepi’, maka rentetan kejadian akan terus terjadi di pos 118. Ini mengapa mereka tidak pernah menyebutkan atau bahkan memikirkan kata tersebut.

Namun satu kali, ada seorang probie atau anak magang yang baru saja ditempatkan di pos 118 dan menyebut kata terlarang itu.

Alhasil banyak kejadian yang bertubi-tubi datang mulai dari hal konyol sampai hal serius semuanya berurutan. Kejadian tersebut membuat tim 118 kewasalahan. Mereka harus terjebak di truk pemadam karena tiba-tiba tiang listrik jatuh tepat ke atas truk, hingga truk 118 dicuri orang hingga para polisi harus turun tangan.

Episode 7 - There Goes the Neighbours

9-1-1_Season 4_Episode 7 (Copy)

Hen kedatangan Ibunya yang sudah lama tidak bertemu. Hen memiliki riwayat buruk dengan Ibunya karena menganggapnya sebagai orang yang selalu menekan dan menghancurkan impiannya bak buldozer. Ibu Hen datang dengan dalih pindah ke wilayah tempat Hen tinggal, namun Hen dan istrinya, Karen, menemukan sesuatu hal mengapa Ibunya pindah.

Michael sedang tidak baik-baik saja, pandemi membuat ia kehilangan banyak projek, untuk mengisi waktu luangnya, ia bermain-main dengan teleskop dan melihat-lihat apa yang tetangganya lakukan.

Satu kali ia menemukan salah satu tetangganya sangat mencurigakan, penasaran, ia pun mengajak kekasihnya, David dan Bobby untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Episode 8 - Breaking Point

9-1-1_Season 4_Episode 8 (Copy)

Sepeninggalan istrinya, Eddie akhirnya berani untuk membuka hatinya lagi. Ia jatuh hati pada seorang guru Bahasa Inggris di sekolah anaknya belajar yang bernama Anna. Namun Eddie bingung bagaimana memberitahu Christopher kalau dirinya sedang dekat dengan orang lain, ia khawatir kalau anaknya itu berpikir bahwa Eddie telah melupakan Ibunya.

Sebelas dua belas dengan Eddie, Evan pun mencoba untuk dekat dengan orang lain namun acara kencannya berakhir gagal, parahnya gadis yang ia ajak kencan tinggal 1 gedung apartemen dengannya.

Saat mencoba untuk meminta maaf untuk tidak saling awkward saat berpapasan, Evan mengetahui bahwa gadis tersebut sudah dikencani oleh Albert, adik Howie.

Episode 9 - Blindsided

9-1-1_Season 4_Episode 9 (Copy)

Sebuah kecelakaan besar di jalan tol 701 melibatkan banyak korban terluka dan tewas; hal itu terjadi akibat kelalaian seorang pengendara mobil yang mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk,

Akibatnya sang pengemudi yang adalah seorang ibu mengalami kebingungan parah. Anaknya, Jacob, sudah meminta Ibunya untuk berhenti bahkan meminta bantuan 911 namun nihil.

Di hari yang sama, Howie mendapatkan kabar bahagia bahwa Maddie sudah siap melahirkan. Maddie berhasil melahirkan seorang bayi perempuan dan Howie merasa hidupnya lengkap. Ada Maddie, anaknya yang baru saja lahir dan Albert, adik Howie.

Namun perasaan itu kandas ketika tahu bahwa Albert ternyata menjadi salah satu korban kecelakaan jalan tol 701

Episode 10 - Parenthood

9-1-1_Season 4_Episode 10 (Copy)

Hen dan Karen menghadapi kenyataan bahwa mereka harus mengembalikan anak yang mereka adopsi mengingat Ibunya sudah dalam keadaan yang baik, Hen stress bukan main begitupun Karen.

Hen berkali-kali mengatakan pada Karen kenapa Karen bisa begitu tenang menghadapi masalah tersebut, namun Karen mengatakan bahwa anak yang mereka adopsi masih memiliki Ibu sah.

Dunia baru Maddie dan Howie menjadi orang tua bukan main sulitnya. Apalagi di kediaman mereka ada Albert yang masih dalam proses pemulihan; sehingga mereka berdua seperti memiliki dua anak.

Namun beruntung ada Anne, Ibu dari teman dekat Howie yang meninggal belasan tahun lalu. Howie merasa beruntung memiliki Ibu seperti Anne meski dia bukan Ibu kandungnya.

Episode 11 - First Responder

9-1-1_Season 4_Episode 11 (Copy)

Athena menanggapi panggilan atas hilangnya seorang gadis bernama Tracie. Ternyata hilangnya gadis tersebut ada hubungannya dengan kasus tabrak lari Sue Blevins, atasan Maddie dan Josh di kantor 911. Josh yang merasa berhutang budi pada Sue lantas ingin mencari siapa pelaku tabrak lari itu. Usaha Josh dibantu oleh para polisi dan tim 118.

Hasil kerjasama itu membuahkan hasil, Evan meminta bantuan seorang penyiar yang sedang dekat dengannya untuk memberitakan kasus tabrak lari berikut nomor polisi yang sempat diingat oleh Sue.

Hasilnya seluruh warga Los Angeles saling bantu. Berjam-jam pencarian setelah Sue ditabrak, akhirnya pelaku ditemukan bersamaan dengan gadis yang hilang.

Episode 12 - Treasure Hunt

9-1-1_Season 4_Episode 12 (Copy)

Seorang penulis novel ternama memalsukan kematiannya dan menimbun harta karun seharga 5 juta dollar yang disimpan di sebuah tempat rahasia.

Ia lantas memberitakan hal itu kepada publik yang mengakibatkan seluruh warga kota Los Angeles berlomba untuk mendapatkan harta karun tersebut tanpa memikirkan resiko; mulai dari menggali di properti orang lain sampai melukai diri sendiri.

Para first responder yang awalnya tidak tertarik jadi ikut tertarik untuk mendapatkan harta tersebut. Bobby bekerjasama dengan istrinya, Athena, lantas Howie bersama Hen, Eddie bersama dengan Evan.

Masing-masing mencari informasi mengenai keberadaan harta tersebut, namun sebuah kenyataan yang mereka temukan ternyata mengejutkan mereka semua.

Episode 13 - Suspicion

9-1-1_Season 4_Episode 13 (Copy(

Seorang perempuan yang hendak melangsungkan pernikahan marah besar ketika tahu detail pernikahannya bocor ke publik sehingga ia tidak bisa lagi memberi kejutan.

Maka dari itu melakukan tes kardiograf untuk mengetahui siapa pelaku di antara teman-temannya. Mesin yang dipakai untuk tes ternyata korslet dan membuat sang mempelai tersengat listrik.

Tim 118 mendapat laporan bahwa ada seorang ibu yang terjatuh dari balkon, sedangkan anaknya tidak bisa menolong karena ia harus diisolasi mengingat ia mengidap autoimun.

Begitu selesai ditolong, ternyata Eddie menemukan bukti bahwa ternyata anak itu tidak sakit namun dipaksa sakit oleh Ibunya. Begitu akan dibawa ke rumah sakit, Eddie tiba-tiba ditembak dari kejauhan.

Episode 14 - Survivors

9-1-1_Season 4_Episode 14 (Copy)

Seluruh tim pemadam kebakaran menjadi sasaran tembak sniper misterius. Setelah Eddie, ada petugas pemadam lainnya yang terkena tembakan. Hal ini membuat geger semua anggota Los Angeles Fire Department (LAFD), mereka bahkan sampai harus dikawal oleh tim S.W.A.T. untuk bekerja menangani kasus darurat.

Athena dan beberapa detektif terlibat dalam pemecahan kasus tersebut dan berhasil menangkap satu anggota sniper sedangkan yang lain buron.

Satu waktu, ada panggilan untuk tim 118 guna memadamkan kebakaran. Ternyata itu merupakan settingan dari sniper untuk memancing petugas pemadam masuk. Sialnya Bobby yang saat itu bertugas dan kena tembak.

Keresahan Athena

9-1-1_Season 4_Athena (Copy)

Dalam season yang pertama, anak dari Athena yakni May hampir sempat meninggal karena mencoba untuk bunuh diri. Athena berpikir kalau hal tersebut dipicu oleh hubungannya dengan suaminya yang kandas dan akan segera bercerai.

Athena sangat menyesali hal tersebut terlebih lagi obat yang diminum May merupakan obat milik Athena sehingga rasa sesal Athena berlipat-lipat.

Ternyata alasan May ingin bunuh diri karena ia dirundung oleh teman kelasnya bernama Laila. Berbulan-bulan kemudian setelah May lulus, Laila mencoba untuk menghubungi May lagi dan May mau berkomunikasi dengannya, namun Athena yang tahu hal itu murka bukan main.

Awalnya May heran kenapa Ibunya itu marah sekali, namun ia sadar bahwa Ibunya khawatir padanya.

Rasa Trauma Evan

9-1-1_Season 4_Buck (Copy)

Sedari kecil hingga dewasa, Evan selalu sendirian. Evan yang rebel kerap melawan orang tuanya dan ingin ikut dengan Maddie guna pergi dari kota. Namun itu tidak berhasil, awalnya Maddie ingin pergi bersama Evan tapi Doug selalu mengancamnya. Akhirnya Evan selalu kehilangan orang yang ia sayang. Bahkan orang tuanya pun dirasa meninggalkan dirinya.

Pada episode 13, saat Evan dan Eddie menolong seorang anak yang menelepon 911, Eddie tertembak tepat di depannya. Hal tersebut membuat Eddie tersungkur jatuh dan Evan hanya bisa melihatnya karena sniper masih terus menembakan peluru.

Rasa trauma Eddie ditinggal orang yang ia sayang kembali lagi. Ia benar-benar takut akan kehilangan Eddie juga.

Episode Paling Menyentuh

9-1-1_Season 4_Cases (Copy)

Dari 14 episode yang tayang, ada dua episode yang paling menyentuh yakni episode 9 yang menceritakan kelahiran anak Maddie dan Howie. Maddie memberi nama anak mereka Jee-Yun Buckley Han yang diambil dari nama Ibu kandung Howie. Disaat bahagia itu, Albert, adik Howie terlibat kecelakaan besar dan hampir meninggal.

Episode lainnya adalah episode 10 dengan judul parenthood; dimana semua cerita di dalam episode itu berputar pada cerita atau kasus yang berhubungan dengan keluarga. Dimulai dari Hen dan Karen yang harus mengembalikan anak gadis yang sudah mereka rawat dari bayi sampai kasus Evan dengan orang tuanya.

Drama 9-1-1 season keempat ini lumayan banyak membahas kasus personal dari main character ketimbang kasus besar yang biasanya mereka tangani.

Kasus-kasus yang dihadapi oleh para first responder hanya kasus ringan saja hingga masuk ke episode terakhir dimana Eddie jadi sasaran tembak. Semoga di season berikutnya ceritanya jadi semakin oke ya!

9-1-1 Season 4
Rating: 
3.4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram