Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Trancam Timun Mentah Khas Jawa Timur yang Lezat

Resep Trancam Timun Mentah Khas Jawa Timur yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi trancam? Trancam sebenarnya bukan merupakan kuliner utama, melainkan hanya sebagai pelengkap makan saja. Orang-orang di Jawa biasanya mengonsumsi trancam bersama dengan ikan lele bakar, kakap bakar, sate kambing, dan lain sebagainya.

Rasanya yang segar dipercaya dapat membantu mengurangi panas dalam akibat konsumsi makanan berminyak. Rasa segar tersebut didapatkan dari timun dan berbagai sayuran mentah lainnya yang dijadikan sebagai bahan utama dari trancam.

Untuk menemukan trancam sangatlah mudah sekali, Anda bisa datang ke daerah Janti Polanharjo Klaten. Di sana terdapat banyak sekali warung makan yang menyajikan menu kuliner dari lele, ikan kakap, dan masih banyak lagi. Sajian menu tersebut akan didampingi dengan trancam yang segar. Biasanya untuk satu porsi lele, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 15 ribu.

Sekilas Tentang Trancam

resep trancam timun mentah

Trancam merupakan menu yang hampir mirip dengan urap yang populer di daerah Sunda atau Jawa Barat. Sekilas tampilan antara urap dan trancam sangatlah mirip, tetapi yang membedakan antara keduanya adalah adanya daun kemangi.

Urap tidak menggunakan tambahan daun kemangi, sedangkan trancam menggunakannya. Soal rasa, trancam memiliki rasa yang segar, gurih, dan sedikit ada manis-manisnya. Tentunya, trancam juga memiliki aroma yang khas berkat daun kemangi yang digunakannya tersebut.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, trancam pertama kali diperkenalkan di Jawa Tengah. Bagi orang Jawa dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan trancam ini. Berbeda dengan urap, trancam ini dibuat dari sayur-sayuran segar seperti kol, kacang panjang, taoge, mentimun yang dipotong kecil-kecil, dan parutan kelapa sehingga menghasilkan rasa yang begitu nikmat.

Menurut orang Jawa, trancam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh mereka, oleh karenanya makanan satu ini sering digunakan sebagai pendamping konsumsi makanan yang digoreng. Menurut ahli, mentimun dan kacang panjang pada trancam mengandung kandungan gizi yang cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dapat terjadi karena mentimun mengandung kalium yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi natrium dalam tubuh. Bahkan beberapa ahli juga setuju, trancam dapat mengurangi resiko serangan jantung secara mendadak.

Memang trancam memiliki rasa nikmat dan segar di lidah, namun makanan satu ini tidak bisa tahan lama. Biasanya dapat bertahan maksimal selama 1 hari saja. Sehingga sangat tidak dianjurkan bagi Anda membeli trancam dari Jawa Tengah kemudian membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi seputar resep trancam khas Jawa tersebut untuk Anda. Dengan begitu Anda dapat membuatnya sendiri di rumah untuk pelengkap hidangan keluarga.

Bahan-Bahan Trancam

Sebelum mengulas cara membuat trancam tersebut, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya ini sangat mudah didapatkan karena didominasi oleh sayuran yang umum kita konsumsi sehari-hari, antara lain:

  • Kacang panjang sebanyak 8 utas,cuci bersih dan iris halus
  • Mentimun sebanyak 2 buah, buang isinya dan potong dadu kecil
  • Taoge pendek sebanyak 100 gram, cuci bersih
  • Daun kemangi cukup dengan 1 ikat, petik daunnya
  • Jeruk limau 1 buah saja, ambil airnya

Sambal kelapa:

  • Kelapa setengah tua cukup ½ butir, kupas, parut memanjang, dan sisihkan.
  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar, iris halus
  • Bumbu dasar merah sebanyak 100 gram
  • Kencur berukuran 3 cm, ulek
  • Gula pasir sekiranya 1 sdm
  • Garam sekitar ½ sdt

Cara Membuat Trancam

Setelah bahannya terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama-tama kita dapat membuat sambal kelapanya terlebih dahulu. Caranya campurkan kelapa parut, daun jeruk, bumbu dasar merah, kencur, gula pasir, dan garam.

Aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur secara merata. Setelah tercampur secara merata, sangrai bahan-bahan tadi hingga agak hangat dan berubah warna. Kemudian angkat dan diamkan sejenak.

Sekarang kita dapat mengolah sayuran yang digunakan dalam resep trancam ini. Caranya potong kacang panjang, mentimun, dan taoge kemudian tambahkan sambal kelapa dan aduk-aduk sampai merata secara sempurna antara bumbu dan sayurannya tersebut.

Selanjutnya siapkan sebuah pinggan, tata trancam yang telah Anda buat tadi secara rapi. Jangan lupa lengkapi pula dengan daun kemangi dan jeruk limau. Silahkan sajikan sebagai teman makan bersama dengan sepiring nasi putih hangat.

Manfaat Trancam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

cara membuat trancam jawa timur

Trancam tidak hanya nikmat dan segar dikonsumsi, akan tetapi terdapat banyak sekali manfaat dari makanan satu ini. Manfaat tersebut kita dapatkan dari kandungan nutrisi dalam bahan-bahan yang digunakan. Apa saja manfaat trancam itu?

  • Meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Taoge merupakan jenis kecambah yang mengandung senyawa protein dan mineral alami cukup tinggi. Kandungan nutrisi inilah yang dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sperma bagi laki-laki dan menguatkan rahim bagi perempuan. Oleh sebab itu, Apabila Anda belum punya momongan sampai sekarang, konsumsilah trancam secara rutin agar kesuburan meningkat.

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Tahukah Anda bahwa sebenarnya mentimun mengandung kalium cukup tinggi? menurut para ahli air yang terdapat dalam mentimun mengandung mineral alami, di mana salah satu jenis mineral alami tersebut adalah kalium. Senyawa ini sangatlah berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

  • Mencegah bau mulut

Berbeda dengan urap, trancam menggunakan tambahan daun kemangi. Daun kemangi memiliki aroma yang cukup khas, tentunya aroma wangi. Aroma inilah yang dapat mencegah bau mulut setelah mengonsumsi sate kambing ataupun lele bakar.

Bahkan para ahli juga sepakat, kemangi mengandung antibakterial yang dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang. Dengan begitu, trancam juga dapat membuat gigi dan mulut Anda selalu sehat setiap saat.

Bagaimana, menarik sekali bukan? oleh sebab itu tunggu apalagi, segera ikuti resep trancam di atas dan sajikan menu ini untuk keluarga tercinta. Demikian informasi mengenai resep trancam khas Jawa yang bisa kami sampaikan, selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *