bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review 16 Wishes, Lilin yang Mengabulkan Impian

Usia 16 tahun, menjadi hal yang sangat penting bagi Abigail Louise Jensen atau sering disapa dengan nama Abby. Gadis ini menabung selama beberapa tahun dan bermimpi akan mendapatkan pesta ulang tahun terhebatnya.

Sayangnya, lebah membuat semua rencananya hancur, hingga ia mendapatkan lilin yang bisa mengabulkan 16 permohonan yang sudah di tulisnya.

Inilah 16 Wishes (2010) yang dibintangi oleh Debby Ryan dan Jean-Luc Bilodeau dengan kemistrinya yang terlihat manis. Belum lagi akting dari Karissa Tracey sebagai Krista Cook, satu-satunya musuh yang sangat mengganggu Abby di setiap ulang tahunnya.

Film besutan sutradara Peter DeLuise pertama tayang di Disney Channel dan berhasil meraih rating dan jumlah penonton tertinggi. Seperti apa filmnya? baca terus ulasannya berikut ini.

Sinopsis

16-wishes-1_

Hari yang paling dinantikan oleh Abby (Debby Ryan) akhirnya datang, pasalnya di hari ini Abby tepat berusia 16 tahun. Ulang tahunnya kali ini menjadi hal yang paling penting, karena Abby akan mengalahkan rival terberatnya yaitu Krista Cook (Karissa Tracey).

Persaingan keduanya memang tidak ada habisnya, setiap hari mereka selalu terlibat dalam persaingan yang ketat.

Terlebih lagi karena ulang tahun mereka terjadi di hari yang sama, Krista akan melakukan apapun untuk mengalahkan Abby. Contohnya seperti pagi ini, ketika Abby mendapatkan surprise cake dari kedua orang tua dan adiknya yang sangat mengganggu. Krista Cook malah mendapatkan hadiah sebuah mobil kuning yang terlihat manis dan mahal.

Abby berusaha membuat pemikirannya sepositif mungkin, gadis ini mengatakan bahwa ulang tahun ke 16-nya akan menjadi hari terbaik. Tapi tidak sampai satu jam pasca mengatakan hal tersebut, Abby harus menyerahkan semua impian di hari ulang tahunnya.

Alasannya sangat simpel, karena ribuan lebah yang sudah tinggal selama 16 tahun akhirnya menyerang rumahnya.

Abby sangat kesal, bagaimana bisa hari paling penting dalam hidupnya berakhir hanya karena lebah? Lebih parahnya lagi, gadis ini harus berangkat ke sekolah dengan memakai piyama dan sepatu tidurnya.

Untungnya, pagi itu Jay (Jean-Luc Bilodeau) masih menunggunya di halte bus, seperti biasa Jay selalu bisa membuat Abby merasa tenang dan nyaman.

Hingga sebuah mobil pengantar paket mendatangi mereka dan sang kurir memberikan hadiah kepada Abby.

Jay berpikir semua ini agak aneh, bahkan ia meminta Abby untuk tidak sembarangan membuka kado dari orang yang tidak dikenal. Tapi Abby sudah terlanjur senang, gadis ini membuka kado tersebut dan menemukan satu paket lili dan korek api.

Abby membaca keterangan mengenai lilin ini, namun ada yang aneh dari deskripsi itu, bahwa lilin tersebut bisa mengabulkan impian.

Abby dan Jay tidak percaya akan hal ini, namun gadis ini penasaran dan ingin mencoba kehebatan lilin tersebut. Abby mengeluarkan salah satu lilin dan mengucapkan impiannya, hingga keduanya benar-benar terkejut.

Wish list Abby benar-benar terjadi, gadis ini mengeluarkan lilin nomor 1 dan impian pertama dalam list tersebut langsung terkabul.

Abby mencoba lilin ke dua untuk meyakinkan dirinya, ia mengambil lilin nomor 8 dan ia benar-benar mendapatkan mobil impiannya yang berwarna merah. Hari itu keduanya memang ketinggalan bus, tapi mereka datang ke sekolah dengan mengendarai mobil paling keren.

Di sekolah, berbagai hal yang dilakukan oleh Krista benar-benar membuatnya sangat kesal. Apalagi saat Abby membaca buku harian gadis itu yang diberikan oleh peri ajaibnya Celest (Anna Mae Routledge).

Abby benar-benar marah, bagaimana bisa gadis itu menyabotase semua keinginannya sejak kecil? Tapi dengan lilin ajaib di tangannya, Abby merasa akan menang telak dari musuh bebuyutannya Krista Cook.

Namun kepercayaan dirinya berakhir menyedihkan, karena list nomor 9 berakhir mengubahnya menjadi wanita dewasa berusia 21 tahun.

Abby bingung dengan semua yang terjadi padanya, pasalnya Jay tidak mengenalnya lagi dan ia terlilit hutang credit card. Abby bertanya pada Celeste, kenapa lilin impian ini melakukan kesalahan? Namun sang peri mengatakan “manusia yang melakukan kesalahan”.

Abby ingin kembali ke masa lalu, namun ia tidak memiliki cara apapun untuk membuat semuanya kembali seperti semula? Ia berusaha meyakinkan Jay bahwa keduanya adalah sahabat, untungnya kalung BFF yang kedua gunakan akhirnya mengembalikan ingatan Jay.

Dari Jay juga Abby mengetahui sesuatu mengenai Krista, ternyata gadis ini hidup dengan sangat baik saat tidak bersaing dengannya.

Apakah bisakah Abby kembali ke usia 16 tahun lagi atau semua hal ini akan menjadi permanen setelah lewat tengah malam?  

Film Komedi yang Memiliki Banyak Nilai Penting untuk Remaja

16-wishes-2_

Saat kamu nonton 16 Wishes (2010) mungkin akan berpikir, “wah film cukup seru dan lucu”. Namun dibalik kelucuan ini, sadarkah kamu bahwa film ini memiliki pesan-pesan penting untuk anak-anak dan remaja. Film Disney ini ternyata tidak seremeh seperti kelihatannya, karena film ini menunjukkan arti persahabatan, self love dan family love.

Film berdurasi 90 menit ini memiliki alur yang rapi, untuk mengisahkan tiga pesan utama tadi. Awalnya film ini dibuka dengan Abby yang kurang bersyukur atas cinta dan perhatian dari keluarganya.

Gadis muda ini malah membangun batasan dengan anggota keluarganya, di bawah kata “privasi”. Nyatanya Abby sedang membuat benteng antara dirinya dengan seluruh keluarga termasuk sang adik.

Ketika Abby keluar rumah, gadis ini dihadapkan dengan masalah sosial yang kerap dirasakan oleh anak muda. Pertama soal persahabatan, Abby mungkin memiliki sahabat terbaik yang selalu bersamanya setiap saat. Namun gadis ini tidak menyadari bahwa ia juga sudah mencuri sahabat orang lain, hal inilah yang membuatnya memiliki musuh.

Demi bisa membuat dirinya terlihat hebat, Abby malah membenci dirinya yang selalu dianggap sebagai anak-anak.

Gadis ini memakai lilin untuk mengabulkan permintaan nomor 9. Ia meminta agar dirinya tidak lagi dianggap sebagai anak-anak. Logika lilin sangat simpel, impian Abby dikabulkan dengan cara menjadikannya seorang wanita dewasa sesungguhnya.

Tiga plot tadi menjadi kisah yang pas untuk memberitahu anak-anak, bahwa setiap fase hidup itu berharga. Kehidupan orang dewasa mungkin terlihat enak dari luar, namun mereka harus memikirkan berbagai hal yang kompleks.

Alangkah baiknya jika mereka menikmati momen masa mudanya dengan bersenang-senang bersama sahabat dan membuat kenangan yang indah.  

Akting Para Bintang Muda yang Sangat Menghibur

16-wishes-3_

Tidak bisa dipungkiri lagi, 16 Wishes (2010) mungkin akan gagal mendapatkan antusias para penonton jika bukan karena Debby Ryan. Aktris kelahiran tahun 1993 ini memulai karirnya setelah mengikuti audisi nasional yang diadakan oleh Disney Channel.

Ia memulai karirnya sejak tahun 2008, Debby juga diketahui pernah ikut membintangi beberapa serial ternama di Disney.

Tapi puncak karirnya di Disney dimulai semenjak ia membintangi 16 Wishes (2010), sebuah film televisi yang ditayangkan Disney Channel Amerika. Bagi saya pun Debby Ryan memang orang yang paling cocok untuk memerankan Abigail Louise Jensen. Mulai dari ekspresi wajah, cara berbicara, intonasi dan body language-nya.

Setiap perasaan yang dirasakan Abby, berhasil di deliver oleh Debby Ryan kepada para penonton. Kita bisa melihat betapa bahagianya Abby Jensen, saat gadis ini akhirnya bisa mengalahkan musuh bebuyutannya. Semuanya terpancar dari wajahnya dan senyumnya yang secara perlahan menghilang, setelah ia menyesali perbuatannya.

Kesedihan ini terpancar dari sorot matanya, tubuhnya juga menunjukkan bahwa ia merasa lelah dengan kehidupan dewasa.

Lalu kemistrinya dengan Jean-Luc Bilodeau dan Anna Mae Routledge, ketiganya memiliki link yang berbeda dengan sosok Abby. Tapi mereka menjadi karakter yang paling kuat untuk membuat karakter Abby Jensen semakin berkembang.

Tidak lupa Karissa Tynes tidak hanya terlihat menyebalkan, gadis ini tahu bagaimana caranya untuk membuat Abby kesal. Alih-alih terlihat enjoy, saya bisa merasakan ada penyesalan di mata gadis ini saat ia harus berhadapan dengan Abby.

Benar saja, plot akhir mengatakan bahwa Krista tidak membenci Abby, ia hanya kesal karena sahabatnya di curi oleh Abby.  

Film Televisi yang Kualitasnya Mirip Film Bioskop

16-wishes-4_

16 Wishes (2010) memang bukan film yang ditayangkan di bioskop dan berhasil masuk dalam jajaran box office. Film ini ditayangkan oleh Disney Channel Amerika pada tanggal 25 Juni tahun 2010 dan Family Canada pada tanggal 16 Juli 2010.

Film ini merupakan program tv kabel yang berhasil mendapatkan banyak penonton di hari penayangan perdananya.

Film ini juga secara official memperkenalkan Debby Ryan kepada para penonton awam. Tapi yang membuat filmnya unik dan banyak dihargai oleh orang dewasa. Disney membuat film remaja yang jauh dari kata romance dan pengenalan seks.

Justru film ini lebih menitik beratkan pada pesan moral, hal inilah yang membuat para orang dewasapun bisa menikmati film ini.

Film ini memang bukan film terbaik, pasalnya sinematografi yang diberikan juga bisa dibilang sangat terbatas.

Beberapa adegan terlihat seadanya dan tidak ada adegan yang benar-benar terlihat selayaknya art yang mahal. Tapi secara kualitas film ini jauh lebih baik dari film televisi pada umumnya, saya merasa film anak dan remaja ini layak untuk masuk bioskop di tahunnya.

Perpindahan dari adegan satu ke adegan lainnya terlihat cukup smooth dan akting dari para bintang muda ini sangat mumpuni.

Saya juga menyukai alurnya yang simpel, sehingga anak-anak bisa mengerti dengan kisahnya tanpa harus banyak bertanya pada orang tua mereka. Sisi komedinya juga cukup universal, saya yakin siapapun yang menonton akan menikmati film ini.

16 Wishes (2010) menjadi salah satu film Disney modern yang paling saya rekomendasikan untuk di tonton anak-anak dan remaja.

Film ini sangat sederhana dan mudah untuk di pahami, tapi memiliki banyak nilai penting bagi anak-anak. Pemahaman mengenai pentingnya mencintai diri sendiri, menghargai orang tua dan nilai sebuah persahabatan.

16 Wishes
Rating: 
3.7/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram