Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / 10 Restoran Korea di Bandung yang Enak dan Recommended

10 Restoran Korea di Bandung yang Enak dan Recommended

Hallyu wave alias demam Korea Selatan tak hanya menghantui orang-orang dengan serial drama dan musiknya, akan tetapi hingga budaya dan makanannya juga. Coba Anda hitung saja restoran dan kafe bertema Korea di Bandung, pasti sudah tak terhingga, kan?

Beruntungnya para penggemar Korea tak perlu jauh-jauh terbang ke Negeri Ginseng tersebut buat makan makanannya. Akan tetapi, tentu saja tak semua restoran worth it buat Anda coba. Tapi, tenang saja, karena Bacaterus telah mengumpulkan sepuluh restoran Korea di Bandung yang enak banget dan tak boleh Anda lewatkan.

10 Restoran Korea di Bandung yang Enak

1. Charada Korean BBQ

Rekomendasi restoran Korea di Bandung yang pertama ada Charada Korean BBQ. Restoran ini berada di pusat Kota Bandung, tepatnya di Jalan Kebon Jukut (dekat KAI). Konsep restoran ini minimalis tapi rasa maksimalis. Karena dari segi harga dan tempat terlihat sederhana, restoran ini diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan.

Charada Korean BBQ memiliki gedung dengan dua lantai dan ada area khusus smoking juga. Harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman di restoran ini terbilang sangat murah dibandingkan restoran Korea lainnya. Akan tetapi, ada konsekuensi dari harga murah tersebut. Pertama, tempatnya tidak terlalu luas, baik bagian dalam dan parkirannya.

Jadinya, tempat ini sering penuh, tapi itu berarti tempatnya memang worth it, kan? Lalu, karena sering penuh, service restoran ini cenderung agak lambat. Kalau Anda datang saat sedang kelaparan mungkin perlu kesabaran ekstra. Akan tetapi, semua itu terbayar dengan kelezatan makanannya dan harganya yang ramah di kantong.

Cha Ra Da Korean BBQ terletak di Jalan Kebon Jukut no. 25-29 Kav. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, (dekat kantor Kereta Api Indonesia). Nomor telepon Charada adalah 082238668168. Ikuti update-an terbaru Charada dengan mengikuti akun Instagram mereka di @charadakoreanbbq.

2. Donwoori

Rekomendasi restoran Korea di Bandung yang selanjutnya adalah Donwoori. Slogannya “Don Woori Be Happy”, hihi, lucu ya? Jika Anda sering main ke daerah Lombok mungkin pernah melihat restoran yang terang benderang dan interiornya berwarna pastel. Nah, itu dia Donwoori yang akan kita bicarakan sekarang.

Menu utama Donwoori adalah suki-nya. Suki adalah makanan berkuah yang dihidangkan di atas kompor, nanti kita sendiri yang memasak bahan-bahan yang mau kita makan. Rata-rata isian suki-nya adalah seafood seperti Prawn Siomay, Prawn Brocolli, Salmon Meat Ball, lalu ada pula Chicken Skin, Meat Ball, Beef Enoki, dan masih banyak lagi.

Untuk kuah suki-nya ada 4 macam pilihan, dan Anda diberi dua macam opsi setiap satu porsinya. Ada kuah Tomyam, Doenjang Jjigae (fermented soybean paste stew), Kimchi Jjigae (sup kimchi), dan Original. Selain suki, Anda bisa menikmati aneka masakan khas Korea lainnya seperti tteokbokki, bulgogi, japchae, dan masih banyak lagi.

Tak hanya karena makanan Koreanya, orang-orang berdatangan ke Donwoori karena interiornya Instagram-able banget! Konsep restorannya memang cute yang dipadu dengan vintage. Ruangannya didominasi oleh warna putih, pink pastel, dan biru pastel yang bikin sejuk mata. Untuk pengunjung muslim tak perlu khawatir karena semua menu di Donwoori halal.

Sebentar lagi bulan puasa, nih. Setiap bulan puasa, Donwoori suka mengadakan paket Botram Korea, seperti liliwetan ala Sunda tapi menu masakannya Korea semua. Kreatif dan inovatif banget, ya? Yuk, segera kunjungi Don Woori yang beralamat di Jalan Lombok no. 53.

3. Chung Gi Wa Korean BBQ

Chung Gi Wa Korean BBQ 

* sumber: www.foody.id

Jika Anda ingin makan di restoran Korea yang interiornya Korea banget, datanglah ke Chung Gi Wa Korean BBQ. Ketika masuk ke dalamnya, Anda akan disambut dengan perabotan kayu dan warna cokelat khas kayu, adem banget melihatnya.

Di setiap meja tersedia kompor, alat pembakaran, dan penyedot asap yang terbuat dari logam. Jarang-jarang melihat restoran yang ada penyedot asapnya, kan?

Menu makanan di Chung Gi Wa tidak terlalu banyak, karena memang restoran ini berfokus pada beef dan pork barbeque saja. Tapi, kalau Anda merasa seret dan ingin yang kuah-kuah, di sini juga tersedia menu suki.

Menu yang recommended di restoran ini adalah Bulgabi (IDR 220K), yaitu beef ribs tanpa tulang berbumbu bbq manis. Anda juga harus memesan Bulgogi (IDR 78K), dan Usol alias lidah sapi (IDR 78K). Tiap porsi daging ini bisa dimakan untuk 2 – 3 orang, jadi Anda bisa udunan dengan teman untuk membelinya.

Ada pula menu pork seperti Yang Yum Gui (pork short ribs) yang harganya IDR 78K dan tentunya primadona Korean BBQ yaitu Samgyeopsal (perut babi) yang seporsinya seharga IDR 69K saja. Kalau Anda ingin menu berkuah, ada Galbitang a.k.a beef rib soup (IDR 65K) yang bisa dimakan untuk dua orang. Untuk camilannya, cobalah Pajon alias Korean Pancake yang harganya IDR 75K.

Jika di restoran lainnya kita memasak semuanya sendiri, kalau di Chung Gi Wa akan ada waiter yang memasaknya untuk Anda. Tenang saja, waiter-nya akan memanggang daging sesuai dengan selera Anda, jadi Anda tinggal bilang saja ingin daging yang matang, kering, atau juicy.

Masih banyak menu makanan lainnya yang bisa Anda pesan seperti Bul Galbi (tulang rusuk sapi yang diasinkan), Wang Galbi, Jumuluk, hingga Wagyu.

Ada yang free di sini setiap kali Anda makan. Yaitu free teh tawar dingin, aneka saus, garam untuk dicocol dengan daging bakar, aneka sayuran, dan kimchi. Jika Anda memesan menu sup, sudah sekaligus dengan semangkuk nasi juga. Bonusnya, ada potongan buah semangka sebagai dessert.

Kalau Anda ingin mengunjungi Chung Gi Wa, datanglah ke Jalan Leumah Neundeut (Jalan Surya Sumantri) no. 87 – 89, Sukajadi. Ada satu lagi lokasi restoran Chung Gi Wa, yaitu di Paris Van Java Mall, Jalan Sukajadi no. 131 – 139.

4. Chagiya Korean Suki & BBQ

Chagiya Korean Suki & BBQ 

* sumber: foursquare.com

K-Pop fan pasti hapal banget dengan restoran yang satu ini. Chagiya Korean Suki & BBQ adalah ‘anak’ Chingu — kafenya K-Popers. Baik Chingu maupun Chagiya terletak di lokasi yang sama, yaitu di Jalan Sawunggaling No. 10, Tamansari. Patokan restoran ini dekat dengan jalan layang Pasupati dan sebelum kampus UNISBA & UNPAS.

Restoran Chagiya menyajikan aneka suki dan bbq. Lokasinya ada di bagian belakang Chingu Fan Cafe. Jika bagian kafe Chingu terkesan unyu-unyu, restoran Chagiya lebih eksklusif sedikit dengan area semi-outdoor-nya.

Yang unik dari restoran ini adalah setiap menunya ditulis dalam harga Won. Misalnya 10.000 ₩ untuk minuman. Tapi, Anda tak perlu pusing karena harga tersebut sama dengan Rp 10.000.

Anda dapat mengunjungi Chagiya Korean Suki & BBQ setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Walaupun Anda makan di Chagiya, Anda tetap bisa memesan makanan dan minuman dari menu Chingu juga, kok.

Tak hanya makanannya, Anda bisa jalan-jalan di seluruh area restoran ini karena setiap tempatnya merupakan spot foto yang bagus banget. Kalau foto-foto di sana Anda akan serasa berfoto langsung di Seoul.

Makanya, Chagiya resto memang disebut sebagai “Little Seoul” di Bandung. Anda dan buah hati bisa juga menyewa hanbok (pakaian tradisional Korea) dan berfoto di latar Dongdaemun Street. Hal yang menarik dari Chagiya adalah harga makanannya yang tidak terlalu mahal. Untuk paket bbq dan suki kalau dihitung per orangnya hanya Rp 30 ribuan saja.

5. TTALs – Korean BBQ

TTALs Korean BBQ digadang-gadang sebagai restoran barbeque ala Korea yang termurah. Restoran ini sudah lumayan lama berdiri, yaitu sejak Desember 2015 lalu. Dari awal dibuka sampai sekarang, TTALs selalu dipadati pengunjung. Makanya, kalau Anda datang dari tempat yang lumayan jauh, sebaiknya reservasi terlebih dahulu supaya pas Anda sampai langsung bisa makan.

Kenapa TTALs selalu penuh? Pertama, memang tempatnya tidak terlalu luas. Tapi, alasan yang kedua adalah alasan sesungguhnya, yaitu harga. Siapa yang tidak mau makan enak dan murah meriah? Pasti semua orang juga mau.

Nah, di TTALs, seporsi Samgyeopsal hanya seharga IDR 31K saja. Lalu ada Dak Bulgogi (marinated boneless chicken) yang harganya cuma IDR 24K serta Beef Bulgogi yang harganya cuma IDR 39K saja.

Kalau dikira-kira, TTALs memang tidak mengambil untung besar dari setiap menu yang disajikannya. Bayangkan saja oleh Anda, TTALs menjual 500 gr kimchi seharga IDR 30K di mana harga pasarannya adalah IDR 50K. Ketika di restoran lain Cold/Hot Tea harganya bisa mencapai IDR 15K, di TTALs cuma IDR 3K saja!

Selain aneka bbq, di TTALs juga banyak minuman segar dan dessert seperti es serut Korea. Lokasi restoran ini ada di komplek Taman Holis Indah I no. 21. Anda bisa mendatangi restoran ini setiap hari kecuali hari Senin karena mereka libur pada hari itu. Dan, perlu diperhatikan ada waktu yang harus Anda catat. TTALs buka dari jam 10 pagi – 2.30 siang lalu buka lagi jam 5 sore – 9 malam.

6. Seorae

Nama Seorae sudah tak asing lagi di telinga pecinta makanan khas Korea. Restoran Korea di Bandung ini memiliki banyak cabang di seluruh Asia, dan di Indonesia ada satu cabang Seorae yaitu di Jalan Setiabudi no. 49 – 51, Bandung, patokannya dekat dengan Rumah Mode.

Di Seorae tersedia banyak masakan ala Korea, seperti bbq, tteokbokki, bulgogi, bento, japchae, hingga dessert seperti bingsoo. Untuk dagingnya, ada ayam, sapi, dan juga babi. Cuma, harga makanan di Seorae lumayan mahal. Satu porsinya antara 25K – 250K. Tapi, karena rasanya enak dan porsinya banyak, jadi tetap saja banyak yang datang kembali ke Seorae.

7. GOGI Korean BBQ

Dari namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak restoran ini menjual apa. Yup, menu andalan restoran ini adalah daging. Gogi sendiri dalam bahasa Korea (고기) berarti daging. Walaupun menjadikan daging sebagai menu andalannya, Gogi tak menyediakan semua jenis daging bbq, karena di sini tidak ada babi sama sekali. No pork dan no lard, jadi untuk orang muslim tidak perlu ragu untuk makan di sini.

Sebagian besar tempat duduk di Gogi adalah lesehan. Setiap mejanya terdiri dari kompor dan exhaust (sistem pembuangan udara) untuk menyedot asap pembakaran. Exhaust-nya sudah dilengkapi lampu juga, jadi Anda bisa memperhatikan daging dengan seksama supaya tidak overcooked.

Di sini tersedia Woosamgyup (beef belly) Sweet/Spicy IDR 36K, Bulgogi Sweet/Spicy IDR 39K, Dak Bulgogi (boneless chicken) Sweet/Spicy IDR 26K, dan Beef Sausages. Setiap order akan diberikan kimchi, selada segar, potongan cabai Korea, bawang putih, dan saus ssamjang (saus bbq ala Korea yang dibuat dari pasta kacang kedelai).

Gogi Korean BBQ Indonesia terletak di Jalan Burangrang no. 3 (seberang BPI, dekat patung Tank). Mereka buka setiap hari dari jam 11 siang – 10 malam.

8. Mujigae Resto

Mujigae Resto restoran Korea di Bandung

* sumber: twitter.com

Kalau Anda suka main ke mall, pasti Anda pernah melihat restoran ini. Mujigae namanya, salah satu restoran Korea yang menunya cukup lengkap dan semuanya dijamin halal. Ada empat lokasi Mujigae di Bandung, yaitu di Young Street Cihampelas Walk, Lantai 1 Festival City Link, Ground Floor Miko Mall, dan Lantai 3 Istana Plaza.

Restoran yang punya arti “pelangi” ini canggih banget. Di mana-mana ada layar proyektor raksasa yang menampilkan cuplikan variety show atau video musik. Bahkan setiap meja berhak request lagu sebanyak satu kali. Kecanggihan Mujigae juga terlihat dari menunya dan cara memanggil waiter yang menggunakan iPad.

Menu di Mujigae cukup lengkap, di sini ada aneka jjigae (sup), ramyeon, paket nasi, hingga bbq. Untuk harga juga terbilang terjangkau karena banyak anak sekolahan yang suka makan di  Mujigae.

9. Wonjo Korean Barbeque

Wonjo Korean Barbeque 

* sumber: www.foody.id

Restoran Korea di Bandung yang selanjutnya adalah Wonjo Korean Barbeque. Alamatnya ada di Jalan Setiabudhi no. 191B/193, Gegerkalong, Sukasari (tepat di sebelah Universitas Pasundan Setiabudhi). Mirip seperti Chung Gi Wa Korean BBQ yang sudah dibahas di atas, Wonjo juga bernuansa restoran Korea banget dengan ruangan serba warna coklat dan di setiap mejanya terdapat exhaust fan (penyedot asap).

Restoran ini juga memiliki taman hijau yang adem banget buat menyejukkan mata dari hiruk pikuk perkotaan. Tak hanya tempatnya yang membuat orang-orang penasaran dengan Wonjo, pasalnya, menu di restoran ini terkenal lezat karena dimasak langsung oleh chef profesional asal Korea Selatan. Wah, tidak tanggung-tanggung, ya!

Menu yang dikabarkan best seller di Wonjo adalah Sutbul Galbi (marinated beef ribs), Samgyetang (sup ayam ginseng), Samgyeopsal, Guldak, Bibimbap, Tteokbokki, Bulgogi, hingga dessert seperti Bingsoo. Untuk dagingnya ada sapi, ayam, babi, dan bebek. Lengkap banget, ya? Harga makanannya bervariatif, mulai dari IDR 65K – 300K per porsi.

Yang menyenangkan dari restoran ini adalah Banchan (side dish)-nya. Pasalnya, Wonjo memberikan Banchan hingga 8 macam. Banyak banget kalau dibandingkan restoran Korea lainnya, loh. Banchan-nya terdiri dari kimchi, telur puyuh, garam, sayuran segar, dan masih banyak lagi. Tenang saja, Banchan tidak akan menambah angka di bill Anda karena semuanya gratis!

10. Sadang Korean BBQ

Akhirnya kita sampai di rekomendasi restoran Korea di Bandung yang terakhir. Adalah Sadang Korean BBQ, restoran bbq ala Korea yang terletak di Jalan Wastukencana no. 63 (ambil kanan menuju Jalan Pajajaran karena jalannya satu arah). Restoran Sadang di Bandung ini merupakan cabang ke-2 setelah restoran pusatnya di Surabaya yang sudah beroperasi sejak tahun 2015.

Sudah bisa Anda tebak dari namanya, Sadang menawarkan aneka daging untuk dibakar. Semua dagingnya sudah dibumbui jadi Anda tinggal memasak dan memakannya saja. Bakar-bakarnya bukan menggunakan kompor dan gas, loh, tapi pakai arang sungguhan.

Menu yang wajib dicoba di Sadang adalah Yangnyeom Bulgalbi (sweet and spicy thin sliced beef), Samgyeopsal (pork belly), dan Saeng Ohrigui (bebek). Sadang menawarkan sensasi masak sendiri dan memotong dagingnya sendiri. Rasanya seperti makan bbq langsung di Korea, ya?

Untuk Banchan-nya cukup unik karena selain kimchi, Sadang menyediakan pula kentang, edamame, bakwan, tahu goreng, dan kentang. Tempatnya cukup luas dan nuansa Korea-nya dapet banget. Kalau Anda mau datang ke Sadang, Anda bisa datang setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Nomor teleponnya adalah (022) 20527059.

Nah, itulah sepuluh restoran Korea di Bandung yang enak dan recommended versi Bacaterus. Tentunya masih banyak sekali restoran Korea lainnya yang terasa lezat di lidah Anda semua. Untuk itu, share restoran Korea favorit Anda di Bandung pada kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment