bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film 47 Meters Down: Uncaged (2019)

Kalau kalian sebelumnya sudah menonton film berjudul sama yakni 47 Meters Down yang tokohnya diperankan oleh Mandy Moore dan Claire Holt, maka inilah sekuelnya. Namun demikian, tidak ada lagi pemeran sama yang kembali lagi ke dalam film ini; yang sama hanyalah sang sutradara yaitu Johannes Roberts.

Baca juga: Daftar Film Tentang Serangan Hiu Terbaik Sepanjang Masa

Film 47 Meters Down: Uncaged kali ini masih mirip-mirip dengan film dahulunya. Menceritakan beberapa grup gadis muda yang penasaran dengan satu situs cagar alam yang baru saja ditemukan oleh para peneliti bawah laut. Rasa penasaran itulah yang akhirnya menyeret para rombongan gadis muda itu terjebak di dalam situs tersebut bersama hiu purba ganas.

Sinopsis

47 Meters Down Uncaged_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: The Fyzz Facility
  • Sutradara: Johannes Roberts
  • Pemain: Sophie Nélisse, Corinne Fox, Brianne Tju, Sistine Stallone, Davi Santos, John Corbett

Mia (Sophie Nélisse) dan saudara tirinya, Sasha (Corinne Foxx) merupakan siswi baru di sebuah sekolah putri setelah kepindahan mereka bersama Ayah Mia, Grant (John Corbett) ke Meksiko. Di saat Sasha sudah mulai bergaul dan memiliki beberapa teman dekat, lain cerita dengan Mia yang kerap dirundung karena pendiam dan tidak bisa bersosialisasi.

Satu kali, Mia didorong oleh siswi lain ke sebuah kolam renang di sekolah, namun Sasha tidak melakukan apapun untuk defense adik tirinya tersebut. Sesampainya di rumah, Grant yang mengetahui hal tersebut langsung mencari cara bagaimana supaya mereka akur dengan inisiatif merencanakan perjalanan dengan perahu wisata untuk melihat hiu putih besar.

Sebelum hari H, Grant memberikan potongan gigi hiu putih sebagai hadiah untuk Mia sembari  menceritakan pengalaman Grant ketika dirinya dan Mia biasa menyelam bersama

Keesokan harinya begitu akan masuk ke perahu wisata, Mia melihat siswi yang tempo lalu mendorongnya ke kolam bersama dengan teman-temannya. Ini membuat Mia menjadi kecil hati, namun kali ini Sasha tidak tinggal diam.

Ia mengajak adiknya itu untuk bersenang-senang bersama teman-teman Sasha; Alexa (Brianne Tju) dan Nicole (Sistine Stallone) ke sebuah tempat rahasia daripada harus stuck bersama grup rusuh itu.

Berangkatlah mereka ke sebuah laguna yang letaknya sangat terpencil. Alexa mengatakan bahwa laguna tersebut menyimpan sesuatu yang spektakuler yakni sebuah kota suku Maya yang terendam di bawah laguna ratusan abad yang lalu.

Kekasih Alexa, Ben (Davi Santos) yang juga adalah asisten Ayah Mia dan Sasha pernah mengajak Alexa ke dalam kota bawah air itu. Tak heran kalau di atas dek laguna terdapat alat selam yang akan digunakan para arkeolog rekanan Ayah Mia yang akan datang mengunjungi situs tersebut minggu depan.

Berhubung mereka semua mendapatkan cukup peralatan selam yang disiapkan oleh Ayah Mia untuk para arkeolog tadi, para gadis tersebut akhirnya memutuskan untuk mengunjungi tempat yang dimaksud Alexa.

Semuanya berjalan dengan sempurna, sampai salah satu orang dari antara mereka yaitu Nicole, mengabaikan peringatan Alexa untuk tetap bersama. Ia penasaran dengan seekor ikan gua yang bentuknya aneh, mencoba mendekati, ikan itu kaget dan mengarah pada Nicole.

Nicole yang juga terkejut tak sengaja menabrak pilar batu besar, menyebabkan reaksi berantai, runtuhnya semua pilar di pintu masuk situs. Akibatnya lumpur menjadi naik dan menghalangi pandangan semua orang, hal ini berujung terpisahnya para gadis itu satu sama lain.

Mia yang ketakutan berhasil bertemu dengan Alexa yang juga ketakutan. Beruntung Ben, kekasih Alexa, datang. Ben menanyakan apa yang dilakukan mereka di bawah laguna itu. Saat Mia dan Alexa menjelaskan, Ben diserang hiu purba gua yang berenang di wilayah situs hingga tewas. Ia meninggalkan tali sebagai alat bantu penunjuk arah. 

Mia dan Alexa yang histeris berenang sekuat mungkin sampai bertemu kembali dengan Sasha juga Nicole. Mereka saling tarik menarik untuk berenang ke mulut gua. Sayangnya hiu berhasil mengejar mereka, meski tidak melukai para gadis itu.

Dinding gua runtuh menutup pintu masuk membuat Mia, Alexa, Sasha juga Nicole terjebak di dalam gua. Mia lantas mengatakan kalau mereka harus terus berenang ke arah dimana Ben muncul karena disana ada alat bantu penunjuk arah.

Hiu terus mengejar para gadis tersebut. Meski buta, hiu itu punya sensor untuk mendeteksi pergerakan. Mia yang berhasil mengambil alat bantu itu lantas mengikuti arah tali itu kemana. Sialnya tali itu terputus tepat di katakom membuat mereka lagi-lagi kehilangan arah.

Persediaan oksigen yang menipis membuat mereka harus mencari kantung udara dan berhasil menemukannya. Saat berada di kantung udara mereka samar-samar mendengar lagu.

Lagu itu berasal dari Carl, asisten Ayah Mia. Mia lantas mencari sumber suara namun ia terkejut ketika berhasil mendekati sumber suara, ia menemukan potongan mayat Carl yang sudah dilibas hiu yang ia temukan di sisi gua lain.

Mia menjerit namun berhasil ditarik oleh Ayahnya, Grant. Grant kembali menanyakan apa yang ia lakukan di dalam situs. Mia menjelaskan keadaan dan kini keduanya punya misi untuk keluar dari gua setelah menemukan para gadis lainnya. 

Grant dan yang lainnya berhasil keluar dari gua juga ancaman hiu gua yang berevolusi itu. Mereka kini hanya tinggal naik ke atas tebing menggunakan ascender sistem katrol yang dipasang Ayah Mia. Namun, dua hiu muncul ke permukaan, dan Nicole panik.

Dia mencoba memanjat tali saat Alexa naik, sehingga tali kelebihan beban dan putus. Mengirim Nicole juga Alexa kembali ke dalam air. Naas, Nicole dicabik oleh hiu lapar tersebut. Naas tak lama kemudian Grant pun dimakan hiu juga sesaat setelah menjelaskan jalan keluar menuju laut lepas.

Akhirnya Mia, Sasha dan Alexa memutuskan untuk mengikuti arahan Ayah Mia dengan menyelam kembali dan menemukan jalan keluar menuju laut lepas. Tak lama berenang, Sasha malah terseret arus dan Alexa diserang hiu.

Meski tidak sempat dimakan, Alexa yang melepaskan tabungnya akhirnya meninggal kehabisan nafas meninggalkan Mia sendiri. Mia panik ketika arus laut menariknya ke bawah, beruntung ternyata Sasha selamat dibawah sana.

Akhirnya mereka berdua berusaha berenang melewati celah hingga berhasil keluar ke laut lepas. Mia dan Sasha segera meminta tolong pada kapal wisata yang ada di dekat mereka, sialnya kapal itu sedang membuang umpan untuk menarik hiu putih sehingga Mia dan Sasha harus kembali bergelut dengan hiu sampai akhirnya selamat setelah ditarik oleh petugas kapal tersebut.

Tipikal Film Premis Serangan Hiu

47 Meters Down Uncaged_Typical (Copy)

Film dengan premis seperti ini sudah banyak sekali beredar di pasar film ya? Sebut saja si film legenda Jaws sampai yang paling baru The Requin. Kadar ceritanya pasti yang berputar pada usaha para penyintas untuk lepas dari serangan hiu ganas yang siap melahap mereka kapanpun; yang membedakannya adalah tempat dan cara bagaimana mereka bertahan hidup. Sisanya? Sama ketiplak-ketiplek.

Ini membuat film 47 Meters Down: Uncaged tidak lebih spesial dari film bertemakan serangan hiu lainnya, ya karena tipikalnya seperti itu. Salah satu film yang agak nyeleneh mengenai serangan hiu untuk saya pribadi jatuh pada film Sharknado; mengenai serangan hiu di kota dan Bait; serangan hiu di Supermarket. Bingung? Ya, sama.

Karakter Menyebalkan

47 Meters Down Uncaged_Nicole (Copy)

Tidak seru ya kalau dalam satu film tidak ada satu karakter yang bikin penontonnya hipertensi? Ini disebabkan karena kalau tidak ada karakter tersebut, ya bencananya tidak akan muncul. Dalam film 47 Meters Down: Uncaged ini penghargaan kategori tokoh paling bikin darah tinggi jatuh kepada tokoh Nicole, si cewek gemas yang bikin semua keadaan jadi kusut.

Nicole lah yang membuat semuanya berantakan, padahal awalnya mereka hanya ingin melihat pintu gerbang kota suku Maya dan kembali ke dek Laguna. Hasilnya? Karena rasa penasaran, Nicole yang melihat ikan gua dan menganggapnya ‘lucu’, mengejar ikan tersebut namun malah dikejar balik hingga membuat keadaan jadi kisruh. Sepanjang film, saya yakin kalian pun ingin sekali si Nicole ini yang dilumat duluan sama hiu purba. 

47 Meters Down lainnya?

47 Meters Down Uncaged_Sequels (Copy)

Awalnya heran juga sih, saya pikir 47 Meters Down: Uncaged kali ini memang sekuel dari film pendahulunya yang berjudul sama, namun begitu tahu kalau semua pemerannya tidak ada korelasi dengan pemain sebelumnya.

Saya lantas berpikir apakah mungkin kedepannya 47 Meters Down ini pun ada lanjutannya seperti 47 Meters Down 3 dan seterusnya? Johannes Roberts sepertinya benar-benar memanfaatkan momentum film pertamanya yang sukses untuk dibuat kembali versi barunya, namun sayang menurut saya hasilnya jadi biasa saja.

Dan lucunya, film ini seharusnya berjudul 48 Meters Down namun berubah lagi menjadi 47 Meters Down: The Next Chapter hingga akhirnya diputuskanlah judulnya menjadi 47 Meters Down: Uncaged. Film yang berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar $ 46.7 juta ini mendapatkan skor dari Bacaterus sebesar 2.3/5, sedangkan CinemaScore memberi skor C+ dari skala A-F.

47 Meters Down: Uncaged
Rating: 
2.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram