Bacaterus / Resep Kue / Resep Wingko Babat Yang Enak dan Empuk

Resep Wingko Babat Yang Enak dan Empuk

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Siapa yang tidak kenal dengan wingko babat? Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah mengenal banyak tentang jajanan tradisional satu ini. Jajanan satu ini terbuat dari kelapa yang dicampur dengan tepung ketan dan berbagai macam bahan rempah-rempah lainnya.

Meskipun saat ini jajanan tradisional sudah kalah dengan camilan modern dari luar negeri, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk wingko babat. Mengingat jajanan satu ini sejak jaman dahulu sampai sekarang masih tetap eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Malahan, sekarang banyak sekali penggemar dari jajanan tradisional satu ini.

Sekilas Tentang Wingko Babat

Wingko atau sering disebut pula dengan wingko babat merupakan kue tradisional khas Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu. Hingga sekarang wingko babat dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari beberapa tempat wisata, khususnya tempat-tempat wisata yang berada di kawasan Pantai Utara Pulau Jawa.

Penampilan dari kue satu ini adalah berbentuk bundar. Biasanya wingko disajikan saat dalam keadaan hangat. Perpaduan antara manisnya taburan gula dengan bahan kelapa akan membuat jajanan satu ini terasa begitu nikmat. Harganya pun juga tidak terlalu mahal, setiap pusat oleh-oleh menawarkan harga yang berbeda-beda.

Wingko yang paling terkenal berasal dari Kota Semarang. Hal inilah yang membuat banyak orang beranggapan bahwa wingko berasal dari Semarang. Padahal sebenarnya wingko ini muncul pertama kalinya dari Babat, Jawa Timur. Babat merupakan daerah kecil di persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

resep wingko babat empuk

Di daerah asalnya tersebut, wingko Babat menjadi mata pencaharian utama masyarakat sekitar. Para masyarakat yang ada disana bekerja dengan membuat jajanan tradisional satu ini. Untuk bahan kelapanya, mereka mengambil hasil tani sendiri di perkebunan-perkebunan sekitar kompleks.

Sekarang ini wingko menjadi makanan yang cukup populer di Babat dan Semarang. Meskipun berbeda merek atau brand, tetapi rasanya tidak jauh berbeda. Beberapa merek wingko yang cukup populer saat ini di antaranya adalah wingko cap kereta api, wingko dyriana, dan lainnya.

Cara membuat wingko babat gurih dan enak sebenarnya sangatlah mudah sekali, Anda pun bisa mencoba untuk membuatnya. Penasaran? Langsung saja untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, simak resep wingko babat spesial yang enak dan lezat berikut.

Bahan-Bahan Wingko Babat Gurih

cara membuat wingko babat enak

Dalam membuat wingko babat khas Lamongan ataupun Semarang, sebenarnya cukup mudah. Hanya saja Anda harus bisa membuat takaran bahan yang pas agar kue satu ini nantinya memiliki rasa nikmat di lidah. Adapun bahan-bahan yang harus Anda persiapkan antara lain seperti:

  • Kelapa parut kasar sebanyak 400 gram
  • Vanili bubuk cukup sekiranya 1/4 sendok teh
  • Sediakan minyak goreng untuk olesan sebanyak 2 sendok makan
  • Nangka secukupnya, dipotong-potong kotak
  • Garam sekitar 1/2 sendok teh
  • Sediakan tepung ketan sebanyak 250 gram
  • Gula pasir cukup dengan 200 gram
  • Santan kental dari 1 butir kelapa hanga kiranya 250 gram

Cara Membuat Wingko Babat

Jika semua bahan sudah dipersiapkan, sekarang kita bisa langsung mulai mengolah resep wingko babat tersebut. Langkah pertama aduk terlebih dahulu santan kental yang sudah dihangatkan bersama dengan gula pasir.

Usahakan gula pasir tersebut sudah terlarut secara sempurna, agar lebih cepat gunakan sendok untuk mengaduk bahan-bahan tersebut. Jika sudah tercampur, masukan garam dan vanili bubuk kemudian aduk-aduk lagi sampai semua bahan terlarut sempurna.

Selanjutnya, ambil kelapa parut lalu masukan ke dalam campuran yang telah kita buat tadi. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata. Setelahnya, masukanlah tepung ketan ke dalam campuran tersebut sambil diuleni agar semua bahan dapat tercampur secara merata.

Sekarang masukan nangka yang telah dipotong kecil-kecil k edalam campuran tersebut. Tetap lakukan pengadukan sampai semua bahan dapat tercampur secara merata. Pastikan adonan tersebut tidak terlalu encer, tetapi berbentuk mirip dengan pasta/krim.

Apabila adonan sudah terbentuk, panaskan wajan anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak pada bagian permukaannya. Tuangkan 2 sendok makan adonan yang telah kita buat tadi, kemudian goreng dengan menggunakan api kecil sampai sedang.

Ketika menggoreng, usahakan bolak-balik kue tersebut agar bisa matang secara sempurna. Tanda wingko sudah matang adalah pada bagian permukaannya berwarna kecoklat-coklatan (hampir gosong).

Sekarang, sajikan wingko babat khas Lamongan dan Semarang selagi masih hangat sebagai camilan keluarga tercinta. Jangan lupa nikmati jajanan tradisional ini bersama dengan teh, susu hangat, atau wedang jahe agar semakin mantap.

Jika Anda ingin menyimpannya, silahkan simpan dengan cara membungkusnya dengan kertas atau plastik yang rapat. Ketika ingin memakannya kembali, maka disarankan untuk menghangatkannya terlebih dahulu agar rasanya semakin nikmat.

Tips Membuat Wingko Babat yang Gurih dan Empuk

Kegagalan dalam membuat wingko biasanya terletak pada bagian tekstur, di mana takaran yang salah membuat kue ini menjadi lebih bantat dan keras. Oleh karenanya, buatlah takaran yang pas atau sesuai dengan ketentuan di atas.

Sedangkan untuk menambah rasa yang lebih gurih, Anda dapat menggunakan takaran kelapa parut yang lebih banyak. Namun ingat, jika Anda menambah takaran kepala parut usahakan juga menambah takaran bahan lain. Karena jika Anda hanya menambah sepihak saja, tekstur dari kue tradisional ini akan menjadi mudah hancur.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep wingko babat yang dapat kami bagi kali ini. Ikutilah step by step diatas dengan baik dan benar, sehingga wingko yang Anda buat memiliki rasa maknyus di lidah. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar