Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / 10 Restoran Jepang di Bandung yang Lezat dan Recommended

10 Restoran Jepang di Bandung yang Lezat dan Recommended

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Makanan Jepang identik dengan sehat dan fresh. Memang, makanan Jepang memiliki kandungan gizi yang baik, karena kebanyakan menggunakan ikan, daging, dan sayuran segar.

Makanan Jepang biasa dinikmati dengan nasi, sama seperti makanan Indonesia. Makanya, wajar kalau masakan khas Jepang begitu dinikmati oleh orang lokal. Walaupun tentu ada beberapa restoran yang menyesuaikan menunya dengan lidah orang Indonesia supaya bisa lebih diterima.

Jika Anda sedang mencari-cari restoran Jepang di Bandung yang rasanya lezat, Bacaterus punya rekomendasinya di bawah ini. Yuk, langsung saja disimak!

10 Restoran Jepang di Bandung

1. Midori Japanese Restaurant

Midori Japanese Restaurant

* sumber: www.tripadvisor.com

Midori Japanese Restaurant adalah sebuah restoran Jepang yang sudah berdiri di Indonesia sejak 30 Juni 1995. Cabang Midori yang pertama ada di Anyer, namun kini sudah ada 10 cabang yang tersebar di kota lainnya seperti Jakarta, Bogor, dan Bandung. Mempertahankan cita rasa asli Jepang adalah moto Midori.

Makanya, mulai dari aneka makanannya, daftar menunya, hingga interior dan eksteriornya semua Jepang banget. Midori cocok dijadikan tempat dinner romantis bersama pasangan, acara makan besar bersama keluarga, hingga pertemuan bisnis. Aneka menu yang disediakan Midori adalah sushi, shabu-shabu, ikan panggang, nasi kari Jepang, ramen, dan masih banyak lagi.

Ada dua cabang Midori di Bandung, yaitu di Jalan Sultan Tirtayasa no. 31, Citarum, Bandung Wetan. Telepon (022)4260797 atau (022)4260787. Satu lagi ada di Kompleks Setrasari Plaza II Blok B5-7, Jalan Prof. Dr. Surya Sumantri, Sukajadi. Telepon (022)8777-5406 atau -5407. Restoran ini beroperasi dari jam 10 pagi – 10 malam. Untuk info lebih lanjut, silakan kontak restoran melalui e-mail di [email protected](dot)com.

2. Zenbu House of Mozaru

Zenbu House of Mozaru

Mozaru adalah nasi panggang yang disiram dengan aneka saus, yaitu saus butter, dynamite, atau tomat. Untuk topping-nya, nasi ini diberi keju mozarella leleh di atasnya dan dilengkapi dengan aneka jenis katsu (ayam atau daging). Kalau Anda menyukai hidangan khas Jepang yang satu ini, wajib hukumnya datang ke Zenbu House of Mozaru. Dari namanya saja sudah jelas kalau tempat ini merupakan spesialis mozaru.

Lokasinya ada di mall yang terkenal di Bandung, yaitu Paris Van Java, Jalan Sukajadi no. 131–139, Cipedes, Sukajadi. Restoran ini buka setiap hari dari jam 10.30 pagi – 11 malam. Restorannya dibagi dua ruangan yaitu indoor dengan AC dan outdoor dengan angin gelebug alias udara alami, hihi. Tapi, namanya juga Bandung, kalaupun di luar udaranya tetap tidak panas.

Selain mozaru, di Zenbu House tersedia menu lainnya juga, sebut saja donburi, udon, omurice, teppanyaki, furai, sushi, yaki meshi (nasi goreng), ramen, dan masih banyak lagi. Sehabis lelah belanja di PVJ, langsung saja melipir ke Zenbu House of Mozaru untuk mencicipi aneka makanan khas Jepangnya!

3. Mikawa Japanese Restaurant

Mikawa Japanese Restaurant

* sumber: www.google.co.id

Mikawa Japanese Restaurant disebut-sebut sebagai restoran Jepang di Bandung yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena restoran ini merupakan hidden gem alias harta karun tersembunyi di kota Bandung. Pasalnya, restoran ini menyajikan masakan Jepang yang enak banget. Mikawa berlokasi di Jalan Sukaraja II no. 32, Sukaraja, Cicendo. Telepon (022)6073983.

Jangan lihat dari penampilan gedungnya, karena Mikawa hanyalah sebuah ruko. Tapi, setelah masuk, Anda akan disambut dengan interior khas tradisional Jepang yang sangat ciamik. Dinding kertas, pintu meja dan kursi kayu, begitu pula dengan peralatan makan yang diimpor langsung dari Jepang dan Singapura membuat suasana di Mikawa terasa banget Jepangnya.

Pemilik restoran Mikawa asli orang Jepang, makanya resto ini benar-benar menjaga kualitas dan cita rasa makanan mereka. Kalau makan di sana, Anda mungkin melihat orang Jepang (yang tinggal atau kerja di Bandung) untuk makan malam malam. Soalnya, memang pelanggan tetap di resto Mikawa itu kebanyakan orang Jepang yang baru selesai kerja. Makanya restoran ini bukanya sore jam 5 sampai jam 10 malam.

Menu yang harus dicoba di antaranya ada Surumeika (cumi bakar) IDR 100K. Cuminya super gede, dagingnya tebal tapi empuk, rasanya manis dan sama sekali tidak anyir. Lalu, ada Seiro Meshi (nasi kukus salmon) IDR 54K. Beras Jepang dan irisan ikan salmon yang dikukus di dalam wadah kayu, yummy.

Coba juga Kantekiyaki IDR 130K. Makanan ini tidak ada di buku menu, jadi siap-siap catat di otak Anda, ya. Jadi, menu Kantekiyaki ini merupakan beef bbq yang disajikan dengan jamur shitake dan paprika. Semuanya Anda bakar sendiri dengan arang kubus besar. Seporsi menu ini bisa untuk berdua. Untuk penutupnya cobain Isobe Mochi, kalau Anda penggemar komik atau anime Jepang pasti tahu dong mochi bakar? Nah, ini adalah mochi bakar khas Jepang, harganya IDR 32K.

4. Saisan Japanese Cuisine

Saisan Japanese Cuisine

* sumber: gedeinperut.com

Rekomendasi restoran Jepang di Bandung yang ke-4 adalah Saisan Japanese Cuisine. Mau makan masakan Jepang yang enak, berkualitas premium, chef-nya asli orang Jepang, porsinya banyak, dan suasananya Jepang banget? Anda harus datang ke sini. Ketika masuk ke dalam restoran, Anda akan langsung disambut dengan taman berhiaskan lampion ala Jepang.

Ruangannya terbagi-bagi, dan ada ruangan khusus untuk teppanyaki, karena menu ini dimasak langsung di depan Anda oleh chef-nya. Udara sejuk Bandung membuat masakan berkuah hangat jadi laris manis. Kalau mampir ke Saisan, cobain menu shabu-shabunya. Ada Shabu-shabu Seafood IDR 295K yang berisi ikan salmon, cumi, udang, daging sapi, sayuran, aneka jamur, dan udon. Isinya banyak banget, cukup untuk makan 4 orang.

Kalau Anda mau shabu-shabu yang isinya perdagingan, pesan Shabu-shabu US Prime IDR 265K. Isinya bisa dipilih dari beberapa pilihan daging yang ada di Saisan, mulai dari US Prime sampai wagyu.

Tidak mau shabu-shabu? Teppanyaki Ika IDR 85K, yaitu cumi yang dimasak dengan cara teppanyaki. Kemudian ada menu Beef Aburiyaki, yaitu daging sapi iris yang dibakar lalu ditaburi rumput laut. Kualitas daging restoran ini cukup baik, jadi dagingnya juicy dan empuk banget.

Saisan Japanese Cuisine beralamat di Jalan Hegarmanah no. 28, Hegarmanah, Cidadap. Restoran ini buka setiap hari dari jam 11 siang – 10 malam. Telepon di (022)2039359. Jangan sampai ketinggalan info menarik dari Saisan, follow Instagram mereka di @saisancuisine.

5. Sushi Tei

Sushi Tei restoran Jepang di Bandung

Para penggemar sushi mana suaranya? Kalau dengar kata sushi enak di Bandung, pasti nama Sushi Tei langsung terlintas dibenak orang-orang. Sushi Tei memiliki moto untuk menjaga keaslian cita rasa masakan Jepang dengan keterampilan kuliner dan keahlian memasak yang mumpuni. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1994, sudah lama juga, ya? Mulai dari sashimi hingga teppanyaki semua dihidangkan dengan cita rasa Jepang khas Sushi Tei.

Sushi Tei menyajikan bermacam-macam gastronomi Jepang yang nikmat dan kreatif yang dirancang untuk menarik minat dan meningkatkan selera makan para pecinta masakan Jepang. Selain menu andalan mereka, seperti Shishamo (ikan smilling panggang), Salmon Don, Aburi Salmon Sushi, Tobikko Tamagoyaki, dan Tuna Salad Crispy Mentai, restoran ini memiliki menu seasonal sesuai dengan musim di Jepang. Cabang Sushi Tei ada tiga di Bandung, yaitu di:

  • Jalan Sumatera no. 9, Braga, Sumur Bandung. Buka dari jam 11 siang – 9.30 malam. Telepon (022)4223181.
  • Flamboyant – Season Building, Jalan Sukawangi no. 2. Telepon (022)2035605, Fax (022)6125418.
  • Trans Studio Mall, Level GF #A070 – 076, Jalan Gatot Subroto no. 289. Telepon (022)91092229, Fax (022)6125418.

6. Musouya

Musouya restoran Jepang di Bandung

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Musouya 無双家 Authentic Rice Bowl adalah sebuah restoran Jepang di Bandung yang menyediakan aneka nasi yang disajikan di atas mangkuk. Untuk restoran yang menyediakan menu Jepang autentik, Musouya tergolong murah, loh.

Alamat Musouya ada di Jalan Hegarmanah no. 2. Tempatnya memang tidak terlalu luas, tapi kelihatan tradisional–mewah dan nyaman. Ada ruangan lesehan yang menggunakan pintu shoji, yaitu pintu geser dari kertas.

Kalau mau datang ke Musouya, Anda harus tahu jam bukanya. Soalnya, restoran ini punya waktu operasi yang unik. Mereka buka dari jam 11.30 siang – 3 sore, setelah itu tutup, lalu buka lagi jam 5.30 sore – 9 malam. Mereka beroperasi setiap hari kecuali hari Selasa.

Menu yang wajib dicoba di Musouya adalah Gyuutataki Don IDR 49.5K (nasi dan daging sapi wagyu yang ditumis dengan tataki—cuka). Ada juga Yakiniku Don IDR 49.5K (nasi dengan daging sapi panggang yang diiris tipis).

Spesialisasi Musouya itu Don alias menu nasi dalam mangkok, ya. Ada, sih, menu lainnya seperti sushi tapi cuma sedikit. Ada pula menu Sukiyaki Nabe IDR 53K yang disajikan dengan tiga pilihan kuah, yaitu kuah kaldu bening, kuah kimchi pedas, dan kuah miso gurih. Seporsi menu ini terdiri dari daging sapi, sayuran, tahu, jamur enoki, dan jamur shiitake.

7. Hanamasa

Hanamasa

* sumber: www.margaapsari.com

Siapa yang tak kenal Hanamasa? Restoran AYCE alias all you can eat ini tersebar di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Bandung. Kenapa Hanamasa begitu digemari, walaupun sudah berjamur restoran AYCE lainnya? Jadi, Hanamasa merupakan restoran Jepang pertama di Indonesia yang bertaraf internasional dengan konsep self service.

Menu utama Hanamasa adalah yakiniku (makanan yang dibakar) dan shabu-shabu (makanan yang direbus). Pilihan makanannya beragam, mulai dari daging sapi, ayam, sea food, dan sayuran segar yang semuanya diolah secara higienis.

Nanti kalau sudah matang, Anda bisa menikmati yakiniku dan shabu-shabunya bersama saus tradisional khas Jepang, yaitu saus niku tare (saus dengan wijen), saus soto tare (saus tanpa wijen), dan saus Thai suki (saus suki khas Thailand). Selain menu prasmanan, ada juga menu lainnya seperti burger, sosis, dan chicken wing.

Terus ada appetizer hingga dessert seperti salad, puding, buah, minuman segar, jajanan pasar, dan lain-lain. Semuanya bisa Anda nikmati dalam satu kali pembayaran saja. Untuk dewasa, harga Yakiniku dan Shabu-shabu adalah IDR 178.5K. Sedangkan untuk anak-anak harga Yakiniku dan Shabu-shabu adalah IDR 136.5K (harga belum termasuk pajak restoran 10%).

Anda bisa mendatangi cabang Hanamasa di Istana Plaza, Lantai 2 no. SF-D7A, Jalan Pasirkaliki no. 121–123. Telepon (022)6046766. Atau cabang Dago di Jalan Ir. H. Juanda no. 48. Telepon (022)4230968. Tahukah Anda, makan di restoran AYCE itu ada triknya supaya tidak rugi? Baca tipsnya di artikel cara makan di Hanamasa sampai puas.

8. Marugame Udon & Tempura

Marugame Udon & Tempura

Siapa yang suka udon? Untuk yang belum tahu, udon (うどん) adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung terigu. Berbeda dengan mi ramen atau mi instan, bentuk mi ini tebal dan lebar. Kalau Anda sedang ngidam udon yang enak di Bandung, kami sarankan untuk mampir ke Marugame Udon & Tempura.

Sejak pertama kali datang ke Indonesia pada 14 Februari 2013 di Mall Taman Anggrek, restoran ini langsung menarik banyak peminat. Semua berkat resep asli yang berasal dari Marugame Jepang. Semua masakannya dimasak dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan alami, diproses dengan teknik khusus dari Jepang, dan dikontrol dengan standard quality assurance yang ketat di setiap gerainya.

Saat ini sudah ada lebih dari 1.100 gerai Marugame Udon & Tempura di seluruh dunia, seperti di Los Angeles, Hawai, Moscow, Sydney, Seoul, Hong Kong, dan Indonesia tentunya. Di Indonesia sendiri cabang Marugame Udon ada cukup banyak, bahkan di Bandung saja ada empat, yaitu di:

  • Trans Studio Mall, Lantai 2. Telepon 08113248832.
  • 23 Paskal Shopping Center, Lantai 2. Telepon 08113453326.
  • Paris Van Java, Lantai GF. Telepon 08113596178.
  • Jalan R. E. Martadinata (Riau) no. 112. Telepon 08113483516.

Selain udon dan tempura, ada pula menu lainnya seperti aneka nasi, bento, menu anak, dessert, dan masih banyak lagi. Anda yang beragama Islam tak perlu khawatir makan di sini, karena sejak 07 Oktober 2015, Marugame Udon sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

9. Ichiban Sushi

Ichiban Sushi

Tempat yang satu ini pernah Bacaterus bahas di artikel Ichiban Sushi. Berlokasi di Festival Citylink, Jalan Peta, Suka Asih, Bojongloa Kaler, cabang Ichiban Sushi yang ada di Bandung ini mungil sekali. Tempatnya bersebelahan dengan TaWan, restoran yang menyajikan masakan Cina. Kedua resto ini mirip seperti stand karena tempatnya terbuka di tengah-tengah mall (tidak di dalam ruangan).

Bentuk kedua resto ini pun sangat mirip, bahkan antara Ichiban dan TaWan bisa dibilang “sangat terbuka” karena jika Anda duduk di sisi restoran, maka Anda bisa dibilang “satu meja” dengan pengunjung TaWan. Soalnya antar meja hanya diberi sekat setinggi perut orang dewasa saja. Tapi, itu bukan masalah, sih. Toh, kalau sudah ada makanan Anda akan sibuk masing-masing, bukan?

Dari namanya sudah bisa ditebak, kalau restoran Jepang di Bandung ini menjual sushi. Tapi, selain sushi, di sini juga ada aneka donburi, ramen, dan katsu. Menurut orang-orang yang pernah mencoba, sushi dan makanan lainnya di Ichiban Sushi enak-enak. Sushinya menggunakan daging ikan segar, porsinya pas, dan harganya terjangkau dibandingkan restoran sushi lainnya.

10. Hazawa Resto

Hazawa Resto

* sumber: foodnotestories.com

Restoran Jepang di Bandung yang terakhir ada Hazawa Resto. Tempat ini memiliki cita rasa tersendiri yang membuatnya spesial dari restoran masakan Jepang lainnya. Kalau mampir ke sini, Anda wajib coba Chicken Katsu Donburi IDR 38K, yaitu nasi yang dipadu dengan katsu, telur, sayuran, dan kuah manis. Minumnya coba Strawberry Smooties IDR 28K. Di sini juga tersedia aneka sushi, curry, steak, gunkan maki, bento, dan lain-lain.

Lokasi resto ini ada di Miko Mall, Lantai 3, Jalan Raya Kopo no. 599, Cirangrang, Babakan Ciparay. Tempatnya seperti food court. Karena berada di dalam mall, jam operasinya sama seperti mall, yaitu dari jam 10 pagi – 10 malam. Telepon untuk info lebih lanjut di nomor (022)85446177.

Selesai, deh, review restoran Jepang di Bandung yang recommended dari Bacaterus. Tentu masih ada banyak sekali restoran Jepang lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Kalau Anda tahu tempat lainnya yang rekomendit, share di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment