Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Tumis Jamur Kancing Pedas dan Spesial

Resep Tumis Jamur Kancing Pedas dan Spesial

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Masakan yang ditumis memang menjadi favorit di kalangan para ibu rumah tangga. Hal ini terjadi karena masakan tumis jauh lebih mudah dari pada jenis masakan lain. Selain mudah, hasil masakan tumis juga memiliki rasa yang sangat lezat di lidah. Sehingga sangat cocok bagi Anda para ibu rumah tangga yang sibuk atau banyak acara.

Salah satu olahan tumis yang bisa Anda coba adalah resep tumis jamur kancing. Sesuai namanya, makanan satu ini berasal dari olahan jamur, yakni jamur jenis kancing. Jamur satu ini memiliki bentuk mirip dengan buah strawberry, tapi berwarna putih pucat.

Untuk menemukan jamur kancing cukup mudah, Anda bisa berbelanja ke pasar tradisional ataupun supermarket terdekat. Jamur kancing ini biasanya dijual bersama sayuran segar lain atau dijual dalam bentuk kalengan.

Tidak hanya ditumis saja, jamur yang juga dikenal dengan nama jamur kompos ini juga bisa diolah dengan berbagai macam cara. Beberapa masakan yang biasa menggunakan jamur kancing adalah pizza, omelet, gratin, dan kaserol.

Tumis jamur kancing sendiri merupakan kuliner yang memiliki rasa gurih dan nikmat. Entah dari mana resep tumis jamur kancing ini berasal, yang jelas kuliner satu ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran besar, baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Bahan-Bahan Tumis Jamur Kancing

resep tumis jamur kancing pedas

Tidak perlu Anda membayar mahal untuk bisa menikmati tumis jamur kancing di restoran, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi seputar resep tumis jamur kancing yang lezat tersebut.

Meskipun rasanya tidak sama persis dengan yang ada di restoran, tetapi setidaknya Anda bisa mencicipi kenikmatan dari kuliner satu ini dengan mudah. Adapun bahan-bahan yang harus Anda persiapkan sebelum membuatnya antara lain seperti:

  • Jamur kancing yang masih segar sebanyak 300 gram
  • Bawang bombay cukup dengan 1 buah (potong kecil memanjang)
  • Bawang putih cukup dengan 2 siung (iris tipis)
  • Cabe merah besar sebanyak 3 buah (potong serong tipis)
  • Kemiri sekiranya 2 butir, sangrai (haluskan)
  • Tomat merah cukup 1 buah (potong-potong)
  • Garam sesuai dengan kebutuhan
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa seperlunya saja (sesuaikan)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tumis Jamur Kancing

Pertama-tama cuci terlebih dahulu jamur kancing dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Agar bersih, Anda dapat menggunakan bantuan tangan ketika membilasnya. Apabila sudah bersih, jamur kancing tadi silahkan diiris tipis-tipis sesuai dengan selera masing-masing. Sisihkan sejenak.

Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis, kemudian tumislah bawang bombay sampai mengeluarkan aroma yang harum. Lalu masukan bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan. Tumis lagi bahan-bahan tersebut hingga matang secara sempurna.

Masukan potongan tomat dan cabe merah besar ke dalam tumisan tersebut. Dalam menumis, gunakan api kecil sampai sedang saja. Kemudian tunggu hingga potongan tomat dan cabe merah besar menjadi layu.

Sekarang masukan irisan jamur kancing tadi ke dalam tumisan tersebut. Lalu susul dengan mamasukan penyedap rasa, gula pasir, dan garam. Sambil menumis, aduk-aduk bahan tersebut sampai semua tercampur secara merata.

Apabila jamur kancing sudah empuk dan berubah warna, maka tuang masakan tersebut ke dalam mangkuk saji. Tumis jamur kancing ini sangat pas disajikan bersama nasi putih sebagai lauk makan siang atau malam Anda.

Manfaat Jamur Kancing Bagi Kesehatan

Bagaimana, mudah sekali kan? Nah ternyata selain cara membuat tumis jamur kancing itu mudah, olahan satu ini juga memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat jamur kancing itu?

  1. Mencegah kanker mematikan

Statistik WHO menunjukan bahwa setiap 1 jam terdapat 1 jiwa melayang akibat serangan kanker dari seluruh penjuru dunia. di Indonesia sendiri, setiap 1 Minggu dikabarkan 1 orang meninggal dunia akibat kanker.

Selain menjaga pola hidup sehat, kita harus mengonsumsi makanan-makanan pencegah kanker tersebut. Jamur kancing mengandung senyawa zinc yang sangat efektif untuk melawan kanker. Kandungan zinc tersebut menurut pakar kesehatan dapat menurunkan kadar zat karsinogenik penyebab kanker di dalam tubuh kita.

  1. Baik untuk diet

Jamur kancing tidak hanya sebagai makanan pencegah kanker saja, namun jenis jamur satu ini juga termasuk kedalam makanan yang baik untuk diet. Kandungan kalori dan lemaknya yang cukup rendah tidak akan membuat berat badan Anda naik. Malahan protein dan zat besi akan membantu melancarkan metabolisme pembakaran dalam tubuh.

  1. Sumber serat yang tinggi

cara membuat jamur kancing tumis

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup, termasuk manusia. Dengan konsumsi serat yang cukup, maka sistem pencernaan tubuh kita dapat berjalan secara normal. Selain itu, serat juga efektif untuk mencegah peradangan usus dan kanker usus besar.

Untuk mendapatkan serat, Anda bisa mengonsumsi semur jamur kancing secara rutin. Kandungan serat pada jenis jamur ini lumayan tinggi. Sehingga cocok untuk mengatasi susah BAB, diare, disentri, dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

  1. Kaya kandungan potassium

Sebagai mana kita ketahui bersama, potassium sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Mengingat kandungan nutrisi satu ini mampu melancarkan sirkulasi darah, mencegah hipertensi, mencegah serangan jantung, dan masih banyak lagi.

Selain kentang dan buah pisang, jamur kancing juga termasuk kedalam bahan makanan yang mengandung potasium tinggi. Bahkan bisa dibilang kandungan potassium dalam jamur kancing lebih tinggi dari kentang dan pisang.

  1. Antioksidan tinggi

Inilah kandungan yang paling dinanti-nanti dari jamur kancing. Sudah bukan sebuah rahasia umum lagi, antioksidan sangatlah baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit (imun). Konsumsilah jamur kancing secara rutin agar tubuh Anda mendapatkan asupan antioksidan yang cukup. Dengan demikian, tubuh agar sehat dan bugar setiap harinya.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep tumis jamur kancing spesial yang dapat kami sajikan. Langsung saja ikuti langkah-langkah di atas bagi Anda yang penasaran dengan rasa kuliner satu ini. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *