Bacaterus / Review Film Barat / Review & Sinopsis 13 Reasons Why S3 (2019), Kematian Bryce

Review & Sinopsis 13 Reasons Why S3 (2019), Kematian Bryce

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Bryce Walker menyeruak setelah tindakannya menjadi salah satu alasan Hannah bunuh diri. Di season pertama, Bryce menjadi orang yang memperkosa Hannah. Di season kedua, terungkap bukan hanya Hannah yang jadi korbannya melainkan juga Jessica Davis. Bryce pun mendapat vonis dari hakim.

Serial 13 Reasons Why Season 3 kembali hadir setahun setelah season keduanya. Masih bercerita tentang kehidupan siswa-siswi di Liberty High School. Bedanya kali ini ada lagi yang meninggal. Cuma caranya meninggal nggak terjadi secara alamiah. Siapa yang meninggal? Mari simak dulu review dan sinopsis 13 Reasons Why Season 3.

Sinopsis

Review 13 Reasons Why S3

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama
  • Produksi: July Moon Productions, Kicked to the Curb Productions, Anonymous Content, Paramount Television Studios
  • Sutradara: Michael Morris, Jessica Yu, Brownen Hughes, Kevin Dowling, Aurora Guerrero, John T. Kretchmer
  • Pemain: Dylan Minette, Grace Saif, Christian Navarro, Alisha Boe, Brandon Flynn
  • Jumlah Episode: 13

Bryce Walker terbukti telah melakukan pemerkosaan terhadap Hannah dan Jessica. Pengadilan memberi vonis yang cukup ringan, tiga bulan percobaan penjara. Hal itu dianggap nggak adil oleh siswa-siswi Liberty High School yang berharap ada keadilan untuk Hannah. Pihak sekolah mengeluarkan Bryce sehingga dia harus pindah ke sekolah swasta.

Di akhir season 2, Tyler berniat membalaskan dendam dengan melakukan penembakan saat ada pesta di sekolah. Tindakannya itu berhasil dicegah oleh Clay dan Tony. Clay meminta Tony, Justin, Alex, dan Jessica untuk mengawasi Tyler supaya nggak berbuat macam-macam. Polisi menangkap Clay. Clay kebingungan karena dia merasa nggak bersalah. Dia merasa dia dibawa oleh pihak berwajib karena kejadian di malam pesta diselenggarakan.

Sinopsis 13 Reasons Why S3

Liberty High School kedatangan murid baru, Ani Achola. Courtney menyuruh Clay untuk mengajaknya berkeliling. Walau baru bertemu, mereka sudah terlihat akrab dan Ani diperkenalkan pada teman-teman Clay. Jessica menyalahkan para atlet sekolahnya atas kejadian-kejadian yang terjadi. Ani merasa Jessica layak menjadi pemimpin kelasnya, keduanya pun berteman.

Bryce menghadiri reuni tim baseball. Setelah acara tersebut selesai, nggak ada yang melihat dia lagi. Clay dianggap  bertanggung jawab atas hilangnya Bryce. Dia mengaku mempunyai masalah dengan Bryce tapi nggak menculiknya. Dia kemudian memberi tahu teman-temannya bahwa Bryce menghilang. Nggak lama kemudian, Bryce dinyatakan tewas.

Satu per satu nama muncul sebagai tersangka potensial. Nama pertama adalah Zach yang terpilih sebagai kapten tim. Zach langsung mengupayakan supaya nggak terjadi masalah lagi di sekolahnya. Di sisi lain, Zach diketahui punya hubungan gelap dengan Chloe yang pacaran dengan Bryce. Chloe melakukan aborsi karena hamil oleh Zach kemudian memutuskan Bryce.

Nama selanjutnya yang muncul adalah Jessica. Dia pernah mendatangi kediaman Bryce. Bryce meminta maaf tapi diacuhkan. Bryce kemudian mendatangi Tyler dan meminta maaf karena sudah membuat dia hampir melakukan penembakan di sekolah. Bryce menulis surat untuk Jessica. Sementara itu Justin tampak mencurigakan karena ada luka di punggungnya.

13 Reasons Why S3

Tyler dicurigai karena dia pernah mendatangi Monty yang pernah menghajarnya. Monty mengatakan kalau tindakannya itu karena disuruh Bryce. Tyler dicurigai masih menyimpan senjata api yang hampir digunakannya. Sebuah fakta baru muncul, Bryce bukan tewas karena ditembak melainkan dipukuli.

Clay dibantu Ani mencari fakta tentang kematian Bryce. Alex dicurigai karena menyimpan steroid yang pernah dijual Bryce di mobilnya. Tony diinterogasi oleh polisi dan menyatakan nggak tahu apa-apa tentang kematian Bryce. Hanya saja mobilnya berada di garasi milik Bryce yang menjadikannya dicurigai.

Keluarga Bryce dihantam masalah. Ayah dan ibunya bercerai. Ketika pemakaman Bryce, ayahnya nggak terlihat bersedih.  Clay dan Ani terus mencari bukti yang mengarahkan mereka pada pembunuh Bryce. Ani nggak luput dari sorotan. Pakaian dalamnya pernah ditemukan berada di kamar Bryce.

Berbagai nama lain muncul, dari mulai Monty yang pernah berkelahi dengan Bryce sampai Olivia, ibu dari Hannah. Semuanya punya masalah di masa lalu dengan Bryce. Sosok seperti Bryce yang banyak berulah membuat dia banyak dibenci orang. Alhasil, motif yang muncul pun semakin banyak. Jadi siapa yang sebenarnya membunuh Bryce?

Baca juga: Review & Sinopsis 13 Reasons Why S2 (2018)

Menyoroti Kehidupan Bryce Walker

Menyoroti Kehidupan Bryce Walker

Dalam dua season sebelumnya, Bryce Walker nggak mendapat kesempatan banyak untuk mengungkap dirinya. Dia lebih disorot karena tindakan-tindakan kejinya. Di season ketiga ini, Bryce disoroti kehidupannya. Dari mulai keluarga, sampai dengan tindakan-tindakan lain yang nggak terungkap sebelumnya.

Di season kali ini, Bryce menunjukkan sisi yang berbeda. Di balik kejahatannya, dia hidup di keluarga yang bermasalah. Selain itu, dia juga memperlihatkan penyesalannya atas semua kejadian yang dia lakukan, bahkan meminta maaf pada satu per satu yang dia sakiti. Ada satu adegan paling menyentuh, Bryce menangis di pelukan ibunya.

Kemunculan Ani Achola

Kemunculan Ani Achola

Serial 13 Reasons Why Season 3 menampilkan karakter baru. Walau baru, dia langsung menjadi karakter utama. Dia adalah Ani Achola, seorang siswi pindahan dari Inggris. Dia tinggal di rumah Bryce karena ibunya harus mengasuh kakeknya yang sedang sakit. Kemunculannya langsung disambut baik oleh murid Liberty High School.

Kemunculan Ani Achola membuat polemik. Suaranya menjadi narasi yang mengiringi kita selama season ketiga. Karakternya yang mudah akrab serta langsung disandingkan bersama Clay untuk menyelidiki kasus Bryce dianggap terlalu berlebihan. Pasalnya, dia seperti menggantikan posisi Hannah yang dalam dua season sebelumnya mendapat porsi sebagai peran utama.

Cerita yang Solid

Cerita yang Solid

Sebagaimana dua season sebelumnya, di season ketiganya, 13 Reasons Why kembali menampilkan sisi gelap dari kehidupan remaja. Perundungan, pelecehan seksual, kekerasan, aborsi, dan penggunaan steroid kembali muncul. Hanya saja, kasus tentang Hannah mulai ditinggalkan pada season kali ini.

Sebagai gantinya, kita akan disuguhi tentang orang-orang yang pernah bermasalah dengan Bryce. Satu per satu karakter diceritakan dengan detil hubungan mereka dengan Bryce. Walau dunia fiksi serial ini cenderung sempit, tapi kita bisa melihat cerita yang solid. Semua yang potensial menjadi tersangka punya motif dan alibi yang akan membuat kita penasaran.

Sorotan dari Penggemar

Sorotan dari Penggemar

Peribahasa mempertahankan lebih sulit daripada memenangkan sesuatu terjadi pada 13 Reasons Why. Kesuksesan season perdana langsung membuatnya dicintai oleh penggemar yang fanatik. Alhasil, season berikutnya yang dibuat harus bisa mengimbangi kualitas yang ditampilkan di season pertama.

Banyak review negatif yang disematkan pada season kedua yang dianggap nggak sebagus pendahulunya. Begitu juga pada season ketiganya ini. Ekspektasi tinggi sudah dilambungkan sejak kemunculannya yang pertama, dan beban itu harus ditanggung dalam season-season berikutnya. Keputusan untuk menampilkan Ani Achola sebagai karakter utama dianggap blunder.

Bahkan serial ini dianggap seperti spin-off dari 13 Reasons Why oleh sebagian penggemarnya karena nggak berhubungan langsung dengan Hannah Baker. Grace Saif mendapat kritikan pedas dari beberapa penggemar atas perannya menjadi Ani. Bahkan dia harus memutuskan untuk nggak menggunakan media sosial.

Serial 13 Reasons Why Season 3 tetap menghibur kita dengan segala teka-teki dari para karakternya. Bryce dibuat lebih humanis di season kali ini walau sebagian orang merasa berlebihan karena memberi romansa pada seseorang yang jahat. Bagaimana menurutmu? Kamu bisa membagikan pendapatmu di kolom komentar ya, teman-teman!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *