bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film 47 Meters Down, Terjebak Bersama Hiu

Film Jaws, Deep Blue Sea, The Meg dan lainnya merupakan beberapa film paling laris manis di pasaran dengan menjual cerita mengenai serangan hiu besar yang mengancam keselamatan banyak orang. Kali ini datang lagi film dengan premis serupa yakni 47 Meters Down yang tokohnya diperankan oleh si bintang cantik Mandy Moore.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Deep Blue Sea (1999)

Film ini menceritakan tentang petualangan kakak beradik yang sedang berlibur dan ingin mencoba pengalaman baru untuk melihat hiu dari dekat dengan masuk ke sebuah boks besi berteralis yang nantinya akan dimasukan ke laut sehingga mereka dapat melihat hiu putih dari dekat tanpa merasa takut karena adanya pelindung besi tadi. Nyatanya, tidak seperti yang diharapkan.

Sinopsis

47 Meters Down_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Thriller
  • Produksi: The Fyzz Facility, Dragon Root, Flexibon Films, Lantica Pictures
  • Sutradara: Johannes Roberts
  • Pemain: Claire Holt, Mandy Moore

Lisa (Mandy Moore) dan Kate (Claire Holt) adalah sepasang kakak beradik, mereka sedang dalam liburan patah hati karena Lisa yang baru saja putus dengan kekasihnya sehingga ia murung. Melihat saudaranya seperti itu, akhirnya Kate mengajak Lisa mulai berpetualang ke Meksiko. Mereka menikmati liburan mereka bahkan bertemu pria lokal yang mengajak mereka untuk bersenang-senang.

Dua pria lokal yang bertemu dengan Lisa juga Kate mengajak kayak beradik itu untuk pergi ke laut lepas guna melihat hiu putih yang selalu berenang di kawasan tersebut. Cara menontonnya pun agak berbeda karena mereka akan dimasukan ke dalam sangkar selam yang berteralis besi sebelum nantinya dimasukan ke laut untuk melihat hiu putih dari dekat.

Lisa sebenarnya sudah berat hati karena Lisa merasa was-was dengan para pria tersebut khususnya sang kapten kapal. Sebelum mereka diturunkan ke dalam laut, sang Kapten yang bernama Taylor (Matthew Modine) menanyakan apakah mereka mahir menyelam. Kepalang tanggung sudah di tengah laut, Kate yang adalah penyelam bersertifikat berbohong dengan mengatakan Lisa pun berpengalaman. 

Merasa semua sudah oke, Lisa dan Kate pun masuk sangkar besi; mereka dibekali mask dan tabung oksigen dan mulai diturunkan ke dalam laut tanpa mereka tahu kabel penahan sangkar itu sudah usang dan berkarat dan mulai longgar perlahan. Tak lama berada di dalam laut, Lisa dan Kate pun dibuat takjub dengan adanya hiu putih berjumlah banyak yang kini mulai mengelilingi mereka.

Belum lama mereka menikmati pemandangan tersebut, kabel penahan sangkar itu putus membuat sangkar itu tenggelam menjebak Lisa dan Kate yang masih ada di dalam. Sangkar itu terus masuk ke dalam laut sampai di titik kedalaman 47 meter. Ini membuat jangkauan radio yang terhubung dengan mereka berdua dengan kapal tidak berfungsi.

Kate akhirnya mencoba untuk berenang ke atas permukaan supaya gelombang frekuensi radio bisa ia dapat guna berkomunikasi dengan kapal. Begitu mendapatkan sinyal radio, Kate lantas memberitahu keadaan mereka di bawah kepada Kapten Taylor.

Mendengar hal itu, Kapten Taylor lantas mengatakan bahwa salah satu dari pria lokal yang bernama Javier (Chris J. Johnson) akan turun dengan kabel winch cadangan untuk dipasang ke kandang. 

Kapten Taylor juga mengingatkan Kate untuk kembali ke kandang karena ada banyak hiu yang berdekatan dengan mereka. Saat akan kembali ke kandang, Kate mulai kehabisan oksigen.

Mengetahui hal tersebut, Lisa jadi ikut keluar kandang untuk menyelamatkan saudaranya tersebut juga supaya mendapatkan perhatian dari Javier yang sedang berenang menuju mereka. Lisa takut bukan main ketika ada seekor hiu yang mencoba menyerangnya namun beruntung ia bisa selamat.

Karena sempat berkejaran dengan hiu yang mencoba menyerangnya tadi, Lisa jadi kehilangan arah untuk kembali ke kandang. Beruntung Javier menemukannya dan segera mengantarnya kembali ke kandang.

Belum lama memulangkan Lisa ke sangkar, Javier diserang dan tewas dibunuh oleh hiu putih besar. Lisa menjadi semakin ketakutan, ia segera mengambil pistol tombak dan kabel yang semula sudah dibawa Javier. 

Tak lama, kabel pun terpasang ke sangkar dan perahu mulai menarik sangkar itu ke atas. Sial, lagi-lagi kabel cadangan itu putus membuat sangkar besi itu kembali ke dasar laut. Kaki Lisa yang sempat keluar dari kandang terjepit saat sangkar menghantam dasar laut, luka besar kini menganga dan darah Lisa tersebar kemana-mana menarik hiu-hiu lainnya mendekat. 

Sebelum itu terjadi Kate sudah sempat keluar untuk mendapatkan sinyal radio lagi untuk berkomunikasi dengan kapal. Kapten Taylor segera mengirim tangki udara lagi ke dalam laut dan mengatakan bahwa penjaga pantai baru akan sampai satu jam lagi. Ia memperingatkan bahwa tangki kedua yang mereka dapatkan bisa menyebabkan narkosis nitrogen, yang dapat menyebabkan halusinasi. 

Kate juga mendapatkan tiga suar untuk memberi sinyal kepada penjaga pantai nanti. Namun begitu akan kembali ke sangkar, ia diserang hiu dan hilang, Lisa sedih bukan main namun ia harus tetap hidup.

Ia akhirnya menggunakan tombak untuk meraih tangki udara untuk mendapatkan lebih banyak udara. Ia juga berusaha untuk melepaskan diri dari sangkar tersebut dan berhasil. Ia segera berenang ke permukaan setelah bertemu lagi dengan Kate.

Saat menuju 20 meter, Kapten Taylor mengingatkan mereka bahwa mereka harus menunggu lima menit untuk dekompresi dan menghindari cedera otak. Saat mencoba untuk menunggu di dalam laut, hiu-hiu mulai mendekati mereka dan mulai menyerang Lisa dan Kate yang hampir berhasil mencapai perahu. Meski sempat diserang, Lisa dan Kate akhirnya selamat.

Begitu memejamkan mata, ternyata Lisa selama ini berhalusinasi akibat narkosis nitrogen. Ia masih  berada di dasar lautan dengan keadaan kakinya terjepit di bawah sangkar. Ia sendirian, tidak ada tanda-tanda dari Kate pergi.

Tak lama kemudian, penyelam dari penjaga pantai datang untuk membebaskan Lisa ke permukaan. Lisa perlahan sadar dan baru menyadari  bahwa saudara perempuannya sudah tidak ada karena dibunuh oleh hiu putih besar.

Ending Epic

47 Meters Down_Thrill (Copy)

Menjadi 10 menit akhir yang paling tidak bisa diduga. Jalan cerita film ini benar-benar membuat kita para penontonnya menganga karena tidak percaya dengan realita yang sebenarnya terjadi pada Lisa. Bagaimana tidak? Rasa lega yang kita dapatkan begitu mengetahui Lisa dan Kate selamat harus tiba-tiba lapur ketika mengetahui bahwa itu hanyalah halusinasi yang dialami Lisa.

Nyesek sekali sih mengetahui selama perjalanan cerita yang kita saksikan ternyata perjuangan hidup tipu-tipu. Padahal kita sudah ikut mules melihat Lisa dan Kate yang tidak bisa kemana-mana, gelap, di dasar laut dingin dan juga dikelilingi hiu putih ganas yang siap mengunyah mereka berdua dalam sekejap. 

Thrill!

47 Meters Down_Ending (Copy)

Buat saya pribadi, Johannes Roberts - sang sutradara, berhasil membuat film ini penuh dengan adegan super tense. Banyak nih adegan-adegan yang sama sekali tidak kita siap untuk tonton, sepertinya munculnya hiu begitu angle kamera berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Begitu juga saat Lisa terjepit sangkar dan mengalami cedera parah sehingga para hiu tertarik dengan darah yang keluar dari kaki Lisa.

Dari sekian banyak adegan menegangkan yang ada di dalam film 47 Meters Down ini, adegan paling breathtaking adalah ketika Lisa dan Kate sempat berhasil untuk mengangkat kembali kandang menggunakan kabel cadangan namun tak lama kemudian akhirnya putus sehingga mereka berdua harus kembali lagi ke dasar laut. Wah, serius, ikut sesak nafas juga jadinya!

Sekuel

47 Meters Down Uncaged_Poster (Copy)

Film ini memiliki sekuel yang berjudul 47 Meters Down: Uncaged yang tayang di tahun 2017. Ceritanya ya masih sama-sama saja sih tentang serangan hiu yang membahayakan beberapa orang.

Apabila film ini mengambil setting di laut lepas, maka sekuelnya mengambil setting di sebuah gua kuno yang makin bikin kita, para penonton, jadi makin pening untuk menontonnya. Sudah dikejar hiu, terjebak di gua sempit pula. 

Film ini masuk ke dalam nominasi 44th Saturn Awards dalam kategori Film Horor Terbaik tahun 2018. 47 Meters Down ini juga berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar $ 62.6 juta dari semua penayangannya di seluruh bioskop dunia. Film ini mendapatkan rating sebesar 2.8/5 dari Bacaterus. 

47 Meters Down
Rating: 
2.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram